DANAU TOBA JADI TUAN RUMAH AQUABIKE JETSKI WORLD CHAMPIONSHIP 2023

Geliat pariwisata Indonesia makin terasa pasca pandemi. Banyak gelaran acara dunia yang dihelat di Indonesia. Mulai dari MotoGP Mandalika di Lombok, World Tourism Day di Bali, KTT G20, WCCE 2022 di Bali, dan juga World Superbike di Mandalika. Terbaru adalah event terkemuka Aquabike Jetski World Championship 2023 yang akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara. 

Sebagai Master in Tourism, dulu saya mempelajari bahwa sport tourism akan berkembang pesat termasuk di dunia, termasuk di Indonesia. Terbukti bahwa pariwisata olahraga kini makin berkibar di dunia dan semakin banyak diminati oleh masyarakat dunia. Mau tahu kapan dan apa saja kegiatan yang dihadirkan dalam kejuaraan dunia ini? Let's check it out.

Aquabike Jetski World Championship
Sumber: Youtube Ditjen IKP Keminfo


Aquabike Jetski World Championship Danau Toba 2023

Aquabike Jetski Championship adalah kejuaraan jetski tingkat dunia yang banyak ditunggu-tunggu oleh para atlit jetski dunia. Kejuaraan balap air ini sudah berlangsung sejak tahun 1984. Tahun lalu kejuaraan Aquabike Jetski ini diadakan di Italia selama dua hari.

Tahun 2023, Indonesia terpilih dan mendapat kesempatan sebagai tuan rumah dalam ajang kejuaraan yang sudah digelar di 40 negara ini. Pastinya menjadi sebuah kebanggan bagi Indonesia dan momentum baik untuk mempromosikan Indonesia kepada dunia.

Sekitar 100+ rider dari 20+ negara akan mengikuti ajang kejuaraan dunia terkemuka ini. Sebelumnya, Indonesia juga mengadakan F1 Powerboat World Championship pada Februari 2023 lalu di Danau Toba ini. Pengalaman menjadi tuan rumah olahraga balap air ini membuat persiapan kejuaraan Aquabike menjadi lebih baik lagi.

Lalu bagaimana dengan Indonesia, apakah ada perwakilan yang akan mengikuti salah satu kategori atau kelas balap dalam ajang Aquabike tingkat dunia ini? Tentu saja, ada 10 Local Heroes Indonesia termasuk Hilman Kurniawan dari Sea-Doo yang merupakan komunitas jetski terbesar di Indonesia.

Hilman Kurniawanan akan berpartisipasi memeriahkan kejuaraan ini. Semoga memberikan yang terbaik bagi Indonesia. See-Doo juga sekaligus sebagai salah satu partnership dalam event dunia ini.

Kejuaraan tingkat dunia ini hasil kerjasama dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta  pemerintah daerah dan beberapa pihak swasta.

Beberapa rangkaian promosi dilakukan oleh InJourney, Kemenkominfo, Kemenpora, dan Kemenkomarves untuk mempromosikan event ini. Salah satunya adalah event Temu Netizen yang diadakan pada 10 November 2023 di Des Indes Hotel, Menteng, Jakarta.

Aquabike Jetski World Championship 2023
Sumber: Youtube Ditjen IKP Keminfo

Acara Temu Netizen ini dihadiri 100 Travel Bloggers, Influencers, dan juga beberapa awak media. Tujuan dari event Temu Netizen ini adalah untuk mempromosikan event Aquabike Jetski World Championship 2023 kepada khalayak ramai.

Kenapa Danau Toba Terpilih Sebagai Tuan Rumah?

Banyak pertanyaan kenapa harus Danau Toba yang menjadi tuan rumah pada ajang kejuaraan internasional ini? Mengapa bukan kota atau propinsi lain? PAdahal masih banyak tempat indah lain yang ada di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengumumkan Destinasi Wisata Super Prioritas. Destinasi Wisata Super Prioritas adalah bagian dari program 10 Bali Baru. Selain menjadi daya tarik untuk wisatawan, destinasi wisata ini berpotensi untuk mendorong meningkatnya perekonomian setempat. Karena dianggap memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kota atau propinsi lain. 

Lalu apa saja Destinasi Wisata Super Prioritas tersebut?

    1. Danau Toba, Sumatera Utara. Danau vulkanik terbesar di dunia.
    2. Candi Borobudur, Jawa Tengah. Objek wisata tunggal Tanah Air yang paling banyak dikunjungi wisatawan.
    3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Menjadi tuan rumah MotoGP 2021.
    4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Terdapat Pulau Komodo, habitat satu-satunya Komodo di dunia.
    5. Likupang, Sulawesi Utara. Memiliki keindahan bawah laut yang mempesona.

Jadi jawabannya adalah karena Danau Toba menjadi salah satu Destinasi Wisata Super Prioritas pemerintah. Kenapa? karena memiliki atraksi wisata yang sangat unik, memiliki banyak destinasi wisata, budaya, dan kuliner khas yang sangat menarik dan paling menarik dan berpotensi untuk dikenal di dunia karena satu-satunya danau vulkanik terbesar di dunia.

Dengan diadakannya Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba ini, diharapkan dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat. Tentunya juga membuat Indonesia semakin dikenal di dunia. Berkaca dari pengalaman MotoGP yang diadakan di Lombok, membuat Indonesia semakin dikenal dunia tentang kuliner, budaya, serta destinasi wisatanya.

Apa Saja Kegiatan Dalam Aquabike Jetski World Championship 2023?

Kejuaraan dunia Aquabike Jetski World Championship 2023 akan digelar pada 22 -26 November 2023 atau selama kurang lebih lima hari. Biasanya acara ini dilaksanakan selama dua hari. Namun berbeda dengan Danau Toba, karena acara ini akan digelar di empat lokasi yaitu Samosir, Karo, Dairi, dan Toba yang jaraknya sekitar 180 km, sehingga membutuhkan waktu lebih lama.

Penasaran dengan lomba balap air tingkat dunia ini? Mau merasakan bagaimana keseruan dan euforia kejuaraan ini? Maka jangan lupa untuk menonton acara ini. Kabar baiknya lagi acara dunia ini GRATIS.

Apa aja kegiatan dalam Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba ini? Beberapa kegiatan akan digelar mulai dari lomba balap air yang merupakan event utama, sampai dengan Pesta Rakyat Masyaraka Danau Toba yang akan memeriahkan event internasional ini.

pesta rakyat danau toba aqua bike
Sumber: Instagram InJourney


Bagi anda yang ingin mengetahui detail terkait dengan balapnya, lanjut bacanya ya. Ada 3 Kelas Balap yang akan dilombakan dalam event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba ini, yaitu:

    • Runabout GP 1, tipe jetski terbesar dan paling bertenanga dengan top speed mencapai 170 km/jam.
    • Ski Division GP 1 dan Ski Ladies GP 1, kelas yang mengedepankan kombinasi keahlian atraksi dan kemampuan membalap.
    • Freestyle, Riders akan dinilai dari kemampuan manuver spektakuler di atas air, termasuk kemampuan melompat di udara.

Kelas Balap Aquabike Jetski World Championship
Sumber: Instagram InJourney


Selama kurang lebih lima hari, acara balap air ini akan berlangsung yang dibagi dalam beberapa kategori Race Format yaitu.

    • CircuitSeri kompetisi yang cepatd an sengit. Semua rider akan berpacu menyelesaikan lap yang ditandai dengan buoy.
    • EnduranceTotal jarak yang akan ditempuh antara 5-20 km. Di race format ini semua pembalap dituntut untuk mempunyai ketahahan dan kekuatan untuk menyelesaikan tantangan balapan hanya dalam waktu 60 menit saja.
    • Parallel SlalomMasuk dalam kategori Circuit yang akan diikuti oleh 8 pembalap teratas, dari kualifikasi Runabout GPI dan Ski Division GP1 serta 4-6 riders dari Ski Ladies GPI.
    • Offshore. Lomba aquabike ini akan dilakukan di laut lepas yang menuntut pembalap untuk memiliki fisik yang optimal untuk dapat melewati ombak dan kondisi ekstrim laut.
    • Jetride. Format ini memiliki jarak tempuh terjauh yang mana semua rider wajib menyelesaikan beberapa stage dengan jarak minimum 110 km sampai dengan terjauh adalah hingga 1500 km.

Dari semua kategori di atas, yang mana yang mau anda tonton? Kategori Endurance akan dilaksanakan pada hari pertama hingga ketiga yang berlokasi di Kabupaten Karo, Dairi, dan Samosir. Untuk kategori Circuit akan diselenggarakan pada hari keempat dan kelima di Balige, Toba. 

Budaya dan Olahraga Bersatu Dalam Aquabike Jetski World Championship 2023, Ajang Promosi Pariwisata Indonesia

Pagelaran kejuaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 tidak hanya membuat nama Indonesia semakin dikenal di dunia. Lebih dari itu, kejuaraan tingkat dunia ini menjadi salah satu ajang untuk Indonesia mempromosikan berbagai destinasi wisata Indonesia, khususnya untuk destinasi wisata di Sumatera. Mulai dari promosi atraksi wisata alam dan buatan, wisata budaya, serta wisata kuliner.

Acara ini akan dimeriahkan dengan Pesta Rakyat Danau Toba di setiap lokasi perlombaan. Hal ini menjadi kesempatan Indonesia untuk mengenalkan berbagai keindahan dan keunikan Indonesia. Mulai dari destinasi wisata, budaya, dan juga kuliner Sumatra Utara.

Tentunya pihak Indonesia sebagai tuan rumah akan memperkenalkan Tari Tor-tor yang merupakan tarian budaya khas Batak dalam kejuaraan dunia ini. Tarian yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda ini akan turut memeriahkan yang dihadiri oleh banyak negara ini.

aquabike jetski world championship danau toba
Sumber: Instagram InJourney

Selain itu, pihak panitia juga sudah menyediakan Festival Kuliner yang isinya merupakan kuliner khas Indonesia khususnya kuliner Sumatera.  Tentu saja hal ini menjadi ajang promosi kuliner Indonesia secara tidak langsung maupun secara langsung kepada dunia.

Tidak lupa dalam acara ini juga akan diadakan Kompetesi Solu Bolon dan Kabupaten. Wah pasti ramai banget ya. Dan kita patut bangga sebentar lagi dunia akan semakin melihat Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, kuliner, dan memiliki berbagai destinasi wisata indah.

Disampaikan oleh Maya Watono sebagai Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, bahwa ajang internasional ini akan katalis bagi pengembangan destinasi pariwisata Indonesia sekaligus menjadi multiflier effect bagi ekonomi lokal, khususnya untuk para UMKM. 

Begitu pula yang dikatakan oleh Asisten Deputi Tenaga Dan Organisasi Keolahragaan Kemenpora, Muhamad Aziz Ariyanto bahwa ajang Indonesia akan dikenal mempunyai kekayaan alam dan budayanya sangat luar biasa.

Wah keren banget bukan, proud to be Indonesian. Semoga perhelatan akbar balap air ini berjalan lancar. Memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Serta memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya dengan keindahan alam, memiliki ragam budaya, serta kaya akan kuliner khas yang enak dan nikmat. Dan semoga pariwisata Indonesia semakin terdepan.

Yuk saksikan kemeriahan lomba balap air tingkat dunia ini dan jadilah saksi keberhasilan Indonesia, menggelar acara tingkat dunia ini.

Salam Pesona Indonesia.

14 Comment

  1. Waah acaranya masih akhir november nanti. Penasaran pengen liat, moga ada livenya.

    Eh tapi lebih asyik nonton lomba jetski langsung di Danau Toba ya. Apalagi ada pesta rakyat juga.

    ReplyDelete
  2. Wah kejuaraan tingkat dunia makin banyak yg diselenggarakan di Indonesia ya. Jd makin banggaa.. Acaranya sebentar lagi ya, tgl 22 November. Semoga lancar deh perhelatannya nanti, plus cuaca mendukung.

    ReplyDelete
  3. Setuju banget sih event seperti ini diadakan di Danau toba. Soalnya potensi wisata disana juga memang besar banget, tinggal di-push dengan event-event berskala internasional yang bisa bikin gong pariwisata Indonesia makin terdengar lagi.

    Biar kalo bule-bule kalo ngomongin Indonesia tuh ga cuma Bali mulu, hahaha

    ReplyDelete
  4. wah, jadi kepingin banget ke danau Toba, apalagi sedang ada kejuaraan dunia aqua bike jetski. Selain ada acara internasional, bisa menikmati kuliner dan kebudayaan serta pemandangan sekitar.

    ReplyDelete
  5. Sebagai orang Batak Toba, aku banggaaaaa baca ini ❤️❤️❤️😍. Danau Toba cocok lah untuk perhelatan seperti ini. Apalagi danaunya yang memang besar dan luas, bisa diliat dari 3 kota di sana. ❤️.

    Tiap kali pulang kampung ke Sibolga, aku selaku lewat danau Toba, dan pasti berhenti mba. Rasanya ga bisa kalo hanya lewat dana ini tanpa menikmati keindahannya . Aku yakin para peserta dan turis yang datang dari berbagai kota dan negara juga sama terpukau nya dengan kecantikan danau Toba. Ini memang cuma kurang polesan dan fasilitas. Tapi kalo dibenahi serius, danau Toba pasti bisa jadi tempat wisata yg terkenal di seluruh dunia. ❤️

    ReplyDelete
  6. Wih, bangga banget Danau Toba bisa terpilih jadi area world championship untuk olahraga jetski. Betul banget, Danau Toba dan Sumatera Utara pada umumnya sebenarnya punya banyak objek wisata yang bisa dieksplorasi lagi. Nggak kalah apik juga kok dengan Bali atau Lombok, tentunya dengan ciri khas dan kearifan lokalnya sendiri..

    ReplyDelete
  7. Ternyata kejuaraan ini sudah digelar dari tahun 84 ya, lumayan lama juga
    Aku ngeliat Dana TOba aja cakep, apalagi kalau dibikin sebagai lokasi kejuaraan tingkat dunia, pasti pengunjung luar makin terpana melihat keindahan disekitar Danau Toba

    semoga one day bisa mampir ke Danau Toba dan berkeliling di pulau Samosir

    ReplyDelete
  8. Jetski ini salah satu cabang olahraga yg aku pingin banget bisa nonton langsung, kayak seru banget gitu lihat manuver²nya, kerennnn

    ReplyDelete
  9. Keren banget yah..
    Wisata INdonesia bangkit dan pesonanya bisa menaklukkan dunia. Dengan adanya Aquabike Jetski World Championship, maka semakin membuat Danau Toba dirindukan oleh wisatawan.

    ReplyDelete
  10. Seru banget yaa berkunjung ke Danau Toba pas ada event kejuaraan jetski seperti ini bisa menyaksikan para atlet memamerkan kemampuannya, seru..

    ReplyDelete
  11. Keren banget lho event bergengsi dan besar di laksanakan di Danau Toba, perbaduan event olahraga dan budaya berpadu, pasti bakalan seru dan berkesan banget ya. Terutama bagi warga sekitar. Danau Toba jadi salah satu wish list destinasi wisata yang mau aku kunjungi di tahun 2024, bismillah banyak rezeki nya

    ReplyDelete
  12. Amazing 40 negara auto nonton donk kalau gw deketsiii yakapan lagi coba nonton perhelatan akbar dunia plus banggain wisata daerah sendiri uda pasti bakalan seru acaranya sih, aku support dari Jateng yaa!!

    ReplyDelete
  13. Bangga banget Danau Toba menjadi tuan rumah dari event internasional seperti ini karena akan menjadi sorotan dunia dan yang pasti dan untuk ubah sendiri sudah menjadi destinasi wisata penting di Indonesia karena keunikannya sebagai Danau vulkanik terbesar Semoga acaranya lancar dan jangan lupa dia datang ke sini lagi

    ReplyDelete
  14. Ternyata Danau Toba juga masuk Destinasi Super Prioritas ya, baru tahu aku, duh. Wah evennya ini kelihatan seru banget ya Mbak, coba kalau dekat pengen juga bisa ikut menyaksikan aquabike jetski world championship 2023 ini.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.