MANFAAT JOGGING PAGI UNTUK KESEHATAN TUBUH

Jogging di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya  dapat menikmati udara segar dan juga bertemu dengan banyak orang. Berdasarkan beberapa penelitian, jogging di pagi hari juga di sekitar pukul 7 akan membantu membuat tidur kamu di malam hari lebih nyenyak. Sementara jika kamu melakukannya pada pukul 6 - 8 akan membantu menurunkan tekanan darah. Pastinya hal ini akan membuat pola hidup kamu lebih berkualitas.

manfaat jogging pagi
Source: Canva
Recreated by Writer


Sementara untuk saya yang hobinya trekking atau mendaki gunung, banyak sekali manfaat yang saya rasakan dengan melakukan jogging di pagi hari. Sehingga saya membuatnya menjadi aktivitas rutin untuk menjaga kesehatan tubuh saya. Lalu apa saja manfaat jogging pagi untuk tubuh kita?

Manfaat Jogging Pagi Hari Untuk Tubuh

1. Menjaga kesehatan jantung

Saat kita melakukan lari atau jogging, maka jantung dan pembuluh darah akan memompa oksigen bersama dengan darah ke seluruh tubuh. Sehingga berdampak baik pada sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah mengalir dengan baik dan lancar, maka akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang membantu melindungi jantung serta menurunkan kadar kolestrol jahat atau LDL.

Dan dengan melakukan jogging di pagi hari ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan juga melindungi jantung dari pembuluh darah yang diakibatkan oleh endapan kolestrol jahat.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Beberapa studi dan hasil penelitian menyebutkan bahwa jogging atau lari pagi akan membantu tidur kita lebih nyenyak pada malam hari. Salah satunya adalah jurnal yang dikeluarkan oleh Vascular Health and Risk Management, yang mengatakan bahwa olahraga di pagi hari sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur di malam hari dibandingkan dengan olahraga sore atau malam hari.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Melakukan lari pagi alias jogging di pagi hari secara rutin secara langsung dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh, serta dapat mendorong pertumbuhan sel imun semakin meningkat. Tentu saja akan berdampak baik terhadap daya tahan tubuh yang akan semakin kuat.

4. Menjaga kesehatan otot dan tulang

Lalu apa manfaat jogging untuk otot? Otot memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, jika dilatih secara teratur maka akan semakin baik kemampuan dan ketahanannya. Dengan rajib melakukan jogging di pagi hari, maka otot tubuh akan terlatih dan terbiasa. Sehingga membuat massa otot tubuh semakin padat yang mampu menyimpan cadangan energi lebih banyak dan menjadi lebih kuat.

Selain itu rutin melakukan jogging di pagi hari juga dapat terhindar dari pengeroposan tulang. Karena tulang akan semakin kuat karena terus terpapar oleh sinar matahari yang memberikan Vitamin D alami untuk tubuh.

5. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan dengan rutin jogging di pagi hari adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dari hasil penelitian pada sekelompok orang pra-hipertensi, jogging dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolic pada waktu malam hari. Maka lakukan olahraga jogging pagi hari secara rutin untuk dapat mengontrol tekanan darah.

6. Memelihara kesehatan pernafasan

Buat saya yang hobi mendaki, kesehatan pernafasan menjadi hal yang sangat penting. Karena jika nafasnya tidak bagus, maka perjalanan mendaki akan cepat lelah. Tentu saja hal ini akan menganggu kenyamanan selama pendakian.

Dengan rutin melakukan jogging pagi hari misalnya 1 jam, maka kita akan semakin sering menghirup kandungan udara segar dan masih bersih. Sehingga akan berdampak baik pada kesehatan paru-paru kita. Selain itu dengan rutin melakukan jogging, maka akan semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam paru-paru yang akan membuat sirkulasinya lancar. Maka mulai rasakan manfaat jogging 1 jam ini untuk pernafasan kamu. 

Termasuk bagi kamu yang memiliki penyakit asma, maka dengan rutin jogging pagi hari, akan membuat pernapasan kamu menjadi lebih baik, karena udara yang bersih dan segar turut membantu pergantian sirkulasi udara di paru-paru kamu berjalan dengan lancar dan baik.

7. Meningkatkan konsentrasi

Buat kamu yang mudah lelah, lemas karena jarang berolahraga, maka mulai sekarang rutinkan jogging di pagi hari. Karena manfaat jogging pagi hari lainnya adalah dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Karena dengan jogging di pagi hari, kamu akan menghirup udara segar dan bersih, hal ini akan berdampak baik pada sirkulasi darah pada otak yang akan membantu kamu memiliki konsentrasi yang baik.Pada akhirnya akan mendorong semangat kamu untuk beraktivitas lebih sigap dan penuh dengan semangat.

8. Membantu meremajakan kulit

Nah ini cocok banget untuk diketahui oleh perempuan, dan juga buat laki-laki pastinya. Bahwa salah satu manfaat jogging pagi hari dapat membantu meremajakan kulit. Dengan jogging pagi hari maka kamu akan terkena sinar matahari lebih sering, sehingga kamu mendapatkan Vitamin E alami dari sinar matahari lebih banyak. Namun agar tidak kusam jangan lupa oleskan tabir surya sebelum melakukan jogging.

9. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat jogging untuk wajah adalah membuat kulit lebih cerah, karena jogging membuat sirkulasi udara pada tubuh menjadi lebih lancar. Dengan sirkulasi oksigen lancar pada tubuh, maka akan membantu membuat kulit kamu semakin lembab. Hal ini juga akan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga terhindar dari penuaan dini karena rutin berolahraga membantu memproduksi kolagen semakin meningkat. Yuk rasakan manfaat jogging 12 menit saja untuk melihat hasilnya pada kulit kamu.

10. Meningkatkan mood bahagia

Manfaat jogging pagi hari lainnya adalah jogging membuat mood kamu semakin meningkat. Hal ini berbanding lurus dengan penelitian yang dilakukan oleh Journal Medicine & Science in Sports & Excercise. Ketika kamu sedang depresi atau merasa tertekan dengan sesuatu hal maka lakukan jogging di pagi hari, maka mood kamu akan meningkat.

Dengan jogging di pagi hari kamu akan bertemu dengan banyak orang dan melihat banyak hal yang menyenangkan. Hal ini juga berlaku bagi manfaat jogging sore hari. Menikmati udara segar dan bersih, hangatnya matahari, bertemu dengan orang baru, tentu saja hal ini akan membuat kamu lebih bahagia. Mood yang kamu dapat juga akan membuat gelisah kamu hilang.

Apa saja persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum Jogging pagi hari?

Untuk membuat olahraga jogging kamu lebih menyenangkan, pastinya wajib banget mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Apa saja cara melakukan jogging agar tetap aman dan nyaman?

1. Tidur lebih awal

agar istirahatmu cukup. Sehingga kamu tidak kesiangan yang akan membuat kamu terburu-buru. Dan juga menghindari terbangun dalam kondisi yang masih mengantuk.

2. Gunakan alas kaki yang nyaman

Jangan lupa gunakan alas kaki yang nyaman seperti sepatu dan kaos kaki yang pas untuk kaki kamu.

3. Minum air mineral secukupnya sebelum melakukan jogging

Jangan terlalu banyak yang akan membuat perut kamu sakit saat sedang jogging atau bahkan mengganggu karena harus ke kamar kecil ketika sedang jogging.

4. Lakukan warming up

Lakukan warming up alias pemanasan sebelum melakukan olaharag jogging, agar tidak terjadi cedera pada otot atau tubuh lainnya. Dan jangan lupa nikmati jogging pagi hari kamu dengan rileks dan nyaman.

5. Lakukan cooling down

Selesai melakukan olahraga, jangan lupa lakukan pendinginan untuk meregangkan otot yang sudah tegang karena melakukan jogging. Lakukan secara perlahan dan rileks. Bayangkan selalu hal yang menyenangkan.

Itu dia manfaat jogging pagi hari untuk kesehatan tubuh dan juga tips sebelum melakukan jogging agar aman dan menyenangkan. Oh ya saya juga mengkonsumsi susu secara rutin untuk memaksimalkan dalam menjaga kesehatan tubuh.

manfaat jogging pagi hari
Source: Canva


Saya minum Anlene Actifit 3X yang mengandung formula Movemex yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh. Juga kandungan kalsiumnya yang akan membantu pembentukan tulang dan gigi lebih kuat.

Kamu memiliki manfaat lain dengan rutin melakukan jogging pagi hari? Termasuk tips sebelum melakukan olehraga. Yuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.