ATURAN TAK TERTULIS SAAT NAIK PESAWAT

Buat kamu yang sering naik pesawat, pastinya sudah sering melihat beberapa peraturan tertulis yang diumumlan oleh petugas bandara, tertulis dalam undang-undang, atau bahkan ditempel di ruang pesawat. Namun selain aturan tertulis, banyak juga beberapa aturan tidak tertulis yang wajib dipatuhi oleh penumpang yang banyak penumpang belum tahu.

aturan tak tertulis naik pesawat
Source: Canva
Recreate by Writer


Pastinya aturan tersebut dilakukan untuk kenyamanan semua penumpang dan juga awak kabin. Tata cara naik pesawat bagi pemula wajib diperhatikan, termauk aturan tidak tertulisnya. Ini dia beberapa aturan tak tertulis yang wajib diketahui oleh para penumpang, khususnya buat kamu yang baru pertama kali naik pesawat.

Aturan Tak Tertulis Saat Naik Pesawat

1. Hindari mengantri di Boarding Gate lebih awal

Pernah melihat penumpang yang belum ada panggilan untuk naik ke pesawat tapi sudah berdiri di pintu boarding? Sering sekali. Tujuannya agar naik pesawat lebih lama.  Hal itu memicu penumpang lainnya untuk ikut mengantri, sehingga kadang membuat orang jadi terburu-buru atau was-was jika masih ada kepentingan lain, semisal ke kamar kecil.

Jadi lakukan ini, tunggu sampai petugas menginformasikan dan meminta penumpang untuk mulai bersiap dan mengantri di pintu boarding gate. Masing-masing penumpang sudah mendapatkan tempat duduk masing-masing dan pesawat tidak akan meninggalkan anda, jika sudah di area boarding gate.

Pastikan juga kamu selalu mengantri dan tidak mengambil antrian orang lain meskipun kamu dalam kondisi terburu-buru. Biasanya jika pesawat kamu sudah mau take off petugas akan memberikan pengumuman untuk mendahulukan. Atau kamu bisa melapor kepada petugas untuk didahulukan.

2. Menggunakan pakaian yang nyaman

Jangan anggap sepele soal pakaian ketika melakukan penerbangan. Gunakan pakaian yang nyaman dan aman. Sehingga jika terjadi hal darurat, akan mudah ketika harus meluncur dengan slide menuju perahu keamanan. Atau bisa jadi jika anda alergi dingin, jika menggunakan pakaian sembarangan maka anda yang akan kurang nyaman dan bisa membuat anda sakit selama penerbangan.

3. Simpan barang berharga dekat dengan anda

Selain keselamatan diri sendiri dan juga orang lain, perhatikan juga keselamatan barang-barang penting anda. Jangan simpan barang penting anda seperti uang, dokumen penting, emas, HP, dan lainnya di bagasi.

Bawa barang penting anda ke kabin dan letakan dekat dengan anda serta mudah dijangkau. Pastikan barang-barang berharga tersebut dalam jangkauan pengawasan anda. Simpan di kolong kursi anda. Dan lokasi penyimpanan anda mengganggu orang lain.

4. Pilih pesawat besar

Memilih pesawat besar dapat meminimalisir resiko hal-hal yang tidak diinginkan. Karena pesawat besar memiliki pertahanan yang lebih baik. Selain itu pesawat dengan kursi di atas 30 kursi penumpang dirancang dan disertifikasi dengan peraturan keselamatan yang sangat ketat.

gunakan pesawat besar
Source: Canva


5. Hindari terbang dalam kondisi sakit

Hindari melakukan penerbangan ketika anda dalam keadaan sakit. Selain dapat membuat sakit anda semakin parah, juga dapat membahayakan orang lain. Misalnya kamu sedang flu berat, maka virus anda akan menyebar ke penumpang lain. Kecuali jika anda memang melakukan penerbangan untuk pengobatan. Tentu saja hal itu juga ada prosedur yang harus dilalui.

6. Pilih pesawat langsung

Kecelakaan banyak terjadi ketika pesawat take off dan landing. Jika terdapat pilihan penerbangan secara langsung maka pilihlah. Dengan melakukan penerbangan langsung anda hanya akan melakukan lepas landas dan mendarat satu kali saja. Hal ini akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Perhatikan barang bawaan

Perhatikan berapa jumlah maksimal berat barang yang diizinkan, agar tidak over, sehingga tidak harus mengeluarkan uang tambahan untuk membayar bagasi. Perhatikan juga barang bawaan yang akan dibawa ke kabin.

Jika anda hendak ke luar negeri perhatikan juga hal seperti ini, apalagi mereka biasanya lebih ketat lagi. Termasuk detail barang-barang yang anda bawa. Mulai dari kapasitas cairan yang diizinkan, makanan, atau barang lainnya seperti membawa tripod, alat olahraga, termasuk powerbank. 

Jangan lupa juga perhatikan jika ada dari luar negeri, berapa batas maksimal belanja yang diizinkan. Jangan sampai anda melebihi dari aturan, agar anda dapat terhindar dari membayar pajak.

8. Membawa body lotion

Untuk kamu yang akan bepergian menggunakan pesawat dalam waktu yang lama, jangan lupa siapkan body lotion. Untuk menghindair kulit kering karena AC selama si pesawat. Kadang jika terlalu lama membuat kulit cepat kering dan saya pribadi ini sangat tidak nyaman.

bawa body lotion
Source: Canva


9. Membawa permen karet

Beberapa orang sering mengalami telinganya sakit ketika sedang di atas pesawat. Untuk menghindari atau menyembuhkannya anda dapat minum air, namun jika khawatir akan ke kamar kecil terus, maka dapat diganti dengan mengunyah permen karet.

10. Gunakan fasilitas sesuai dengan tiket yang kamu beli

Gunakan fasilitas sesuai dengan fasilitas yang sesuai dengan tiket yang kamu beli. Selain tidak mengganggu fasilitas orang lain, juga sebagai bentuk kamu bisa menempatkan diri sesuai dengan hak. Misalnya, jika kamu membeli tiket kelas ekonomi, jangan menggunakan toilet di kelas bisnis.

11. Bersikap sopan dengan awak kabin

Perhatikan etika anda ketika berhadapan dengan awak kabin. Ingat awak kabin memang bertugas untuk memberikan layanan maksimal untuk semua penumpang pesawat, namun bukan berarti anda dapat memperlakukan mereka sesuka hati anda. Terapkan prinsip terima kasih, maaf, dan tolong ketika anda membutuhkan atau menerima bantuan dari mereka. Jadi tersenyumlah dengan ramah dan bersikap sopanlah kepada semua awak kabin.

sopan terhadap awak kabin
Source: Canva


12. Bantu jaga kebersihan pesawat

Sering sekali melihat penumpang yang membiarkan makanan berceceran sampai ke kolong kursi. Bahkan setelah mereka menyantap makanan yang dipesan, beberapa kali mereka tidak merapikannya. Hanya menunggu awak kabin untuk membersihkannya. Seharusnya kebersihan pesawat menjadi tanggungjawab semua awak kabin dan juga para penumpang.

13. Jangan membawa barang terlalu banyak di kabin

Bawalah barang ke kabin sesuai dengan ketentuan. Jika maksimal 7 kg maka bawalah barang tidak melebihi angka tersebut. Atau pun tidak membawa tentengan terlalu banyak, meskipun tidak melebihi 7 kg. Karena akan memakan tempat dan ruang penyimpanan yang harusnya menjadi hak orang lain.

14. Selalu ucapkan Tolong, Maaf, Terima Kasih

Kata-kata ajaib ini jangan pernah kamu lewatkan. Selalu ucapkan "terima kasih" jika sudah menerima bantuan dari awak kabin atau pun penumpang lain. Atau jika hendak membutuhkan bantuan awak kabin atau penumpang lain jangan lupa juga ucapkan "tolong". Atau kata "maaf" jika kamu merasa sudah mengganggu kenyamanan penumpang lain.

15. Hindari menggunakan pesawat rombongan keluarga atau kolega

Ada aturan yang tidak tertulis lainnya yang jarang orang ketahui. Dulu dikantor saya ada kebijakan jika ada dinas kantor dengan jumlah orang banyak misalnya minimal 10 orang, dilarang menggunakan pesawat yang sama. Aturan tidak tertulis ini dibuat untuk keselamatan. Jika terjadi hal darurat yang tidak diinginkan, setidaknya tidak semuanya mengalami.

hindari rombongan pesawat
Source: Canva


Hal ini bisa kamu terapkan juga ketika melakukan perjalanan traveling misalnya dengan keluarga besar atau teman rombongan. Jangan menggunakan pesawat yang sama.

Itu dia beberapa aturan tak tertulis ketika naik pesawat dan kamu juga wajib tahu aturan tertulis ketika di pesawat. Atau kamu mempunyai tips lainnya, yuk sharing di kolom komentar ya.

1 Comment

  1. The examples of instructions may be “M00” – program cease, “M06” – tool change, “M30” – end of the program , and others. It is feasible to utilize such packages as Autodesk Fusion 360 or SolidWorks Cam to help in both code creation, but you should to} know the basics Shower Caps first. Manual machines and their parts are cheaper than CNC mils’ ones.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.