PENTINGNYA MENGADAKAN TRAINING NEEDS ASSESSMENT SEBELUM PROGRAM PELATIHAN

Istilah training need assessment pastinya sudah sering Anda dengar sebelum mengikuti sebuah pelatihan, apalagi pelatihan yang secara khusus dirancang untuk karyawan perusahaan. Banyak pastinya yang sudah tahu bahwa pelatihan masuk sebagai salah satu tugas wajib yang harus diikuti oleh karyawan sebuah perusahaan, biasanya ini menjadi agenda wajib tahunan. Sebelum memilihkan jenis pelatihan yang tepat untuk karyawan tersebut, maka nantinya karyawan akan diminta untuk ikut TMA.

training needs assessment


TMA ini seperti halnya sebuah assessment, dimana nantinya peserta akan diminta untuk mengisi sejumlah soal, dimana untuk setiap jawaban tersebut akan dimasukkan kedalam beberapa indikator serta akan dinilai.

Tidak ada penilaian salah maupun benar, namun ada skor yang diberikan untuk setiap jawaban dan juga bisa digunakan untuk menggambarkan kondisi dari pesertanya, salah satunya adalah untuk melihat kelebihan serta kelemahan yang dimiliki oleh karyawan tersebut, inilah yang dijadikan sebagai bahan untuk menentukan pelatihan yang tepat.

Karena sistemnya terpadu dengan jenis pelatihan yang diambil, maka perusahaan bisa menentukan satu lembaga terpercaya yang akan mengerjakannya, tentunya harus memilih yang benar-benar sudah berpengalaman, sehingga hasil yang diberikan juga sesuai.

Alasan Pentingnya Training Needs Assessment Sebelum Program Pelatihan

Ada beberapa alasan mengapa training need assessment ini penting untuk dilakukan sebelum memilih jenis pelatihan bagi karyawan, berikut ini diantaranya, yaitu:

1. Mendapatkan informasi lebih mengenai SDM yang ada di dalam Perusahaan

Bentuk dari kegiatan ini seperti yang sudah dijelaskan adalah assessment, dimana dari hasil pengerjaan ini maka akan dilihat mengenai karyawan atau SDM tersebut, termasuk diantaranya adalah hal-hal yang mencakup kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh karyawan, sehingga perusahaan nantinya juga bisa mengenal lebih dekat dengan karyawan mereka, menggali apa saja yang menjadi potensinya sekaligus juga apa yang termasuk kelemahan atau kekurangan yang harus diperbaiki.

2. Mengurangi resiko memilih pelatihan yang tidak sesuai

Jika memilih pelatihan yang tidak sesuai dengan kebutuhan karyawan maka sama artinya dengan buang-buang uang, waktu serta tenaga bukan. Apalagi kegiatan pelatihan ini tidak dilakukan secara singkat, bisa sampai beberapa hari sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. 

Jika ternyata yang dipilIh tidak sesuai, sama artinya rugi dengan berbagai hal yang sudah dikeluarkan tersebut. Sedangkan dari hasil assessment maka dapat dinilai serta ditemukan pilihan pelatihan yang pas.

3. Data yang didapatkan dari assessment dapat digunakan sebagai bahan perencanaan

Perubahan serta pengambilan kebijakan yang tepat dalam sebuah perusahaan terkait dengan SDM mereka. Karena bagaimanapun keberadaan dari SDM ini menjadi aspek penting yang ikut bertanggung jawab terhadap jalannya perusahaan, jadi jika seandainya kebijakan yang diambil untuk SDM saja tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, maka bisa berdampak besar terhadap kelangsungan perusahaan.

4. Mendapatkan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan karyawan

Dari hasil penilaian yang sudah dilakukan tersebut, nantinya perusahaan bisa mengambil kesimpulan mengenai karyawannya, istilahnya sebagai rapor penilaian saja, sudah pasti ada potensi yang dimiliki karyawan sekaligus juga kelemahan yang harus mereka atasi agar tidak berdampak buruk pada perusahaan. Sekaligus juga untuk menemukan jenis pelatihan apa yang paling ideal untuk diikuti masing-masing peserta ini.

Banyak memang lembaga assessment yang ada di Indonesia dengan layanan TMA ini, namun jika berbicara mengenai kualitas tentunya tidak semua bagus. Anda cukup percayakan saja hanya kepada Prasmul-ELI. Pastinya sudah tidak asing dengan nama yang satu ini, apalagi Prasmul-ELI sebagai lembaga pelatihan serta assessment memiliki banyak keunggulan, yaitu:

1. Berpengalaman, pengalamannya di bidang ini bahkan sudah lebih dari 30 tahun, sehingga dapat diadu dengan yang lainnya.

2. Program paling lengkap, cari jenis pelatihan seperti apa saja dengan metode apa saja semuanya ada. Perusahaan dapat berkonsultasi untuk mendapatkan yang sesuai.

3. Tarif terjangkau, dari segi tarif yang ditawarkan oleh Prasmul-ELI ini juga relatif bersaing, sehingga aman di kantong.

4. Bergaransi dan bersertifikat, setiap programnya dijamin dengan garansi serta ada sertifikat yang diberikan kepada peserta jika sudah lulus dari program pelatihan.

Bisa daftar kelas training need assessment di Prasmul-ELI sekarang juga.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.