Looking for My Article

30 August 2020

Menikmati Stay At Home Di Masa Pandemi Ala Traveler


Stay at home di masa pandemi tak pernah terbayangkan sebelumnya oleh semua orang di dunia ini, termasuk aku sebagai traveler yang biasa bepergian hampir tiap bulan. Tahun 2020 menjadi tahun perjuangan untuk semua orang di dunia, dan berpengaruh terhadap kegiatan traveling. Mari kita optimis and just believe every cold has a silver lining. Aamiin

Banyak yang nanya "Mei, kamu ngapain aja  stay at home di masa pandemi gini?". Apalagi mereka melihat aku sebagai traveler pasti dianggap bosen banget kan berbulan-bulan cuman di rumah. Sebenarnya aku ini homebody banget sih, tapi kalau sampai berbulan-bulan begini ya lumayan juga feeling bored hehehe. So, buat ngusir rasa bosan itu, aku melakukan beberapa hal baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, meski enggak konsisten dilakukan, at least dapat mengusir kebosanan kita, dan beberapa diantaranya menjadi habit, alhamdulillah ya, hikmahnya selama pandemi ini.





Nah pengen tahu apa aja yang aku coba lakuin sebagai traveler biar enjoy ketika stay at home di masa pandemi gini? yuk check it out:

1. Webinar

Awal-awal masa pandemi, aku ngikutin banyak sekali webinar online nasional dan internasional yang berkaitan dengan kesukaan, yap pariwisata, tentang perempuan, atau tentang lingkungan. Sehari bisa 4-5 kali ikut webinar, sampai lupa apa saja yang diikutin, happy aja banyak ilmu yang didapat, kadang bentrokan jadwalnya, jadi telinga kanan mendengarkan webinar A, telinga kiri mendengarkan webinar B hehehe. Makin banyak pengetahuan tentang dunia Leisure and Tourism. Jadi ga berasa stay at home deh.

2. Belajar Bahasa

Mencoba belajar bahasa Turki, meski tidak tiap hari, tapi sedikit-sedikit mulai paham bahasa Turki. Kebetulan memang penggemar drama-drama Turki. Selalu tertarik dengan budaya yang mereka miliki. Selain belajar bahasa Turki, ketika stay at home di masa pandemi, aku juga ikut kursus pendek TOEFL dan IELTS dengan beberapa native speaker. Lebih dari sekedar belajar bahasa, kita banyak diskusi manything and it will helps me to release my bored, definitely you can make a friend with them. Besides, it will improves your skill in english. Apalagi sebagai traveler, wajib dicoba belajar bahasa baru. Selain bagus untuk otak, nanti kalau traveling kita bisa paham juga kan dikit-dikit bahasa mereka.



3. Membaca

Selama stay at homemulai banyak membaca buku, artikel, paper, makalah, essay, dan novel-novel online dan juga artikel-artikel yang berkaitan dengan dunia traveling, seru juga loh baca-baca cerita sejarah tentang beberapa negara. Kebetulan punya banyak buku yang belum di baca juga.

Cari bacaan yang kamu sukai, supaya lebih enjoy ketika membacanya. Dampak positifnya adalah kecintaan terhadap literasi membaca cukup meningkat, sekaligus latihan membaca cepat juga dan pastinya wawasan makin banyak terutama destinasi wisata di dunia.

4. Menonton

Sebenarnya aku bukan orang yang suka menonton film apalagi serial drama, not my cup of tea, selama pandemi bisa dihitung dengan 10 jari film yang ditonton dari internet. Tapi bisa jadi pilihan saat sudah bosen banget dengan aktivitas selama stay at home di masa pandemi ini. Aku suka film-film Turki, jadi kadang nontonin film Turki sekaligus belajar bahasanya. Atau tonton film-film yang berkaitan dengan petualangan, sesuai dengan hobby, yap traveling.

5. Olahraga

Aku memang rutin olahraga, entah jogging, cycling, atau workout. Nah selama stay at home ini tetap melakukannya biar badannya tetap fit dan pikiran kita tetap sehat. Kebetulan aku juga terpilih dalam salah satu pemilihan kegiatan outdoor enthusiast dan masih dalam proses pelatihan sebelum diresmikan menjadi anggota. Kami diwajibkan olahraga rutin berupa workout dan lari 5-10 km per minggunya dan kami wajib melaporkannya ke panitia. So, ini sangat memotivasi banget sih biar tetep olahraga. Apalagi hobbyku naik gunung, wajib banget jaga badannya.

6. Menulis Blog

Aktivitas lain yang aku lakukan ketika stay at home selama pandemi ini adalah menulis. Lagi seru-serunya mengisi blog yang sudah kosong dari tahun 2016. Berinteraksi banyak dengan teman-teman blogger membuat aku semakin semangat untuk terus menulis. Sebagai traveler yang dulunya jarang nulis, punya ratusan perjalanan yang belum aku tuangkan dalam bentuk tulisan jadi motivasi yang sangat luar biasa, meski kadang ada moment stuck gitu hehehehe. Selain itu sekalian juga belajar SEO-nya, coding, membuat blog yang menarik, menaikan page view, dan lainnya, seru juga ternyata.



7. Memasak

Apalagi yang bisa dilakukan ketika stay at home di masa pandemi oleh seorang traveler adalah memasak. Sebenarnya aku tidak begitu suka memasak, tapi karena adanya pandemi ini aku jadi mulai terbiasa memasak, awalnya hanya lihat lama-lama mencoba. Membuat kue rasanya lebih menyenangkan daripada harus memasak sayuran atau ikan heheheheh.

8. Virtual Tour

Ini yang mulai ramai beberapa minggu ini, virtual tour. Padahal dari bulan April aku sudah melakukan ini, berselancar di dunia maya melihat video-video beberapa destinasi wisata di dunia ataupun di Indonesia. Lumayan mengobati rasa kangen buat traveling.

9. Kuliah dan short course online

Aktivitas lain ketika stay at home di masa pandemi begini, aku mengikuti kuliah online yang sesuai dengan bidangku. Salah satunya di Universitas Copenhagen, mengambil tentang sustainable tourism. Mahasiswanya dari berbagai belahan dunia dari yang masih  S1 sampai dengan S3 dan dari berbagai jurusan. Seru sih jadi banyak teman, membuat kita jadi lebih open minded terhadap berbagai perspektif terhadap dunia pariwisata. Selain itu aku juga ikut beberapa short course



10. Ibadah

Apa lagi yang bisa kita lakukan ketika  stay at home di masa pandemi yang dapat dilakukan oleh traveler adalah memperbanyak ibadah, mumpung ada di rumah niy. Apapun itu bisa mengaji, sholat, sedekah langsung atau pun secara online, banyak berdoa dan lainnya, biar makin dekat sama Tuhan.

11. Family Relationship / Family Time

Kebetulan ketika  stay at home di masa pandemi ini aku enggak tinggal dengan orangtua, sedih banget meski udah biasa pergi-pergian tapi ga pernah sampai 8 bulanan gini ga ketemu sama orangtua dan adek-adek. Akhirnya ngakalinnya adalah dengan memperbanyak komunikasi sama mereka, yang dulu teleponan hanya 2-3 kali dalam seminggu, sekarang hampir tiap hari kami berkomunikasi, memastikan semuanya dalam kondisi baik-baik saja. Begitu juga dengan beberapa teman yang sudah lama tidak terhubung, dengan pandemi ini, silaturahmi terjalin kembali. Alhamdulilah hikmah baik selama pandemi ini.

12. Membuka usaha

Nah, hikmah lain yang aku dapatkan ketika stay at home di masa pandemi ala traveler adalah, tercetus ide buka usaha bersama teman dan ade, masih on progress, doakan saja lancar semuanya. Teman-teman bisa ikutin tips ini juga loh. Be creative, menghasilkan cuan di masa pandemi ini sangatlah penting ya.

13. Food Photography

Selama stay at home di masa pandemi ini sering banget liatin foto-foto makanan, jadilah tertarik banget how to get the best angel in food photography. Jadilah tertarik banget belajar food fotography, meski hasil jepretannya masih belum jelas angelnya, but it's ok, the most important, willingness to try it. Ngobatin hati banget hehehe. Sampai ikutan kursus online, beli perintilannya, dan nyobain foto-foto. Jadi nanti kalau pas pergi traveling lagi, lumayan bisa foto-foto kulinerannya kan heheh.



14. Membentuk Komunitas Online

Awalnya iseng sih sama teman, bikin sharing online gitu tentang leisure yang targetnya awalnya adalah adek kelasmemang baru berjalan satu kali sih, tapi kami sedang menyusun acara besar untuk beberapa bulan ke depan, mohon doanya saja.

15. Berkebun

Awalnya paman sering menanam pohon-pohon kecil di pot gitu, terus akhirnya keterusan deh, liatinnya jadi suka, terus ikut-ikutan beli benih ditanam, sayangnya pas ke sini musim panas, jadilah banyak beberapa sayurannya gak bisa dinikmati.

16. Belajar Yoga

Salah satu hal yang aku pelajari selama stay at home di masa pandemi ini adalah belajar yoga. Selain menyehatkan fisik, juga membantu belajar mindfulness agar tetap positif thinking. Cukup membantu tetap logis dan fokus. Banyak acara youtube yang menayangkan belajar yoga ini.



17. Main Game

Salah satu hal bermanfaat agar tetap positif pikirannya adalah bermain game, selain melatih otak permaian ini bikin otak kita lebih rileks, padahal dulu saya ga suka main games.

18. Belajar Aplikasi Baru

Salah satu yang bisa kita coba lainnya adalah belajar aplikasi baru, semisal Canva, Doddle, belajar menggunakan aplikasi meeting, beberapa teman suka ada yang ga jadi ikutan webinar gara-gara menggunakan aplikasi yang dia tidak paham, padahal justru itu membuat kita jadi belajar loh.
 

19. Persiapan study

Karena ada rencana untuk melanjutkan studi, pas pandemi seperti ini, pas banget nyiapin banyak hal untuk persiapan studi nanti, mulai dari TOEFL/IELTS, mencari pendanaan scholarship, supervisor, korespondensi, pendaftaran kampus, dan masih banyak lainnya. Nah, yang punya rencana studi moment ini tepat banget buat siapin semuanya. Semangat para pejuang beasiswa.



20. Bekerja secara online

Salah satu yang bisa dilakukan oleh traveler ketika pandemi begini adalah mencari pekerjaan online. Lulus kuliah berbarengan dengan pandemi sesuatu banget, beberapa tawaran kerja di hold sama mereka. Nah, yang aku lakukan adalah mencari pekerjaan secara online, thank God, God is really good, aku mendapatkan beberapa pekerjaan dari teman terkait dengan menulis artikel dan maintenance beberapa blog photography miliknya sampai November. Kegiatan ini cukup membantu dan membuat aku belajar banyak hal, mulai dari photography, artikel berbahasa inggris, sistem kerja situs-situs photography, belajar infografis, desain, dan lainnya. Dan jadi ga berasa deh stay at home di masa pandemi gini.

21. Public Speaking

Karena lumayan sering berbicara di depan umum, nyobain ikutan beberapa kelas public speaking buat ningkatin kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum, belajar teknik, penggunaan bahasa, body language, dan lainnya. Oh ya public speaking-nya in english ya.

Aku biasanya nonton TED TalkEnglish Speech, ikut kelasnya Mindvalley Masterclass, dan Kris Amerikos. Semuanya tidak spesifik membahas tentang public speaking, lebih ke motivasi, pengalaman hidup, pengatur emosi agar selalu positif thinking, dan lainnya. Tapi dikemas dalam bentuk speech yang ada audiensnya. So, aku belajar dari mereka how deliver the information ke audiens dengan baik. Serunya lagi pembicaranya itu beda-beda, dari orang-orang terkemuka di dunia, artis, pejabat pemerintah, motivator gitu, dan orang-orang berprestasi, jadi ga bosen dengerinnya.


Nah kira-kira itu yang aku lakuin buat ngusir rasa bosan ala traveler ketika stay at home selama pandemi  yang hampir 6 bulan ini. Kalau kamu apa saja, yuk share di kolom komentar, siapa tahu bermanfaat buat pembaca lainnya.


66 comments :

  1. Idenya seru2 nih, pengen nyobain belajar public speaking sepertinya seru dan bisa buat bekal di kemudian hari

    ReplyDelete
  2. Webinar ini malah hampir terbilang setiap hari dan setiap waktu ya selama masa pandemi dan pastinya yang kerjanya di rumah saja ikutan kelas webinar sangat penting banget

    ReplyDelete
  3. BanyanBanyak juga ya ide pilihan menikmati stay at home yang bisa menambah wawasan & skill

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sesuai dengan hobby kita aja mba Andiyani

      Delete
  4. Sebenarnya banyak banget kegiatan yang bisa kita lakukan selama di rumah aja, terutama kegiatan yang bisa menambah pengetahuan dan keterampilan kita.
    Yang penting sih positif ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Er, yang penting ada kemauan heheh

      Delete
  5. Sebetulnya klo kita kreatif, ada buaaanyaak hal yg bisa dilakukan dari rumah.


    Keren, Mei. Semangaaaat. Maju terus demi Indonesia yang lebih baik.


    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak ya mb, yang bisa dilakukan. Jadi harusnya tidak ada alasan untuk bosan dan cari alasan ke luar rumah tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  7. Mei..kegiatanmu akeh bangettt..aku cuma dampingi bocah belajar aj keknya sdh menyita waktu *ealah curhat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau udah ada baby aku juga bakal gitu mba hehhe

      Delete
  8. Banyak banget kak. Wakss. Aku mentok webinar sama baca-baca aja. Menulis pun lagi malesan. Tolong tularkan semangatmu itu kakak. Ingin yoga tapi baru sebatas ingin doang, ehe

    ReplyDelete
  9. Tuh 'kan setelah dibuat list, ternyata banyak banget hal positif yang bisa dilakukan di rumah selama masa pandemi yaa. Kuncinya emang gak boleh malas koq :D. Thanks for sharing, Mei..

    ReplyDelete
  10. Semoga semua ikhitiar yang Mbak Mei sedang usahakan diridai Allah. Pandemi ini banyak bersyukurnya. Gak banyak ngeluarin uang buat main. Bisa kumpul terus walau keluarga kecil.

    ReplyDelete
  11. Sebelum pandemi, aku sudah rumahan, hahahaha, jadi sekarang pandemi jadi makin rumahan. Hanya bedanya, dulu bisa kemana2 kalau weekend, skrg akhir pekan pun dirumahsaja. Tapi tetap semangat!

    ReplyDelete
  12. Wahhh kerennn banyak banget kegiatannya, aku terinspirasi juga buat lebih produktif. Semenjak pandemi aku jadi menambah aktivitasku dengam work out, yoga kadang2, tetap semangat stay at home demi kesehatan bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat Ceu, apalagi cari jodoh ya, semangat wajib

      Delete
  13. idenya seru2 semua :) aku save ya karena kadang aku bosan juga sudah 7 bulan di rumah aja nggak ngapa2in :(

    ReplyDelete
  14. virtual tour sepertinya menarik, suka ada banyak yang ngadain di instagram tapi belum pernah join... Btw cover musik suara sendiri kayaknya seru juga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bisa coba kak, saya suaranya lebih bagus diam kayaknya ehhhe

      Delete
  15. Selama pandemi ini aku juga suka ikut webiner buat nambah ilmu sekalian ngusir kebosanan dirumah aja.

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya yang kaka pelajari selama stay at home. Bagus sih kadi kitanya tetap produktif ya. Kalo males2an malah bikin otak tumpul hehehe... Semangat kak mei!

    ReplyDelete
  17. Walau di rumah aja, tetap produktif dan senantiasa mencoba hal-hal baru yaa, kak Mei.
    Aku doakan semoga komunitasnya semakin berkembang dengan baik dan ilmunya menjadi jariyyah.
    Barakallahu fiik, kak Mei.

    ReplyDelete
  18. Keren nih Mbak Mei, banyak bnaget kegiatannya walopun di rumah. Aku apa ya? Paling cuma setengahnya dari yang di list Mbak Mei. Paling yang baru itu ikut webinar, banyak baking, dan virtual travel. Eh ya, virtual travel asyik juga ternyata ya. Aku ketagihan deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp setengahnya udah banyak, yang penting ga produktif

      Delete
  19. Biasanya mageran tapi skrg pas pandemi smua mau gamau dilakuin dirumah, gilasih tapi kita hrs ttep patuh protokol juga intinya stay safe yaaaa

    ReplyDelete
  20. Banyak banget kak yang dilakukan aku cuma ikutan webinar aja udah tepar ini haha sebab paginya jadiguru anak anak dulu sih.

    Berkebun juga sih sebagai hiburan. Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mba yang penting tetep ngelakuin hal yang produktif

      Delete
  21. Wah sebenernya banyak ya kegiatan yang bisa dimanfaatkan selama pandemi ini, ga ada lagi kata "gabut" selama dirumah aja

    ReplyDelete
  22. Barokallah ya Kak, banyak hal yang bisa kita lakukan di tengah pandemi ini
    ambil hikmahnya aja ya Kak. Semangat kita, semoga pembekalan diri ini mempersiapkan kita saat udah kembali bebas pandemi

    ReplyDelete
  23. Aku ingin brlajar bahasa Arab nih mba. Berharap sih mba biar bisa lancar belajar bahasa arab drumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin insyallah, dulu saya bisa, sekarang udah lupa-lupa

      Delete
  24. Wah wah menarik sekali kegiatannya di rumah Mbak. Stay at home gak membatasi diri kita untuk bisa tetap produktif ya... Dan ternyata emang masih banyak hal menarik yang bisa kita lakukan di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba Sis, semangat temukan kegiatan yang membuat kita lebih hidup hehehe

      Delete
  25. Aku biasanya olahraga sama masak sama nonton drakor mba dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp itu juga produktif kok, yang penting ada kegiatan aja

      Delete
  26. Tulisan yang sangat inspiratif, banyak sekali ya ternyata kegiatan yang dapat dilakukan selama pandemi..cocok sekali utnuk yang bingung mau berbuat apa di rumah.. o ya.. motretnya usdah lumayan kok.. kalau motret ala flat lay lebih sederhana sepertinya dan cenderung semuanya sharp jadi nggak usah mikir diagfragma dan fepth of fieldnya..

    ReplyDelete
  27. Banyak banget mba kegiatannya selama pandemi. Wah, jadi makin pintar ikut webinar terus.

    ReplyDelete
  28. Keren, Mbak ... dengan banyak jenis kegiatan ini, pastinya bisa tetap aktif ya meski di rumah saja.

    ReplyDelete
  29. Wah iya pasti sedih kalo biasa traveling harus stay at home apalagi sekarang kita udah sekitar 6 bln ya di rumah aja, untungnya banyak webinar yg bagus2 ya dan punya waktu untuk lebih sering nulis blog

    ReplyDelete
  30. Walau 'dikurung' di rumah sepertinya kegiatan Mbak Mei lebih bejibun banyaknya kalau dibanding gak 'dikurung' akibat pandemi yaaa. Mulai dari webinar, kuliah daring, short course, dsb, dsb. ๐Ÿ˜ Blessing in disguise. Samaan nih saya juga suka nonton TedX. Di Surabaya, ada TedX Tunjungan dan rutin kegiatannya. Karena covid, acaranya jadi via IG Live atau zoom. Cuma lebih sering bhs Indonesia, tergantung pembicaranya orang asing atau Indonesia. Kalau saya nonton TedX buat ngelatih listening.

    ReplyDelete
  31. Banyak banget kegiatan positif Teh Mei. Pandemi justru membukakan potensi diri kita untuk lakukan hal-hal yang tidak terbayangkan sebelumnya. Belajar dan bekerja jadi bersinergi karena waktu kita kebanyakan berada di dalam rumah.

    Belajar lewat zoom bahkan tidak ada waktu belum pandemi. Sekarang webinar di mana-mana, suatu berkah tersembunyi bagi yang positif.

    Anggap saja masa hibernasi ini semacam memperbarui diri demi meningkatkan kualitas kehidupan kita.
    Jadi di masa mendatang lebih siap dan berisi. ๐Ÿ‘

    Semoga sukses merintis bisnisnya. Tetao semangat dan optimis. Sehat selalu di sana.

    Oh ya, pendaki gunung harus tetap menjaga kebugaran. Yoga jadi alternatif jika tidak bisa kumpul di luar untuk olahraga lapangan. ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  32. Keren-keren semua kegiatannya nih mba, semuanya bermanfaat banget buat lifeskill kita ke depannya karena rata2 butuh skill bersifat online, btw saya belum pernah ikutan virtual tour sekali2 jadi pengen juga :)

    ReplyDelete
  33. Asal kita kreatif emang banyak banget yang bisa dilakukan selama kita tinggal di rumah aja ya Mbak. Kalau kita niat, lisnya bisa sangat panjang. Aku tuh yang berasa paling positif banget selama di rumah, rajin upadate blog. Kalau sebelum pandemi cuma rajin traveling tapi blog sampai lumutan. Kalau sekarang rajin update tapi kaki lumutan karena jarang dipakai jalan :)

    ReplyDelete
  34. Mesti banyak kegiatan pas pandemi ini, kalau gak bisa gila. Tapi Saya juga ga ngoyo, semuanya mesti enjoy dan Ada schedule nya. Biar hidup ga ngawang2.

    ReplyDelete
  35. Saya juga sedang menekuni berkebun kak ternyata asyik juga yaa selama di rumah banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan passion kita.

    ReplyDelete
  36. Masya Allah, sehat selalu yah kak. Pandemi emang bukanlah hal yang membuat kita tidak dapat melakukan kegiatan lain. namun pandemi juga memberikan kita waktu untuk menemukan hal hal baru, menikmati waktu yang lebih lama dirumah, dan mendapatkan ilmu yang baru juga

    ReplyDelete
  37. Wah keren nih kegiatannya, bermanfaat dan tetap produktif walau di rumah. Memang kita harus semangat ya dan tidak boleh lesu menjalani masa ini..stay healthy dear...

    ReplyDelete
  38. Nah ini sisi lain pandemi!
    Jadi terinspirasi melakukan aktivitas yang bahkan sebelumnya tidak terpikirkan.
    Tapi ini bukan berarti mensyukuri pandemi ya.

    Mengutip dari pernyataan Najwa Shihab, "Saatnya beradapatasi dengan situasi! Mau menyalahkan keadaan pun takkan ada manfaatnya!"
    Mending berimprovisasi!

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah banyak sekali sisi positif dari pandemi ini aslinya ya Kak. Kita bisa Upgrade skill dengan lebih baik. Karena banyak Bang pilihan

    ReplyDelete
  40. Sebenarnya di masa pandemi ini kita bisa lebih produktif karena memiliki banyak waktu luang di rumah, aku pun selama pandemi lebih rajin nulis di blog dan juga gambar .

    ReplyDelete
  41. Buanyaaakk juga yaaaa pilihan dan ide untuk menghabiskan waktu di rumah aja .. masih bisa produktif

    Saya juga dari berkebun malah jadi menghasilkan nih kak ๐Ÿ˜‚ternyata banyak yang bisa dijual .. akhirnya bikin akun kebonmbahdukuh deh dan jadi tempat kulakan buat tanaman hias di sekitar sini..

    Virtual tour jugaaaaa, itu juara deh buat mengobati patah hati batak jalan2

    ReplyDelete

Silakan komentar sesuai dengan aturan dan gunakan bahasa yang baik dan sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif, sebagai bentuk sopan santun anda. Mari sebarkan energi positif.

Popular Posts

Mendaki Puncak Poon Hill di Himalaya

Poon Hill adalah satu dari belasan puncak gunung yang berderet di  Himalaya . Menjadi salah satu puncak gunung yang menjadi incaran banyak ...

Back to Top