Looking for My Article

30 July 2020

25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (Part 1)

Transportasi udara saat ini menjadi alternatif untuk melakukan traveling, selain lebih cepat, harganya juga sudah tidak semahal dulu, karena sudah mulai banyak maskapai yang beroperasi. Persaingan yang terjadi antar maskapai, justru malah sangat menguntungkan bagi travelers. Begitu pula kehadiran aplikasi online pembelian tiket, yang semakin banyak membuat persaingan harga semakin ketat, membuat harga tiket pesawat murah bertebaran dan terjangkau oleh semua kalangan dan dapat disesuaikan dengan budget yang kita punya. Nah, artikel kali ini, saya mau sharing 25 tips mendapatkan tiket pesawat murah.


Awal-awal traveling, saya menjadi salah satu hunter tiket pesawat murah juga loh. Dapet? Dapet dong, sering malah. Pernah loh dapat tiket pesawat ke Makassar murah banget hanya Rp. 5.000-,. Pernah juga ke Bangka Belitung hanya Rp. 50.000-,. Ke Padang hanya 99.000-,. Juga tiket murah ke tempat-tempat lainnya. Penasaran kan bagaimana caranya, kok bisa?. Ok, ini dia 25 tips mendapatkan tiket pesawat murah yang sudah saya lakuin, teman-teman juga bisa lakuin ini loh, biar menekan budget, kan lumayan dokunya bisa dipakai buat yang lain. Yuk, let’s check it out.

1. Manfaatkan Sistem Keanggotaan Maskapai

Jadilah anggota maskapai penerbangan. Saya anggota hampir semua maskapai Indonesia dan beberapa negara luar. Caranya gampang daftar melalui situs mereka. Ada juga yang kartu keanggotaan dikirim ke rumah. Keuntungannya? Kita akan mengetahui lebih dahulu biasanya jika ada promo, dengan menginformasikan melalui email, baik yang khusus member ataupun umum. Biasanya juga ada promo prioritas khusus untuk member. Misalnya Air Asia, mereka punya promo khusus untuk member di jam tertentu dan waktu tertentu. Jangan lupa juga, follow sosmed-nya, karena sekarang maskapai akan lebih banyak update di sosmed mereka seperti di Twitter atau IG, atau Facebook.

Source pict from Canva, edited by writer

2. Program Frequent Flyer (Miles)

Manfaatkan keanggotaan kita dengan mengklaim poin jika setelah melakukan penerbangan. Kumpulkan poinnya dan kalau sudah di angka tertentu, kita bisa tukar deh pointnya dengan tiket pesawat atau bahkan upgrade ke kelas tertentu. Selain dapat ditukar dengan point, menjadi member frequent flyer di grade tertentu, juga mendapatkan prioritas untuk naik pesawat lebih dahulu dan melalui jalur khusus, kita juga ga perlu antri saat mau boarding, bisa masuk ke lounge yang mereka punya, mendapat diskon di merchant tertentu, dan lainnya. Salah satu yang saya punya adalah GFF-nya milik Garuda Indonesia. Jika sudah kelas Silver (minimal 10 kali penerbangan atau tersier tertentu) bisa masuk lounge-nya Garuda, update tiket ke kelas lebih tinggi, bisa merubah tiket yang lebih fleksibel, mendapat jalur prioritas saat check in dan boarding. Lumayankan.

3. Gunakan pesawat Low Cost Carrier (LCC)

Menggunakan pesawat jenis LCC menjadi salah satu alternatif untuk menghemat biaya traveling. Indonesia sendiri punya Citilink yang tahun 2019 berada di urutan ke-20 LCC dengan Awak Kabin Terbaik di dunia versi Skytrax. Ada juga Air Asia milik Malaysia yang menjadi LCC terbaik di dunia tahun 2019, ada Jetstar dan Scoot (dulu Tiger Airways) milik Singapore, Malindo milik Indonesia dan Malaysia, Lion Air milik Indonesia, IndiGo milik India, Peach LCC milik Jepang, atau Air Canada Rouge milik Perancis, dan lainnya. Silakan sebelum mengunjungi negara tujuan, pastikan dahulu mereka mempunyai maskapai LCC atau tidak, jika ya, gunakanlah, biasanya harganya akan jauh lebih murah. Tapi ingat ya, biasanya maskapai kelas LCC ini tidak menyediakan bagasi, jadi hanya kabin saja maksimal 7 kg.



4. Gabung dengan komunitas/group hunter tiket murah

Saya bergabung dengan group WA dan Facebook. Atau bisa juga subscribe komunitas tertentu, biasanya mereka akan selalu mendapatkan informasi lebih awal dan mereka akan share di group gitu, dulu saya juga banyak mendapatkan tiket murah dari group atau komunitas hunter tiket murah gini. Nah seru kan? Tapi tahan diri ya, godaannya banyak. Ke Rusia dapat tiket pp hanya 4 juta, ke prancis hanya 6 juta pp, bikin panas hatilah heheheh, sayang kalau ga belikan, apalagi banyak yang beli, duuuuh kuat-kuatan deh hehehe

5. Gabung komunitas traveler

Nah ini hampir sama dengan nomor 3, bergabung dengan komunitas traveler kita akan banyak terupdate harga tiket-tiket murah loh, saya mengalami sendiri ke Bangka Belitung hanya dengan Rp. 50.000-,. Ke Makassar hanya Rp. 5.000-, dan harga tiket-tiket lainnya. Dari merekalah saya dapat info-info ini. Sekarang yang saya lihat masih pada aktif itu di FB, banyak komunitas ini.

6. Ikut expo tiket pesawat murah

25 tips mendapatkan tiket pesawat murah lainnya adalah, biasanya beberapa bank yang bekerjasama dengan airline akan mengadakan expo setiap tahunnya atau bahkan ada yang sampai beberapa kali dalam setahun mengadakan pameran promo tiket murah ke destinasi atau negara tertentu. Meskipun harus berkorban dengan datang dari malam dan mengantri panjang, tapi dapat tiket hanya 3-4 juta pp ke Jepang dengan pesawat sekelas Japan Airline atau Garuda, relakan?

7. Manfaatkan saat low season

Saya biasanya pergi ke beberapa tempat saat low season, selain destinasi wisata tidak ramai, bandara juga ga terlalu ramai, yang paling penting harga tiket biasanya lebih murah. Misalnya berkunjung ke negara lain pada musim winter, otomatis harga-harga biasanya lebih murah. Hindari berlibur saat long weekend, hari raya besar agama, tahun baru, event besar nasional ataupun dunia, saat liburan sekolah. Harganya pasti ampun-ampunan.

Source pict from Canva, edited by writer



8. Membeli tiket pesawat jauh-jauh hari

Nah ini salah satu cara saya dulu kalau mau dapat tiket murah, belinya jauh-jauh hari pake banget, bahkan ada yang setahun sebelumnya, temanku ada loh yang sampai 2 tahun sebelumnya, anggap aja nabung tiket. Jangan mikirin dulu nanti bisa pergi apa enggak guys, urusan Tuhan itu mah, kita ga ada yang tahu apa yang akan terjadi, planning aja dulu.

9. Beli tiket saat promo

Tips lain dari 25 tips mendapatkan tiket pesawat murah adalah membeli tiket saat promo jelas banget harganya akan lebih murah dibandingkan saat tidak ada promo, jangan lupa jadi member dan subscribe semua maskapai dan aplikasi online penjualan tiket. Lumayankan, saya pernah dapat harga tiket setengahnya loh dari harga normal, bahkan ke Australia dapat 1.2 juta pp loh.
Source pict from Canva, edited by writer


10. Beli tiket pesawat di jam tertentu

Banyak yang orang ga tahu, kalau membeli tiket di jam tertentu juga bisa menghemat biaya traveling loh. Jangan membeli tiket di office hour atau malam hari dimana orang sebelum beristirahat pasti akan buka-buka hp. Saya pernah baca artikel (tapi saya lupa sumbernya) karena jam busy gitu justru malah harga tiket naik. Pengalaman saya memang betul, ketika saya mengecheck harga tiket di office hour dan malam hari justru malah harganya tinggi dan ketika saya cek pagi hari antara pukul 5 – 8 pagi gitu harganya turun dong. Atau di sekitar pukul 14 – 16 itu harganya kembali turun. So, try it my tip ya guys.

Source pict from Canva, edited by writer

11. Bandingkan harga tiket sebelum membeli

Sebelum membeli tiket di satu maskapai atau di satu aplikasi, silakan cek harga di maskapai atau aplikasi lain, bisa jadi harganya lebih murah, yang saya lakukan seperti ini, nanti tinggal pilih deh mana yang harganya lebih murah, tapi pertimbangkan juga soal keamanan kita atau jam keberangkatan ya teman-teman, bisa jadi malah kalau diakumulasi harga tiketnya lebih murah.
Source pict from Canva, edited by writer

Misalnya, saya pernah dapat tiket murah tapi jam 4 pagi, dan saya harus menggunakan taksi. Sementara ada di jam lain lebih mahal sedikit, tapi saya bisa menggunakan damri. Harganya bisa aja sama atau bahkan lebih murah jika ditambah ongkos dari rumah. Jadi jangan cuman lihat harga tiketnya ya. Nah, kalau untuk internasional biasanya saya akan cek di Skyscanner, aplikasi ini akan membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai, jadi dalam satu layar kita bisa lihat perbandingan harga tiket dari berbagai maskapai ke satu tujuan.

12. Gunakan promo bank

Nah tips lain dari 25 tips mendapatkan tiket pesawat murah terkait dengan promo bank. Beberapa bank sudah bekerjasama dengan beberapa maskapai penerbangan, dan mereka memberikan promo khusus bagi nasabah bank tersebut, so, jangan lupa sebelum melakukan pembayaran cek terlebih dahulu apakah ada promo bank yang kita miliki.
Source pict from Canva, edited by writer


Disclaimer:

Artikel tentang 25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah semuanya based on pengalaman pribadi ya, jadi bisa saja berbeda dengan pengalaman orang lain. Untuk membuktikannya bisa cobain tipsnya ya.

Nah, buat teman yang punya pengalaman lain bagaimana cara mendapatkan tiket murah lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Hope will be useful for youand happy traveling.

59 comments :

  1. Yes! Bener banget ini tipsnya! Aku biasanya juga tuker point member, ambil flight paling malam, manfaatin promo bank atau market place. Musti rajin2 cari info ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba ambil flight paling malam juga biasanya murah banget

      Delete
  2. Skyscanner slalu jadi andalanku juga :). Waktu itu nyesel bangetttt, aku beli tiket promo dr traveloka ke Hongkong dapet 3 JT PP, tp naiknya aur Asia dan Tiger.

    Trus tau2 suami pengen ikut. Krn promo udah lewat, aku cari dr skyscanner, daaaan dpt 2.5 JT PP naik SQ hahahahah. Mau nangiiiiisss. Ya ga mungkin aku cancel tiketku. Rugi yg ada :D. Kalo mau sabar dikiit aja, bisa deh bareng naik SQ :D

    Dulu aku slalu cari tiket setahun sebelumnya mba.tp gara2 pandemi nth kenapa aku jd takut. Kayaknya jd ga terlalu pengen cari tiket terlalu jauh2 hari. Amit2 kalo ada pandemi lagi :D. Refundnya malesiin bangett lama dan rempong :( .

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu suka ikut2an promo sebelum tahun 2013lah kayaknya, setelah itu banyak on the spotnya, h-1 baru beli, atau paling cepat seminggu 2 minggu lah. nyesek banget itu 2,5 dapat SQ seandainya bisa ditukar ya suami yang naik Air Asia dan Tiger, mba yang pakai SQ-nya heheheh

      Delete
  3. Tipsnya bermanfaat banget nih.
    Terbang Jkt-Mks hanya 5ribu? Wow banget tuh...
    Nanti cari tiket murah lagi donk ke Makassar, biar kita bisa ketemuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp mba Erry, makan pisang epe ya heheh

      Delete
  4. Tips nya mantul semua. Beberapa pernah Saya coba. Pas ke India dapat ticket 1,4 juta PP gara2 tau dari komunitas ticket murah. Yg penasaran itu beli ticket pas pagi atau jam 2 pm. Patut dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu itu fapat 700an kak pp, tapi ga kepakai

      Delete
  5. Nah dari 25 tips super kece di atas, adalah nomor 7,8 9, dan 12 paling sering aku jabani, hihihi.
    Namanya juga traveler budget, hihihi.

    Pernah dapat tiket paling murah dari Balikpapan ke Medan Rp 750.000.
    Biasanya 1,5 jeti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy banget ya pokoknya kak dapat tiket murah gitu

      Delete
  6. Aku pernah denger sendiri dari temen-temen suami yang mahasiswa perantauan. Mereka beneran jadi ticket hunter.
    Dan keren banget, nyatanya..penerbangan ke Singapore lebih murah daripada ke dalam negeri.
    Jadi temen-temen dari Bandung mau pulkam ke Sumut, pake jalur BDG-SIN lalu SIN-KNO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temanku pulang medan selalu mutar jog malay medan hehe

      Delete
    2. Ah...ternyata beneran yaa..tips paling jitu untuk dapat harga tiket murah niih gini..
      Kalau gabung di komunitas gitu, pasti seru yaa...
      Saling berbagi info dan cerita pengalaman.

      Delete
  7. Pengen join juga ke komunitas yang hobi bepergian gitu pasti sering dapet info tiket murah ya kak
    beberapa kali di grup blogger juga sering pada woro-woro ada tiket murah. Tapi pas kebetulan kantongku kering jadilah ketinggalan ngetrip ke Malay waktu itu.

    ReplyDelete
  8. Paling enak memang pergi di saat low season. Selain harga tiket lebih murah, di tempat wisata juga gak terlalu ramai. Tetapi, karena saya seringnya pergi dengan keluarga, mengatur jalan-jalan di saat low season suka agak ribet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak aku juga sukanya pas sepi gitu murah dan ga ramai

      Delete
  9. waaah asik banget niiiih tips tipsnyaaa, happy banget pastinya kalo pas dapet tiket pesawat murah yaa, duh jadi pengen travelling deh aku hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ka deem seru banget deh kalau dapat tiket murah

      Delete
  10. boleh nih di praktekan ilmunya hahahaa soalnya belum pernah kebagian tiket pesawat murah nih :(

    ReplyDelete
  11. Tipsnya bermanfaat banget ini, gabung komunitas sepertinya boleh banget nih nyari dari skrg persiapan after this season berakhir

    ReplyDelete
  12. jadi inget aku pernah dapat tiket murah ke singapore, cuma 200ribuan pas tahun 2014. eeh gajadi berangkat karena mau nikah wkwk ada aja agenda penghalang traveling hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp nanti tunggu lagi setelah aman tiket keluar lebih cenderung murah

      Delete
  13. emang mesti telaten nungguin promo yang biasanya datang tak ditunggu tiba-tiba ada ya buat dapetin tiket murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Andiyani harus rajin ngecek juga

      Delete
  14. beberapa kali ikut fair tapi gak pernah kebagian. Caraku mendapat tiket pesawat murah sih dengan memilih tanggal yang paling gak populer di high season, jadi misalkan orang biasa berangkat pas 1 hari sebelum lebaran, aku pulang di hari-H lebaran. Asli tiket lebih murah dan pesawat sepi sih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini juga salah satu tipsnya tuh mba, cuman saya belum pernah ngalamin

      Delete
  15. aku biasanya tahu tiket murah pas gabung di grup komunitas backpacker gitu oh rindu naek pesawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. soon kak naik pesawat lagi ya, tar kalau udah aman

      Delete
  16. Aku banget deh ini suka hunting cari tiket murah, biasanya aku pun suka mengandalkan dari point-point maskapai yang biasa aku gunakan. Selain itu juga dari promo yang diberikan oleh kartu kredit, atau cari OTA yang suka ngasih harga miring.

    ReplyDelete
  17. Wagelaseh tipsnya bermanfaat banget. Kalo aku dulu paling beli pas lagi promo. Perginta taun berikutnya 🤣

    ReplyDelete
  18. Wah tips yang bermanfaat banget Mbak aku juga selama ini kalau mau naik pesawat belinya jauh-jauh hari, By the way ikutan komunitas traveler itu menyenangkan juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba jadi banyak ilmu yang didapat juga termasuk cara dapat tiket murah

      Delete
  19. Aku suka pakai info dari group traveling hehe atau mengandalkan milis maskapai, jadi pas ada diskon, kita langsung tau karena dikirim infonya di email

    ReplyDelete
  20. Kumpulin duit dulu ya mulai sekarang eheheheh, pandemi berlalu siap-siap bepergian lagi ya Kak
    Kalau udah tahu caranya begini tiket pesawat murah jadi memudahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba, semoga dapat ya tiket-tiket murahnya

      Delete
  21. Tipsnya bermanfaat mbak semoga pandemi segera berakhir biar bebas jalan jalan lagi, aku pengen jalan jalan dalam negeri dulu nanti tak praktekin tipsnya mbak

    ReplyDelete
  22. Wow mantap banget ya tiket pesawat cuma 5000? Aku baru 2x naik pesawat dan gratis semua. Kapan2 kalo mau traveling pakai duit sendiri, harus ikutin cara ini nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah alhamdulillah mba malah dapat gratis, heheh dulu saya gratis pas kerja

      Delete
  23. aku tuh pernah dapet harga tiket murah dari AA zaman dulu banget. ke KL cuma 900rb berdua PP. walau kehitungnya masih mahal karena ada yang bisa ke KL cuma 200rban PP saat itu. hihi seru nih berburu tiket murah

    ReplyDelete
  24. Berhubung aku jarang banget travelling, untuk dapetin tiket pesawat murah aku mengandalkan tips nomor 3, 7, dan 8. Terakhir pergi naik pesawat kami sekeluarga ke Belitung dan dapat tiket murah banget karena pergi pas low season.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pas low season memang biasanya murah banget mba Ati

      Delete
  25. Wihhhiii boleh banget nih... Auto nyari tiket pesawat murah buat entar jalan-jalan pas corona udah mereda.

    Salam hangat dari kami Ibadah Mimpi

    ReplyDelete
  26. ngomongin tiket murah aku sering juga dapet, kalau kayak gini biasanya suka kalap, rasanya pengen kesini kesitu, tapi waktunya yang ga ada, nasib karyawan kantoran, ngatur cuti juga ada triknya
    tiket juga pernah aku beli setahun sebelum keberangkatan, urusan berangkat nggaknya dipikir belakangan, sambil nabung juga selama itu
    dan skyscanner memang membantu, jadi sebelum putusin mau beli via website langsung atau melalui agent, meskipun harga juga ga selisih jauh, tapi kadang itu dipertimbangkan juga meskipun cuman sekian rupiah

    ReplyDelete
  27. Memang ya harus jeli membandingkan harga tiket pesawat biar dapat harga murah. Ehehehe
    Eh ya pernah dpt diskon mayan juga karena promo bank tertentu mbak, jd pengen cari tiket pesawat murah deh, buat tahun depan, wkwk. Tp takutnya masih pandemi gini ya :(

    ReplyDelete
  28. Wah info menarik ini.

    Kebetulan sekarang bermukim di luar Jawa, biasanya tiket muahal dari Papua ke Jawa apalagi klo dekat lebaran atau natal bikin kantong bolong wkwk.

    Kayaknya cocok ini di terapkan tuk menghemat pengeluaran, dari tips di atas saya biasanya membeli tiket jauh-jauh hari atau cari promo, tapi jeleknya promo nggak bisa di cancel kalau terpaksa cancel ya hangus tiketnya.

    ReplyDelete
  29. saya juga punya GFF Kak, tapi milesnya sering hangus karena gak direedem, angkanya gak seberapa sih karena terbangnya juga jaraang pake banget.
    dulu waktu masih sendiri, suka banget hunting tiket murah, naah pernah tuh sekali beli tiketnya jauh-jauh hari, eeeee si maskapai B itu pailit dan gagal terbang deh, hikkksss, ampun deh. Pas kena apesnya sih saya ini, huhuhuh.

    ReplyDelete
  30. Bisa murah banget gitu ya. Keluar negeri di bawah 10 jutaan. Aku baru tau soalnya nggak begitu suka traveling. Tapi boleh nih di coba siapa tahu aja mendadak butuh traveling.

    ReplyDelete
  31. Wah berguna banget nih tipsnya mbak. Kalau lagi gak pandemi dan cari tiket pesawat bisa jadi referensi nih mba

    ReplyDelete
  32. Wah seru juga ya kalau dapat tiket murah, baru tau kalau ada komunitas Hunter tiket pesawat. Mereka pastinya gercep tiap ada diskon pesawat gitu ya mba

    ReplyDelete
  33. Inget tiket inget mudiiik....sayangnya batal karena pandemi. Banyak banget tips-nya dan berguna banget buat saya yang jarang traveling dan nggak banyak ngerti soal beginian, Mbak. Thanks sudah sharing. Berharap banget pandemi segera berlalu biar leluasa pergi-pergi. Karena rencana udah banyak, kendala pandemi :(

    ReplyDelete
  34. Keren kak join group bisa dapat info trip yang murah dan terjangkau. eh, tiket maksudnya. Semoga pandemi segera berlalu, di kabupatenku sendiri. Pesawat sudah lama off.

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top