ATAP MIRING ATAU ATAP DATAR, MANA YANG LEBIH BAIK?

Sering melakukan traveling ke banyak kota di Indonesia dan juga ke berbagai negara, membuat saya banyak melihat desain arsitektur rumah yang unik, modern, dan juga minimalis. Mulai dari desain bentuk rumah, dinding, halaman, pagar, sampai dengan desain atap yang beraneka ragam. Ada yang desain atap miring, ada juga yang atap datar. Desain atap miring dan datar ini memberikan kesan rumah yang modern dan minimalis.

atap datar dan atap miring


Pengalaman tersebut memberikan inspirasi untuk membuat rumah di Indonesia dengan mengadopsi desain rumah-rumah di luar negeri. Salah satu bagian desain yang unik yang ingin saya coba adalah mengenai atap. Baik itu atap miring maupun atap datar. Namun, tentunya kita harus memastikan terlebih dahulu dari kedua atap tersebut, mana desain yang lebih baik?

Perbedaan Atap Miring dan Atap Datar

Kedua jenis desain atap miring dan atap datar memiliki perbedaan tampilan. Selain itu keduanya juga memiliki beberapa perbedaan lainnya yang wajib anda ketahui sebelum memilih desain atap miring atau atap datar. Dan berikut adalah perbedaannya.

Atap Datar, bagi anda pecinta bangunan atau rumah dengan desain modern dan minimalis, atap datar adalah pilihan yang tepat. Karena memiliki desain yang kekinian.  Atap datar biasanya terbuat dari bahan dak beton atau beton bertulang. Maka saat pemasangannya tidak memerlukan material atap yang banyak karena memiliki sudut kemiringan tidak lebih dari 10 derajat.

Atap Miring, sementara model atap miring adalah model atap yang cukup umum di Indonesia karena memang cocok untuk negara tropis. Atap miring mempunyai fungsi lain yaitu sebagai penahan sekaligus mengurangi hawa panas di dalam ruangan. Atap miring membuat suhu di dalam ruangan akan tetap sejuk dan nyaman pastinya.

Perbedaan lain dari model atap miring dan atap datar yang wajib anda ketahui adalah:

1. Sudut kemiringan

Perbedaan pertama yang mencolok diantara atap miring dan atap datar adalah sudut kemiringannya. Atap miring memiliki sudut kemiringan sekitar 30-40 derajat. Hal ini tergantung pada material dan ketinggian. Sementara atap datar tidak lebih dari 10 derajat.

2. Proses pengerjaan

Pengerjaan atap datar lebih mudah karena tidak memerlukan material banyak serta dapat menghemat budget. Sementara atap miring  membutuhkan lebih banyak bahan material bangunan, seperti rangka, insulasi sampai dengan material genteng.

Namun, terkait dengan waktu pengerjaan, atap miring lebih unggul. Karena atap miring hanya memperhatikan kemiringan atap yang ideal dan juga tidak ada trik khusus saat pengerjaannya. Sementara atap datar membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama karena harus hati-hati dan juga cermat. Karena jika tidak cermat berpotensi mengalami bocor dan sulit untuk dideteksi.

3. Atap datar dapat menjadi ruangan tambahan

Atap datar dapat berfungsi sebagai tempat atau ruangan tambahan. Seperti dapat dimanfaatkan sebagai rooftop, taman bunga atau tumbuhan, area service, penyimpanan tangki air, sampai mungkin dapat digunakan sebagai tempat jemuran keluarga. Sehingga tak heran ada  banyak yang memilih model atap datar.

atap datar
Model Atap Datar



4. Ketahanan Atap

Atap miring diklaim lebih tahan dengan berbagai macam cuaca baik panas maupun hujan, serta sangat efektif untuk mengalirkan suhu panas dan juga air ketika di musim hujan. Karena atap miring tidak semua bagian atapnya terkena sinar matahari di waktu bersamaan. 

Namun berbeda dengan atap datar, bagian atap akan terkena sinar matahari sepanjang hari yang akan membuat suhu ruangan di bawahnya terasa lebih panas.

5. Atap miring mampu mengalirkan air dan kotoran

Atap miring memiliki kemampuan yang lebih baik dalam proses mengalirkan air dan kotoran dibandingkan dengan atap datar. Selain itu atap datar cenderung memiliki risiko penumpukan air lebih tinggi karena memiliki tingkat kemiringan landai atau bahkan cenderung rata. Hal ini membuat air tidak dapat mengalir dengan baik, atau bahkan air lebih cenderung tergenang.

atap miring
Model Atap Miring



Itu dia beberapa perbedaan atap miring dan atap datar yang wajib anda ketahui, sebelum memutuskan model mana yang akan anda pilih untuk bangunan rumah anda. 

Manakah Yang Lebih Baik, Atap Miring Atau Atap Datar?

Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Paling penting adalah disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat anda membangun rumah, desain yang anda sudah rancang, atau budget yang anda miliki. Serta memilihnya sesuai dengan selera. 

Namun jika melihat dari fungsinya, atap miring tentu saja jauh lebih baik, terutama untuk rumah-rumah yang ada di Indonesia maupun negara-negara tropis. Selain itu atap miring memiliki kekuatan yang jauh lebih stabil, kokoh dan juga tahan banting dengan berbagai macam cuaca. Ditambah lagi, rumah dengan atap miring terlihat lebih modern.

Bagi anda yang memutuskan untuk memilih atap miring, tidak perlu khawatir lagi. Karena saat ini sudah banyak atap miring berkualitas yang dijual di berbagai toko termasuk toko online, sehingga tak perlu repot mendatangi tokonya. Selain itu model atau desainnya juga sudah mempertimbangkan desain estetik yang akan  membuat rumah anda semakin cantik. 

Atap miring yang berkualitas dan memiliki desain estetik ini, dapat anda temukan di BlueScope Zacs® dan kunjungi situsnya sekarang juga. Jika anda ingin mengetahui secara detail tentang toko online yang menjual atap miring ini,  anda dapat mengunjunginya melalui menu tentang kami

Anda dapat menemukan berbagai macam produk melalui menu produk yang terdapat di situsnya. Mulai dari atap miring, dinding, interior, sampai dengan rangka atap baja ringan dan lainnya. Semua produk di BlueScope Zacs® didesain untuk rumah dengan konsep modern, yang akan membuat rumah terlihat semakin estetik.

Atap Miring BlueScope desain modern
Model Atap Miring dari BlueScope dengan desain modern
Sumber: https://bluescopezacs.id/



BlueScope Zacs® memiliki banyak pilihan warna atap yang trendi yang dapat disesuaikan dengan selera anda. Teksturnya menyerupai kulit jeruk yang memberikan kesan natural pada bangunan. Selain itu atap BlueScope memiliki bentuk yang fleksibel, menjadikannya mudah dibentuk sesuai dengan keinginan pemilik rumah dan sesuai dengan konsep bangunan.

Namun jika anda lebih tertarik dengan menggunakan model atap datar, anda dapat menambahkan beberapa material baja ringan untuk rangka atapnya yang akan menambah kekuatan atap datar. Dan rangka-rangka ini juga tersedia di BlueScope Zacs®.

Itu dia beberapa perbedaan atap miring dan atap datar, serta keunggulan masing-masing. Anda dapat membeli atap miring ini di BlueScope Zacs® dimana kualitasnya sudah terjamin. 

Dan jika anda masih bingung harus memilih atap miring atau atap datar, anda dapat melakukan konsultasi atau tanya ahli dalam bidang arsitektur, sehingga anda dapat menentukan pilihan terbaik anda, apakah akan menggunakan atap miring atau atap datar.

Referensi :

https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/perbandingan-atap-miring-dengan-atap-datar-beda-fungsi-nya
https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/02/143000121/pilih-mana-bangun-rumah-dengan-atap-miring-atau-datar-?page=all

17 Comment

  1. Buat aku yg pengajar Arsitektur, atap datar yang dicor beton engga cocok buat daerah tropis. Di bawah atapnya jadi panas dan malah rawan bocor kalau engga dilapis lagi. Nah...ini nih ada material baru, BlueScope Zacs, lebih cocok sebagai atap miring, cocok buat daerah tropis yang sering hujan. Cepat pemasangannya, warna menarik, dan awet.

    ReplyDelete
  2. Aku juga lebih suka atap miring, apalagi dengan celing tinggi biar ruangan adem. Secara kita hidup di Indonesia, negara tropis.

    ReplyDelete
  3. Off course atap miring yang paling bagus, di daerah manapun, khususnya di Eropa yang ada cuaca hujan saljunya :D
    Atap miring fungsinya untuk mencegah atap mudah bocor, karena air atau apapun yang turun dari ketinggian mengenai atap, bebannya tidak seberat jika ditanggung oleh atap datar :)
    Paling bagus sih kemiringannya curam, kayak rumah-rumah jadul yang kemiringan atapnya 45 derajat, tapi karena itu berarti membutuhkan lebih banyak material atap, jadinya kebanyakan orang Indonesia pakai atap dengan kemiringan 30 derajat.
    Tapi sekarang, bahkan lebih banyak yang pakai 15 derajat :D
    lebih hemat sih, tapi bocor aja mulu, huhuhu

    ReplyDelete
  4. Bener sih, atap datar jarang banget dipakai untuk bangunan inti, pasti selalunya dipakai untuk ruang tambahan kaya carport atau gudang.

    ReplyDelete
  5. Yaah jadi pengen punya rumah sendiri deh akhirnya, wkwk. Btw makasih banyak mbak artikelnya, jadi bisa mempertimbangkan bakalan pilih model atap mana kalo mau bangun rumah nanti.

    ReplyDelete
  6. Umma pilih kombinasi deh.. tergantung desain nantinya. Karena atau miring akan bagus sekali di ruang terbuka

    ReplyDelete
  7. Klo aku sendiri milih atap miring karena ya betul klo ada hujan Air bisa lancar turun ke bawah, trus daun" juga bisa turun kebawah, atap datar ini biasanya klo ada daun gugur auto nyampah diatas

    ReplyDelete
  8. Klo aku sendiri milih atap miring karena ya betul klo ada hujan Air bisa lancar turun ke bawah, trus daun" juga bisa turun kebawah, atap datar ini biasanya klo ada daun gugur auto nyampah diatas

    ReplyDelete
  9. Atap ini penentu kenyamanan sebuah rumah juga ya..
    Rumah bisa dingin atau awet juga karena ada pelindung atap ini.
    Menggunakan BlueScope Zacs menjadi salah satu solusi dan pilihan untuk atap masa kini.

    ReplyDelete
  10. Betul atap miring maupun atap datar mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau saya sih disesuaikan kebutuhan aja,

    ReplyDelete
  11. Masih belum familiar dengan bentuk atap datar. Di sekitar saya, sepertinya belum ada yang mempunyai rumah yang atapnya datar. Kebayang kalau di halamannya ada pohon, itu daun-daunnya yang berguguran malah jadi hiasan atap. Hehe.

    ReplyDelete
  12. Tapi umumnya di kita pakainya atap miring dan masih genteng pula, kalau dilihat segi kelebihan bikin atap datar bisa jadi pilihan nih

    ReplyDelete
  13. Ternyata beneran ada ya atap datar, meskipun di gambar ada kemiringannya sih. Suka liat beberapa rumah di luar negeri pakai atap datar

    ReplyDelete
  14. suami dan aku memilih menggunakan atap miring dan cukup tinggi sehingga sirkulasi udara dan cahaya lebih baik.
    belum kepikiran untuk menggunakan atap datar sih

    ReplyDelete
  15. Keren sih pembahasan soal atap ini, Kak. Sederhana tapi mengena, hehehe, saya beberapa kali lihat model atap datar tapi belum tahu apa perbandingannya dengan atap miring.

    ReplyDelete
  16. Pilihan Atap datar atau atap miring emang sesuai iklimnya sih ya, kalau di negara tropis sepertinya cocok atap miring karena sering hujan kan kalau atap datar takutnya jadi ada genangan pas ujan deres walaupun ada saluran airnya juga takut jebol kalau curah hujan tinggi

    ReplyDelete
  17. Belum memperhatikan kalau atap datar, disini mayoritas atap miring. Apa ngga nnahan air hujan nantinha

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.