TEMPAT WISATA TERKENAL DI VIETNAM BERTEMAKAN ALAM

Ada yang pernah liburan ke Vietnam?. Saya pertama kali mengunjungi negara ini tahun 2012. Meskipun mempunyai pengalaman buruk karena terkena scamming waktu di Kota Ho Chi Minh, namun rasanya tak kapok untuk kembali menjelajah keindahan alamnya. Apalagi ada Gunung Fansipan yang belum saya gapai. Seharusnya saya mendaki gunung ini awal tahun 2020, namun pandemi membuat rencana saya tertunda.

wisata di vietnam


Vietnam atau dikenal juga dengan nama Republik Sosialis Vietnam adalah salah satu negara di Asia Tenggara dengan ibukota Hanoi. Negara yang dipimpin Perdana Menteri ini mempunyai banyak wisata menarik yang hampir mirip dengan Indonesia alamnya. Namun selain alamnya, wisata kota atau sejarah juga banyak yang menarik yang wajib kamu kunjungi ketika ke negeri Paman Ho ini.

Namun kali ini saya akan menulis rekomendasi wisata alamnya terlebih dahulu, yang menurut saya sangat unik, berbeda dengan tempat wisata pada umumnya. Lalu apa saja rekomendasi tempat wisata jika kamu berkunjung ke negara dengan mata uang Dong Vietnam ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Vietnam

1. Ha Long Bay

Salah satu objek wisata Vietnam ini sangat populer. Ha Long Bay atau dikenal juga dengan nama Teluk Ha Long merupakan tempat wisata alam yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1994. Lokasinya berada di Teluk Tonkin, Vietnam Utara yang berbatasan dengan China atau sekitar 170 km dari Hanoi.

ha long bay
Source: Canva


Pulau yang mempunyai 1600an pulau batu kapur ini sangat indah dengan ukiran batu alami hasil fenomena alam.

2. Sa Pa Terraces

Tempat ini masih jadi impian saya, karena waktu saya ke sana, tidak sempat mengunjungi tempat indah ini. Salah satu tempat populer yang terkenal dengan budayanya adalah Sa Pa. Lokasinya berada di daerah pegunungan Utara Vietnam tepatnya di provinsi Lao Cai atau sekitar 350 km dari Hanoi atau kurang lebih sekitar 8-9 jam perjananan dengan menggunakan kereta api.

sa pa village
Source: Canva


Di tempat wisata Vietnam, Hanoi ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan sawah pundek yang berundak-undak yang dikelilingi oleh lembah-lembah perbukitan dengan udara gunung yang sangat segar. Selain itu kita dapat belajar banyak soal budaya suku Hmong yang mendiami desa Sa Pa ini.

3. Gunung Fansipan

Buat yang hobi mendaki gunung seperti saya, bisa mengunjungi Gunung Fansipan yang merupakan gunung tertinggi di Semenanjung Indochina yaitu antara Vietnam, Kamboja, dan Laos. Sehingga mendapat sebutan sebagai Atap Indochina. Tinggi gunung ini sekitar 3.143 mdpl.

gunung fansipan


Wisatawan dapat memulai perjalanan menuju tempat ini melalui Desa Sa Pa. Menuju gunung ini cukup trekking sehari atau dua hari saja, bahkan sekarang sudah tersedia cable car untu menuju gunung ini.

4. Gua Phong Nha-Ke Bang

Masih berbicara destinasi wisata alam, Gua Phong Nha-Ke Bang yang terletak di Taman nasional  Phong Nha-Ke Bang ini menjadi salah satu idola banyak wisatawan mancanegara. Lokasinya sekitar 500 km sebelah selatan dari Hanoi. Taman nasional ini memiliki gunung karst dan memiliki gua besar dan sangat indah karena memiliki stalaktit dan stalagmit yang sangat cantik.

5. The Sand Dunes

Saah satu destinasi wisata alam lainnya adalah The Sand Dunes yaitu padang pasir indah yang berwarna putih kemerahan. Lokasinya berada di propinsi Binh Thuan, Kota Mui Ne, bagian Selatan Vietnam. The Sand Dunes atau gumuk pasir yang ada di Vietnam ini terdiri dari dua gumuk pasir. Yaitu White Sand Dunes dan Red Sand Dunes.

the sand dunes vietnam
Source: Canva


White Sand Dunes, pasirnya terhampar dengan warna putih kecoklatan yang sangat indah. Dikenal juga dengan nama Bau Trang atau White Lake. Pasirnya agak kasar dan masih banyak ditumbuhi pohon pinus, sehingga sedikit lebih teduh. Di area ini juga terdapat danau kecil di tengah padang pasir ini membuatnya makin menarik untuk diunjungi banyak wisatawan.

Sementara Red Sand Dunes memiliki pasir berwarna kemerahan dan memiliki pasir halus. Areanya tidak sebesar White Sand Dunes namun karena pasirnya yang berwarna kemerahan menjadi daya tarik tersendiri. Di sekitar sand dunes ini terdapat beberapa penginapan, jadi cobalah menginap untuk dapat menikmati kedua sand dunes ini sekaligus. Kamu juga dapat memesan paket wisata Vietnam ini, jika ingin lebih mudah.

6. Ba Na Hills

Adalah salah satu tempat wisata poluler belakangan ini. Tempat wisata yang berbentuk resort namun menyerupai sebuah desa kecil yang sangat indah wajib dikunjungi karena keindahan alam sekitarnya. 

Cukup membayar sekitar 450 ribu rupiah, wisatawan dapat menikmati semua yang ada di Ba Na Hills ini. Mulai dari menikmati pemandangan alam dengan kereta gantung, menikmati fantasy Park, desa kecil bertema Prancis, sampai dengan icip kuliner khas Vietnam.

7. Golden Bridge Cau Vang

Sebenarnya jembatan ini bagian dari Ba Na Hills Resort. Jembatan emas yang baru dibuka Juni 2018 ini adalah wisata baru yang banyak diminati oleh para wisatawan.

golden bridge
Source: Canva


Jembatan yang berada di ketinggian 1400 mdpl dan panjang 150 meter ini didesain dengan unik oleh desainer terkenal bernama Vu Viet Anh yaitu dengan penyangga tangan dewa yang sangat besar. Lokasinya berada di Ba Na Hills Sun World Resort yang ak jauh dari kota Da Nang, Vietnam.

8. Marble Mountains

Adalah salah ssatu ikonik wisata di kota Da Nang. Lokasinya sekitar 12 km atau 25 menit dari bandara Da Nang Vietnam. Untuk mencapai sekelompok gunung kapur dan tebing marmer ini, wisatawan wajib menaiki anak tangga yang lumayan akan membuat lelah. Namun setelah tiba di Marble Mountains semuanya terbayangkan dengan keindahannya.

marble mountains vietnam
Source: Canva


9. Hutan Xeo Quyt

Hutan yang memiliki luas sekitar 52 hektar ini adalah salah satu destinasi yang sangat rekomended untuk dikunjungi. Wisatawan akan menjelajahi hutan dengan menggunakan Kano. Untuk dapat mengelilingi hutan unik ini, wisatawatan cukup merogoh kocek 9 ribu rupiah saja. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan melihat banyak bunker-bunker peninggalan zaman dahulu dan juga ladang tambang yang dihiasi dengan pemandangan alam serta pohon-pohon rindang.

10. Sungai Mekong

Salah satu tempat wisata terkenal di Vietnam adalah Sungai mekong. Sungai populer di dunia ini, bisa kamu jelajahi ketika berkunjung ke Vietnam. Wisatawan dapat menyusuri sungai mekong dengan menggunakan perahu sambil melakukan transaksi jual beli dengan pedagang yang ada di atas sungai ini. Pasar terapung ini dikenal dengan nama Pasar Terapung Cai Rang. Sungai legendaris ini merupakan sungai terpanjang se-Asia Tenggara yaitu sekitar 4.350 km yang bermuara di Laut China Selatan.

mwkong floating market
Source: Canva


Itu dia rekomendasi tempat wisata alam yang dapat kamu kunjungi ketika ke negara Vietnam yang menurut saya tempat-tempat wisata ini unik dan cukup berbeda dari tempat wisata lainnya. Namun jika kamu membutuhkan rekomendasi untuk tempat wisata kota yang dapat dikunjungi bersama si kecil juga banyak. Saya waktu itu mengunjungi Vietnam sekaligus juga ke tempat wisata di Loas, tempat wisata di Kamboja, dan tempat wisata di Myanmar.

Kamu mempunyai pengalaman berkunjung ke tempat wisata Vietnam Ho Chi Minh, Hanoi, atau kota lainnya? Yuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.