CARA MENCEGAH BANJIR BANDANG

Musim penghujan telah tiba. Kita wajib waspada terhadap berbagai penyakit dan juga bencana yang mungkin saja bisa terjadi akibat dari hujan. Salah satu bencana yang datang ketika di musim penghujan adalah banjir bandang. 

Banjir bandang adalah banjir yang sangat mengerikan karena datangnya bisa tiba-tiba dan sangat deras. Biasanya bercampur dengan lumpur sehingga mampu menyeret apa saja yang dilewatinya. Sehingga harus tahu bagaimana cara mencegah banjir bandang.

cara mencegah banjir bandang


Cara Mencegah Banjir Bandang

Lalu bagaimana cara mencegah banjir bandang di musim penghujan? Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi banjir bandang. Namun pastinya upaya ini harus dilakukan juga sebelum musim penghujan tiba. Cara mencegah banjir bandang ini bisa kita lakukan dari lingkungan sekitar kita terlebih dahulu.

Apa saja yang bisa kita lakukan atau cara mencegah banjir bandang di sekitar rumah?

1. Membuang sampah pada tempatnya 

Biasakan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Jangan membuang sampah sembarangan seperti di jalanan, membuang ke sungai, atau ke tempat-tempat yang bukan seharusnya. Karena jika dilakukan maka sampah akan menumpuk dan menjadi sarang penyakit serta penyebab banjir.

2. Melakukan aski tanam pohon

Lakukan aksi tanam pohon di lingkungan sekitar rumah atau sekitar tempat tinggal. Anda dapat bekerjasama dengan perangkat lingkungan anda untuk melakukan tanam pohon di sekitar rumah secara rutin. Aksi tanam pohon secara rutin ini akan membuat lingkungan lebih asri dan hijau.

3. Membuat saluran air bawah tanah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah banjir bandang adalah dengan membuat saluran air bawah tanah. Sehingga ketika terjadi hujan, air mengalir dengan lancar melalui bawah tanah.

4. Hindari mendirikan rumah di pinggir sungai

Salah satu penyebab banjir bandang adalah terhambatnya saluran air ketika hujan. Misalnya karena mendirikan bangunan di pinggir sungai sehingga menghambat dan membuat tidak teraturnya tatanan aliran air.

tidak mendirikan rumah di pinggir sungai


5. Membersihkan selokan rumah

Rajin membersihkan selokan sekitar rumah atau tempat tinggal akan membuat saluran air mengalir dengan lancar. Sehingga aliran air tidak mengalami hambatan. Maka lakukan kegiatan membersihkan selokan secara rutin dan dapat bekerjasama dengan semua lingkungan tempat tinggal.

6. Memasang lubang biopori

Memasang lubang biopori menjadi salah satu cara mencegah banjir bandang saat terjadi hujan. Lubang biopori adalah lubang yang memiliki bentuk silinder yang ditanam di dalam tanah secara vertikal, rata-rata kedalamannya adalah 100 cm. Pasang lubang biopori ini di tempat air berkumpul sehingga ketika air melimpah maka akan dapat terserap atau tersalurkan melalui lubang biopori ini.

Selain itu anda dapat membuang sampah organik ke dalam lubang ini yang akan mengubahnya menjadi kompos. Pasang lubang ini di dekat selokan, pohon, atau tempat lain dimana air sering berkumpul.

7. Tidak menebang pohon sembarangan

Menebang pohon sembarangan di sekitar tempat tinggal dapat menjadi penyebab timbulnya banjir bandang. Sehingga mari tumbuhkan kesadaran sejak sekarang untuk tidak menebang pohon sembarangan. Terutama pohon-pohon di hutan lindung, karena pohon-pohon ini tempat menyimpan cadangan air yang dapat meminimalisir banjir bandang ketika hujan.

8. Melakukan tebang pilih dan reboisasi

Jika pun anda akan melakukan penebangan pohon di hutan yang anda miliki, anda wajib melakukan tebang pilih, sehingga tidak menyebabkan banjir bandang saat hujan tiba. Dan setelah melakukan penebangan anda wajib melakukan penanaman kembali dengan memilih jenis pohon yang berakar besar sehingga mampu menyerap air dengan cepat.

tebang pilih


9. Tidak mengaspal jalan sekitar rumah terlalu padat

Cara mencegah banjir bandang lainnya yang bisa kita lakukan di sekitar rumaha dalah dengan tidak mengaspal jalan di depan rumah atau sekitarnya dengan terlalu padat. Jika terlalu padat maka pada saat hujan, air tidak sanggup meresap ke salam tanah. Sehingga saat hujan tiba air akan berkumpul dan bisa menyebabkan banjir bandang.

10. Memasang Grass Block

Memassang grass block adalah salah satu cara mencegah banjir bandang saat musim hujan. Karena grass block mempunyai fungsi sebagai resapan air. Biasanya grass block terbuatd ari batu bata yang ditengahnya ditambahkan tanaman atau rumput. Selain menjadi salah satu resapan air, suasana rumah juga menjadi asri dan hijau.

Itu dia beberapa cara mencegah banjir bandang yang bisa kita lakukan di sekitar tempat tinggal. Yuk mulai sekarang mulai aware dengan lingkungan sekitar. Apalagi mengingat musim penghujan akan segera tiba. Jadi mari waspada dan hati-hati dari sekarang. Cara mana yang sudah kamu lakukan untuk mencegah banjir bandang? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Referensi:

https://pusatkrisis.kemkes.go.id/cara-mencegah-lingkungan-terhindar-banjir-bandang

https://pusatkrisis.kemkes.go.id/4-langkah-mencegah-terjadinya-banjir

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.