CARA MENGATASI MASALAH SAMPAH PLASTIK DI SEKOLAH

Masalah Sampah Plastik Di Sekolah. Sampah plastik menjadi momok besar bagi keberlangsungan lingkungan. Sampah plastik ini hadir dari berbagai sumber tempat, mulai dari sampah rumah tangga, industri, perkantoran, sampai dengan kampus atau sekolah. Sampah di sekolah berasal dari berbagai sumber seperti makanan, minuman, alat tulis, dan lainnya yang dikemas atau mengandung bahan plastik.

masalah sampah plastik di sekolah


Lalu apa yang harus dilakukan oleh pihak sekolah dan semua pihak untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah ini? Ada beberapa aksi atau cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah. Apa saja, here we go.

Cara Mengatasi Sampah Plastik di Sekolah

Budayakan Jumat Bersih

Siapa yang masih ingat? Kalau dulu sewaktu saya sekolah dasar sampai sekolah menengah atas itu ada istilah Jumat Bersih. Jadi semua jajaran sekolah, mulai dari guru, siswa, petugas sekolah lainnya akan melakukan bersih-bersih di lingkungan sekolah. Biasanya waktunya disediakan sekitar 1-2 jam di pagi hari sebelum masuk kelas.

Hal ini harusnya masih dicanangkan mengingat kegiatan ini sangat positif dan memberikan impek positif bagi semua pihak. Termasuk mengajarkan anak-anak untuk menjaga lingkungan sejak dini.

Mengadakan Lomba Kebersihan

Lomba kebersihan menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah. Dengan adanya lomba misalkan setiap bulan sekali atau per dua bulan sekali, maka secara tidak langsung masing-masing akan bertanggung jawab dengan lingkungannya untuk tetap menjaga kebersihannya. Selain dapat mendorong siswa untuk belajar menjaga lingkungan, hal ini juga akan membuat siswa merasa mempunyai tanggung jawab dan membangun kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Gerakan Bawa Bekal Dari Rumah

Membawa bekal makanan dari rumah yang dikemas dengan tempat makanan yang ddapat dipakai berulang-ulang, secara tidak langsung akan membantu mengatasi masalah sampah plastik di sekolah. Maka kita sebagai orang tua bisa membiasakan anak-anak untuk membawa bekal makanan ke sekolah dan juga membawa minum dari rumah. Selain lebih terjamin keamanan dan kebersihan, juga sudah berkontribusi mengurnagi sampah plastik dari makanan dan minuman.

atasi masalah sampah plastik di sekolah


Mengganti Sedotan Plastik Dengan Sedotan Daur Ulang

Perkenalkan sejak dini kepada anak-anak untuk tidak menggunakan sedotan plastik. Belikan anak-anak sedotan daur ulang yang bisa terbuat dari kayu, plastik daur ulang, atau dari stainless. Bangun kebiasaan ini sejak dini agar anak-anak terbiasa dan paham bahwa sedotan plastik menjadi salah satu sumber masalah sampah plastik di sekolah.

Budayakan Membawa Tumbler

Pihak sekolah dapat membuat aturan untuk siswanya dengan selalu membawa tumbler. Hal ini tentu saja akan mengurangis sampah plastik dari air kemasan. Anak-anak juga jika ingin jajan minuman dapat menggunakan tumblernya. Budaya kecil ini akan berkontribusi besar dalam mengatasi masalah sampah plastik di sekolah.

Menyediakan Tempat Air Isi Ulang

Menyediakan stasiun air isi ulang di sekolah menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah. Sehingga anak-anak tidak perlu membeli air kemasan saat ingin minum. Meskipun investasi alatnya lumayan besar, namun hal ini akan berdampak positif bagi lingkungan dan juga membangun mental anak-anak untuk menjaga lingkungan.

Hindari Membeli Makanan Kemasan atau Berbungkus Plastik

Pihak sekolah dapat menganjurkan kepada siswa siswinya untuk tidak membeli makanan berkemasan plastik. Anak-anak dapat dianjurkan untuk membawa kotak makanan seperti untuk membeli jajanan, dan lainnya. Pihak sekolah juga harus bekerjsama dengan kantin sekolah untuk mengurangi sampah plastik. Sehingga akan mengurangi masalah sampah plastik di sekolah.

Mengolah Sampah Menjadi Kerajinan

Sekolah dapat mengadakan kegiatan seperti ekstrakurikuler untuk mengolah sampah menjadi kerajinan. Kegiatan daur ulang sampah di sekolah ini dapat mendorong kreatifitas siswa. Selain belajar membuat karya, sekolah juga secara tidak langsung sudah berkontribusi dalam penanganan masalah sampah plastik di sekolah.

Itu dia beberapa cara mengatasi masalah sampah plastik di sekolah. Mari kita ajak anak-anak ambil peran sebagai pemuda untuk menjaga lingkungan sejak dini. Jika ada ide lain boleh banget untuk shairng di kolom komentar. 

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.