Looking for My Article

01 August 2020

25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (Part 2)

Untuk 25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah berikutnya, silahkan cek di bawah, siapa tahu tipsnya ada yang cocok, selamat membaca. 

13. Membeli tiket penerbangan transit

Pengalaman saya membeli tiket ke suatu negara atau domestik, ternyata membeli tiket transit-transit lebih murah loh. Mungkin sedikit ribet ya karena kita harus turun naik pesawat, belum lagi kalau jamnya berdekatan, bakal keburu-buru banget, ditambah lagi kalau bawa barang-barang, tapi ya itulah pengorbanan untuk dapat tiket murah, it’s your choice.

Source picture from Canva, edited by writer


14. Friend Price

Beberapa teman saya sering share harga tiket disosmednya dengan harga yang lebih murah. Ternyata mereka biasa beli bundling atau paketan gitu jadi dikasih harga murah deh dari maskapai. Tapi pastikan dulu ya, kalau beli seperti ini, orangnya bisa dipercaya dan reviewnya orang tersebut. Apalagi jika kamu mengetahuinya dari sosmed.

15. Menggunakan agen perjalanan

Ada beberapa travel agent yang sudah kerjasama dengan beberapa maskapai, bisa jadi mereka malah memberikan harga yang lebih murah. Saya pernah mengalami harga di travel agent malah lebih murah dibandingkan saya membeli di situs maskapai dan aplikasi online.

16. Tiket weekdays atau paling malam lebih murah

Berdasarkan pengalaman saya, harga tiket weekdays jauh lebih murah dibandingkan di weekend. Ini berbanding lurus dengan prinsip ekonomi, semakin tinggi demand maka semakin tinggi harga yang diberikan. Biasanya orang orang melakukan traveling saat weekend,  otomatis ya harga tiket melambung tinggi. Berangkat Kamis malam, pulang Senin malam atau Selasa pagi menjadi pilihan saya waktu dulu sering traveling biar dapat tiket murah.
Pilihan penerbangan paling malam juga menawarkan harga tiket yang lebih murah dari harga pagi, siang atau sore, tapi ingat, tetap pertimbangkan keselamatan ya, karena cuaca malam lebih ekstrim dibanding siang hari.

17. Membayar dengan mata uang negara tujuan

Pernah mencari tiket ke sebuah negara, situsnya otomatis menggunakan mata uang negara tujuan, saat dikonversi ke IDR ternyata harganya lebih murah dibanding dari awal pilih IDR untuk pembayaran. Ternyata saya baca-baca secara coding (nah kalau ini belum bisa saya buktikan karena saya kan ga bisa baca coding aplikasi mereka hehehe), kita akan terbaca sebagai warga negara tersebut, sehingga harganya lebih murah. Sekali lagi ini pengalaman saya ya, it works or not in your website, prove it.
Source picture from Canva, edited by writer

Kedua, jika kamu akan pindah dari satu kota ke kota lain di negara tertentu, belilah tiket pesawat pada saat sudah sampai di negara tujuan. Saya pernah membeli tiket waktu di Malaysia, dari Malaysia menuju Kinabalu, saya cek harganya lebih murah dibanding dengan saya membeli waktu di Indonesia. Ternyata saya baca-baca review orang lain juga mengalami hal yang sama.

18. Bawalah barang seperlunya

25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah selanjutnya adalah, satu kenapa biaya tiket pesawat mahal, karena ada tambahan bagasi, nah kalau kita bawa barang yang dibawah 7 kilo kita bisa bawa ke kabin, artinya tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan kan untuk membeli bagasi, kita bisa membeli tiket pesawat dengan kelas LCC.


19. Gunakan kartu kredit

Saya termasuk orang yang kalau beli tiket pesawat menggunakan kartu kredit, kenapa? karena biasanya mereka ada promo khusus untuk pengguna kartu kredit tertentu. Kartu plat hitam alias platinum yang saya miliki dari salah satu bank, lumayan memberikan diskon atau promo bisa sampai 8-15% loh. Selain itu biasanya mereka ada program cicilan, jika mau. Tapi kalau bisa, langsung bayar ya hehehehe.

Source picture from Canva, edited by writer

20. Gunakan bandara alternatif

Ini saya pernah lakukan juga, memilih alternatif bandara yang berdekatan dengan kota atau negara tujuan. Sewaktu saya kuliah di Jogja, saya sering pulang pergi dengan pesawat. Saya cek harga tiket ke Adisucipto International Yogyakarta lebih mahal, ketimbang saya ke Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, meski saya harus mengeluarkan waktu dan biaya tambahan untuk ongkos, tapi jika ditotalin tetap masih lebih murah ke Solo. Atau tahun kemarin saya pilih Yogyakarta International Airport (YIA), bandara baru Yogyakarta, harga tiketnya jauh lebih murah. Tapi ingat ya, pertimbangkan lagi ongkos tambahan dari bandara ke tempat tujuan, jika jauh lebih mahal ya jangan. Kecuali kamu punya tujuan lain buat keliling dulu di sekitar bandara alternatif.


21. Cek kerjasama maskapai dengan bank dan universitas

Nah 25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah lainnya adalah, belakangan ini saya tahu beberapa maskapai, bank, dan universitas melakukan kerjasama loh. Saya sebagai alumni UGM, kalau kita sudah punya kartu KAGAMA ternyata ada promo diskon loh kalau beli tiket pesawat di Garuda Garuda dan Citilink. Lumayan diskonnya hingga 21% dan berlaku juga untuk keluarga alumni. Nah, hayo siapa yang merasa alumni UGM, mangga segera buat kartu KAGAMA-nya. Atau  teman saya yang lulusan salah satu kampus negeri di Jakarta, dulu suka cerita katanya dia kalau beli tiket pesawat di Garuda dapat diskon sampai 20% loh, lumayankan, tapi baca kembali ketentuannya ya sebelum membeli.
Source picture from Canva, edited by writer

 

22. Menggunakan mode incognito window

Mesin pencarian mampu membaca sudah berapa kali kita mengunjungi sebuah laman dalam sehari, seminggu, atau sebulan. Hal ini dapat dilihat dari history kita masuk ke situs tersebut. Agar tidak terbaca melakukan pencarian berulang-ulang, maka hapus semua history pencarian kita melalui menu cookie. Sehingga mesin penelusuran akan membaca bahwa kita adalah tamu baru ke situs tersebut, ini yang disebut sebagai menu incognito window.
Gara-gara saya browsing tentang menu ini, saya coba-coba dong cari, it work loh, pernah ngecek harga tiket dari hp dan laptop secara bersamaan, itu beda harganya. Pernah juga ngalamin saya hapus cookie terus saya coba cari ulang, waktu itu belum tahu menu ini, dan ternyata memang selisih, meski gak banyak. Saya baru ngeh ini yang dinamakan mode incognito ini. Hanya saja saya belum bisa memastikan apakah karena menu ini atau karena jamnya sudah mulai bergeser, karena harga tiket dipengaruhi juga oleh waktu pembelian.




23. Menjadi anggota aplikasi online pembelian tiket dan follow sosmednya
Saat ini sudah banyak sekali aplikasi online pembelian tiket seperti Pegi-pegiTokopediaTiket.comReservasi.comNusatripAirPaz, Mister Aladin, Traveloka dan lainnya. Jadilah member aplikasi ini, akan banyak keuntungan yang didapat, jika tiket pesawat di situs maskapai tidak diskon, nah di aplikasi online ini bisa saja diskon, apalagi suka ada promo khusus buat member, seperti bisa bayar nanti, cicilan, cashback, point, potongan harga dengan kode voucher, promo bank, promo cc, dan lainnya. Nah untuk terus terupdate informasinya, jangan lupa follow juga sosmed-nya.

24. Membeli tiket pesawat paket atau bundling

Membeli tiket bundling atau paketan juga bisa menghebat harga tiket lebih murah loh, beberapa aplikasi online sepertinya sudah mulai memberlakukan ini, jadi promonya bisa tiket pesawat dengan hotel atau transportasi darat atau bahkan promo paketnya berikut destinasi wisatanya, penjemputan dan pengantaran dari bandara, dan lainnya, lebih simple kan. Gunakanlah fitur ini, lumayan akan mengurangi biaya yang akan kamu keluarkan saat traveling. Aplikasi online yang pernah saya tahu  adalah Booking.com dan  Traveloka.

25. Hindari membeli tiket rombongan

25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah berikutnya adalah, dulu saya biasanya beli tiket barengan sama teman, pernah kejadian kita beli tiket berkali-kali gagal bayar, akhirnya nyobain beli tiket satu-satu, ternyata pas beli harganya lebih murah, rezeki anak sabar hehehehe. Jadi cobalah beli tiket masing-masing. Ternyata saya baca-baca ini ada kaitan dengan jumlah kursi yang dipesan berdekatan. Jika terpisah-pisah malah lebih murah katanya, saya tidak tahu betul apa enggaknya ya, tapi setiap maskapai pasti punya coding khusus untuk aplikasi mereka terkait dengan strategi marketing dan sales.
Source picture from Canva, edited by writer

Nah, inilah 25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah dari saya untuk mendapatkan harga tiket murah. Banyak ya, tapi ini memang pengalaman saya pribadi ya, jadi real bukan mengira-ngira. Jadi, kalau tips satu mental, bisa coba tips yang lain, masa iya dari 25 tips ga ada yang dapat hehehehe.

Disclaimer:

Artikel tentang 25 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah semuanya based on pengalaman pribadi ya, jadi bisa saja berbeda dengan pengalaman orang lain. Untuk membuktikannya bisa cobain tipsnya ya.

Nah, buat teman yang punya pengalaman lain bagaimana cara mendapatkan tiket murah lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Hope will be useful for youand happy traveling.

45 comments :

  1. Mantap tipsnya banyak sekali. Saya taunya ya kunjungi web resmi, pesan jauh jauh hari dan untuk keberangkatan weekday. Satu tips lagi adalah rajin rajin ikut giveaway nya kalau menang bukan tiket murah lagi tapi gratis hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di coba kak tips yang lainnya siapa tahu berhasil juga

      Delete
  2. Wah bnyk juga tipsnya..yg sering sy lakukan kalau mau dapat harga tiket murah pilih jam terbang paling malam dan hari kerja dijmn paling murah harga tiketnya hehe

    ReplyDelete
  3. Ini artikelnya wajib di bookmark deh ah tuk referensi tips traveling. Tengkyuuu...kak mei. Baru tau klo penerbangan transit lbh murah. Tp bikin ribet ga seh klo travel sekeluarga misalnya trus transit2? Apa malah bisa jd kesempatan ya tuk singgah di bbrp tempat sekali jln..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tergantung perginya bareng siapa juga kak, kalau bawa anak kecil kasihan ribet

      Delete
  4. Tips yang bermanfaat. Bisa dipake nanti kalo lagi hunting tiket.

    ReplyDelete
  5. Wah saya belum pernah beli tiket pesawat nih. Tapi sepertinya kalau beli tiket saya lebih memilih melalui aplikasi online. Soalnya lebih mudah, tak perlu keluar rumah selain itu juga bisa dapat cashback dan banyak promonnya

    ReplyDelete
  6. Dari tips di atas, yg paling sering aku lakuin pake CC signature yg khusus traveling Krn potingannya lumayan banget, trus beli tiket transit :D. Tapi kalo udah transit, aku slalu pilih selang waktunya lama Mei, biar ga buru2, dan ada jeda utk eksplor bandaranya :D. Apalagi kalo bandara kayak Changi , uwaaah itu paling seneng lama2 di sana :p.

    Kalo beli tiket rombongan aku jg ga mau. Krn pernah waktu itu temenku beli tiket SQ bertiga ke HK. Ternyata di hari H, 2 orang ga bisa ikut. Dan dia hrs bayar pinaltynya sampe 9 JT pas check in. Ternyata itu memang aturan kalo beli tiket promo nya. Aku ga tau sih kalo budget airlines gitu jg ato ga. Tp sjk temenku ngalamin gitu, aku LBH suka pesen tiket terpisah. Kalo bareng suami dan anak2 gpp lah gabung. Tp kalo Ama temen2 , prefer pisah, takutnya mereka cancel di tengah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sayang banget ya, saya baru tahu kalau tiket promo ga dipakai kena penalty, padahal selama ini saya sering banyak ga kepakai ya ga lapor sih

      Delete
  7. Wah banyak sekali yang sudah bisa diceritakan dalam tulisan tentang pengalaman mendapatkan tiket pesawat murah, Mbak. Saya kebayangnya, Mbak bisa menulis buku traveling. Pengalamannya pasti bisa satu buku dituliskan sehubungan dengan mendapatkan tiket pesawat murah. Ayo bikin buku, Mbak. Untuk topik traveling selalu ada epnerbit yang nyari ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba Mugniar, semoga suatu hari saya bisa keluar sebuah buku

      Delete
  8. Penting banget bagi traveler untuk tahu tips ini karena memudahkan mobilitas secara ekonomis.
    Bepergian jsuh itu jelas butuh persiapan matang, tetapi yang utama bagaimana bea memangkas biaya perjalanan sehingga anggaran dihemat.

    Dulu saya sering baca kisah perjalanan di majalah dan ada yang mengalami kesulitan tiket, itu masa belum ada internet. Sekarang kebuh mudah lagi, tetap yang penting tahu tipsnya. 👍

    Oh ya, sebenarnya takut juga jika lakukan perjalanan malam hari. Kak Mei keren dan pemberani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi degdegan sih teh perjalanan malam hari gitu hehehehe

      Delete
  9. Makasih atas tipsnya, baisanya memang nggak jadi pergi karena tiket yang harganya selangit.. padahal naik pesawat itu paling nyaman dan cepat ya.. (setidaknya sebelum ada pandemi).

    ReplyDelete
  10. Segala sesuatu di dunia ini ada ilmunya. Sama seperti tiap masalah ada solusinya. Ternyta kalau kita rajin dan mau mengikuti tips yang diberikan di atas, Insya Allah akan selalu dapat tiket murah. Jadi mau jalan-jalan kemana kita habis covid ini, Mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat kak, pasti dapat tiket murahnya, kita lihat nanti ya hehhe doakan lancar semuanya

      Delete
  11. Well noted untuk semua tips di atas.

    Kebetulan banget suamiku sukanya beli tiket pake CC, terutama kalo kami berangkatnya sekeluarga, hehe.. Soalnya lebih ringan dipembayaran cicilan.

    Btw saya baru tau lho kalo beli tiket yang transit itu kenanha bakal lebih murah. Bisa dipertimbangkan nih kalo traveling bareng manteman yang seru. Kalo bareng keluarga saya gak bakalan deh, soalnya suami dan anakw malas rempong, apalagi ada anak kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba saya coba beberapa kali ternyata memang lebih murah

      Delete
  12. Nomor 19, 22 dan 23 paling sering aku eksekusi.
    Apalagi nomor 23, aku bahkan pernah dapat reward poin lalu aku gunakan untuk menginap.
    Memang mendapatkan tiket pesawat murah itu, seperti jackpot saja ya.
    Kalau berhasil, wuih, suka cita tiada terkira!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak dapat tiket murah itu senang banget

      Delete
  13. Kalo aku seringnya cari tiket di tiket.com atau traveloka yang gampang. biasanya aku sih bandingin harganya di dua OTA itu dan pastinya aku cari yg harganya masuk/ sesuai kantong, hihi. Kalo bisa lebih hemat, kenapa enggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga antara 2 itu kalau mau beli tiket kak

      Delete
  14. sudah tebukti pasti nih tips nya, secara mba mei ratu nya trip hehe, nanti kalo ada promo boleh kali dicolek mba hehe

    ReplyDelete
  15. Yes! Jadwal pesawat paling malam itu emg juarak! Selisih nya ok banget!

    Bahkan pernah, di sebuah aplikasi, kalo saya ordernya juga malam2 bukan pagi-sore, harganya juga miring.

    Dunno why.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, karena dianggap bukan jam sibuk tidak semua orang buka, hukum ekonomi sih mba hehehe

      Delete
  16. Memilih jadwal yang paling malam atau yang paling pagi memang memberikan harga yang signifikan yaa, kak Mei.
    Tipsnya harus banget ini dipraktekkan.

    Yang sering kami lakukan selama ini hanya membandingkan dari satu apps online yang satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya sepi yang milih jam penerbangan itu ya Eoni. mayan banget ta.
      Aku jadi pengen kepo-kepo banyak maskapai nih hahaha

      Delete
    2. betul pilihan paling pagi atau malam selalu paling murah

      Delete
  17. Teryata banyak banget ya cara ntuk dapetin tiket pesawat murah ya Kak
    aku selama ini tahunya dari promo-promo doang ternyata banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang pernah saya coba aja mba, maklum dulu hobby traveling kalau ga dapat murah kan sayang hehheh

      Delete
  18. Aku biasa kalau naik pesawat cari tiket di agen tiket pesawat yang emang terpercaya. Btw, ternyata beli tiket rombongan gak baik ya aku pikir bisa lebih hemat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya pikir begitu kak ternyata sebaliknya, tahu itu setelah pas nyoba-nyoba dapat pengalaman

      Delete
  19. aku nggak terpikirkan menghapus cache, pas baca ini baru ngeh juga.
    waktu hunting tiket bisa dibilang frekuensi tiap minggunya sering, karena buka hari ini dan 3 hari kedepan harganya jelas beda, kadang naik atau turun
    untung untungan juga

    ReplyDelete
  20. baca ini aku sampe "ooooh gini ya caranya" ahaha jadi pengen banget coba tapi past belom bisa jalan jalan kalo lagi kayak gini huhu

    ReplyDelete
  21. Uww udah tayang part 2 nya. Btw baru tahu kl ada diskon cuma pakai kartu alumni atau kartu anggota mahasiswa lho mbak. Mayan bgt kl punya kartu anggota KAGMA bisa dpt diskon 21% uy

    ReplyDelete
  22. Wah mantap tipsnya mbak... Baru tau kalau pake mode incognito window bisa berbeda hasilnya. Layak dicoba nih.. Makasih artikel dan tipsnya mbak.

    ReplyDelete
  23. Jadi anggota aplikasi online perlu dipertimbangkan nih, agar membantu juga saat bepergian nantinya. Cuma yang kartu kredit ini nih, takut kalap haha

    ReplyDelete
  24. Wah informatif sekali tipsnya. Sampai 25 cara pula. Jam terbangnya pasti tinggi.Salah satu juga biar bisa dapat harga tiket miring adalah membeli atau memesan tiket jauh hari. Jadi pengen naik pesawat nih.

    ReplyDelete
  25. Makasih banyak mbak tipsnya. Ini membantu banget kalau mau bepergian naik pesawat. Meski gatau kapan lagi.

    ReplyDelete
  26. Kebeneran nih aku lagi punya rencana buat 'terbang' beberapa bulan lagi bareng teman. Tips-tipsnya boleh dicoba nih. Tapi corona kapankah akan berlalu? Hmm

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top