MANFAAT PEMASANGAN KAMERA CCTV DI KLINIK DOKTER GIGI

Seperti pada umumnya, pemasangan kamera keamanan pada fasilitas umum memiliki fungsi yang sama. Begitu juga dengan klinik dokter gigi, membutuhkan kamera CCTV sebagai salah satu upaya untuk menciptakan sistem keamanan terbaik serta dapat mencegah terjadinya hal yang merugikan.

kamera cctv


Pemasangan jenis kamera CCTV digunakan sebagai bukti kuat jika terjadi sesuatu yang luput dari penglihatan saksi mata yang ada di sekitar kejadian. Selain itu, juga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung atau pasien bahwa klinik dokter gigi memiliki sistem keamanan yang baik. Lantas, apa saja manfaat pemasangan kamera CCTV di klinik dokter gigi? Simak penjelasannya.

Manfaat Pemasangan Kamera CCTV di Klinik Dokter Gigi

Kecanggihan teknologi membawa perkembangan pada CCTV yang kini telah berbasis Internet of Things (IoT). Mulai dari kemudahan cara pemasangan, akses penggunaan bahkan Anda bisa mendapatkan hasil rekaman yang maksimal. Dengan demikian, keberadaan CCTV dapat dirasakan lebih luas lagi manfaatnya.

Kamera CCTV yang berbasis internet tidak hanya memberikan hasil rekaman yang lebih jernih dan jelas saja, tapi juga bisa dilihat rekamannya secara real time. Artinya, Anda bisa melihat hasil rekaman dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone. Adapun manfaat pemasangan kamera CCTV di klinik dokter gigi, antara lain :

1. Meningkatkan Sistem Keamanan

Kamera CCTV memiliki fungsi utama untuk meningkatkan keamanan, sekaligus dapat mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan orang-orang yang berada dalam lingkup sorotan kamera CCTV.

Kamera CCTV dapat merekam sekaligus menampilkan secara langsung situasi di klinik dokter gigi. Tidak hanya kawasan yang terang saja, kamera CCTV tetap dapat berfungsi maksimal dengan menampilkan sorotannya dalam kondisi pencahayaan minim.

hikvision


2. Merekam Aktivitas

Pemasangan jenis kamera CCTV juga bertujuan untuk mengawasi aktivitas para pegawai klinik dokter gigi. Pimpinan klinik dapat mengawasi produktivitas dan kinerja para pegawainya untuk menjaga kualitas pelayanan pada pasien.

3. Menjaga Aset

Alat-alat kesehatan yang digunakan untuk praktik di klinik dokter gigi mempunyai nilai yang besar. Bahkan aset lainnya yang bernilai kecil juga menjadi elemen yang perlu dijaga keberadaannya. Pemasangan kamera CCTV sebagai salah satu upaya untuk memastikan semua aset dalam kondisi aman ketika harus ditinggalkan dalam waktu yang lama.

4. Barang Bukti Kejadian

Tidak semua kejadian dapat diketahui saksi mata secara detail. Hasil rekaman CCTV yang tersimpan secara otomatis dapat dijadikan sebagai barang bukti, jika terjadi hal merugikan yang luput dari penglihatan saksi mata. Sehingga arsip rekaman CCTV dapat membantu proses penyidikan pihak berwenang.

5. Mencegah Insiden

Pemasangan kamera CCTV lebih tepat dilakukan di ruangan yang padat pengunjung serta ruang pemeriksaan klinik dokter gigi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kehilangan atau mengawasi produktivitas serta pelayanan dalam ruang praktik dokter gigi.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, Anda perlu memilih jenis kamera CCTV yang berkualitas untuk dipasang di klinik dokter gigi. Simak beberapa tipsnya berikut ini :

1. Kapasitas Penyimpanan Data Besar

Kamera CCTV memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, tergantung jenis recorder dan media penyimpanannya, mulai dari 16GB hingga mencapai 4TB. Penggunaan hard drive dapat membantu Anda untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan hasil rekaman yang besar. Anda membutuhkan penyimpanan tambahan tersebut karena semakin banyak penyimpanan dengan resolusi tinggi, maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

2. Menentukan Posisi Kamera

Letak pemasangan kamera menjadi poin penting yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Posisi pemasangan kamera bertujuan untuk menentukan kamera yang cocok atau sesuai kebutuhan tempat yang akan dilakukan pemasangan kamera.

Hal ini dilakukan karena klinik dokter gigi memiliki jangkauan sorotan yang berbeda dengan ruangan lainnya. Anda dapat memprioritaskan tempat pemasangan kamera, terutama di tempat yang terdapat banyak pengunjung atau sisi ruangan yang membutuhkan tingkat keamanan lebih tinggi.

3. Resolusi Kamera

Pemilihan kualitas kamera bisa Anda tentukan berdasarkan kebutuhan. Pada umumnya, kamera CCTV memiliki resolusi sekitar 2MP (1080p), 4MP (1440p), 5MP (1920p), dan 8MP (4K/ 2160p).

Untuk mendapatkan resolusi dengan hasil rekaman detail dan jelas, maka Anda bisa memilih kamera dengan kualitas resolusi yang tinggi. 

4. Memilih Kamera yang Terhubung dengan Smartphone

Pengoperasian kamera akan menjadi lebih mudah jika Anda memilih kamera CCTV yang terhubung dengan smartphone melalui jaringan WiFi. Selain itu konektivitas juga menjadi lebih baik karena kabel yang terhubung dengan NVR melalui kabel LAN/jaringan.

Sehingga akan lebih efektif jika dibandingkan dengan kamera yang menggunakan nirkabel. Selain itu, Anda bisa memeriksa kamera kapan saja dan dimana saja untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dari jarak jauh.

Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Keamanan Klinik Dokter Gigi

Anda perlu memilih dengan cermat  jenis kamera CCTV yang akan dipasang area klinik dokter gigi. CCTV dengan jangkauan sorot yang memadai akan memberikan hasil rekaman kejadian yang maksimal. Kualitas produk kamera CCTV Hikvision ColorVu cocok untuk Anda gunakan di area klinik dokter gigi.

Hasil kamera CCTV Zoom dalam warna yang cerah, Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk memeriksa hasil rekaman yang membutuhkan detil atau ketelitian tinggi. Produk kamera CCTV Hikvision ColorVu cocok digunakan di dalam ruang praktik dokter gigi maupun di luar ruangan yang dipenuhi pengunjung.

Nah, jika Anda tertarik untuk menggunakan kamera CCTV dari hikvision ColorVu, silakan baca selengkapnya di sini.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.