PENTINGNYA ETIKET DAN ETIKA BISNIS UNTUK BLOGGER

Kamis, 16 Mei 2024, saya mengikuti sebuah webinar yang membahas tentang etiket bisnis untuk blogger. Webinar ini diadakan oleh komunitas blogger yaitu ISB dan hasil kerjasama dengan Duta Bangsa yaitu lembaga pelatihan pengembangan kepribadian. Webinar yang membahas tentang self development ini dihadiri oleh puluhan blogger dari berbagai kota di Indonesia. 

Webinar yang sangat bermanfaat ini disampaikan oleh Bapak Rudi Halim sebagai Direktur Program Development Duta Bangsa selama kurang lebih dua jam dengan tema Pentingnya Etika dan Etiket Bisnis Untuk Blogger.

etika bisnis


Mengenal Duta Bangsa

Duta Bangsa atau dengan nama lengkap PT Para Duta Bangsa didirikan oleh Dra Mien R. Uno dan Drg. Anita Ratnasari Chairul, MARS pada tahun 2001 sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat luas dalam personal development. 

Khususnya dalam dunia pendidikan dengan mengaplikasikannya di berbagai bidang seperti bisnis, komunikasi, dan lain sebagainya. Termasuk juga mengenai etika bisnis yang dibutuhkan oleh para Blogger di Indonesia. Beberapa kelas self development yang tersedia saat ini adalah:

1. Corporate Training Program

Corporate Training Program dapat dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan dengan berbagai level. Agar lebih maksimal kelas ini dibatasi kelasnya hanya 25 orang per kelas.

2. Individual Training Program

Kelas ini diperuntukkan bagi individu yang ingin mengembangkan kepribadiannya. Kelas ini dibagi menjadi beberapa kelas seperti Regular Class, Intensive Class, Private Class, dan juga After Hour Class.

3. Special Program

Program ini terdiri dari Seminar, Public Class, Talk Show, dan juga Gathering. Program-program ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, organisasi, dan juga lembaga di tempat anda.

4. Outbound Activity

Duta Bangsa juga menyediakan kelas kegiatan outbound activity dengan kegiatan thematic outbound yang dapat dirancang sesuai dengan program pelatihan atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

5. Modules

Tersedia juga berbagai modul pembelajaran yang sangat beragam dan ekstensif yang akan membantu dan memenuhi semua kebutuhan proses pengembangan diri yang akan anda lakukan.

program etika bisnis duta bangsa


Itu dia sekilas tentang PT Para Duta Bangsa dan beberapa kelas dengan beberapa programnya. Sangat bagus untuk anda yang ingin melakukan pengembangan diri baik secara personal maupun untuk perusahaan atau organisasi tempat anda bekerja.

Beruntungnya kami sebagai Blogger, beberapa waktu lalu mendapatkan kelas untuk pengembangan diri terkait dengan etika bisnis yang harus diketahui oleh para Blogger. Penasaran bagaimana kelasnya, keep reading.

Perbedaan Etika dan Etiket Bisnis

Sebagai Blogger kita tidak bisa bekerja sendirian, kita akan berinteraksi dengan banyak orang, salah satunya ada klien dan juga sesama teman blogger. Maka dari itu kita sebagai blogger wajib memiliki kecerdasan sosial agar dapat berinteraksi baik dengan orang lain. Salah satu kecerdasan sosial ini adalah kecerdasan dalam bersikap.

Salah satu bentuk kecerdasan yang harus dimiliki oleh seorang Blogger adalah paham akan etika dan etiket bisnis dalam berinteraksi dengan klien juga dengan sesama blogger atau pihak lainnya.

apa itu etika bisnis


Etika adalah falsafah moral dan merupakan cara hidup yang benar dilihat dari sudut budaya, agama, susila yang bersifat absolut. Sementara etiket yang berasal dari bahasa Perancis yaitu etiquette adalah sikap, seperti tata krama dan sopan santun yang mengatur hubungan antar kelompok pekerja budaya.

Fungsi Etika dan Etiket Bisnis Untuk Blogger

Lalu apa saja fungsi etika dan etiket bisnis yang perlu anda ketahui? Ada banyak manfaat atau fungsi dari etika dan etiket bisnis ini ketika anda berinteraksi dengan rekan bisnis anda sebagai blogger. Pertama adalah untuk memelihara suasana yang menyenangkan di antara anda dan juga rekan bisnis anda. Sehingga membuat kerja ada menjadi lebih nyaman.

Kedua, ketika anda menerapkan etika dan etiket bisnis dalam pekerjaan anda, maka kedua belah pihak akan merasa saling dihargai. Ketiga adalah akan meningkatkan efisiensi kerja karena hubungan kedua belah pihak, sebagai blogger juga rekan bisnis terjalin dengan sangat baik karena saling menghargai.

Terakhir salah satu manfaat atau fungsi menerapkan etika dan etiket bisnis adalah dapat meningkatkan citra pribadi dan lembaga yang kita kelola.

Jadi setelah mengetahui manfaat dari etika dan etiket bisnis ini, kita sebagai blogger harus mulai menerapkan etika dan etiket bisnis ini dengan sangat baik.

perbedaan etiket dan etika bisnis


Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dalam etiket dan etika bisnis bagi blogger. Salah satunya adalah etika ketika anda memperkenalkan diri ke orang lain dan juga mengenalkan orang lain saat bertemu dengan orang baru.

Atau juga bagaimana cara bertukar kartu nama dengan rekan bisnis baru atau klien baru, ada etiket dan etikanya juga dan wajib anda pelajari. Agar setelah berkenalan terjalin komunikasi yang baik ke depannya.

Webinar pengebangan diri dengan tema etika bisnis untuk blogger ini sangat bermanfaat sekali untuk saya khususnya dan juga untuk para blogger lainnya. Sehingga kita menjadi lebih berhati-hati dan memperhatikan mengenai bagaimana etika berkenalan ini dengan orang baru.

Bagi teman-teman yang berniat ingin belajar banyak mengenai self development dalam hal apapun, dapat menghubungi secara langsung Duta Bangsa, baik melalui websitenya atau melalui kontak sosial medianya. Pastinya akan sangat bermanfaat sekali untuk mengebangkan kepribadian anda dengan sangat baik, khususnya pekerjaan anda sebagai Blogger.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.