WAT PHO SLEEPING BUDDHA THAILAND, PATUNG BUDHA TERBESAR DI DUNIA

Negara yang berbatasan langsung dengan Laos dan Kamboja di bagian timur, Myanmar di sebelah barat, serta Malaysia dan Teluk Siam di bagian selatan ini menawarkan pesona wisata yang tak kalah dengan negara Asia Tenggara lainnya. Banyak sekali wisata Thailand yang dapat kita kunjungi, seperti wisata alam, wisata kota, wisata budaya, wisata kuliner, maupun wisata sejarah.

sleeping budha wat pho thailand


Salah satunya, Thailand terkenal dengan wisata Vihara dan Patung Buddha-nya. Dan Sleeping Buddha Wat Pho adalah salah satu destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi saat ke Thailand. Lokasinya berada di sekitar Grand Palace, yaitu istana untuk raja Thailand.

Mengenal Sejarah Wat Pho 

Memiliki nama resmi Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan atau lebih dikenal dengan nama Wat Pho yang merupakan singkatan dari Wat Phodaram, adalah vihara Buddha tertua dan terbesar di Thailand. Vihara di Thailand ini didirikan pada tahun 1782 dan dahulu dikenal dengan nama Wat Potaram. 

Banyak wisatawan mengunjungi tempat ini karena kemegahannya serta didalamnya terdapat patung raksasa berlapis emas murni alias asli dengan posisi berbaring.  Posisi ini melambangkan transisi ke kehidupan akhirat, dan merupakan pencapaian tertinggi dari keyakinan semua umat Buddha.

Sleeping Buddha Wat Pho: Patung Buddha Terbesar di Dunia

Bangunan yang sudah mengalami pergantian nama berkali-kali karena mengikuti nama raja Thailand yang menjabat ini, memiliki panjang mencapai 46 meter dengan tinggi sekitar 15 meter. Sementara telapak kaki patung Buddha Thailand ini memiliki tinggi 3 m dan panjang 4.5 m ini dilapisi dengan besi kokoh yang mengkilat. 

Menurut masyarakat Thailand, siapapun yang berkunjung ke vihara ini maka akan mendapatkan keberuntungan, kedamaian, serta kebahagiaan dalam hidupnya. Vihara ini didesain dengan sangat megah, karena selain dibuka untuk wisatawan mancanegara, vihara ini juga digunakan sebagai tempat ibadah untuk keluarga kerajaan.

Namun patung Buddha berbaring ini berada di ruangan khusus yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Terdapat petugas yang berjaga sebelum pintu masuk ke ruangan ini. Jadi kamu akan mengantri untuk dapat melihat reclining Buddha Wat Pho raksasa ini. Antrilah dan waktu itu saya diperbolehkan petugas untuk berfoto di Temple of Reclining Buddha ini.

Selain patung buddha raksasa, di sekitar vihara ini juga terdapat 108 patung Buddha lainnya dengan posisi duduk dan tersusun rapi yang menandakan simbol keberuntungan seperti bunga, penari, gajah putih, harimau, dan juga perlengkapan altar.

Semua patung Buddha ini memiliki lingkaran dikakinya yang manandakan sebagai chakra atau pusat energi. Di Kuil Buddha Berbaring ini, kamu akan menemukan 108 mangkuk perunggu sebagai karakter mulia dari sang Buddha.

Percaya atau tidak, menurut kepercayaan masyarakat Bangkok, jika kamu melemparkan koin ke dalam mangkuk ini dan koin kamu memenuhi mangkuk ini, akan membuat hidup kamu penuh dengan keberuntungan. Di dekat pintu masuk kuil ini, ada petugas yang menyediakan penukaran koin ini. Saya dan teman saya waktu itu mencobanya. Penasaran untuk mencobanya?

Alamat Sleeping Buddha Wat Pho

Patung terkenal di Thailand ini beralamat di: 2 Sanamchai Road, Grand Palace Subdistrict, Pranakorn District, Bangkok 10200, Thailand

Jam Operasional

Vihara terbesar di Thailand ini membuka jam operasionalnya bagi para wisatawan pada pukul 08.00 - 17.00 waktu setempat setiap hari.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Wat Pho waktu saya ke sana sekitar 100 Bath, jika dirupiahkan sekarang sekitar atau sekitar Rp. 40ribuan.

Tips masuk Sleeping Buddha Wat Pho

  1. Pastikan kamu membaca peraturan sebelum masuk ke kuil suci ini.
  2. Tukarkan uang koin yang banyak di pintu masuk jika ingin mencoba memasukan koin ke dalam kotak di Sleeping Buddha Thailand ini.
  3. Berkunjunglah pagi hari agar tidak terlalu banyak mengantri.
  4. Bersikap sopan, ingat kuil ini adalah tempat ibadah suci bagi agama Buddha, seperti berbicaralah dengan pelan.
  5. Bertanya terlebih dahulu kepada para petugas, sebelum kamu mengambil photo. Apalagi di negara orang, jika kamu melanggar hukum, bisa fatal akibatnya.
  6. Jangan menyentuh sembarangan patung Buddha atau lainnya yang terdapat di area patung suci ini
  7. Jangan makan dan minum ketika di dalam area patung Buddha ini.

Itu dia pengalaman saya menjelajah negeri Gajah Putih. Sayangnya banyak foto saya yang hilang, sehingga tidak banyak dokumentasi yang tersimpan. Kamu pernah mengunjungi patung Buddha di Thailand terbesar dan mengagumkan ini, atau baru saja mengunjungi kuil suci bagi orang Bangkok ini, yuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.