ETIKA TELEPON PROMOSI BISNIS YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Ketika anda mengelola sebuah usaha atau bisnis, ada beberapa etika yang harus anda perhatikan. Mulai dari hal-hal kecil sampai hal-hal besar. Salah satu etika yang wajib anda perhatikan adalah etika ketika menerima atau melakukan panggilan telepon promosi bisnis. Etika menerima atau menelpon ini harus diperhatikan karena menunjukan sikap profesionalisme anda dalam menjalankan bisnis atau usaha anda.

etika telepon promosi bisnis


Etika Telepon Promosi Bisnis Yang Wajib Anda Ketahui

Berikut adalah beberapa etika telepon promosi bisnis yang perlu anda ketahui agar anda terlihat profesional dalam menjalankan bisnis atau usaha anda.

Etika Telepon Promosi Bisnis Ketika Anda Menerima Panggilan

1. Menjawab telepon sebelum tiga dering

Etika pertama ketika menerima telepon berkaitan dengan promosi bisnis adalah dengan mengusahakan untuk menjawab panggilan masuk tidak lebih dari tiga kali dering. Hal ini dilakukan agar penelepon tidak menunggu lama. 

2. Sapa klien dengan ramah

Hal berikutnya yang wajib anda ketahui adalah memberikan sapaan yang ramah kepada klien. Tentu saja etika ini akan membuat anda terlihat profesional dan membuat klien senang karena merasa anda sangat ramah dan juga sebagai bentuk sopan santun.

3. Dengarkan lawan bicara dengan penuh perhatian

Meskipun anda tidak bertemu secara langsung dengan klien, namun pastinya klien akan mengetahui apakah anda fokus dengan apa yang sedang dibicarakan. 

Fokus dengarkan dengan baik apa yang lawan bicara anda bicarakan. Hal ini juga akan menghindari kesalahpahaman mengenai topik yang sedang dibahas. Tentu saja lawan bicara akan merasa dihargai dan didengarkan.

4. Perhatikan gestur tubuh

Lawan bicara memang tidak melihat kita secara langsung. Namun lawan bicara dapat merasakan dengan bahasa tubuh yang kita lakukan. Berbicara dengan tersenyum pastinya akan memberikan suara yang berbeda. 

Atau ketika anda duduk atau berdiri suara anda juga akan berbeda. Berbicara dengan tersenyum dan berdiri akan membuat anda berkomunikasi lebih nyaman dan memberikan kesan anda senang menerima telepon tersebut.

5. Jaga nada suara anda dan berbicaralah dengan jelas

Pada saat berbicara dengan klien anda terutama saat membicarakan urusan bisnis, jaga selalu suara anda. Hindari suara yang terlalu pelan sehingga tidak bisa didengar oleh klien. Atau sebaliknya, hindari nada suara yang terlalu tinggi.

Selain itu berikan intonasi suara yang jelas, sehingga lawan bicara paham dengan apa yang dibicarakan. Hal ini juga dapat menghindari miskomunikasi dalam urusan bisnis yang sedang anda bicarakan. Terutama soal promosi bisnis.

6. Tutup telepon dengan baik

Sama halnya saat memberikan sapaan pada saat menerima telepon, menutup telepon pun harus dilakukan dengan baik dan ramah. Hal ini untuk memastikan bahwa pembicaraan sudah selesai dilakukan. 

Tidak lupa selalu ucapkan terima kasih dan pastikan masih ada hal lain yang dibutuhkan atau tidak. Jangan sampai anda sudah menutup telepon sementara pembicaraan bisnis anda belum selesai. 

Dengan menanyakan ada hal lain yang perlu dibicarakan atau tidak, juga dapat membantu lawan bicara mengingat jika ada yang terlewat. Pastikan juga pihak penelepon mengakhiri panggilan terlebih dahulu.

Etika Telepon Promosi Bisnis Ketika Anda Menghubungi Klien

Lalu bagaimana jika anda yang menghubungi klien dalam melakukan promosi bisnis? Sama dengan menerima telepon, dalam melakukan panggilan telepon promosi bisnis juga ada etikanya. Dan berikut adalah beberapa etika telepon promosi bisnis ketika anda menghubungi klien.

1. Jangan menelepon berkali-kali

Ketika anda melakukan panggilan telepon kepada klien dalam urusan promosi bisnis, jangan pernah melakukan panggilan telepon sampai berkali-kali ketika tidak diangkat. Cukup melakukan panggilan satu atau dua kali saja. Jika tidak diangkat,  berikan jeda jika anda berniat melakukan panggilan kembali misalnya sejam atau dua jam.

Atau anda dapat mengirimkan pesan singkat dan memintanya untuk menelepon anda jika sudah senggang. Sampaikan dengan sopan dan hormat.

2. Berikan sapaan hangat

Ketika telepon anda diangkat, pastikan anda memberikan salam atau sapaan kepada klien anda. Hal ini akan membuat lawan bicara merasa dihargai. Ramah tamah ini akan membuat obrolan promosi bisnis anda lebih mudah dan berjalan lancar. 

Anda dapat memberikan ucapan terima kasih juga karena lawan bicara anda, sudah bersedia menerima panggilan anda. Atau anda juga dapat memastikan bahwa panggilan anda tidak mengganggu aktivitasnya.

3. Sampaikan maksud dan tujuan dengan jelas

Setelah memberikan sapaan, anda dapat menyampaikan tujuan pembicaraan anda yaitu mengenai promosi bisnis dengan jelas. Sehingga lawan bicara mengetahui maksud dan tujuan anda. Selain itu juga jangan lupa untuk jaga nada suara dan bahasa tubuh anda, meskipun klien anda tidak bertatap langsung dengan anda.

4. Tutup telepon dengan tepat

Jika sudah selesai, segera akhiri pembicaraan. Tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada lawan bicara anda. Dan tidak lupa untuk menanyakan kembali apakah masih ada yang ingin dibahas atau ditanyakan. Jika sudah selesai anda dapat menutup telepon lebih dahulu.

Itu dia beberapa etika telepon promosi bisnis yang wajib anda ketahui. Baik saat menerima telepon maupun saat melakukan panggilan telepon promosi bisnis. Etika-etika di atas akan membuat anda terlihat lebih profesional dalam menjalankan bisnis anda.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.