10 REKOMENDASI MENU BERBUKA PUASA YANG SEHAT UNTUK TUBUH

Saat berpuasa, tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaganya agar tetap sehat dan kuat. Namun ketika berpuasa, nutrisi ini hanya didapat saat berbuka puasa atau saat sahur. 

Maka dari itu penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makanan-makanan yang sehat dan bergizi sewaktu sahur dan berbuka puasa, agar puasanya berjalan lancar dan badan tetap sehat dan kuat. Maka dari itu pilih menu berbuka puasa yang sehat.

menu berbuka puasa yang sehat


Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Yang Sehat

Terdapat berbagai menu buka puasa yang dapat anda pilih. Mulai dari buah-buahan, sayuran, ikan, sampai dengan olahan daging steak yang lezat. Jika anda ingin mengkonsumsi daging steak saat berbuka puasa, cari toko yang jual daging steak berkualitas, sehingga nutrisi di dalam daging tersebut tetap terjaga.

Berikut adalah daftar menu berbuka puasa yang sehat yang dapat anda coba.

1. Air mineral

Air mineral adalah kebutuhan pertama yang wajib anda penuhi ketika berbuka puasa. Cairan ini akan membantu mengganti cairan anda yang hilang  dan memperlancar metabolisme tubuh anda setelah berpuasa seharian. Hal ini akan membantu anda terhindar dari dehidrasi. 

Minumlah air mineral secara teratur dari berbuka puasa sampai dengan sahur. Misalnya dengan menggunakan metode 2-4-2 yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas sepanjang waktu menjelang sahur, dan dua gelas saat sahur.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki rasa yang segar ketika dikonsumsi. Buah kaya akan nutrisi baik untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsinya saat berbuka puasa maka akan membantu mengembalikan stamina tubuh yang hilang sepanjang berpuasa. 

Makanlah buah secara rutin saat berbuka puasa atau saat sahur. Pilih buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti semangka, kelengkeng, strawberry atau lainnya. Buah-buah tersebut memiliki kandungan vitamin tinggi. Anda boleh mengolah buah-buah tersebut menjadi sup buah, kolak, dibuat jus, salad, atau dimakan secara langsung.

3. Olahan daging merah

Rekomendasi menu berbuka puasa berikutnya adalah olahan daging merah menjadi salah satu daftar menu yang cocok untuk berbuka puasa. Daging merah ini mengandung banyak protein, zat besi, dan juga lemak. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai olahan menu makanan seperti sup daging, soto, sampai dengan olahan steak. Anda dapat mencampur olahan daging ini dengan berbagai sayuran segar.

Anda dapat membeli daging merah berkualitas ini di berbagai tempat terpercaya dan aman, yang mana kualitasnya terjaga dengan baik. Salah satu tempat aman dan terpercaya untuk membeli daging berkualitas seperti untuk steak adalah di Holycow yang menyediakan frozen food dengan kualitas premium.

menu berbuka puasa olahan daging merah


4. Sup makaroni

Sup pasta ayam menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sehat yang dapat anda coba. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya sangat mudah, pastinya sup hangat ini akan membuat perut anda terasa nyaman, setelah seharian tidak makan apa-apa. Makaroni dipercaya mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga akan membantu memberikan energi dan membuat kenyang lebih lama.

5. Sup sayur

Sup sayur dapat menjadi salah satu alternatif daftar menu berbuka puasa. Sup sayur banyak mengandung sumber nutrisi, vitamin, dan serat yang diperlukan oleh tubuh yang akan membantu menjaga tubuh anda tetap fit selama berpuasa. Sup juga dapat membantu mengganti hidrasi tubuh manusia selama berpuasa sehingga cairan akan tetap seimbang selama berpuasa.

6. Opor ayam

Menu lainnya yang biasa saya buat di rumah untuk berbuka puasa adalah membuat opor ayam. Selain disukai oleh hampir semua keluarga, cara membuatnya sangat mudah, tentunya karena ayam juga mengandung banyak nutrisi untuk tubuh kita, tentu saja dengan racikan bumbu yang alami. Kandungan bumbu yang terbuat dari berbagai bumbu alami seperti kunyit asli sangat bagus untuk kesehatan.

7. Sayur kacang merah

Sayur kacang merah dapat juga menjadi salah satu pilihan menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Menu ini akan selalu ada ketika bulan puasa di keluarga saya. Karena kami menyukai sayur yang kaya akan nutrisi ini.

Makanan sehat ini mengandung banyak protein yang sangat bagus untuk kesehatan. Sayur kacang juga akan membantu menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Sekaligus memberikan energi luar biasa pada tubuh anda setelah seharian berpuasa. 

menu berbuka puasa sayur kacang merah


8. Olahan ikan

Ini adalah menu berbuka puasa favorit saya, karena saya suka sekali dengan ikan-ikanan. Biasanya di rumah sewaktu berbuka puasa akan selalu ada menu ikan. Selain daging merah, olahan ikan juga sangat cocok menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sehat untuk tubuh

Saya biasanya memilih ikan yang mengandung banyak lemak baik diantaranya tuna atau salmon. Saya biasanya mengolah salmon ini dengan cara memanggang dan mencampurnya dengan sayuran kukus. Santapan sehat ini banyak mengandung vitamin B dan protein yang akan membantu mengembalikan energi saya setelah berpuasa seharian. 

JIka anda tidak begitu menyukai ikan yang dipanggang, boleh juga untuk mengolahnya dengan cara lain, mulai dari membuatnya sup, pepes, bakar, atau lainnya. Selain dipanggang, saya juga sering membuat sup patin sebagai salah satu menu berbuka puasa, atau membuat pepes ikan nila.

9. Kukus sayur dengan bumbu kacang

Suku Sunda terkenal  dengan makanan lalapannya. Namun tak jarang kami juga membuat kukusan sayuran yang ditambahi dengan bumbu kacang. Kukus sayur dengan bumbu kacang adalah menu berbuka puasa yang selalu ada di keluarga saya, karena sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 

Saya biasanya menyantap menu berbuka puasa ini dibarengi dengan ikan atau daging. Rasanya memang nikmat sekali dan pastinya kaya akan nutrisi.

10. Kolak

Daftar menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa berikutnya adalah kolak. Kolak ini dapat terbuat dari umbi-umbian, labu, atau pisang dengan berbagai tambahan bahan alami lainnya seperti kolang-kaling dan lainnya. Biasanya kolak selalu menjadi menu pembuka sebelum menyantap menu utama. 

Selain membuat efek kenyang lebih lama, bahan-bahan alami pada kolak juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya untuk lebih sehat, saya menggunakan gula merah alami yang kami beli dari pengrajin gula.

Itu dia daftar menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa. Semua makanan di atas mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita selama puasa. Pilih bahan dan bumbu yang berkualitas ketika anda membelinya.

Referensi:

https://www.holycowsteak.com/collections/all
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-buka-puasa-sehat
https://www.mitrakeluarga.com/artikel/menu-buka-puasa-sehat

45 Comment

  1. buka puasa bakalan lebih nikmat dengan sajian penuh gizi ya mbaa..kalo di tempat saya ada pisang ijo dan es pala butung yang berbahan dasar pisang..seger-seger bernutrisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es pisang ijo dan es pallu butung itu mirip-mirip kan, ya? Btw, yang bener tuh es pala butung atau es pallu butung ya? Kalo "es pala butung" kok jadi serem ya.

      Delete
  2. Sup sayur jadi hidangan buka puasa yang seger, karena kan seharian berpuasa maka pas waktu iftar santap yang berkuah jadi makin lahap makannya

    ReplyDelete
  3. kalo ane teh hangat terlebih dahulu baru nasi, ehheeh

    ReplyDelete
  4. Kolaaak. Terutama kalau di rumahku sih kolak labu kuning. Ga tahu deh, engga bosen-bosennya keluargaku suka banget. Apalagi sering aku tambahin kolang-kaling. Hum...jadi pengen bikin kolak labu kuning deh...

    ReplyDelete
  5. Enak-enak dan bikin kepingin fotonya hehe. Saya kepingin bisa masak sayur/sop kacang merah. Pernah buat kok masih kurang pas

    ReplyDelete
  6. Dengan memilih jenis makanan buka puasa yang sehat, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mendapat manfaat dengan optimal.
    Ingatlah bahwa kunci utama untuk mendapatkan manfaat maksimal dari berpuasa adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

    ReplyDelete
  7. Memilih kombinasi makanan sehat sesuai dengan kebutuhan tubuh sudah pasti harus banget dimasukkan dalam piring. Apalagi angka kecukupan gizi untuk pola makan sehat sudah bisa dihitung sndiri dong

    ReplyDelete
  8. Rekomendasi menunya ok semua nih, Mei. Untuk saya pribadi, saat berbuka puasa saya mulai dengan air putih/mineral dan buah-buahan saja, terkadang pakai kolak. Untuk sayur dan daging biasanya itu menjadi menu 1-2 jam berikutnya setelah berbuka puasa.

    ReplyDelete
  9. Kalau buka puasa emang enak makan yg seger2 seperti sup. Karena pas puasa berasa hauss. Jangan lupa air putihnya.

    ReplyDelete
  10. Banyak pilihan makanan dengan manfaat yang baik untuk tubuh daripada hanya bertujuan mengenyangkan perut ya. Olahan makanan ringan hingga berat bisa jadi pilihan. Air putih wajib nih kalau saya. Kolak bisa jadi pilihan takjil karena bahannya kaya dengan unsur alami dan mengenyangkan. Kalau makanan berat ikan kayaknya bakal bersahabar di perut. Nah kalau opor nih bisanya menu andalan hari raya kalau di rumah. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, aku pun paling air putih sama kurma yg manis2 dikit ya, biar tenaga udh balik deh. Setelah maghriban baru tancap yg berat hehe

      Delete
  11. Kolak salah satu menu andalan buat berbuka puasa. Kesukaanku sih kolak pisang kalau untuk berbuka

    ReplyDelete
  12. Buah sama sayuran ini daridulu harus udah ada di meja makan kami sejak aku kecil, tapi sejak nikah akunyaaaaa yang males banget kupas2 buah hikss, padahal penting banget. pengen memperbaiki pola yg skrg biar nyemilnya jg lebih ke buah

    ReplyDelete
  13. Btw ikan jadi menu kesukaankuuuu selain buah dan sayuran dan wajib ada di meja makan pas buka atau sahur hihi. toss kak! Cuman skrg yg jadi challenge adalah gimana anakku biar suka jugaa

    ReplyDelete
  14. Kayaknya cocok nih buat makan habis puasa cek darah, biar lebih mantap gitu 😁

    ReplyDelete
  15. Favorit aku kalau buka puasa pakai sup sayur. Udah enak trus menambah cairan yang masuk ketubuh, jadi setelah berbuka tubuh kembali seger lagi, n siap buat puasa besoknya....

    ReplyDelete
  16. Keknya yg berbau santan jangan sering-sering nggak sih, xixixi.. Itu juga kukus sayur bumbu kacang tambah kentang, baso, siomay, jadi deh siomay, sehatnya lebih komplet, hehe..

    ReplyDelete
  17. Kalo aku dulu air dan kurma sih favorit buat takjil. Nanti baru lanjut ke makan besar yang tentunya sehat

    ReplyDelete
  18. Biasanya buka puasa dengan teh manis hangat, dan kue kue atau gorengan. Baru agak malam makan nasi lauk dan sayuran. Tapi terkadang makan kue kue sudah kenyang juga. Yang penting minum air putih sesuai yang dianjurkan, dan hindari minum teh atau kopi saat sahur.

    ReplyDelete
  19. Kolak sih yg pasti. Entah apapun buahnya atau isinya. Yg pntg ada asupan gula. Tp jgn bnyk2 ya. Ntr diabetes lg. Wkwk. Padahal tujuan puasa kan mengendalikan hawa nafsu makan minum.

    ReplyDelete
  20. Klo masa puasa ak lebih sering dibikinin kolak mbak buat menu pembukanya, abis itu ya tau sendiri lah, apa aja abis #eh

    ReplyDelete
  21. hidangan sayur sup dan kolak pisang paling sering hadir saat puasa, jadi kuliner wajib dan bernutrisi soalnya hehehe

    ReplyDelete
  22. Wah sepertinya kita tim sama nih mbak, yang membatalkan puasa dengan air putih hehehe.. entah kenapa kalau langsung yang manis rasanya tidak enak di perut. Namun setelah minum air, biasanya saya langsung sikat makanan-makanan menu berbuka puasa ini sih ehhee

    ReplyDelete
  23. Kalo kami kebiasaan tuh tiap puasa, menu buka puasanya lebih memilih kolak dan air mineral. Ini aja udah bikin kenyang. Jarang bisa langsung makan besar. Pewe sih terutama yang suka banget kolak. Kalo aku lebih ke minum teh anget gitu. Sesekali sup sayur yang anget juga bikin perut enak sih

    ReplyDelete
  24. Kalo buka puasa paling seneng makan kolak, walah jadi pengen ini. Tapi untuk pertama pasti kurma sich yang aku makan.

    ReplyDelete
  25. Berbuka bukan hanya sekedar melegakan tetapi juga kudu memilih menu sehat yang mengembalikan energi selama seharian berpuasa. Dan dengan menu sehat, semoga puasa bisa dilakukan secara rutin.

    ReplyDelete
  26. Untuk menu berbuka puasa memang enak yang berkuah-kuah seperti aneka sup. Selain mengganti cairan tubuh, kandungan nutrisinya juga bagus.

    ReplyDelete
  27. Buka puasa memang harus betul-betul diperhatikan asupan untuk tubuh, namun demikian tetap harus ada jeda untuk mengonsumsinya agar lambung tidak kaget, dan kita pun puasa jadi tetap enak, nyaman, dan sehat

    ReplyDelete
  28. Dari semua pilihan yang ada, saya suka berbuka puasa dengan olahan daging karena saya penggemar daging. Kalau kolak, saya tidak suka, jadi jarang banget buka puasa sama kolak.

    ReplyDelete
  29. Kalau lagi puasa memang enaknya makanan untuk berbuka itu yang seger dan bergizi seperti sayur dan buah. Dan sayur dan buah ini juga bisa membantu memenuhi asupan cairan ke dalam tubuh.

    ReplyDelete
  30. BTW sup kacang merah ituuu, apa bisa diganti dengan es kacang merah? Kandungan utamanya tetap kacang merah kan, ya?

    ReplyDelete
  31. Wah, lezat semua hidangan berbuka puasanya nih mbak Mei. Bergizi, bernutrisi dan menjadi masakan favoritku hehehe :D Kolak bisa menjadi menu pembuka, disusul sayuran, daging dan semua harus dicoba hihihihi. Semoga muat perutnya. Ingat, berhenti makan sebelum kenyang ya. TFS mbak.

    ReplyDelete
  32. kolak kolang kaling dan Sayur kacang merah menu favoritku kalau lagi bulan puasa. Diantara yang lain, berbuka dengan daging merah belum pernah nyoba, kayaknya seru biar sensasinya berbeda hihi.

    ReplyDelete
  33. Kayaknya kalau sup makaroni tapi dicampur sayur enak kali ya. Seger dan kenyangnya pas di perut yang abis seharian berpuasa.

    ReplyDelete
  34. Jadi kangen banget sama kolak nih baca artikelmu, Mei. Biasanya kalau buka puasa di rumah juga bikin ini, walaupun tidak sering sih. Palingan minum hangat saja dan cemilan.

    ReplyDelete
  35. Saat berbuka adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan energi tubuh. So, tidak boleh asal kenyang, kita harus mengkonsumsi makanan kaya nutrisi.

    ReplyDelete
  36. Buka puasa terasa istimewa dengan hidangan sehat dan lezat seperti ini ya kak

    ReplyDelete
  37. Yang pastinya kalau puasanya itu tidak pernah ketinggalan yang namanya kolak.
    Dan, saya pun jarang membuat kolak kecuali pas puasa. Jadi semacam jadi menu khas berbuka puasa

    ReplyDelete
  38. Biasanya aku berbuka dengan buah-buahan atau yang paling gampang kurma deh. Terus baru minum air putih. Kalau buka berat lebih suka sup yang segar hehe. Tapi pernah bukber pake steak. Tapi ngga pake nasi udah kenyang banget. Holycow cocok lho buat menu buka puasa.

    ReplyDelete
  39. Sebetulnya buat saya berbuka puasa dengan 3 kurma dan teh hangat aja udah cukup. Tapi, kalau masih agak lapar ya paling ngemil dikit, deh. Jangan kebanyakan biar gak begah saat shalat Maghrib.

    ReplyDelete
  40. Semua suka meski kadang makin terbatas
    Ya, makin menua menu buka puasanya juga makin sedikit
    Yang penting halal dan menegakkan badan untuk shalat

    ReplyDelete
  41. Kalo aku sih bakalan kuembat semua daftar makanan/minuman diatas saat berbuka puasa. Tapi prefer minum kolak dulu sih, biar gula darah naik, aku suka yg manis2 soalnya.

    ReplyDelete
  42. Kayanya makan sup pas buka puasa tuh emang enak ya Kak, seruput yang anget anget gitu buat perut yang masih kosong, enak bangeeeet

    ReplyDelete
  43. Boleh juga nih 10 rekomendasinya, buat buka puasa senin dan kamis. Saya sendiri suka dengan sup sayur, selain segar, kebutuhan akan serat saya bisa langsung terpenuhi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.