MENGENAL PAFI SEBAGAI PERSATUAN AHLI FARMASI INDONESIA

Indonesia memiliki banyak persatuan dalam dunia medis atau kesehatan, yang biasanya terdiri dari persatuan pusat dan cabang. Salah satu persatuan dalam medis ini adalah Pafi atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Penasaran bukan ingin tahu banyak soal Pafi ini, mulai dari sejarahnya, tujuannya, syarat dan bagaimana cara menjadi anggota Pafi, sampai tersebar dimana saja cabang Pafi ini? Keep reading.

Pafi kabupaten kapuas


Sejarah dan Tujuan Pafi Sebagai Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Pafi atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia didirikan pada 13 Februari 1946 di Kota Yogyakarta. Pafi sendiri merupakan wadah atau sarana untuk menghimpun semua tenaga medis yang karyanya berada di lingkup bidang farmasi.

Dilansir dari situs resmi Pafi pusat, bahwa seluruh jajaran pengurus pusat berada di wilayah Indonesia dengan berasaskan Pancasila. Pafi juga merupakan sebuah organisasi profesi yang kegiatan kerjanya bersifat kekaryaan dan pengabdian.

Awal mula dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini adalah komunitas bagi para asisten apoteker. Namun kemudian berkembang menjadi sebuah organisasi atau persatuan profesi farmasi dengan digawangi oleh para tenaga teknis dalam bidang kefarmasian.

Dan jika anda merupakan lulusan Ahli Madya Farmasi, Ahli Madya Analis Farmasi, Asisten Tenaga Kefarmasian yang lulusan SMK farmasi, serta Sarjana Farmasi, anda dapat bergabung menjadi anggota persatuan ini.

Sebuah organisasi atau persatuan didirikan pastinya memiliki tujuan yang sangat jelas. Terlebih jika organisasi atau persatuan itu dibentuk dan disahkan secara resmi. Begitu pula kehadiran Pafi memiliki banyak tujuan yang akan bermanfaat bagi masyarakat luas di Indonesia khususnya. Lalu apa saja tujuan didirikannya Pafi.

    • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
    • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
    • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia.
    • Meningkatkan kesejahteraan anggota.

Itu dia beberapa tujuan dari didirikannya Pafi yang manfaatnya bagi masyarakat luas dan juga untuk pengurus dan anggotanya.

Bagi anda yang merupakan lulusan dari jurusan farmasi, anda dapat mendaftarkan diri anda sebagai anggota Pafi melalui situs resminya. Atau menghubungi secara langsung kontak yang tertera pada situs Pafi.

Cabang Pafi di Indonesia

Pada situs Pafi pusat, anda dapat mengunduh dan membaca berbagai informasi terkait dengan kesehatan, struktur organisasi kepengurusan Pafi pusat, melakukan pendaftaran anggota, jadwal seminar, loker, sampai dengan mencari tahu mengenai cabang Pafi yang ada di Indonesia tersebar di mana saja.

Pafi atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini memiliki cabang yang tersebar di berbagai kota. Mulai dari Pafi di Pulau Jawa, Kalimantan, sampai dengan Pafi di pulau Sumatera.

Masing-masing provinsi juga memiliki cabang masing-masing yang tersebar di kota dan berbagai kabupaten. Salah satu cabang Pafi yang berada di kabupaten Kalimantan adalah Pafi Kabupaten Kapuas dengan alamat situsnya yaitu pafikabkapuas.org

Website Pafi Kabupaten Kapuas

Bagi anda yang tinggal di daerah Kabupaten Kapuas dan merupakan lulusan farmasi, anda dapat bergabung dengan Pafi Kabupaten Kapuas ini. Lokasinya tepatnya berada di Jalan Cilik Riwut 45-49, Selat Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah 73516.

Anda dapat mendaftarkan keanggotaan melalui situsnya atau menghubungi secara langsung kontak yang tertera pada situs. Di website Pafi Kabupaten Kapuas ini, anda dapat menemukan berbagai informasi.

Mulai dari struktur kepengurusan Pafi Kabupaten Kapuas, loker, seminar, syarat rekom, regulasi, pendaftaran keanggotaan, sampai dengan pusat bantuan jika anda mengalami kendala saat login atau pendaftaran. Lengkap sekali bukan situsnya.

Mengutip dari beberapa sumber, Pafi Kabupaten Kapuas ini juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan kepada korban banjir yang terjadi di Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. 

Pafi Kabupaten Kapuas aktif mengumpulkan bantuan dan menyalurkannya kepada masyarakat yang terdampak banjir saat itu. Mulai dari bantuan berupa kebutuhan pokok seperti sembako sampai dengan kebutuhan popok bayi disalurkan oleh Pafi Kabupaten Kapuas. Dalam hal ini kita bisa melihat, bahwa Pafi Kabupaten Kapuas sudah turut serta berkontribusi bagi masyarakat di sekitarnya.

Itu dia sekilas tentang Pafi Kabupaten Kapuas. Bagi anda yang tinggal di Kabupaten Kapuas dan merupakan lulusan farmasi, bergabunglah dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini dan mari berkontribusi untuk masyarakat sekitar. Selamat bergabung di Pafi Kabupaten Kapuas.

Referensi:

https://pafi.or.id/
https://pafikabkapuas.org/
https://kalsel.kemenag.go.id/berita/542130/Tim-MAN-ICT-Salurkan-Bantuan-PAFI-Kapuas-Kalimantan-Tengah

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.