MAKANAN KHAS VIETNAM YANG WAJIB DICOBA

Setiap negara memiliki makanan khas yang banyak diburu oleh wisatawan ketika berkunjung ke negara tersebut. Makanan tersebut bisa jadi hanya dapat dinikmati di negara asalnya atau bahkan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jikapun kamu dapat menikmati makanan khas di luar negara tersebut pastinya itu akan sangat berbeda.

makanan khas vietnam
Source: Canva
Recreated by Writer


Nah, jika kamu berkunjung ke Vietnam, jangan lupa untuk menikmati makanan khas atau makanan tradisional khas negara Macan Asia Timur ini. Negara Tanah Naga Biru ini memiliki banyak sekali makanan khas yang lezat, sayang dilewatkan jika kamu berkunjung ke negara ini.

Makanan Khas Vietnam

1. Bo Luc Lac

Bo Luc Lac adalah makanan khas Vietnam yang hampir mirip dengan daging bumbu kecap di negara kita. Namun dagingnya terlebih dahulu dikukus sampai lembut dan kemudian dibumbui. Sehingga saat digigit, olahan daging ini akan berasa lumer di lidah.

bo luc lac
Source: Canva


2. Banh Bao

Makanan yang mirip dengan Bak pao ini adalah roti khas Vietnam berwarna putih dengan bentuk bulat yang dikukus. Isinya beranekamacam mulai dari daging cincang, sayuran yang cocok sekali bagi yang vegan, tersedia juga isian telur puyuh. Nikmat sekali dinikmati dalam keadaan panas-panas. Makanan khas Vietnam ini biasa dimakan ketika sarapan, karena sangat mengenyangkan.

banh bao
Source: Canva


3. Banh Cuon

Makanan gurih sebagai menu pembuka ini adalah makanan kue beras kukus yang berisi sayuran dan daging cincang. Dibungkus dengan kulit lumpia yang tipis. Disajikan dengan bawang goreng untuk taburannya, dan ditambah dengan saus khas Vietnam dengan cara dicelupkan. Makanan yang biasa disajikan dengan tempura udang gorengan kacang hijau, dan suas ikan ini dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

banh cuon
Source: Canva


4. Banh Mi

Ciri khas makanan Vietnam ini adalah pada rotinya. Banh Mi adalah makanan khas Vietnam yang terbuat dari roti baguette di mana didalamnya diberikan campuran irisan acar kubis, wortel, daikon, timun, lobak putih, daun ketumbar, serta daging. Hidangan nasional negeri Vietnam ini dapat ditemui dimana saja dan kapan saja selama di Vietnam. Makanan yang katanya hasil adaptasi dari makanan Prancis ini biasanya diberikan taburan keju, kecap ikan, dan irisan cabai.

banh mi
Source: Canva


5. Banh Khot

Pancake mini makanan khas Vietnam ini rasanya sangat nikmat. Terbuat dari tepung dengan campuran santan dan tambahan sayuran, udang,  dan daun bawang. Makanan dengan tekstur guring, garing, dan renyah ini disajikan dengan saus pedas manis.

banh khot
Source: https://www.bestpricetravel.com/


6. Banh Xeo

Warna makanan ini sangat khas yaitu berwarna kuning seperti dadar telur. Sehingga sering disebut sebagai kue dadar khas Vietnam. Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan campuran santan cair dan juga tambahan kunyit, serta kecambah.

banh xeo
Source: Canva


Makanan khas Vietnam ini diberi isian udang dan irisan daging, udang, yang sudah ditumis sebelumnya dengan bumbu khas Vietnam. Cara makannya adalah dengan mencelupkannya ke dalam saus ikan yang nikmat, serta tambahan lalapan daun seperti selada, mint atau basil. Pergilah ke kota Ho Chi Minh adalah terbaik untuk menikmati makanan khas Vietnam ini.

7. Bo La Lot

Bo La Lot adalah makanan khas Vietnam yang wajib dicoba ketika pergi ke Vietnam, karena ini adalah makanan khas atau makanan tradisional Vietnam yang hampir mirip dengan lemper di Indonesia. Bo La Lot ini adalah daging cincang yang kemudian digulung dengan daun sirih. 

Kemudian dipanggang samia matang dan berwarna kecoklatan. Biasanya olahan daging ini akan ditusuk seperti satai dan memakannya dengan campuran soas khas Vietnam. Makanan ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Vietnam yang bisa kamu bawa pulang.

bo la lot
Source: https://fullofplants.com/


8. Com Rang

Com Rang adalah sejenis nasi goreng dengan taburan bumbu minyak wijen, saus tiram, lada, bawang merah, bawang putih, cabai hijau, garam, serta bawang bombay yang membuatnya semakin harum. Diberikan tambahan bia hanoi yang merupakan jenis sayuran khas Vietnam. 

com rang vietnam
Source: http://hanoilocalfoodtours.com/

9. Pho

Makanan khas Vietnam selanjutnya adalah Pho yang terbuat dari mie atau bihun dengan campuran sayuran tauge. Makanan yang termasuk jenis mie ini seperti mie pada umumnya.

pho vietnam
Source: Canva


Mie Pho makanan khas Vietnam ini terbuat dari tepung beras. Jika di Indonesia mirip dengan soto, dimana mie atau bihunnya disiram dengan kuah kaldu sapi yang bening. Dan topingnya ditaburi dengan irisan tipis daging sapi, jeruk nipis, serta taburan daun ketumbar. Daging sapinya ada yang matang ada juga yang mentah, sesuai selera.

10. Xoi La Dua

Makanan ini terbuat dari ketan yang diberi aroma pandan, sehingga warnanya hijau. Disajikan dengan suwiran ayam dan wijen, paduan keduanya membuat rasanya sangat khas. Jadi kalau kangen dengan makanan Indonesia bisa cobain makanan ketan ini. Rasanya sangat gurih.

Itu dia makanan khas Vietnam yang wajib kamu coba ketika liburan ke Vietnam. Kamu dapat menemukan makanan-makanan khas tersebut di semua tempat di Vietnam. Atau kamu sudah mencoba salah satu atau salah semuanya, yuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.