10 REKOMENDASI MENU BERBUKA PUASA YANG SEHAT UNTUK TUBUH

Saat berpuasa, tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaganya agar tetap sehat dan kuat. Namun ketika berpuasa, nutrisi ini hanya didapat saat berbuka puasa atau saat sahur. 

Maka dari itu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan-makanan yang sehat dan bergizi sewaktu sahur dan berbuka puasa, agar puasanya berjalan lancar dan badan tetap sehat dan kuat. Maka dari itu pilih menu berbuka puasa yang sehat.

menu berbuka puasa yang sehat


Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

Terdapat berbagai menu buka puasa yang dapat anda pilih. Mulai dari buah-buahan, sayuran, ikan, sampai dengan olahan daging steak yang lezat. Jika anda ingin mengkonsumsi daging steak saat berbuka puasa, cari toko yang jual daging steak berkualitas, sehingga nutrisi di dalam daging tersebut tetap terjaga.

Berikut adalah daftar menu berbuka puasa yang sehat yang dapat anda coba.

1. Air mineral

Air mineral adalah kebutuhan pertama yang wajib anda penuhi ketika berbuka puasa. Cairan ini akan membantu mengganti cairan anda yang hilang  dan memperlancar metabolisme tubuh anda setelah berpuasa seharian. Hal ini akan membantu anda terhindar dari dehidrasi. 

Minumlah air mineral secara teratur dari berbuka puasa sampai dengan sahur. Misalnya dengan menggunakan metode 2-4-2 yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang waktu menjelang sahur, dan dua gelas saat sahur.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki rasa yang segar ketika dikonsumsi. Buah kaya akan nutrisi baik untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsinya saat berbuka puasa maka akan membantu mengembalikan stamina tubuh yang hilang sepanjang berpuasa. 

Makanlah buah secara rutin saat berbuka puasa atau saat sahur. Pilih buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti semangka, kelengkeng, strawberry atau lainnya. Buah-buah tersebut memiliki kandungan vitamin tinggi. Anda boleh mengolah buah-buah tersebut menjadi sup buah, kolak, dibuat jus, salad, atau dimakan secara langsung.

3. Olahan daging merah

Rekomendasi menu berbuka puasa berikutnya adalah olahan daging merah menjadi salah satu daftar menu yang cocok untuk berbuka puasa. Daging merah ini mengandung banyak protein, zat besi, dan juga lemak. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai olahan menu makanan seperti sup daging, soto, sampai dengan olahan steak. Anda dapat mencampur olahan daging ini dengan berbagai sayuran segar.

Anda dapat membeli daging merah berkualitas ini di berbagai tempat terpercaya dan aman, yang mana kualitasnya terjaga dengan baik. Salah satu tempat aman dan terpercaya untuk membeli daging berkualitas seperti untuk steak adalah di Holycow yang menyediakan frozen food dengan kualitas premium.

menu berbuka puasa olahan daging merah


4. Sup makaroni

Sup pasta ayam menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sehat yang dapat anda coba. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya sangat mudah, pastinya sup hangat ini akan membuat perut anda terasa nyaman, setelah seharian tidak makan apa-apa. Makaroni dipercaya mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga akan membantu memberikan energi dan membuat kenyang lebih lama.

5. Sup sayur

Sup sayur dapat menjadi salah satu alternatif daftar menu berbuka puasa. Sup sayur banyak mengandung sumber nutrisi, vitamin, dan serat yang diperlukan oleh tubuh yang akan membantu menjaga tubuh anda tetap fit selama berpuasa. Sup juga dapat membantu mengganti hidrasi tubuh manusia selama berpuasa sehingga cairan akan tetap seimbang selama berpuasa.

6. Opor ayam

Menu lainnya yang biasa saya buat di rumah untuk berbuka puasa adalah membuat opor ayam. Selain disukai oleh hampir semua keluarga, cara membuatnya sangat mudah, tentunya karena ayam juga mengandung banyak nutrisi untuk tubuh kita, tentu saja dengan racikan bumbu yang alami. Kandungan bumbu yang terbuat dari berbagai bumbu alami seperti kunyit asli sangat bagus untuk kesehatan.

7. Sayur kacang merah

Sayur kacang merah dapat juga menjadi salah satu pilihan menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Menu ini akan selalu ada ketika bulan puasa di keluarga saya. Karena kami menyukai sayur yang kaya akan nutrisi ini.

Makanan sehat ini mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk kesehatan. Sayur kacang juga akan membantu menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Sekaligus memberikan energi luar biasa pada tubuh anda setelah seharian berpuasa. 

menu berbuka puasa sayur kacang merah


8. Olahan ikan

Ini adalah menu berbuka puasa favorit saya, karena saya suka sekali dengan ikan-ikanan. Biasanya di rumah sewaktu berbuka puasa akan selalu ada menu ikan. Selain daging merah, olahan ikan juga sangat cocok menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sehat untuk tubuh

Saya biasanya memilih ikan yang mengandung banyak lemak baik diantaranya tuna atau salmon. Saya biasanya mengolah salmon ini dengan cara memanggang dan mencampurnya dengan sayuran kukus. Santapan sehat ini banyak mengandung vitamin B dan protein yang akan membantu mengembalikan energi saya setelah berpuasa seharian. 

JIka anda tidak begitu menyukai ikan yang dipanggang, boleh juga untuk mengolahnya dengan cara lain, mulai dari membuatnya sup, pepes, bakar, atau lainnya. Selain dipanggang, saya juga sering membuat sup patin sebagai salah satu menu berbuka puasa, atau membuat pepes ikan nila.

9. Kukus sayur dengan bumbu kacang

Suku Sunda terkenal  dengan makanan lalapannya. Namun tak jarang kami juga membuat kukusan sayuran yang ditambahi dengan bumbu kacang. Kukus sayur dengan bumbu kacang adalah menu berbuka puasa yang selalu ada di keluarga saya, karena sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 

Saya biasanya menyantap menu berbuka puasa ini dibarengi dengan ikan atau daging. Rasanya memang nikmat sekali dan pastinya kaya akan nutrisi.

10. Kolak

Daftar menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa berikutnya adalah kolak. Kolak ini dapat terbuat dari umbi-umbian, labu, atau pisang dengan berbagai tambahan bahan alami lainnya seperti kolang-kaling dan lainnya. Biasanya kolak selalu menjadi menu pembuka sebelum menyantap menu utama. 

Selain membuat efek kenyang lebih lama, bahan-bahan alami pada kolak juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya untuk lebih sehat, saya menggunakan gula merah alami yang kami beli dari pengrajin gula.

Itu dia daftar menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Semua makanan di atas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita selama puasa. Pilih bahan dan bumbu yang berkualitas ketika anda membelinya.

Referensi:

https://www.holycowsteak.com/collections/all
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-buka-puasa-sehat
https://www.mitrakeluarga.com/artikel/menu-buka-puasa-sehat

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.