5 REKOMENDASI MERK CLODI YANG BAGUS

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan merk clodi yang bagus dan murah namun tetap berkualitas untuk anak-anak di rumah. Buat para mom berikut rekomendasi merk clodi yang bagus dan murah yang dapat anda pilih untuk si kecil.

merk clodi yang bagus


Apa itu Clodi dan Bagaimana Kaitannya Dengan Lingkungan?

Clodi adalah singkatan dari cloth diaper yaitu diaper atau popok bayi yang terbuat dari kain yang memiliki daya serap tinggi dan sangat praktis untuk digunakan, seperti diaper pada umumnya. Namun clodi ini dapat dipakai berkali-kali dengan cara dicuci, sehingga lebih ramah lingkungan.

Clodi juga memiliki berbagai ukuran yang dapat dipilih sesuai kebutuhan si kecil. Mulai dari 2,5 kg sampai dengan 30 kg. Umumnya clodi dipakai anak bayi sampai dengan usia 1 atau 2 tahun.

Clodi ini terdiri dari beberapa lapisan yaitu Outer, Inner, Insert, dan Liner yang semuanya berfungsi untuk menahan cairan agar tidak merembes atau bocor. Namun meskipun demikian, berbeda dengan popok sekali pakai, penggunaan clodi ini bertahan 4-5 jam saja atau 4-5 kali pipis.

Clodi memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan diaper sekali pakai. Selain harganya jauh lebih hemat, lebih sehat karena produknya tidak menggunakan bahan kimia, kulit bayi lebih nyaman karena terbuat dari bahan atau kain yang halus dan lembut, mengajarkan si kecil toilet training sampai dengan berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan.

Kenapa dianggap ramah lingkungan? Karena clodi penggunaannya bisa beberapa kali pakai, tidak sekali buang. Jika anda menggunakan diaper sekali buang atau sekali pakai maka otomatis diaper akan menumpuk setiap harinya. Namun tidak dengan menggunakan clodi. Anda dapat menggunakannya berkali-kali selama beberapa waktu bahkan bisa tahunan untuk satu buah clodi. Sehingga produk clodi sangat ramah lingkungan.

Merk Clodi Yang Bagus dan Bagus

Lalu apa saja merk clodi yang bagus dan murah, let's check it out.

1. Babyland Bamboo

Merk clodi yang bagus dan berkualitas pertama adalah merk Baby Land Insert Bamboo. Clodi ini mempunyain tiga lapis microfiber dan dua lapis serat bambu sehingga membuat clodi ini mampu menahan cairan sampai 6-7 kali pipis. Maka clodi ini direkomendasikan untuk digunakan si kecil pada malam dari.

2. Ecobum

Salah satu merk clodi yang bagus juga adalah Ecobum Snap Cloth Diaper. merk clodi yang bagus ini terbuat dari 55 persen kain rami dan 45 katun organik. Kedua bahan ini memberikan kenyamanan pada bayi sehingga tidak membuat kulitnya iritasi. 

Clodi bayi ini memiliki banyak pilihan warna sehingga menjadi salah satu kelebihan merk ini. Selain itu kelebihan dari Ecobum adalah ketinggian dan lingkar pahanya dapat diatur sesuai dengan ukuran bayi. Tentu saja hal ini dapat membuat si kecil merasa lebih nyaman saat memakainya.

3. Enphilia

Diaper bayi selanjutnya yang direkomendasikan adalah Enphilia. Merk clodi yang bagus ini terdiri dari tiga bagian yakni dua lapisan pada sisi kanan dan kiri serta empat lapisan pada bagian kanan. 

Lapisan ini memberikan jaminan cairan terserap dengan baik sehingga tidak terjadi kebocoran. Diaper ini terbuat dari kain katun halus yang lembut sehingga membuat si kecil merasa nyaman dan tidak mengalami iritasi. Dan jika anda mencari insert clodi yang paling bagus, Enphilia adalah salah satu pilihannya.

4. Fuzzibunz

Salah satu clodi yang bagus dan murah adalah Fuzzibunz. Kualitas dari merk Fuzzibunz sudah tidak diragukan lagi. Desainnya dirancang one size yang dapat disesuaikan dengan ukuran bayi dan hanya memiliki satu kancing. Clodi untuk anak 2 tahun dan juga newborn ini, terbuat dari karet elastis dan memiliki cukup sederhana namun berkualitas tinggi. Insert clodi dari Fuzzibunz akan membuat si bayi sangat nyaman saat menggunakannya.

5. Moo Moo Kow

Produk Moo Moo Kow didesain dengan ukuran yang besar sehingga dapat digunakan oleh bayi yang baru lahir sampai dengan usia dua tahun. Moo Moo Kow memiliki insert microfiber yang dapat disesuaikan dengan ukuran pantat si kecil. Pemasangan insert clodi Moo Moo Kow sangat mudah. Merk Clodi yang bagus dan murah ini memiliki kancing yang dapat disetting sesuai dengan ukuran pantat bayi.

Itu dia rekomendasi merk clodi bagus. Merk-merk clodi di atas memiliki kualitas bagus dan harganya juga cukup terjangkau. Kualitas bagusnya ini membuat si bayi nyaman saat memakainya. 

Meskipun harganya cenderung lebih mahal untuk ukuran satuannya dibandingkan dengan diaper sekali pakai, tetapi clodi ini dapat digunakan berkali-kali. Sehingga hitungannya justru jauh lebih ekonomis. Belilah harga popok clodi 1 lusin, maka harganya akan jauh lebih ekonomis.

Dengan berpindah ke clodi, para ibu juga sudah berkontribusi terhadap keberlangsungan bumi kita yaitu mengurangi sampah diaper sekali pakai. Jangan lupa cari tahu juga cara mencuci clodi agar awet dan aman. Jadi clodi mana yang sudah ibu gunakan di rumah untuk si kecil?

Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Referensi:

https://www.popmama.com/baby/7-12-months/rindi-1/rekomendasi-clodi-untuk-bayi?page=all
https://zerowaste.id/zero-waste-for-beginners/tentang-clodi/

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.