MAU BELI IKAN? CEK DULU CIRI-CIRI IKAN SEGAR BERIKUT!

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya pun juga enak dan gurih. Wajar jika banyak yang akhirnya beli ikan dan mengolahnya menjadi menu harian.

cir-ciri ikan segar
Source: Canva
Recreated by Writter


Namun saat membeli ikan pastikan kamu mendapatkan yang masih segar. Selain itu kamu juga harus memastikan kualitas ikan tersebut. Untuk itulah sebelum membeli kamu harus mengetahui ciri-ciri ikan segar supaya mendapatkan yang terbaik.

Ciri-ciri ikan segar

1. Mata Ikan Jernih dan Cerah

Salah satu ciri ikan segar yang paling mudah dikenali adalah bagian matanya. Untuk itulah sebelum beli ikan coba perhatikan bagian matanya. Mata ikan segar biasanya mempunyai tampilan yang jernih dan cerah serta lebih menonjol. Sebaliknya bila ikan tidak segar maka bagian matanya cenderung terlihat keruh, berwarna merah dan cekung ke bagian dalam.

2. Daging Ikan Elastis

Ikan yang segar dengan kualitas baik umumnya mempunyai daging yang kenyal dan elastis. Untuk mengetahuinya kamu bisa menekan bagian tubuh ikan ke dalam. Jika daging ikan tersebut kembali ke bentuk semula artinya ikan masih segar. Sebaliknya jika cenderung lembek dan lunak maka ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

3. Insang Berwarna Merah

Ciri ikan segar selanjutnya bisa dilihat pada bagian insangnya. Jadi sebelum memilih perhatikan insang ikan. Apabila warnanya merah dan mempunyai tekstur basah artinya ikan masih segar dan kamu bisa membelinya.

Semakin merah bagian insangnya artinya ikan memang masih segar. Sebaliknya bila insang berwarna keabuan atau kecoklatan maka tandanya kualitasnya sudah menurun. Bahkan bisa jadi ikan tersebut sudah tidak layak lagi dikonsumsi. 

4. Tidak Memiliki Bau Aneh

Ikan yang masih segar umumnya tidak akan mengeluarkan bau yang aneh dan menyengat atau amis. Jadi ikan yang masih segar hanya mengeluarkan bau ringan khas ikan saja. Adapun bau khas ikan ini tidak akan mengganggu penciuman kamu.

5. Sisik Menempel

Ciri ikan segar lainnya adalah bisa terlihat dari bagian sisiknya yang masih menempel dengan kuat di bagian kulitnya. Berbeda sekali dengan ikan yang sudah tidak segar lagi biasanya sisik akan mudah lepas. Bahkan beberapa akan terlepas dengan sendirinya. Nah apabila kamu menemukan ikan seperti ini sebaiknya jangan beli ikan tersebut.

6. Mempunyai Lendir Bening

Kamu bisa mengetahui bila ikan masih segar dengan melihat lendirnya. Apabila tubuh ikan masih mempunyai lendir yang berwarna bening artinya ikan masih segar dan layak konsumsi. Berbeda lagi jika lendir pada ikan kusam  maka sebaiknya cari ikan lainnya saja untuk dibeli.

7. Tenggelamkan Ikan di Air

Tidak semuanya memang bisa dilihat dari tampilan fisik saja. Untuk itulah kamu bisa memastikan apakah ikan masih segar atau tidak dengan cara memasukkan ikan pada ember yang berisi air penuh. Jika ikan tenggelam artinya masih segar dan sebaliknya bisa mengapung berarti ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Selain memperhatikan ciri-ciri di atas kamu juga bisa beli ikan di tempat yang terpercaya. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan ikan dengan kualitas yang terbaik. Adapun salah satu tempat terbaik untuk beli ikan yang masih segar adalah Sayurbox.

Sayurbox merupakan aplikasi belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan sayur dan bahan makanan lainnya termasuk ikan. Adapun ikan yang di jual di aplikasi ini juga masih segar dan terjamin kualitasnya. Selain itu harganya juga terjangkau. Proses pengiriman juga sangat cepat dan tentunya aman.

Tak hanya itu saja kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik saat beli ikan maupun bahan lainnya. Lebih dari itu kamu juga akan mendapatkan berbagai keuntungan yang pastinya menarik dan sayang untuk dilewatkan. Tunggu apalagi segera belanja berbagai kebutuhanmu di website resminya atau download aplikasinya melalui link yangada di bawah ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US. Selamat berbelanja di Sayurbox.

9 Comment

  1. Belanja ikan segar semakin menyenangkan dengan sayur box ya apalagi dapat membuat menu kesukaan keluarga

    ReplyDelete
  2. Belanja sayur dan kebutuhan lainnya bisa banget pakai Sayurbox. Sangat terbantu apalagi buat beli ikan jadi nggak was-was lagi...Dijamin segar :)

    ReplyDelete
  3. Makin ke sini makin praktis buat belanja sayur dan kebutuhan makanan seperti ikan ya, Mbak. Noted nih, daripada bingung memilih kualitas ikan, langsung order lewat Sayurbox aja yg terjamin kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa kali beli ikan di pasar, selalu saja saya dapatnya ikan yang tidak segar. Udah beli mahal-mahal, ujung-ujungnya dikasi buat kucing aja karena ternyata kurang bagus saat disajikan meski sudah diolah bermacam-macam. Jadi pengin coba beli melalui aplikasi Sayurbox, biar dapat yang segar-segar.

      Delete
  4. Jujur, tadinya saya pikir Sayurbox cuma untuk beli sayuran aja. Ternyata lengkap juga ya, Mbak, sampai ikan segar segala juga ada.

    ReplyDelete
  5. lengkap banget nih Mbak, tips cara memilih ikan segarnya.
    selama ini saya tuh berpatokannya pada mata ikan yang masih segar/tidak merah, insang yang tidak merah, dan bau ikan yang tidak aneh, ternyata bisa dilihat dari lendirnya juga ya, noted nih.
    Sayurbox bisa menyediakan segala kebutuhan ya, keren banget ini mah, semoga secepatnya bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia ya :)

    ReplyDelete
  6. Sayurbox lengkap banget nih. Mulai dari sayur dan lauk pauk seperti daging dan ikan semua tersedia. Belabja lebih menyenangkan dengan sayurbox

    ReplyDelete
  7. Dari dulu tuh enggak bisa beli ikan, jadi jarang banget beli ikan terutama yang masih mentah begini. Karena takut ikannya enggak segar dan malah bikin alergi. Tapi kalau ada sayurbox, bisa nih mulai rutin beli ikan buat masak di rumah,

    ReplyDelete
  8. Ikan salah satu bahan makanan bergizi tinggi, makanya harus bener2 diperhatikan kesegarannya ya kan. Setuju banget Mbak, belanja di Sayurbox memang selalu fresh dan praktis.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.