IDE BISNIS RUMAHAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Kemajuan teknologi membuat bisnis dapat dilakukan dari mana saja. Hal ini memberikan peluang besar bagi ibu rumah tangga untuk membuka ide bisnis rumahan, dan semuanya dapat dilakukan dari rumah. Namun tidak semua ibu rumah tangga dapat memulai usaha onlinenya dengan mudah terutama bagi pemula. Lalu apa saja ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga dan apa aja tips untuk memulainya? Here we go.

bisnis rumahan



Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil dan Menjanjikan

Jika anda sebagai ibu rumah tangga yang baru saja mau memulai bisnis rumahan, namun masih bingung ide bisnis rumah apa yang cocok untuk ibu rumah tangga. Ini dia dia beberapa rekomendasi ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga.

1. Content Writer / Blogger

Salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga adalah Content Writer atau Blogger. Mengingat dunia media sosial termasuk juga dunia blogging semakin ramai saat ini, maka ide bisnis rumahan berupa jasa ini sangat cocok dipilih oleh ibu rumah tangga. 

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang mulai melakukan promosi produknya menggunakan jasa media sosial dan blog. Apalagi jika anda memiliki keahlian atau pengalaman dalam hal menulis, akan menjadi bisnis ibu rumah tangga yang sangat cocok untuk anda.

Jika anda dulunya seorang traveler, nah anda dapat menjadi Travel Blogger yang menceritakan semua perjalanan anda, mereview hotel, atau membahas tentang kuliner.

2. Penerjemah tulisan

Bisnis rumahan modal kecil lainnya yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah menjadi penerjemah. Jika anda memiliki keahlian khusus dalam sebuah bahasa, anda dapat memilih ide bisnis rumahan dalam bentuk jasa sebagai penerjemah atau translator. 

Nah apalagi yang dulu hobinya traveling, beberapa orang yang pindah-pindah negara biasanya memiliki beberapa kemampuan bahasa. Jadi manfaatkan skill ini untuk menghasilkan uang dari rumah.

Bisnis rumahan modal kecil ini sangat menjanjikan. Karena saat ini banyak orang-orang yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa lain. Apalagi jika bahasa yang anda kuasai masih sangat jarang dimiliki, potensi untuk dilirik sangat besar.

3. Camilan

Ide bisnis rumahan berikutnya adalah membuat camilan. Camilan adalah ide bisnis rumahan dalam bentuk produk yang dapat anda pilih sebagai bisnis rumahan anda sebagai ibu rumah tangga. Apalagi jika anda seorang yang suka liburan, membuat camilan khas suatu daerah yang pernah anda kunjungi bisa jadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan juga.

Buat camilan yang memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari rasa, bentuk, desain kemasan, sistem pengiriman, pemesanan, atau lainnya. Hal ini berpotensi produk anda akan dilirik oleh calon pembeli. Apalagi camilan menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebagian orang.

bisnis ibu rumah tangga


4. Kerajinan barang

Anda dapat meniru dan memodifikasi kerajinan-kerajinan yang anda lihat saat sedang liburan. Atau melihatnya dari Pinterest dan buatlah kerajinan yang unik versi anda sebagai hiasan dan lainnya.

Ide bisnis rumahan ini sangat menjanjikan. Anda dapat membuat kerajinan-kerajinan unik atau sesuai dengan pesanan calon pelanggan. Entah kerajinan dari barang baru atau dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

5. Reseller Perabot Interior

Belakangan ini banyak orang yang memperlihatkan rumahnya diisi dengan perabot interior yang unik dan estetik sebagai hiasan atau justru pelengkap interior rumah. Anda dapat membuat ini menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan.

Anda dapat menjadi reseller perabot interior dari berbagai perusahaan yang ada di dalam atau luar negeri. Atau anda membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan barang bekas atau lama atau membuat baru.

Anda dapat mengingat tempat-tempat yang anda kunjungi dahulu pada saat liburan biasanya hotel, resto, atau tempat wisata lainnya memiliki perabot interior yang unik dan estetik. Ide bisnis ini akan menjadi  bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Anda dapat memilih salah satu ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga di atas. Namun sebelum anda melaksanakan ide bisnis rumahan tersebut anda wajib mengetahui beberapa tips yang harus anda lakukan untuk memulai ide bisnis rumahan yang menjanjikan ini.

Tips Ide Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Sebelum memulai ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan dan minim risiko terutama bagi pemula, kita mesti tahu dulu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha rumahan kita.

Tentukan produk atau jasa yang akan dijual

Tips pertama ini penting sekali untuk memulai ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga terutama bagi pemula. Mulai dengan menjual produk atau jasa dari hal-hal yang anda sukai. Pertimbangkan juga untuk memilih produk atau jasa yang menjanjikan. Pastikan juga jika ada pemula, produk yang dipilih yang minim risiko sehingga meminimalisir kerugian. 

Sebenarnya dalam menentukan produk atau jasa, jika anda berani mengambil risiko, anda dapat menjual produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini berpotensi untuk lakunya lebih besar, namun persaingannya cukup ketat karena pastinya produk yang dijual sudah banyak. Atau justru menjual produk atau jasa yang belum ada di pasar. Sehingga produk atau jasa anda memiliki uniqueness. Keduanya memiliki risiko masing-masing.

Tentukan target pasar

Menentukan target pasar di awal usaha akan menentukan kesuksesan anda dalam memulai bisnis. Selain itu dengan mengetahui target pasar maka anda akan lebih mudah dalam menyusun strategi agar ide bisnis rumahan semakin besar potensi untuk berhasilnya.

Promosikan melalui Media Sosial

Keberhasilan sebuah bisnis saat ini tidak terlepas dari kehadiran media sosial. Maka dari itu manfaatkan media sosial untuk mempromosikan atau mengiklankan produk/jasa anda. 

Melakukan promosi secara online melalui platform media sosial sangat efektif untuk membranding ide bisnis rumahan anda. Hal ini terbukti banyak bisnis rumahan yang berhasil meraih keuntungan dan produk atau jasanya dikenal melalui media sosial.

bisnis rumahan yang menjanjikan


Gunakan platform eCommerce

Selain melakukan promosi brand atas produk atau jasa bisnis yang anda miliki, bergabung dengan platform eCommerce juga menjadi tips ide bisnis rumahan yang wajib anda lakukan. Agar produk anda semakin dikenal. Mengingat beberapa tahun belakangan ini banyak sekali orang berpindah jualannya melalui platform start up.

Banyak ide bisnis rumahan yang berhasil setelah bergabung dengan beberapa platform eCommerce. Karena jangkauannya sangat luas, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga sampai ke luar negeri. Sehingga potensi produk atau jasa anda untuk dibeli oleh masyarakat sangat tinggi.

Namun, dalam memilih platform eCommerce anda harus selektif. Pilih platform eCommerce untuk ide bisnis rumahan anda yang aman, terpercaya, dan juga berpengalaman. Rekomendasi platform eCommerce untuk berjualan online nomor satu di Indonesia adalah Lazada. 

Lazada, Platform eCommerce Jualan Online No 1 di Indonesia

Saat ini platform eCommerce ini menjadi platform eCommerce jualan online nomor satu di Indonesia. Seller dari berbagai wilayah di Indonesia mulai membuka ide bisnis rumahannya melalui Lazada. Kenapa? Karena Lazada menyediakan platform penjualan online dengan pendaftaran gratis. Sehingga ibu rumah tangga yang akan memulai ide bisnisnya bisa langsung melakukan jualan tanpa modal usaha.

ide bisnis rumahan


Selain itu jika ide bisnis rumahan anda sebagai reseller atau dropshipper, anda tidak perlu pusing memikirkan tempat penyimpanan produk atau jasa anda. Karena produk akan dikirimkan langsung oleh pemasok ke pelanggan.

Di platform eCommerce Lazada juga banyak fitur-fitur yang bermanfaat untuk para seller. Salah satunya adalah tersedianya fitur blog yang sangat beranekaragam. Didalamnya banyak tips dan strategi yang bisa dilakukan oleh seller bagaimana strategi untuk menjual produk atau jasanya. Dilengkapi juga dengan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melakukan penjualan online.

Jadi banyak sekali bukan manfaatnya bergabung dengan platform eCommerce jualan online nomor satu di Indonesia ini? Cocok sekali untuk bisnis rumahan anda, termasuk ibu rumah tangga. Lalu anda pasti bertanya-tanya bagaimana seorang ibu rumah tangga untuk bisa daftar menjadi seller di Lazada? Caranya gampang.

Cara Mendaftar di Lazada

Cara jualan di Lazada sangat mudah. Anda cukup melakukan pendaftaran dengan membuat akun seller di lazada. 

bisnis rumahan modal kecil


Ini dia beberapa langkah untuk mendaftar di Lazada:

    • Masuk ke situs Lazada Seller Center yaitu https://sellercenter.lazada.co.id/.
    • Atau masuk melalui situs lazada.co.id dan klik top banner “Menjadi Seller” yang ada di homepage situs.
    • Setelah masuk ke halaman utama, klik menu "Daftar Sebagai Seller Lazada".
    • Masukan nomor ponsel aktif untuk didaftarkan. Anda juga dapat masuk menggunakan akun Lazada, Facebook, dan juga Google.
    • Siapkan kelengkapan dokumen berupa KTP, buku tabungan, NPWP jika ada.
    • Isi dan lengkapi semua data yang diminta.
    • Setelah data lengkap, Lazada akan melakukan verifikasi melalui nomor HP atau email terdaftar.
    • Pastikan anda sudah memahami semua persyaratan sebelum menyetujuinya.
    • Klik selesai.
    • Setelah tahapan pendaftaran selesai, akun anda siap digunakan untuk berjualan.

Nah mudah sekali bukan caranya? Jadi tunggu apalagi, yuk mulai ide bisnis rumahan modal kecil anda di Lazada sekarang juga. Terutama bagi ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan dari rumah.

16 Comment

  1. aku paling suka jualan camilan, bisa sambil dimakan sendiri juga hehehehe :D

    ReplyDelete
  2. Pengen nyoba jualan reseller atau dropship gitu sepertinya cocok karena udh tinggal jalan aja

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya pun merasakan cuan dari ngeblog. Tp ingin mencoba bisnis lain sebenarnya, masih dicari peluangnya yang sy bisa dan saya sukai

    ReplyDelete
  4. Enaknya bisnis rumahan ini selain fleksibilitas dari segi waktu, juga gak ada uang sewa lapak ya..
    Cukup memasarkan secara online di Lazada.
    Tapi kalau untuk content writer/ blogger bisa juga ikutan promo di Lazada gak yaah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya juga Teh Len..
      Jadinya lebih tenang dan nyaman juga karena berbisnisnya bisa dilakukan dari rumah ya

      Delete
  5. Ide bisnis rumahhan buat ibu rumah tangga nih banyak juga ya. Tinggal pilih yg memang sesuai passion dan pastinya jadi peluang besar. Kalo kurang ilmu, masihh bisa baca² panduannya di situs Yuk Jualan Online dong. Lazada solusi banget memang.

    ReplyDelete
  6. Ide bisnis rumahhan buat ibu rumah tangga nih banyak juga ya. Tinggal pilih yg memang sesuai passion dan pastinya jadi peluang besar. Kalo kurang ilmu, masihh bisa baca² panduannya di situs Yuk Jualan Online dong. Lazada solusi banget memang.

    ReplyDelete
  7. Banyak benefit juga ya kalau daftar jadi seller di Lazada. Banyak ide bisnis juga yang bisa dilakukan lewat Lazada

    ReplyDelete
  8. Bener nihh, jadi content writer juga jadi salah satu sampingan yang menguntungkan kita sebagai ibu rumah tangga hihi.. sempet kepikiran juga sih bikin cemilan trus dijualin ke sekolah anak-anak gitu wkwkwkw

    ReplyDelete
  9. di Lazada bisa jual apa aja sih, terus panduan buat sellernya lengkap. aku suka sih, fitur sellernya lengkap dan mudah. daftarnya juga gampang

    ReplyDelete
  10. di Lazada bisa jual apa aja sih, terus panduan buat sellernya lengkap. aku suka sih, fitur sellernya lengkap dan mudah. daftarnya juga gampang

    ReplyDelete
  11. Ibu rumah tangga ttp hrs tetap dpt cuan ya kak meski di rumah aja. Bahkan usahanya bs tnp modal loh dan bs dikerjain dgn rebahan doank.

    Emg mantap nih Lazada yg mau merangkul UMKM termasuk ibu2 rumah tangga utk bs berdaya membantu perekonomian keluarga.

    ReplyDelete
  12. Gampang ternyata ya buat jualan di Lazada. Ga pakai ribet dan lama. Wajar sih bs jd E-commerce no. 1.

    ReplyDelete
  13. Ide bisnis rumahan sekarang banyak banget, ya, Mbak. Apalagi kalau jualannya di Lazada, full bimbingan dan pendampingan, baik lewat sesama seller maupun web yang di sediakan.

    ReplyDelete
  14. Banyak ide jualan dari rumah ya, selama mau berusaha pasti aja ada jalannya
    Apalagi Lazada sudah siapkan tools untuk pedagang online baru ya

    ReplyDelete
  15. senangnya, kalau sekarang dirumah pun bisa berusaha menghasilkan cuan ya. apalagi ikut gabung di Lazada, bisa belajar sel=kaligus mulai bisnis modal kecil buat pemula nih

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.