NIPT TEST, BANTU DETEKSI KONDISI JANIN SEJAK DINI

Selama masa kehamilan menjaga kesehatan fisik dan mental sangatlah penting. Mulai dari menjaga pola makan yang sehat, asupan gizi yang mencukupi, istirahat yang cukup, sampai dengan menjaga emosi agar tetap stabil. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan si bayi.

test nipt


Selain itu, melakukan pengecekan kesehatan ibu dan janin juga hal yang wajib dilakukan. Agar kondisi ibu tetap terkontrol, dan perkembangan bayi juga dapat dimonitor dengan baik. Salah satu tes selama kehamilan yang saat ini banyak digunakan adalah tes NIPT.

Apa itu NIPT Test?

Non-Invasive Prenatal Testing (NIPT) atau tes prenatal non invasif adalah metode yang dilakukan untuk mengetahui adanya kemungkinan kelainan bawaan janin yang bersifat genetik. Test yang dikenal juga dengan nama istilah skrining prenatal non invasif ini selain dapat mendeteksi kelainan kromosom juga dapat mendeteksi jenis kelamin bayi sejak beberapa minggu dalam kandungan.

Test ini cukup hanya mengambil sejumlah kecil sampel darah ibu hamil. Karena selama kehamilan, di dalam aliran darah ibu mengandung materi genetik yang mengalir dari plasenta janin.

Tes NIPT ini dibagi menjadi dua kategori yaitu prenatal screening test dan juga prenatal diagnostic test. Metode non invasif ini dianggap akurat bahkan sejak trisemester pertama untuk mengetahui jika adanya kelainan genetik pada janin, misalnya seperti penyakit sel sabit, fibrosis kistik, sindrom down, dan lain sebagainya.

Manfaat melakukan NIPT Test untuk ibu dan janin

Banyak orang yang sudah memanfaatkan teknologi tes NIPT untuk mengetahui kondisi janin. Metode ini memang sangat bermanfaat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada janin. Sehingga banyak ibu hamil melakukan tes NIPT ini. Lalu apa saja manfaat dari tes NIPT ini?

1. Mengetahui lebih awal jika terjadi kelainan

Kelainan kromosom pada bayi tidak dapat dideteksi, jika tidak dilakukan tes NIPT, karena kelainan kromosom ini bisa terjadi tanpa ada gejala atau tanda tertentu. Sehingga metode NIPT ini dapat mendeteksi sejak dini. Lakukan juga pemeriksaan lain secara rutin selama kehamilan. Sehingga sebagai orangtua dapat mencegah risiko kelainan kromosom lebih awal.

Kelainan kromosom yang dapat dideteksi adalah kromosom 21 atau trisomi 21 atau down syndrome, trisomi 18 atau edwards syndrome, dan terakhir adalah trisomi 13 atau patau syndrome.

2. Mengetahui jenis kelamin janin secara akurat

Dengan melakukan tes NIPT, anda akan mengetahui jenis kelamin janin anda dengans angat akurat. Melalui NIPT, jenis kelamin bayi sudah dapat dideteksi mulai dari usia kandungan 10 mingguan. Wah, kalau sudah tahu jenis kelamin babynya, akan lebih mudah dalam merencanakan kelahirannya nanti.

3. Dapat mengetahui Rhesus (Rh) Positif Negatif bayi

Dengan melakukan tes NIPT, dokter kandungan dapat mengetahui Rh positif atau negatif pada janin kita. Dengan mengetahui jenis Rh ini, dokter dapat mengambil keputusan apakah anda memerlukan suntikan RhoGAM selama kehamilan atau sebaliknya.

4. Mengetahui kondisi kesehatan janin

Manfaat lain dengan melakukan tes NIPT ini adalah mengetahui kondisi kesehatan janin. Jikapun mengalami kelainan dapat diantisipasi dan diobati lebih awal. Dan jika bayinya sehat, tentu saja secara psikologis akan memberikan efek bahagia pada ibu hamil, sehingga efek bahagia ini akan membuat masa kehamilan berjalan dengan sangat baik.

Kapan NIPT Test dilakukan?

Test yang menjamin keakuratannya 97-99% ini dapat dilakukan semenjak masa kehamilan 10 minggu. Skrining prenatal non invasif ini  direkomendasikan untuk perempuan yang mengalami kehamilan di bawah usia 21 tahun dan perempuan dengan usia di atas 35 tahun.

Selain itu, tes ini juga direkomendasikan bagi perempuan yang:

  1. Memiliki riwayat kelainan kromosom di dalam keluarganya.
  2. Ditemukan kromosom abnormal yang dimiliki oleh orangtuanya baik pihak ayah atau ibu.
  3. Memiliki riwayat anak sebelumnya dengan kelainan kromosom bawaan.

Biaya melakukan NIPT Test?

Setelah mengetahui apa itu tes NIPT dan apa saja manfaatnya bagi ibu hamil dan janinnya, pastinya anda penasaran dan bertanya-tanya berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan test ini?.

Setiap tempat test akan memiliki paket harga yang berbeda-beda. Kisaran test ini berada di angka 5-10 juta rupiah. Dengan tes NIPT ini, anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai hasil test yang sangat bermanfaat untuk anda dan bayi anda.

Setelah mengetahui manfaat dari tes NIPT ini, menurut saya melakukan test ini sangat penting untuk kesehatan dan keselamatan janin. Namun, dalam melakukan tes NIPT ini jangan melakukannya disembarang tempat, harus dilakukan di tempat yang aman dan terpercaya, serta berpengalamn melakukan test ini.

Apakah mom sudah pernah melakukan tes NIPT ini? Jika ya, boleh banget share pengalamannya di kolom komentar ya mom.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.