BELAJAR BAHASA INGGRIS BARENG TBI MELALUI BLOGGER PITCHING LETTER WRITING CLASS

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan sebagai alat komunikasi oleh masyarakat di dunia. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa ibu yang digunakan oleh 400 juta orang lebih di dunia. Maka tak heran jika bahasa Inggris menjadi bahasa yang sangat penting dan wajib dikuasai oleh orang-orang yang ingin masuk ke dunia global. 

Tidak hanya bagi para pekerja kantoran, bahasa Inggris juga wajib dikuasai oleh para freelancer. Salah satunya adalah para Blogger seperti saya. Mengingat belakangan ini blogger mulai banyak bekerjasama dengan klien dari luar negeri. Beruntung, beberapa minggu lalu BloggerCrony mengadakan kegiatan BloggerHangout ke-81 dengan mengambil tema Blogger Pitching Letter Writing Class.

tbi english with the best


Tentang BloggerHangout

BloggerHangout adalah salah satu program rutin dari BloggerCrony Community yang merupakan salah satu komunitas blogger ternama di Indonesia. Program ini merupakan ajang temu atau kopdar para blogger yang membahas mengenai dunia blogging. 

Dalam kegiatan ini diharapkan masing-masing blogger mengenali kemampuan dirinya dengan sangat baik, sehingga dapat memunculkan ciri khas atau karakternya sebagai blogger melalui tulisannya, termasuk dalam tulisannya membuat pitching letter dalam bahasa Inggris untuk klien di luar negeri.

Tujuan utama dari BloggerHangout adalah untuk meningkatkan dan upgrade kemampuan blogger dalam menulis dan juga sharing mengenai dunia blogger. Salah satunya adalah upgrade kemampuan dalam bahasa Inggris. Pas banget, BloggerCrony mengadakan acara BloggerHangout ke-81 dengan mengambil tema Blogger Pitching Letter Writing Class.

bloggerhangout ke-81 bloggecrony


Dengan adanya kelas Blogger Pitching Letter Writing Class ini diharapkan kemampuan bahasa Inggris para blogger di BloggerCrony dapat meningkat dengan sangat baik. Selain itu juga mampu berinteraksi secara aktif dengan para klien dari luar negeri sehingga terjalin kerjasama yang berkesinambungan.

BloggerHangout ke-81 ini adalah hasil kerjasama dari Carro Indonesia dan The British Institute atau TBI sebagai narasumber yang membahas tentang Blogger Pitching Letter Writing Class ini.

Berkenalan Dengan TBI

The British Institute atau dikenal dengan TBI adalah salah satu institusi yang berfokus pada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI didirikan pada 18 Februari 1984, jadi usianya sudah hampir 40 tahun, sehingga secara kualitas pastinya sudah tidak diragukan lagi karena pengalamannya sudah empat dekade.

Mengingat juga bahwa TBI mendapatkan dukungan penuh dari UTC (UniSadhuGuna Testing Centre). UTC sendiri adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang mendapatkan lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages). 

the british institute - tbi


Metode pembelajaran yang digunakan oleh TBI adalah metode pengajaran eklektik (eclectic approach), yang mana konsep ini menitikberatkan pelajaran di kelas yang sesuai dengan  kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal.

Menurut saya pribadi ini metode ini merupakan salah satu keunggulan kenapa TBI menjadi tempat kursus yang cocok untuk belajar bahasa Inggris. Karena metode ini akan lebih tepat sasaran bagi siswa sesuai dengan kebutuhannya.

TBI juga dalam sistem pembelajarannya merujuk pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), yaitu konsep belajar dengan mengacu pada standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.

Keunggulan lain dari TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang memiliki jam terbang atau pengalaman yang mumpuni bahkan sudah berstandar kualifikasi internasional.

TBI juga juga memperkuat komitmennya di usianya yang ke-40 untuk terus adaptif di segala lini industri dengan menggaungkan core values yaitu transformasi (transformation), membangun (build), dan inovasi (innovation).

Terkait dengan program pembelajaran, TBI Memiliki banyak program pembelajaran bahasa Inggris yang dapat diakses mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Berikut beberapa program kelas Bahasa Inggris yang tersedia di TBI Depok, TBI Cibubur, TBI Kota Wisata.

    1. Very Young Learners (children aged 4-6)
    2. Children Class (Primary school students Grade 1-4)
    3. Pre-Teenager Class (Primary school students Grade 5-6)
    4. Teenager Class (Junior High School students)
    5. Global English (High school students & adults)

Tempat les bahasa Inggris di Cibubur dan Kota Wisata


Selain program reguler di atas, tersedia juga program kelas bahasa Inggris khusus yang dapat diikuti oleh siapa saja yaitu:

  1. Exam Preparation Class (TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan IELTS) bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan untuk beasiswa (Semua siswa mendapatkan exam ini secara gratis!)
  2. Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks bisnis (Semua siswa mendapatkannya kelas ini secara gratis!)
  3. Conversation Class, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris khususnya speaking skills.

Selain kedua program di atas, TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata juga memiliki program rutin setiap tahunnya seperti Holiday English Programme, English Competition, dan Halloween.

TBI Depok Kursus Bahasa Inggris Terbaik


TBI pun turut hadir di Kota Depok, Cibubur dan Kota Wisata untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Semua cabang tersebut sangat mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi ataupun oleh transportasi umum.

    • TBI Depok: Jl. Raya Margonda No.56 Ruko ITC Depok No.7-8, Pancoran Mas Depok 16431. Ph: 021 77211000, 0857 1573 3386
    • TBI Cibubur: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.1 No. 9 B-C. Cimanggis, Kota Depok 16454. Ph: 021 84309595, 0813 8330 7474
    • TBI Kota Wisata: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.6 Ruko Boston Square Rk.1 No.7-9, Kota Wisata Cibubur, Kota Bogor 16968. Ph: 021 22962690, 0857 7213 8651

Buat anda yang penasaran dan ingin mengetahui banyak soal TBI Depok, Cibubur, Kota Wisata ini dapat menghubungi langsung TBI pada situs resminya yaitu www.tbi.co.id.

Blogger Pitching Letter Writing Class Bersama TBI Depok, TBI Cibubur, TBI Kota Wisata

Penasaran dengan keseruan kelas bahasa Inggris dalam acara BloggerHangout ke-81 bersama Carro Indonesia dan TBI Depok, TBI Cibubur, dan TBI Kota Wisata? Keep reading.

BloggerHangout ke-81 diadakan pada tanggal 18 Mei 2024. Acara yang diadakan di Carro Indonesia Pondok Indah ini, dihadiri oleh para Blogger secara hybrid yaitu offline dan juga online dengan peserta online dari beberapa kota di Indonesia.

Acara dimulai sekitar pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Kebetulan saya mengikuti acara ini secara offline sehingga bisa secara langsung merasakan keseruan kelasnya. Karena bisa berinteraksi secara langsung dengan narasumbernya.

Acara dipandu langsung oleh MC senior dari BloggerCrony yaitu Mba Dennise Sihombing. Tentunya membuat acara semakin seru dengan candaan-candaan mba Denise yang santai tapi serius. Setelah dibuka, ada sambutan dari Mba Wardah Fajri atau akrab disapa Mba Wawa sebagai founder BloggerCrony Community.

Kemudian sambutan juga diberikan oleh Pak Victorius Nugraha sebagai School Manager TBI Depok, Cibubur. Acara semakin meriah ketika Pak Victorius memberikan sebuah kejutan dengan menginformasikan bahwa di akhir acara bakal ada kejutan untuk semua peserta. Wah ga sabar nunggu acara berakhir, karena mau tahu apa kejutannya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Mba Susy Draviani selaku Partnership Manager Carro yang juga sekaligus sebagai penyedia tempat untuk acara BloggerHangout ke-81 ini.

bloggerhangout x tbi bloggercrony


Masuk ke acara inti yaitu sharing mengenai bagaimana melakukan pitching letter ke calon klien dengan menggunakan bahasa Inggris yang disampaikan oleh Pak Sugeng Riyadi yang merupakan Senior Teacher TBI Depok. Soal kualitas Pak Sugeng, jangan diragukan lagi.

Di kelas ini, kami sebagai blogger belajar banyak bagaimana cara membuat proposal pengajuan kerjasama kepada klien dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar melalui email. Begitu juga bagaimana merespons email tawaran kerjasama dari klien dengan menggunakan bahasa Inggris.

Pak Sugeng membawakan kelas dengan sangat antusias. Membuat saya dan teman-teman nyaman dan tidak sungkan untuk berinteraksi secara langsung dan aktif. Pokoknya, acaranya seru banget, kelasnya mostly full Englishabsolutely enriches our speaking skills

Ditambah lagi tutornya juga Pak Sugeng sangat positive vibes, yang membuat semua peserta acara merasa comfortable berinteraksi. Baik sekedar bertanya ataupun menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pak Sugeng. Happy banget pokoknya ikutan kelas pitching letter ini.

Terima kasih banyak BloggerCrony Community dan juga TBI, ditunggu next event-nya. Dan tidak lupa terima kasih kepada Carro Indonesia, yang sudah memberikan fasilitas ruangan yang nyaman untuk acara ini.

carro indonesia


Bagi yang belum tahu Carro Indonesia yang berlokasi di Pondok Indah ini, Caro adalah platform jual beli mobil bekas terbaik di Asia Tenggara. Anda dapat membeli berbagai mobil bekas bersertifikat terbaik dari berbagai merek mobil.

Apalagi semua mobil yang dijual Carro kepada pelanggan memiliki garansi mesin dan transmisi serta terjamin bebas kecelakaan dan memiliki penawaran harga terbaik.

Di akhir acara sesuai dengan janji Pak Victorius akan ada kejutan dari TBI Depok, Cibubur, Kota Wisata. Penasaran bukan dengan kejutannya? Ternyata kami semua peserta BloggerHangout ke-81 baik offline maupun online mendapatkan kelas gratis tentang Business Communication selama satu bulan. Wow, I am over the moon. Lumayan kan bakal upgrade skill bahasa Inggrisnya. Thank you TBI.

My Thought

Overall, acara BloggerHangout ke-81 ini seru banget dan pastinya sesuai dengan visi dan misi dari BloggerCrony Community yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas diri (capacity building) para blogger yang tergabung dalam komunitas yang digawangi oleh Mas Satto Raji dan Mba Wardah Fajri ini. Dalam hal ini tentu saja skill dalam bahasa Inggris.

Ga salah belajar dengan TBI sebagai English with the best membuat bahasa Inggris kami semakin terasah. Saya pribadi dengan mengikuti kegiatan ini sangat terasa penguasaan bahasa Inggris saya semakin meningkat meskipun kelasnya hanya beberapa jam.

Tidak hanya soal bahasa Inggrisnya, tetapi mindset saya mengenai pentingnya belajar bahasa Inggris salah satunya skill writing itu sangat penting yang akan sangat berguna pada saat mengirim atau memabalas email dalam bahasa Inggris. Nyatanya kita sebagai Blogger yang pekerjaannya menulis di rumah sangat memerlukan skill ini. Jadi kelas pitching letter dari TBI ini sangat bermanfaat sekali. 

Jadi tunggu apalagi, yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengambil program kelas bahasa Inggris di TBI. Yang lokasinya sudah tersebar di berbagai area seperti TBI Depok, TBI Cibubur, TBI Wisata kota yang semuanya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

29 Comment

  1. Pengalaman TBI yg hampir 40 tahun ini udah nggak diraguin lagi dong ya. Suka juga lihat tempatnya yg keknya nyaman gitu buat belajar. Semoga BloggerHangout yg diprakarsai BloggerCrony Community ini, bisa terus ada ya.

    ReplyDelete
  2. seru bener ini kegiatannya,sangat bermnfaat karena dapat ilmu baru, bisa belajar bahasa Inggris dari expertnya. nanti gampang kalau mau buat proposal internasional. sudah jago bercakap dan menulisnya. Mantaaap ini, kudu diadakan sering sering

    ReplyDelete
  3. Di Malang juga ada TBI dan ternyata gak hanya ada kelas anak2. Tapi juga dewasa ya.

    Belajar bikin offer letter in English juga harus dipelajari biar kalimatnya formal dan grammarnya benar.


    Aku masih bikin surat terlalu pendek huhuu. Kudu diperbaiki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa up level deh kalau kita bisa bikin letter offer dalam bahasa inggris ya, Kak. Apalagi nek belajarnya barengan. Jadi, kita bisa saling koreksi.

      Delete
  4. blogger juga harus mau upgrade skill ya, biar enggak ketinggalan. apalagi persaingan saat ini makin ketat. hanya yang mau upgrade skill aja yang bisa bertahan

    ReplyDelete
  5. Ini jadi blogger hangout yang menyenangkan karena belajar bahasa Inggrisnya dengan cara asik, tapi tetep ya vibes deg²an dengan si TOEFL mah muncul jug hehe

    ReplyDelete
  6. Seru banget update skills bareng ahlinya. Salah satu yang bikin engga maju-maju itu engga pe-de bahasa Inggris nih. Apalagi bikin pitching letter. Secara tata bahasa kudu bener dan tepat sasaran ya. Beruntungnya Mbak Mei...

    ReplyDelete
  7. Wah, senang banget bisa ikut acara TBI secara offline seperti ini
    Aku sempat ikut yang online

    ReplyDelete
  8. Asyik nih acaranya. Sayang biasanya acara dari Blogger Crony kebanyakan di Jakarta ya. Semoga suatu saat bisa ada cabang per kota besar

    ReplyDelete
  9. Walah ada cabangnya yang di Margonda, ya. Coba masih tinggal di Depok, mungkin saya bisa nih belajar bahasa Inggris ke sana.

    ReplyDelete
  10. mantap nih program Bloggerhangout dari BloggerCrony comunity. Kelasnya juga ada offline dan online, ya.
    Blogger bisa naik kelas nih dengan penguasaan bahasa asing, apalagi bahasa Inggris, ya.

    ReplyDelete
  11. Panduan bikin pitching letter for blogger ini ngebantu banget bagi para blogger yang ingin make a contract sama klien. Kalau menarik dan sesuai dengan target pasar mereka, tentunya akan menjadi keuntungan tambahan bagi sang blogger.

    ReplyDelete
  12. Lengkap banget ya kak exam preparation class-nya. Ga perlu cari tempat kursus bahasa Inggris lainnya tuh kalo di TBI udah komplit sekali. Kita bs belajar mulai dasar hingga urusan TOEFL/IELTS.

    ReplyDelete
  13. mantap banget TBI ini yaa..cakupannya mulai dari anak-anak hingga dunia profesional, dan blogger-blogger pun gak takut lagi mengajukan penawaran pake bahasa inggris. Btw seru banget itu blogger hangout, ketemu langsung sesama blogger, jadi pengeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kayanya bisa nih ikutan sekalian ajak si kecil jg ya biar belajar bareng hehe.. karena sepenting itu bahasa inggris sekarang, kalo mau makin luas pasarnya, kudu mulai merambah nulis ke artikel inggris nih

      Delete
  14. Acara Bloggerhangout selalu memberikan insight yg keren banget. Ini malah belajar bahasa Inggris bareng TBI. Bisa upgrade skill bareng temen-temen nih. TBI ini juga bisa ya untuk kelas reguler yg mau test dan sebagainya.

    ReplyDelete
  15. Biar belajar lebih mudah tentu klo sistem belajarnya menyenangkan seperti di TBI ini ya mbak Mei

    ReplyDelete
  16. Bagus sekali ini acaranya. Beberapa sekaligus jadi bisa menyerap banyak ilmunya. Saya yg tidak bisa ikutan ikut menyerap ilmunya dari reportase di artikel ini ya...
    Keseruan acara dan belajar di TBI nya sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  17. Kok aku jadi tertarik sama program spesialnya TBI nih yang Holiday English Programme. Pas banget liburan dimanfaatkan untuk belajar Bahasa Inggris. Seru banget deh acara BloggerHangout bareng BloggerCrony bareng TBI.

    ReplyDelete
  18. Bahasa Inggris memang harus dipahami dan dimengerti di era sekarang. Penting. Makanya beruntung banget yang dapat kursus bahasa Inggris bersama TBI. Keren

    ReplyDelete
  19. waaah mau banget ikutan belajar bahasa inggris. aku sampe beberapa kali ikutan kelas online tapi akhirnya ga ada yang aku lanjutin huhuhu

    ReplyDelete
  20. Waah seru banget acaranya. Seneng ya bisa dapat banyak ilmu dari orang orang yang kompeten. Daebak Blogger Crony

    ReplyDelete
  21. bagus banget nih acaranya dan materinya juga bermanfaat banget terutama untuk blogger yang emang kerap ada kerjasama dengan klien dari luar negeri. suka bingung juga kan gimana nulis yang baik dalam bahasa inggris terkait pengajuan kerjasama

    ReplyDelete
  22. Seru banget ya,, acara bloggerhangout ini, jadi pengen suatu saat nanti bisa ikut. Nah untuk belajar bahasa Ä°nggris ini program di TBI sangat cocok untuk anak-anak, apalagi anakku yang usia 6 tahun

    ReplyDelete
  23. ahh jadi pengen ikut, seru ya ikutan TBI. Bahasa inggrisku gak maju-maju euy..wkwkk... emang kita harus terus ningkatin skill kita ya kak.. semoga bisa dapat kesempatan ikutan tbi offline.

    ReplyDelete
  24. Nah, ini menulis dalam bahasa Inggris itu semakin penting. Apalagi sekarang banyak juga pemberi kerja dari negara lain. Btw aku pernah juga coba kursus di TBI, memang semenyenangkan itu.

    ReplyDelete
  25. Keren banget BloggerCrony mengadakan BloggerHangout ke-81 dengan mengambil tema Blogger Pitching Letter Writing Class. Karena kak Mei ceritain di sini, rasanya berasa ikut keseruannya secara langsung dari jam 1 siang sampe jam 4 sore. Aku juga setuju sih kalau freelamcer memang perlu belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
  26. Seru banget nih belajar bahasa inggris di TBI bareng temen-temen blogger di acaranya bloggerhangout. Belajar bahasa inggris tuh memang penting banget, program di TBI juga menarik semua, bisa untuk segala kalangan usia.

    ReplyDelete
  27. Waahh envy nih, bisa dapet kelas gratis Business Communication juga selepas acara. Jadi pengin ikutan acara blogger hangout-nya BloggerCrony euy... banyak sekali pengetahuan yang bisa didapatkan melalui aktivitas seperti ini.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.