7 CARA MENJAGA KESEHATAN MENTAL

Kesehatan mental itu penting, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Namun sayangnya banyak orang yang mengabaikan kesehatan mental ini. Pada akhirnya setelah merasakan despresi tingkat tinggi baru orang menyadarinya dan mencari solusinya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, saya sepakat dengan istilah ini. Jadi jika kita masih merasa mental kita masih sehat, yuk kita jaga dari sekarang. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita?

cara menjaga kesehatan mental
Source: Canva
Recreate by Writer


7 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Saya mempunyai beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental kita agar tetap terjaga. Ini dia 7 cara menjaga kesehatan mental kita agar tetap terkendali dengan sangat baik. 

1. Selalu bersyukur dan mendekatkan diri dengan Tuhan

Tips paling penting buat saya ketika harus menjaga kesehatan mental adalah dekat dengan Tuhan. Selalu bersyukur dengan semua yang diberikannya, dan jika menghadapi sesuatu selalu dekatkan diri dengan Tuhan pemberi ketenangan. Saya yakin cara ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental menurut Islam, Kristen, Budha, Hindu atau agama lainnya yaitu dekat dengan Sang Pencipta.

2. Selalu berfikir positif

Ini dia cara kedua yang biasa saya lakukan untuk menjaga kewarasan mental saya. Jika pun ada hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan atau rencana, tetap berpikir positif dan hadapi semuanya dengan pikiran tenang.

3. Olahraga

Cara ketiga untuk menjaga kesehatan mental kita agar tetap sehat adalah dengan rutin melakukan olahraga, khususnya olahraga yang kita suka. Entah itu trekking, mendaki, berkuda, memanah, atau hanya sekedar jogging di pagi atau sore hari. Olahraga mendorong hormon bahagia kita semakin keluar. Apalagi jika olahraga dilakukan di outdoor. Kita bisa bertemu dengan banyak orang. Misalnya pergi ke Gym, ikut erobik, ikut kelas Yoga, dan lainnya.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup minimal 6-8 jam perharinya akan cukup membantu menyehatkan mental kita. Istirahat yang cukup akan membuat otot kita lebih rileks, sehingga emosi kita juga ikut baik. Ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental di saat pandemi dengan banyak istirahat di rumah.

5. Berbuat baik kepada orang lain

Salah satu cara untuk membuat mental saya sehat adalah dengan bersosialisasi dengan orang lain misalnya dengan melakukan kebaikan. Misalnya ikut volunteer, berdonasi, atau sekedar membagikan makanan untuk orang-orang yang membutuhkan di jalanan. Aktivitas ini membuat mental kita menjadi lebih sehat.

6. Bersenang-senang

Salah satu cara menjaga kesehatan mental dan fisik lainnya adalah dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Lakukan apa yang kamu sukai, dan jangan pedulikan apa kata orang. Jika me time seharian membuat kamu lebih bahagia, lakukan. Jika berbelanja ke pasar kemudian kamu masak seharian, membuat kamu happy, do it. Sesekali jangan pernah pikirkan uangmu akan habis. Cara ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan mental menurut para ahli.

7. Nikmati makanan dan minuman favorit

Saya termasuk orang yang tidak ambil pusing ketika harus menghabiskan uang untuk makanan atau minuman favorit. Semahal apapun, ketika saya ingin dan suka dengan makanan atau minuman itu, saya akan membelinya. Apalagi saya bukan tipikal orang yang hobi makan, saat ada perasaan ingin makan sesuatu favorit saya, saya akan beli. Apapun itu. Termasuk minuman coklat kesukaan saya.

Waktu saya masih kuliah, sering banget saya kena stress bahkan hampir depresi, karena tugas-tugas paper yang menumpuk setiap hari. Salah  satu cara yang saya lakukan adalah dengan mencari makanan atau minuman yang berbau coklat. Entah itu cake, ice cream, atau bahkan minuman coklat. Apalagi jika minumannya disajikan dengan berbagai toping dengan campuran creamy yang lezat. Wah enak banget pastinya. 

Nah salah satu minuman coklat dengan toping dan creamy yang lezat adalah minuman dari Lokita Indonesia.

Lokita Indonesia, Minuman Coklat Premium Inovatif Pertama Di Indonesia

Lokita Indonesia adalah brand franchise minuman kekinian dan merupakan UMKM asli dari Kota Wonogiri. Brand minuman yang berdiri sejak Desember 2020 ini menyasar target marketnya adalah anak muda seperti generasi alfa atau generasi milenial yang kekinian. 

Kabar baiknya lagi, Lokita Indonesia ini sangat mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia dan membangun mitranya dalam mengembangkan usahanya. Jadi ketika kamu sudah bermitra dengan Lokita Indonesia, maka semua keuntungan 100% menjadi milik kamu. Selain itu pihak Lokita juga akan memberikan bantuan dalam hal penjualan. Pastinya ini akan sangat membantu mitranya ketika baru memulai usaha.

lokita indonesia


Olahan minuman yang berasal dari susu, teh, dan kopi berkualitas ini, akan membantu menyehatkan mentalmu. Ko bisa? Bisa dong. Karena bahan-bahan dasarnya terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang aman dikonsumsi oleh tubuh. Semua produk dan bahan-bahannya memiliki premium Food Grade yang sudah lulus uji BPOM dan juga sudah memiliki izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan juga sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari perusahaan franchise ini. Paling penting semua bahannya diklaim berbahan dasar sehat dan berkualitas, serta aman dikonsumsi. Selain itu harganya juga sangat terjangkau, yaitu harga kaki lima, kualitas bintang lima.

peluang bisnis franchise minuman cepat saji


Baru-baru ini, minuman coklat premium inovatif pertama di Indonesia ini mengeluarkan varian barunya yaitu rasa coklat. Pastinya kamu sudah tahu dong, manfaat dari coklat. Yap, salah satunya adalah dapat meredakan stres, memberikan efek bahagia, meningkatkan mood yang akan berpengaruh terhadap psikologis kita.

Apalagi jika coklatnya terbuat dari bubuk coklat yang berkualitas. Nah racikan minuman di Lokita ini selain dari suplier, juga diracik sendiri oleh bagian Research and Development (R&D)-nya loh. Sehingga membuat rasa minumannya menjadi sangat enak dan nikmat. Karena racikan coklatnya dijamin kualitasnya.

franchise minuman kekinian


Selain varian coklat yang baru saja dikeluarkan, Lokita juga mempunyai banyak varian lainnya yang bisa kamu coba. Seperti varian Milky, Creamy, Yoghurt, Yakult, Tea, Cheese, Tropical, dan Coffee, dengan berbagai varian toping yang menggoda seperti Cream Cheese, Macchiato Strawberry, Boba, Rainbow Jelly, Grass Jelly, dan juga Oreo Crumb. Semuanya sama terbuat dari bahan berkualitas dan aman dikonsumsi. 

Yuk Manfaatkan Peluang Bisnis Franchise Minuman Cepat Saji yang Mendukung UMKM Indonesia

Saat ini brand minuman kekinian Lokita ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan memiliki lebih dari 30 outlet yang tersebar di kota-kota besar Indonesia. Belakangan ini juga Lokita Indonesia aktif dalam mendukung dan mengkampanyekan kesehatan mental generasi muda Indonesia. 

Salah satu aksi nyatanya adalah dengan mengadakan seminar dan mengundang tenaga ahli dalam bidang kesehatan seperti psikolog serta psikiater dan tenaga kesehatan lainnya untuk memfasilitasi bagi teman-teman yang mengalami masalah kesehatan mental. Sehingga ajakan untuk menjaga kesehatan mental yang dilakukan Lokita ini akan sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Wah keren ya, kontribusinya. Semoga makin banyak ya kegiatan baik yang dilakukan oleh minuman kekinian Lokita dalam mendukung kesehatan mental orang-orang Indonesia. Karena kesehatan mental itu penting yang akan berpengaruh terhadap banyak hal.

minuman kekinian lokita


Nah setelah mengetahui banyak tentang Lokita sebagai franchise minuman kekinian, mulai dari produknya sampai dengan kegiatan positifnya dalam menjaga kesehatan mental, tunggu apalagi yuk manfaatkan peluang bisnis franchise minuman cepat saji dari Lokita atau sekedar mencoba kenikmatan produk coklatnya yang baru saja launching.

24 Comment

  1. kesimbangan itu perlu sekali ya, Mbak. termasuk kesehatan badan dan mental. Sehat badan, tapi mental terganggu, ya tidak bisa. mental bagus, tapi badan tidak sehat, ya tidka bisa beraktivitas juga. Dan menjaga kesehatan mental itu sangat sederhana dan solusinya dari kita sendiri. Termasuk di dalamnya selalu bersyukur.

    ReplyDelete
  2. Bener banget mba kadang setelah penat dan menjaga kewarasan itu perlu me time yang kita suka, dan salah satunya ya minuman cokelat itu bisa buat kita happy. Wah lokita banyak pilihannya banget ya jadi pengen coba yang coffee ^_^

    ReplyDelete
  3. Olah raga dan istirahat yg cukup ini yg kurang buatku.. Apalagi kalau DL kerjaan sudah mepet, duh makin panik deh.. Wkwkk
    Wah, mau juga deh kalo self healing dengan minum lokita ini.. Tp djogja udh ada blm ya..

    ReplyDelete
  4. Memang selain bersyukur, menikmati waktu dengan memakan makanan dan minuman favorit ini bisa juga bikin senang emang!

    Seimbang antara kesehatan fisik yang dijaga lewat olahraga, serta kesehatan mental dengan aktivitas yang membuat bahagia dan melepaskan penat dan stress yang ada.

    ReplyDelete
  5. Banyak loh ibu-ibu yang merasa bersalah kalau bersenang-senang jajan sesuatu untuk dirinya sendiri. Ngerasa egoislah, nggak sayang anaklah, boroslah, dsb. Kalau menurutku sih itu me time atau membeli jajanan bagi diri sendiri justru bagus untuk menjaga kewarasan dan rasa bahagia.

    ReplyDelete
  6. Coklat dipercaya mampu membuat baik suasana hati karena mampu merangsang produksi endorphin yaitu bahan kimia di otak yang menciptakan rasa senang. Kerjaan numpuk, bad mood, stress bisa hilang karena si coklat.

    ReplyDelete
  7. Bersenang-senang secara positif dengan diri sendiri yang salah satunya dengan belanja minuman favorit seperti minuman Lokita, akan memberikan rasa bahagia. Cara mudah menjaga kesehatan mental ya.Ternyata merek Lokita sudah membuka franchise. Keren.

    ReplyDelete
  8. Semakin banyak franchise yang beredar salah satunya Lakita ini. Pasti menjalankan franchise minuman lakita ini banyak penggemarnya. Bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan sekaligus membantu menyehatkan mental kita. Minum coklat diyakini mampu menimbulkan efek menenangkan, sehingga kita bisa terhindar dari stress atau pikiran yang membebani perasaan kita.

    ReplyDelete
  9. Mengembalikan mental yang udah terluka ke mental yg kuat dan baik-baik saja itu butuh proses ya. Salah satunya ialah dengan makan atau minuman yang disukai. Ini bisa membawa aura positif ke dalam diri kita, terus mood kita jadi bagus lagi.

    ReplyDelete
  10. Memang benar, menurut penelitian Cokelat dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol. Dark Chocolate khususnya, diketahui menurunkan tekanan darah yang memicu perasaan tenang. Aku pun jika pikiran ruwet, biasanya langsung ke dapur bikin Cokelat hangat.

    ReplyDelete
  11. Me time sejenak gak masalah dong.
    Karena juga untuk menyeimbangkan jiwa, dan menyegarkan pikiran biar kesehatan mental dapat tetap terus terjaga tanpa ada rasa terbebani

    ReplyDelete
  12. Minuman coklat kekinian akuu juga sukaak banget semogaa dg banyaknya UMKM membangkitkan perekonomian.

    Ada kalanya kita butuh me time supaya mrnghilangkan kejenuhan. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Bicara kesehatan mental emang ga ada matinya ya. Btw Lokita belum ada nih di Sby Atau aku yg belum nemu yak jadi pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  14. setujuu, olahraga tuh salah satu cara buat jaga kesehatan mental! ini aku alami banget pas awal2 pandemi, udh ga karuan rasanya, and feels better after jogging, cycling, boxing etc

    ReplyDelete
  15. hihi sesekali ngasih hadiah buat diri sendiri ya mbak biar tetep waras hihi

    ReplyDelete
  16. Menjaga kesehatan mental itu nggak kalah penting dengan kesehatan fisik
    Dan cara menjaga kesehatan mental pun cukup mudah, misalnya dengan minum Lokita ini

    ReplyDelete
  17. aku ngiler banget deh sama cokelatnya, apalagi cokelat dipercaya dapat membantu menstabilkan mood kita.

    ReplyDelete
  18. Yess, kesehatan mental tuh penting banget. Sekarang udah banyak yg mulai sadar dan paham akan hal ini. Btw, minum coklat itu favorit ku klo lagi bete nih

    ReplyDelete
  19. Aku juga kalau lagi bad mood langsung order Lokita..cupnya itu lo super gede.. jadi puas banget minum colelatnya.

    ReplyDelete
  20. Istirahat yg cukup ini masih banyak diabaikan ya mbak, termasuk aku juga sebenernya hahaha memforsir diri. Kalau udah capek, memang pikiran jadi lelah dan sensitif juga sama hal2 kecil

    ReplyDelete
  21. Salah satu cara menjaga mood seimbang aq ialah makanan kak, jadi sesekali jajan makanan kesukaan biar mood kembali happy biar ngerjain apapun nantinya bisa kelar dengan lancar

    ReplyDelete
  22. Paling nikmat sih minum coklat dingin siang-siang habis capek kerja. Mood booster banget memang coklat tuh...Btw...cari ah, di Bandung udah ada atau belum nih...

    ReplyDelete
  23. Menjaga kesehatan mental itu memang penting bgt, akupun yaa salah satu caraku menjaga kesehatan mental yaa bersenang-senang, me time sambil menikmati makanan dan minuman kesukaan aku...heheh

    ReplyDelete
  24. 7 cara menjaga kesehatan mental ini kok pas banget yah buat aku kak hehehe, ya ampun aku sendiri kadang merasa stress banget, yang no.7 suka banget menikmati makanan dan minuman favorit, aku pun gitu kak, saya akan beli semahal apapun, karena pikir juga pastinya harga masih wajar dan sesuai dengan yang diterima

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.