CARA DAFTAR TARIF REDUKSI KERETA API BAGI ALUMNI KAMPUS

Kereta api menjadi salah satu transportasi paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia saat akan bepergian ke luar kota atau propinsi. Selain jadwal keberangkatannya yang lebih fleksibel atau banyak pilihan, kereta api saat ini sudah mempunyai fasilitas yang semakin membaik dan membuat pelanggannya sangat nyaman. Harganya juga bervariatif dapat disesuaikan dengan budget.

cara daftar tarif reduksi kereta api


Kabar baiknya lagi, saat ini PT KAI memberikan apresiasi kepada pelanggannya dengan memberikan tarif reduksi atau potongan harga bagi golongan masyarakat tertentu. Di artikel sebelumnya saya sudah membahas bahwa salah satu golongan masyarakat penerima tarif reduksi atau potongan harga tiket kereta api adalah Civitas Akademika atau kampus dan jajarannya.

Kampus Penerima Tarif Reduksi Tiket Kereta Api

Tarif Reduksi kereta api untuk para Civitas Akademika ini sebesar 10%. Lumayan banget bukan? Apalagi jika anda yang memang bekerja atau sering beraktivitas keluar kota seperti dinas kantor atau bahkan traveler seperti saya, pastinya reduksi ini sangat bermanfaat. 

Namun sayangnya untuk saat ini, Civitas Akademika yang menerima tarif reduksi tiket kereta api ini masih terbatas. Yaitu masih berupa kampus negeri atau PTN dan jumlahnya masih terbatas. Pastinya PT KAI mempunyai mempertimbangkan dalam menentukan kebijakan ini.

Namun ada angin segar dari pihak PT KAI, bahwa kedepannya masyarakat penerima tarif reduksi kereta api ini diharapkan akan semakin luas dan semakin banyak. Sehingga dapat mendorong masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api.

Mengutip dari situs PT KAI, Civitas Akademika sendiri dibedakan menjadi dua yaitu Dosen juga Tenaga Kependidikan. Kedua adalah Alumni. Lalu Dosen atau Tenaga kependidikan serta alumni mana saja yang berhak untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api ini?

Untuk periode 2023, terdapat enam PTN yang berhak mendapatkan tarif reduksi kereta api.

Civitas Akademika - Dosen dan Tenaga Kependidikan:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB).
  2. Universitas Indonesia (UI).
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM).
  5. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).
  6. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Civitas Akademika - Alumni

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB).
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM).
  4. Universitas Airlangga (UNAIR).
  5. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).
  6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tidak semua tarif reduksi kereta api diberlakukan untuk semua Civitas Akademika. Contoh reduksi untuk kampus UI hanya berlaku bagi Dosen dan Tenaga Kependidikannya dan reduksi tidak berlaku bagi Alumninya. Sementara contoh untuk UGM, reduksi berlaku bagi semua Civitas Akademikanya.

Kelas Kereta yang Mendapatkan Tarif Kereta Api

Tarif reduksi kereta api bagi para Civitas Akademika ini berlaku untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah dan berlaku untuk semua kelas yaitu ekonomi, bisnis, dan juga eksekutif.

Reduksi atau potongan tiket kereta api ini tidak berlaku untuk:

  1. Kereta api jarak dekat seperti Kereta Commuter Line.
  2. Kereta api dengan tarif khusus.
  3. Kereta api dengan tarif promosi.
  4. Kereta Api Kelas Luxury.
  5. Kereta Wisata Imperial.
  6. kereta Api Priority.
  7. Kereta api wisata lainnya.

Jadi bisa dipastikan jika anda membeli tiket kereta api kelas Imperial, Priority, Luxury dan lainnya tidak akan mendapatkan potongan harga.

Persyaratan dan Cara Daftar Tarif Reduksi Kereta Api

Persyaratan

Untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api bagi semua Civitas Akademika baik Dosen, Tenaga Kependidikan, maupun Alumni Kampus, harus melakukan registrasi terlebih dahulu kepada pihak PT KAI. Dengan syarat membawa bukti bahwa anda terdaftar sebagai Civitas Akademika dari kampus-kampus di atas.

    • Untuk Dosen dan Tenaga Kependidikan, tunjukan bukti atau identitas Dosen atau Tenaga Kependidikan di kampus anda.
    • Untuk Alumni Kampus, tunjukan bukti alumni berupa Kartu Anggota Alumni atau Kartu Anggota Digital yang mencantumkan nomor keanggotaan anda atau nomor ijazah.

Sebagai informasi tambahan, persyaratan untuk mendaftar tarif reduksi kereta api bagi golongan masyarakat lainnya adalah:

    • Lansia: fotokopi KTP.
    • Legiun Veteran RI: fotokopi kartu anggota legiun veteran RI.
    • Anggota TNI: fotokopi kartu tanda prajurit TNI atau kartu tanda siswa atau surat keterangan lain yang menunjukan siswa pendidikan TNI.
    • Anggota Polri: fotokopi kartu tanda anggota Polri, kartu tanda siswa atau surat keterangan lain yang menunjukan siswa pendidikan Polri.
    • Wartawan: fotokopi surat tugas peliputan.

Tempat daftar tarif reduksi

Pendaftaran tarif reduksi dapat dilakukan melalui:

    • Customer Sevice.
    • Loket KAI.
    • Lokasi yang sudah ditunjuk atau sudah bekerjasama dengan PT KAI.

Pengalaman mendaftar tarif reduksi tiket kereta api

Sebagai alumni UGM saya berhak untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api ini. Pengalaman saya, mendaftar melalui Customer Service (CS) KAI di stasiun Bekasi. Stasiun Bekasi termasuk salah satu stasiun besar yang dilewati oleh kereta-kereta menuju propinsi lain, sehingga tersedia layanan Customer Service setiap harinya. 

Saya informasikan untuk mendaftar reduksi tiket dan petugasnya langsung mengarahkan saya ke CS bagian pendaftaran tarif reduksi. Langkah-langkahnya cukup mudah.

  1. Saya diminta menunjukan KTP dan Kartu Alumni.
  2. Instal aplikasi Access by KAI. Kebetulan saya sudah ada dan sering menggunakan aplikasi ini untuk membeli tiket kereta api baik jarak dekat maupun jarak jauh. Jika belum, maka anda harus instal dan lakukan pendaftaran, isi semua data yang diminta.
  3. Setelah menginstal aplikasi ini, petugas akan meminta alamat email atau nama lengkap atau nomor terdaftar dan mendaftarkannya sebagai penerima tarif reduksi.
  4. Tunggu beberapa menit saja, aplikasi akan mengupdate data anda terdaftar sebagai penerima tarif reduksi.
  5. Saat melakukan pembelian tiket, terdapat pilihan menu reduksi dan ingat anda harus mengkliknya untuk mendapatkan potongan harga. Karena aplikasi Access by KAI tidak otomatis membuat potongan harga.

Mudah sekali bukan cara mendaftarnya. Oh iya anda juga diperbolehkan mendaftarkan keluarga, sahabat, pasangan, teman atau siapapun agar terdaftar sebagai penerima reduksi. Selama mereka adalah Civitas Akademika dari kampus-kampus di atas. Cukup dengan mengirimkan foto bukti diri seperti KTP dan identitas Civitas Akademikanya.

Yuk manfaatkan reduksi atau potongan diskon dari KAI ini, agar travelingnya makin hemat. Satu lagi reduksi atau potongan diskon kereta api ini ada masa berlakunya. Masing-masing kampus mempunyai masa berlaku yang berbeda-beda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Atau anda sudah terdaftar sebagai penerima tarif reduksi Kereta Api Indonesia ini? Boleh banget sharing di kolom komentarnya ya mengenai pengalaman mendaftar atau pengalaman menggunakan tarif reduksi ini.

Referensi:

https://www.kai.id/information/full_news/5527-kai-berikan-penawaran-menarik-melalui-tarif-reduksi-tarif-khusus-hingga-tarif-subkelas-untuk-pembelian-tiket-kereta
https://www.kompas.tv/nasional/422759/syarat-dan-cara-dapatkan-tarif-reduksi-kai-2023-naik-kereta-diskon-hingga-50-persen#:~:text=Penumpang%20dapat%20memperoleh%20tarif%20reduksi,pembelian%20tiket%20via%20KAI%20Access.

21 Comment

  1. Baru tahu ada tarif reduksi ini. Ini misalnya alumni enggak ada batas lulusan tahun berapa, ya?

    ReplyDelete
  2. Naik kereta api memang sekarang sangat menyenangkan ya, Mbak. Dan kerennya ini, ada reduksi. Potongan 10 persen itu lumayan. hanya saja, kenapa hanya perguruan tinggi negeri tertentu saja ya, Mbak. Maunya berlaku untuk semua PTN. Jadi smeua bisa merasakan potongan harga ini.

    ReplyDelete
  3. Misalnya naik kereta api yang hi-class seperti tipe Luxury Sleeper atau panoramic, juga bisa kena reduksi harga tiket, kak Mei?
    Pingin banget.. etapi bukan buat aku juga yaa.. hihihi, buat Ibuk.

    ReplyDelete
  4. Bukan alumni kampus2 yang disebut wkwkekek. Tapi papa alumni UGM juga nih. Jadi bisa deh jalan2 ama beliau dan dapat tarif reduksi.

    ReplyDelete
  5. Enak juga ini untuk alumni dapat tarif reduksi. Semoga bisa tambah lagi kerjasama dengan kampus lainnya.
    Sehingga bisa dimanfaatkan nih mbak Mei buat bekerja ataupun traveling menggunakan kereta ya.

    ReplyDelete
  6. enak nih dapat potongan harga, meski masih sedikit ya PTNnya, lumayan buat jalan-jalan kemana-mana, tapi harus teliti juga karena gak otomatis terpotong

    ReplyDelete
  7. Wow wow wow, ada ITS dan aku baru tahu kabar gembira ini. Cuss deh kalau naik kereta api tinggal tunjukin aja keanggotaan alumni deh

    ReplyDelete
  8. kok baru tahu ada tarif reduksi kereta api, apakah ini hanya berlaku untuk kampus-kampus PTN ya kak? Soalnya setiap kali pesan tiket kereta api tidak ada informasi terkait hal ini. Apakah memang progam baru kah? maaf banyak tanya nih kak, hi

    ReplyDelete
  9. Asyik banget dong ini, ih tapi kenapa UM nggak dapat ya? Padahal UNY dapet, padahal sama-sama IKIP tuh dulunya. Hemm, berarti ntar suami kalau mau naik dapat diskon, tapi aku nggak dapat diskon dong. Karena beda alumni, doi alumni UGM, sedangkan aku UM.

    ReplyDelete
  10. Wah asyik bgt ya yg jd alumni universitas tsb. Dpt potongan tiket kereta. Akan sgt membantu buat yg sering jalan2 baik plesiran maupun tujuan bisnis pake kereta. Smg kampus lain bs ikut serta dlm program ini shg menggalakkan layanan transportasi umum yg murah meriah.

    ReplyDelete
  11. Wah kampusku tidak termasuk kampus yang bisa mendapatkan tarif reduksi...jadi penasaran

    ReplyDelete
  12. wah mesti ngurus nih tarif reduksi lumayan bgt loh buat para civitas akademika gini, lumayan saving money jadinya buat biaya transportasi, jadi agak hemat lah yaa

    ReplyDelete
  13. Masih belum semua kampus ya dapat tarif reduksi ini. Keren terobosannya, pasti bakal banyak yang pilih naik kereta api nih dari pada angkutan umum lainnya

    ReplyDelete
  14. Waahhh asik sekali untuk yang bisa dapat reduksi ini yaahh, jadi bisa hemat. Lumayan kaann, uangnya bisa ditabung atau buat beli jajan hehehe. Btwe aku belum pernah naik kereta api 🙈

    ReplyDelete
  15. wiih lumayan banget diskonnya 10%, kalau saya alumni UGM tapi pas S2nya gimana ya.. ngga dapat kartu alumni nih hahaha jadi kepengen ikutan terima diskonnya juga karena suka naik kereta

    ReplyDelete
  16. Wah, tarif reduksi ini akan membantu banget lho untuk mendorong lebih banyak orang bepergian naik kereta. Harganya kan jadi lebih hemat ya dan jadi cara efektif juga untuk meminimalisir uang transport (misalnya untuk berangkat dan pulang kerja dengan KRL)

    ReplyDelete
  17. keren banget nih KAI punya program reduksi tiket buat mahasiswa. pastinya bantu banget mahasiswa ya soal budget transportasi. jadi inget jaman say akuliah dulu, beli karcis bulanan khusus DAMRI, hahaha. yess, itu ngebantu banget soal ongkos bis.

    ReplyDelete
  18. keren banget nih KAI punya program reduksi tiket buat mahasiswa. pastinya bantu banget mahasiswa ya soal budget transportasi. jadi inget jaman say akuliah dulu, beli karcis bulanan khusus DAMRI, hahaha. yess, itu ngebantu banget soal ongkos bis.

    ReplyDelete
  19. eh kok baru tahu ada info begini ya, lumayan juga ya buat para alumnusnya :) jadi penasaran kenapa cuma kampus-kampus tersebut aja ya hehe

    ReplyDelete
  20. Mantap moga nantinya untuk para siswa & mahasiswa, serta orang2 macam lansia, bisa mendapat subsidi ongkos kereta ya

    ReplyDelete
  21. Wah menarik sekali ya, tarif potongan tiket kereta ini membantu banget untuk yang sering dinas luar kota. Apalagi salah satu yang bisa menikmati tiket dengan reduksi ini dosen dan alumni, jadi membantu banget buat dosen yang sering dinas luar kota

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.