TIPS MEMULAI BISNIS BAGI PEMULA, LENGKAPI DENGAN APLIKASI KASIR iReap

Menjadi seorang enterpreneur belakangan ini menjadi impian banyak generasi muda, termasuk saya. Karena dengan menjadi pengusaha atau pebisnis muda untuk saya pribadi lebih menantang dan mendorong kreatifitas dalam menciptakan sebuah produk dan membaca kebutuhan pasar.

aplikasi kasir
Source: Canva
Recreated by Writer


Apalagi kebutuhan kaum milenial, generasi Z dan juga generasi alpha kian unik. Jika kita memiliki kreatifitas tinggi, akan menjadi kolaborasi bisnis yang sangat menguntungkan. Namun, membaca tren seperti ini, kadang membuat kita bingung untuk memulainya dari mana, atau bisnis apa yang cocok. Berkaitan dengan hal itu, saya mempunyai beberapa tips untuk memulai bisnis bagi pemula.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

1. Pilih bisnis sesuai dengan passion

Memulai bisnis dari hal yang kamu sukai akan membuatmu merasa tidak terbebani. Tentu saja hal ini sangat baik untuk proses perjalanan meniti bisnis kamu. Tidak akan membuat kamu mengeluh ketika menghadapi perjuangan berat. Ingat, membuka usaha dari nol itu membutuhkan biaya, waktu, tenaga, yang sangat banyak. 

Tapi ingat, tidak ada beban bukan berarti kamu tidak memperhitungkan keuntungan dan kerugian. Hal ini tentu saja harus tetap diperhitungkan. Karena tujuan utama dalam sebuah bisnis adalah keuntungan. Namun ketika kamu memulai dengan hal-hal yang disukai, beban berat untuk mencapai keuntungan itu tidak akan begitu terasa, karena kamu melakukannnya karena calling dari hati kamu.

2. Lakukan riset pasar

Dengan riset pasar, kamu akan mengetahui secara detail kebutuhan pasar seperti target pasar, kompetitor, karakteristik calon pembeli, sampai dengan minat atau kebutuhan pasar apa yang sedang booming atau sedang banyak diminati oleh masyarakat, baik itu yang sifatnya musiman dan juga yang akan long lasting.

Hasil riset pasar membuat kita mengetahui celah bisnis mana yang bisa  kita kembangkan, termasuk juga mengetahui potensi usaha bisnis mana yang akan menguntungkan, baik musiman maupun yang long lasting. Maka lakukan riset pasar dengan benar, karena kedepannya akan menentukan strategi bisnis yang akan kita ambil.

3. Tentukan produk yang akan dipasarkan

Riset pasar akan membantu menemukan banyak peluang bisnis yang bisa kamu ambil, maka tips ketiga untuk memulai sebuah bisnis dari nol adalah menentukan produk yang akan kamu pasarkan, baik berupa jasa atau pun barang. Ingat konsep bisnis yang menguntungkan adalah, mampu memberikan atau memenuhi apa yang pasar butuhkan. Baik itu produk blue ocean atau pun red ocean alias sama dengan kompetitor.

4. Pelajari strategi bisnis dengan baik

Strategi bisnis ini menjadi tonggak awal dalam menjalankan bisnis. Sehingga keuntungan jangka panjang akan tercapai. Dalam menyusun dan membuat strategi bisnis ini, Kamu harus mempunyai pola pikir kreatif, kritis, terbuka, dan berani mengambil risiko. Sehingga strategi bisnis yang dibuat akan mendorong keuntungan. Misalnya menyusun strategi promosi produk, atau melakukan feasibility study sebelum produk launching. Hal ini sangat penting dilakukan.

5. Upskilling dan resklling diri

Kesuksesan sebuah bisnis ada di tangan pemiliknya. Sebagai pengusaha, kita harus mempunyai jiwa leadership yang mumpuni. Siapapun bisa melakukannya, karena leadership ini bisa dipelajari. Sebagai penggerak bisnis, maka wajib untuk selalu upskilling dan reskilling kemampuan kita agar terus berkembang, baik itu hard skill maupun yang soft skill. Sehingga kita mampu menggerakan tim untuk menjalankan usaha kita.

6. Jalankan bisnis dengan fokus

Ketika tahapan perencanaan sudah dilakukan dengan baik, maka bisnis akan dijalankan. Ketika bisnis sudah berjalan, lakukan dengan fokus. Maksud fokus di sini adalah ketika kamu sudah merencanakan usaha A, maka fokus kembangkan usaha A. Eksekusi semua perencanaan yang sudah kamu buat. Cari alternatif strategi, jika rencana yang dijalankan tidak memberikan keuntungan.

6. Lakukan evaluasi untuk tingkatkan kualitas produk dan layanan

Dalam planning cycle business, konsep Plan, Do, Check, Action sangat wajib dilakukan. Tahapan evaluasi ini berupa kualitas produk, layanan, maupun strategi bisnis.

Tahapan evaluasi ini bisa saja merubah produk maupun strategi bisnis, tidak masalah. Jika perubahan akan meningkatkan kualitas produk dan  layanan menjadi lebih baik maka lakukan. Tidak ada bisnis yang dimulai dari nol langsung sesuai dengan rencana. Evaluasi ini juga akan mengantisipasi kerugian di masa yang akan datang.

7. Kelola keuangan bisnis dengan baik

Tips terakhir untuk memulai bisnis untuk pemula adalah memahami bagaimana pengelolaan uang dengan baik. Catat semua transaksi yang berhubungan dengan usaha, agar memudahkan kita dalam menyusun laporan. Laporan yang dikelola dengan baik akan memudahkan dalam proses evaluasi dan menyusun kembali strategi yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu cara mengelola keuangan bisnis agar berjalan dengan baik adalah dengan menggunakan aplikasi kasir iReap.

Mengenal Aplikasi Kasir iReap

Aplikasi kasir iReap dikembangkan oleh PT Sterling Tulus Cemerlang yang merupakan perusahaan di bidang informasi dan teknologi. iReap atau Integrated Retail Application adalah aplikasi kasir yang banyak digunakan oleh retail dan UMKM.

aplikasi kasir ireap
Source: Canva & Personal Picture
Recreated by Writer


Aplikasi kasir ini dikembangkan untuk membantu bisnis dalam hal mengatur dan mengelola operasional harian toko yang kamu miliki yang terdiri dari Point of Sales atau sistem kasir dan juga sistem untuk pengelolaan barang.

Aplikasi kasir toko gratis dan berbayar ini memudahkan kita dalam memberikan layanan secara maksimal untuk para pelanggan dan juga membantu pengelolaan pelaporan keuangan usaha kita dengan baik. Sehingga kita dapat melakukan monitoring penjualan, keuntungan dan stock opname toko secara realtime, kapan saja, dan dari mana saja.

Fitur Aplikasi Kasir iReap

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi kasir iReap Pro yang bisa kamu manfaatkan untuk usaha kamu adalah:

  1. Kasir atau point of sales.
  2. Master data.
  3. Stok transfer.
  4. Biaya toko.
  5. Laporan transaksi penjualan.
  6. Laporan stok barang.
  7. Absensi karyawan.
  8. Laporan tagihan.

Keunggulan aplikasi iReap

Apa saja keunggulan aplikasi kasir terbaik android ini sehingga layak untuk dipilih sebagai aplikasi kasir untuk membantu mengelola bisnis kamu?

keunggulan aplikasi kasir ireap
Source: Canva
Recreated by Writer


  1. Berpengalaman
  2. Lengkap
  3. Sederhana
  4. Scaleable
  5. Kebebasan
  6. Expandable
  7. Fleksibel

Dimana saja aplikasi iReap dapat digunakan?

iReap menyediakan layanan iReap POS Pro (berbayar) untuk bisnis kecil atau menengah, dan iReaps POS Lite (gratis) untuk usaha kecil. Software kasir ini dapat digunakan di beberapa tempat usaha seperti:

  1. Warung makan, cafe, dan restoran.
  2. Salon, barbershop, bengkel.
  3. Ritel warung, kelontong.
  4. fashion, butik pakaian, toko sepatu, kacamata.
  5. Klinik, spa.
  6. Profesional services.
  7. Usaha distribusi.
  8. Toko lainnya.

Setelah mengetahui keunggulan dan manfaat dari perangkat lunak ini, kamu mulai tertarik bukan untuk menggunakannya. Yuk instal aplikasi kasir iReap agar sistem pengelolaan bisnis kamu menjadi lebih rapi dan terlihat profesional. Sehingga bisnis kamu akan semakin berkembang dan dikenal. Atau kamu sudah menggunakan aplikasi ini, boleh banget sharing di kolom komentar ya.

21 Comment

  1. Wah, menarik banget, nih. Aplikasi iReap memang seru. Selain bermanfaat buat para pengusaha, juga membantu banget buat para konsumen. Karena dapat melayani pembayaran melalui QRIS. Praktis banget, kan!

    ReplyDelete
  2. wah aplikasi ini bermanfaat banget pastinya untuk pebisnis pemula ya jadi gak repot dalam sistem kasirnya bisa lebih tertata rapi.

    ReplyDelete
  3. Bagi yang pengen memulai bisnis atau udah ada bisnis, aplikasi kasir kayak iReap ini penting banget sih untuk memudahkan kinerja

    ReplyDelete
  4. Keren nih aplikasinya, membuat bisnis lebih tertata rapi dan keuangannya sistematis. Sekarang teknologi semakin canggih saja Mbak.

    ReplyDelete
  5. Biasanya toko kecil kan masih pake pencatatan manual yah. Padahal pake iReap ini sangat mudah dan efektif waktu lho. Bisa buat cabang2 juga ya. Apalagi banyak fitur menariknya juga yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak. Aplikasi iReap ini selain canggih, juga praktis mengoperasikannya. Jadi, bisa digunakan oleh berbagai kalangan dan usia.

      Delete
  6. wah makasih banget nih sama yang bikin aplikasi begini hehe.. jadi makin mudah mau mulai bisnis ya, apalagi yang masih belajar :)

    ReplyDelete
  7. Perkasiran akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi iReap ini, apalagi untuk teman-teman yang baru terjun di dunia bisnis, iReap layak dijadikan bestie

    ReplyDelete
  8. Aplikasi kasir iReap ini bisa membuat pebisnis pemula untuk mengelola keuangan bisnisnya ya mbak
    Biar makin berkembang

    ReplyDelete
  9. Aplikasi yang bermanfaat ya khususnya untuk mengelola keuangan usaha kita.. Toko kelontong dan warung pun bisa jadi seperti swalayan kalau pelayanannya menggunakan kasir seperti ini yaa..

    ReplyDelete
  10. Aplikasi kasir semacam ini memang sangat membantu teman2 pengusaha ya mbak, pembukuan transaksinjuga jadi lebih rapi

    ReplyDelete
  11. Pasti berguna banget sih pakai aplikasi kasir karena banyak juga fungsinya ya untuk bisnis

    ReplyDelete
  12. bikin laporan keuangan jadi makin simple nih yaa dan meminimalisir kebocoran keuangan selama menjalankan bisnis

    ReplyDelete
  13. enak banget ini ireap, sangat komplit kalau lihat dari fitur2nya.. kalo aku punya usaha retail juga kayaknya bakal cocok pakai iReap

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah berkat adanya aplikasi kasir, semakin memudahkan pembukuan juga untuk pemilik toko atau umkm ya mba

    ReplyDelete
  15. Terus terang, saya baru dengar ada aplikasi iReap ini. Namun, usai membaca ulasan di atas, saya tertarik untuk menggunakannya karena sepertinya cocok nih buat bisnis yang akan dijalani.

    ReplyDelete
  16. wah keren nih aplikasi kasir gabung dengan persediaan barang, membantu banget melancarkan usaha kita

    ReplyDelete
  17. memulai usaha bukan hanya perlu modal, tapi juga butuh melakukan riset, strategi dan sebagainya tidak lupa juga harus upskill dan reskilling dong ya karena ilmu itu terus berkembang sesuai dengan zamannya.
    tidak lupa gunakan juga teknologi termasuk aplikasi kasir ya agar memudahkan pencatatan keuangan usaha.

    ReplyDelete
  18. Jadi lebih simple daqlam pencatatan ya mom, terimakasih tips berbisnisnya ya, dan kalau nanti saya mau mulai berbisnis bisa nih pakai aplikasi iReap yang sangat membantu untuk pengecekan stok barang dll.

    ReplyDelete
  19. Sekarang semuanya jadi lebih mudah ya, Mbak. Kalau dulu harus ribet beli mesin hitung segala. Sekarang cukup instal aplikasi iReap untuk memantau pencatatan keuangan.

    ReplyDelete
  20. fitur di aplikasinya mantap ya.. memudahkan, lebih hemat waktu dan efisisen buat para pengusaha, kasir dan juga konsumennya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.