MAKANAN UNTUK MENAIKKAN TROMBOSIT DENGAN CEPAT

Trombosit atau keping sel darah adalah fragmen sel kecil yang terdapat dalam darah, membentuk gumpalan yang dapat mencegah pendarahan. Trombosit ini terbentuk dari sel-sel yang terdapat di sumsum tulang yang disebut dengan nama megakariosit.

Sel kecil yang memiliki fungsi penting dalam darah ini, ketika masuk ke dalam tubuh manusia akan hidup selama 8 sampai 10 hari. Trombosit pada orang normal berjumlah antara 150.000 - 450.000 keping per mikro liter (mcl). Jika trombist dalam darah tubuh manusia di bawah 150.000 mcl, maka kamu didiagnosis trombostopenia. Tentu saja hal ini harus segera ditangani.

makanan menaikkan trombosit
Source: Canva
Recreated by Writer



Fungsi Trombosit

Fungsi utama trombosit adalah untuk melakukan pembekuan darah atau mengikat darah menjadi lengket yang akan membentuk gumpalan ketika terjadi pendarahan. Sehingga darah tidak terus mengalir ketika terjadi pendarahan yang sangat hebat. Selain itu beberapa fungsi trombosit bagi tubuh adalah:

  1. Membantu proses pembekuan ketika terjadi pendarahan.
  2. Membantu dan mempermudah proses penyembuhan luka dengan cepat.
  3. Membantu melawan virus yang menginveksi tubuh.
  4. Mencegah kehilangan darah yang terlalu banyak.

Siapapun berpotensi dan dan berisiko mengalami terjadi pendarahan. Sehingga keberadaan trombosit dalam kondisi normal sangat perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan gizi dari makanan maupun minuman yang dapat membantu menaikkan trombosit atau menyeimbangkan kadar trombosit dalam tubuh. 

Selain mengkonsumsi minuman untuk menaikkan trombosit, makanan juga dipercaya mampu untuk menaikkan trombosit dengan cepat. Lalu makanan apa saja yang dapat membantu menaikan kadar trombosit dalam tubuh?

Makanan untuk menaikkan Trombosit

1. Jambu Merah

Jambu merah dipercaya memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga mampu menaikan kadar trombosit dengan sangat cepat. Fungsi dari Vitamin C dalam jambu ini untuk membantu memperlancar penyerapan zat besi oleh tubuh. Karena zat besi yang terserap dengan baik, akan membantu produksi trombosit berjalan dengan normal dan lancar. 

Jambu juga dikenal memiliki kandungan quercetin dan trombinol. Quercetin membantu perkembangbiakan virus penurun trombosit, sedangkan trombinol dapat membantu mendorong produksi trombosit dari sumsum tulang belakang. Jambu ini bisa dimakan secara langsung atau pun dibuat jus. Selain jambu merah kamu juga dapat mengkonsumi buah lain seperti jeruk, mangga, tomat, stroberi, paprika, dan juga nanas, semuanya kayak akan vitamin C.

2. Kiwi

Kiwi juga dikenal memiliki kandungan Vitamin K tinggi yang juga dapat membantu mendorong pertumbuhan trombosit. Vitamin K mempunyai fungsi dalam proses pembekuan darah bersamaan dengan trombosit. Mengkonsumsi buah kiwi ini adalah salah satu cara menaikkan trombosit dengan cepat.

3. Kurma

Kurma mengandung banyak mineral dan fitonutrien yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Selain itu kandungan Vitamin K dalam buah kurma juga dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Kurma juga kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, A, dan juga vitamin C. Selain itu kurma juga mempunyai kandungan kasium, potasium, magnesium, zinc, fosfor, dan juga zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau dipercaya memiliki kandungan Vitamin K tinggi. Vitamin K mempunyai peranan penting dalam proses pembekuan darah dan mampu meningkatkan jumlah keping darah secara alami. Sehingga salah satu cara untuk menaikkan trombosit dengan cepat adalah dengan banyak mengkonsumsi vitamin K yang terdapat dalam sayuran berwarna hijau. Sayuran hijau ini menghasilkan protein untuk proses pembekuan darah.

Kamu dapat mengkonsumsi sayuran ini dengan dimasak, atau dijus, seperti kamu mengkonsumsi susu penambah trombosit.

5. Delima

Delima kaya akan antioksidan polifenal yang mampu mencegah radikal bebas dan juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu kandungan folat dalam delima juga membantu dalam pembentukan sel darah. Buah untuk menaikkan trombosit ini juga mengandung zat besi yang dapat membantu meningkatkan trombosit dalam darah dan sel darah merah. Buah delima juga terbukti mampu meningkatkan trombosit secara alami dan juga mampu menjaga kesehatan darah dan jantung.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung zat besi tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk untuk meningkatkan trombosit dalam tubuh. Seperti dilansir oleh Plant Foods for Human Nutrition bahwa kacang-kacangan sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang kekurangan trombosit.

makanan untuk menaikan trombosit
Source: Canva


Cemilan sehat berupa kacang-kacangan seperti almond, walnut, pistachio, kacang tanah dan juga lainnya mengandung banyak vitamin K, D, dan juga fibrinogen yang mampu menyerap kalsium dengan sangat baik. Sehingga mampu menaikan kadar trombosit dalam tubuh.

7. Kuning telur

Kuning telur kaya akan vitamin D alami yang akan membantu menjaga kesehatan otot, saraf, tulang, serta menjaga imun tubuh. Vitamin D membantu menjaga kinerja sel sumsum tulang belakang yang berfungsi memproduksi trombosit dan sela darah lainnya. Selain itu telur juga mengandung vitamin B12.

Dilansir dari healthline.com, selain kuning telur, vitamin ini juga terdapat dalam daging sapi, keju, dan juga susu. Semua bahan produk dairy ini dapat membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh.

8. Gandum

Gandum kayak akan zat besi, vitamin B, zinc, antioksidan, serta magnesium yang semuanya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Gandum utuh yang tidak melewati proses penggilingan berupa lapisan kulit arinya, dipercaya dapat membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh.

9. Wortel

Wortel diyakini mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Selain untuk kesehatan mata, wortel juga dipercaya mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh secara efektif. Karena kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel ini memiliki peran penting dalam pembentukan protein dalam tubuh manusia. Kamu juga dapat mengkonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin A seperti labu, kale, dan juga kangkung.

wortel
Source: Canva


10. Daun pepaya

Buat kamu yang suka dengan sayuran, daun pepaya menjadi salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan trombosit dalam tubuh. Kandungan bahan acetogenin yang terdapat dalam daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan sel darah merah secara cepat. Sehingga mengkonsumsi daun pepaya ini menjadi salah satu cara menaikkan trombosit dalam sehari.

Itu dia beberapa makanan dan buah untuk menaikan trombosit. Namun selain asupan gizi untuk menjaga kadar trombosit dalam tubuh tetap aman, kamu juga wajib menjaga kesehatan badan dari luar dengan penggunaan sabun yang mengandung antiseptik. Sabun antiseptik biasanya dirancang khusus untuk melindungi tubuh dari iritasi kulit, jamur, dan penyakit menular.

Salah satu sabun antiseptik yang aman dan terpercaya adalah Lifebuoy. Lifebuoy Sabun memiliki kandungan bahan alami yang sangat efektif dalam membasmi kuman dan kotoran. Salah satunya adalah Lifebuoy Matcha dan Lifebuoy Charcoal yang dapat membantu membersihkan kulit sampai ke pori.

Penasaran kan bagaimana cara kerjanya sabun antispetik ini di kulit kamu, yuk cobain. Atau kamu sudah menggunakannya, boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya pengalamannya.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.