10 TIPS TRAVELING KE GURUN PASIR

Gurun pasir di dunia adalah salah satu destinasi liburan impian banyak wisatawan. Meskipun cuacanya sangat panas, namun tempat wisata yang hanya ada di beberapa negara ini menyimpan eksotisme luar biasa. Sebut saja Sahara dan Namib yang ada di Afrika atau Thar Desert di India, atau padang pasir Arab adalah satu dari sekian gurun pasir terindah di dunia. Panasnya gurun pasir ini di siang hari bisa mencapai 38 derajat.

tips traveling ke gurun pasir
Source: Canva
Recreate by Writer


Nah buat kamu yang hobi traveling di cuaca panas seperti ini, wajib banget tetep jaga dan lindungi tubuhmu selama menghabiskan liburan di tempat-tempat mempesona ini. Dan ini dia beberapa hal atau tips yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan ketika berlibur ke daerah gurun pasir. Selain barang atau alat-alat yang harus dibawa, perhatikan juga dari sistem keamanan.

10 Tips Traveling ke Gurun Pasir

1. Perbanyak Minum

Karena udara gurun pasir di dunia sangat panas, maka otomatis akan membuat kamu merasa kehausan. Keringat yang kamu dikeluarkan akan lebih banyak dari biasanya. Jika kekurangan cairan akan membuat kamu dehidrasi. Jadi penuhi kebutuhan air minummu selama berwisata ke gurun pasir. 

Gurun pasir di Indonesia yaitu Gumuk Pasir Yogyakarta juga sangat panas. Maka jika berkunjung ke sana, bawa air minum lebih dari biasanya. Selain kebutuhan cairanmu tetap terpenuhi, persediaan air yang cukup akan membuat kamu merasa tetap fit dan menghindari dari kehausan.

2. Gunakan pakaian yang sesuai

Karena cuacanya sangat panas, jangan sampai keliru memilih outfit untuk menuju tempat panas ini. Gunakan pakaian yang tipis, mudah menyerap keringat, dan juga berbahan lembut dan adem seperti katun, linen, jersey, atau yang berbahan sutra.

Gunakan juga pakaian yang membuat kamu nyaman, serta bisa menggunakan warna-warna pakaian cerah. Selain dapat memantulkan cahaya matahari, tentunya juga membuat foto-foto kamu makin keren.

3. Gunakan Sunblock

Suhu ekstrim di gurun pasir akan membuat matahari kian menyengat, maka dari itu jangan lupa lindungi kulitmu dengan sunblock. Dengan penggunaan sunblock akan membantu melindungi permukaan kulitmu agar tidak begitu terbakar. Karena cara kerja tabir surya ini akan memantulkan radiasi matahari sebelum menyentuh kulit kamu. Pilih sunblock yang dapat digunakan untuk wajah dan seluruh badan, sehingga kamu tidak perlu repot harus membawa keduanya.

sunblock
Source: Canva


4. Membawa Kacamata Hitam

Selain kulit yang wajib dilindungi, saat traveling ke daerah gurun pasir, maka wajib juga melindungi area mata. Kondisi terik matahari yang dua kali lipat dari daerah tropis, dapat merusak mata lebih cepat. Bawalah kacamata hitam untuk melindungi mata kamu dari debu dan pasir yang beterbangan. Sekaligus juga untuk membantu memantulkan sinar matahari dan menjaga matamu dari sinar radiasi matahari yang berbahaya.

5. Gunakan Pelindung Kepala

Udara panas yang secara langsung menyentuh ke tubuh atau kepala, biasanya akan membuat kita merasa cepat pusing. Maka lindungi salah satunya dengan menggunakan penutup kepala seperti topi, scarf, dan lainnya. Pilihlah scarf yang dapat menyerap keringat. Atau jika kamu menggunakan topi, pilihlah topi yang berbahan dasar nyaman dari pabrik topi yang kualitasnya terjamin. Pelindung kepala juga berfungsi untuk menahan debu dan pasir yang bertebaran di gurun pasir.

gunakan topi di gurun pasir
Source: Canva


6. Membawa Jaket

Jangan keliru, di gurun pasir meskipun panas, anginnya juga sangat kencang. Maka bawalah jaket yang nyaman serta mampu menyerap keringat. Jaket ini berfungsi untuk melindungi kamu dari angin kencang, sehingga kotoran debu atau pasir tidak langsung ke kulit kamu. Selain itu di gurun pasir juga sering terjadi fenomena alam yang tak terduga, misalnya badai yang secara tiba-tiba atau hal lainnya.

7. Peralatan Lengkap

Jika kamu berencana menginap atau berkemah di gurun pasir dan pergi secara mandiri alias tidak menggunakan jasa tur, maka jangan lupa persiapkan barang-barang penting yang akan kamu gunakan. Malam hari kondisi udara di gurun pasir akan sangat dingin, sebaliknya dengan suhu di siang hari.

Maka bawalah perlengkapan yang mumpuni, seperti jaket hangat, alat perapian, cahaya lampu, alat masak, makanan, minuman, atau lainnya. Cari informasi sebanyak mungkin apa saja yang ada di gurun pasir, jika kamu hendak bermalam atau berkemah di tempat wisata gurun pasir.

8. Gunakan Kendaraan 4WD

Buat kamu yang hendak berlibur ke gurun pasir secara mandiri bersama teman-teman, kamu dapat menyewa atau menggunakan kendaraan dengan tipe 4WD atau four wheel drive. Biasanya jenis kendaraan ini memang tangguh di medan pasir dan banyak didesain untuk menghadapi medan-medan berat seperti gurun pasir.

4wd di gurun pasir
Source: Canva


Sebelum berangkat pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan prima, bensin yang cukup bahkan menyediakan cadangan bahan bakar. Karena di tempat wisata gurun pasir jauh ke daerah umum, sehingga akan cukup kesulitan jika sampai kekurangan bahan bakar atau kondisi mesin tidak fit.

9. Membawa GPS atau Kompas

Pastikan memahami rute perjalanan untuk keamananmu. Alat ini sangat penting, apalagi jika kamu berlibur ke gurun pasir secara mandiri, hanya dengan menyewa kendaraan saja. Potensi untuk kesasar bisa saja terjadi, apalagi baru pertama kali. Jadi pastikan untuk membawa GPS atau kompas sebagai petunjuk arah. Meskipun kamu hanya berkunjung ke gurun pasir yang ada di Jawa Tengah yaitu Gumuk Pasir. Pastikan juga alat GPS atau kompasnya dalam kondisi dan berfungsi dengan baik dan siap digunakan.

Namun saran saya jika liburan ke gurun pasir yang rutenya cukup berat atau menantang, better menggunakan jasa tur masyarakat lokal dimana mereka hapal betul dengan medan di sana. 

10. Perhatikan Cuaca

Kondisi di gurun pasir biasanya banyak yang tidak terduga. Alangkah baiknya sebelum melakukan perjalanan liburan ke gurun pasir, perhatikan perkiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan. Sehingga kamu tahu apa yang harus disiapkan untuk menghadapi perkiraan cuaca tersebut. Apalagi jika kamu berkunjung ke gurun sahara viral.

Nah itu dia beberapa tips liburan ke gurun pasir yang perlu kamu persiapkan. Agar liburan kamu lebih menyenangkan. Atau kamu memiliki pengalaman traveling ke gurun pasir, boleh banget share pengalaman atau tipsnya di kolom komentar ya.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.