20 ETIKA NAIK PESAWAT YANG WAJIB DIKETAHUI TRAVELER (PART 2)

Pernahkah mengalami merasa terganggu ketika sedang di pesawat karena prilaku penumpang lain? Sering banget. Paling parah ketika ada penumpang meludah sembarangan di pesawat. Ini saya alami ketika menaiki pesawat besi di luar negeri. Shock? 100% definitely yes. Tapi itu justru menjadi pengalaman dan pembelajaran bahwa etika wajib kita terapkan dimanapun dan kapanpun.

Nah untuk menghindari penumpang lain terganggu selama penerbangan, saya mempunyai beberapa etika yang wajib diketahui ketika akan menggunakan pesawat sebagai moda transportasi perjalanan.

etika naik pesawat
Source: Canva
Recreated by Writer


Etika Naik Pesawat Ketika Traveling

1. Hindari mengantri di Boarding Gate lebih awal

Pernah melihat penumpang yang belum ada panggilan untuk naik ke pesawat tapi sudah berdiri di pintu boarding? Sering sekali. Mungkin tujuannya agar naik pesawat lebih awal.  Namun, hal itu memicu penumpang lainnya untuk ikut mengantri, sehingga kadang membuat orang jadi terburu-buru atau was-was jika masih ada kepentingan lain, semisal ke kamar kecil atau ibadah. Padahal belum ada pengumuman untuk boarding.

Jadi jangan lakukan ini, tunggu sampai petugas menginformasikan dan meminta penumpang untuk mulai bersiap dan mengantri di pintu boarding gate. Masing-masing penumpang sudah mendapatkan tempat duduk masing-masing dan pesawat tidak akan meninggalkan anda, jika sudah di area boarding gate.

2. Perhatikan area duduk

Tidak ada aturan tertulis mengenai soal menurunkan sandaran kursi. Namun secara etika, kita wajib memperhatikan hal ini. Jangan sampai saat kita menurunkan sandaran kursi malah mengganggu penumpang di belakang kursi kita.

Termasuk area pegangan kursi. Jangan menempatkan tangan atau duduk melebihi area kursi anda. Sehingga penumpang kanan kiri anda tetap nyaman.

3. Jangan menendang atau menarik kursi depan

Ingat jangan juga menendang-nendang kursi di depan anda. Itu sangat mengganggu. Atau menarik tempat duduk di depan anda. Karena saya pernah mengalami hal-hal seperti ini, benar-benar sangat mengganggu.

4. Jangan minum alkohol

Meminum alkohol ketika akan melakukan penerbangan sangat tidak dianjurkan. Karena dapat menghilangkan kesadaran yang dapat berdampak pada keselamatan dan kenyamanan penumpang lain. Jangan lupa pelajari juga cara naik pesawat transit, apalagi jika posisi anda dalam keadaan minum alkohol jangan sampai tertinggal pesawat lanjutan hanya karena anda pusing atau mabuk alkohol.

5. Gunakan headset atau headphone untuk memutar musik atau film

Etika lain yang wajib anda ketahui ketika di pesawat adalah, gunakan alat ketika hendak menonton film atau mendengarkan musik. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain.

6. Bantu penumpang lain ketika bayinya menangis

Saya beberapa kali menyaksikan ada bayi menangis saat di pesawat. Bahkan dari mulai pesawat berangkat sampai mendarat. Beberapa penumpang lain terlihat kesal dan terdengar menggerutu. Awak kabin sudah mencoba membantu menenangkan, sayangnya si bayi tetap menangis. Percayalah si orangtua bayi pasti sangat tidak nyaman.

Daripada membuat suasana makin tidak nyaman karena anda marah-marah, lebih baik tawarkan bantuan untuk menenangkannya. Sehingga meminimalisir menganggu kenyamanan lebih lama.

7. Persiapkan hal-hal ketika anda membawa anak kecil

Jika anda membawa bayi atau anak kecil, bawalah mainan atau makanan dan minuman kesukaannya. hal ini akan membuat anak-anak lebih nyaman dan terhindar dari sikap rewel karena bosan dan lainnya. Dengan membuat anak tenang, tentu saja kenyamanan penumpang lain tidak terganggu, anda pun akan tenang dan nyaman.

etika naik pesawat dengan anak kecil
Source: Canva


8. Membawa penutup mata dan telinga

Jika perjalanan pesawat memakan waktu lama atau berniat akan tidur selama perjalanan, dan anda tipe orang yang tidak bisa tidur jika ada cahaya, atau terganggu dengan suara, akan lebih baik membawa penutup mata dan peredam suara telinga. 

Sehingga anda cukup nyaman menikmati tidur di pesawat tanpa gangguan cahaya dan juga suara sekitarnya. Kenyamanan anda tentu saja berdampak pada penumpang lainnya.

9. Jangan minum terlalu banyak

Usahakan jangan minum terlalu banyak ketika akan naik pesawat. karena akan membuat anda bolak balik ke kamar kecil. Jika anda duduk dekat jendela atau di kursi tengah, tentu saja ini akan menganggu penumpang lainnya. 

10. Tidak terlalu lama di toilet

Toilet pesawat adalah area umum alias milik semua penumpang pesawat. Sehingga jangan berlama-lama ketika masuk ke dalam toilet pesawat, gunakan maksimal 5 menit saja. Kecuali jika terdesak untuk buang air besar dan memaksa anda untuk lebih dari 5 menit. Selesai menggunakannya jangan lupa untuk membersihkannya.

Nah itu dia beberapa etika naik pesawat untuk membuat anda dan penumpang lain tetap nyaman. Jangan lupa pelajari juga cara naik pesawat ke luar negeri termasuk etikanya. Anda mempunyai tips lainnya atau pengalaman saat naik pesawat yang mengganggu? Yuk sharing di kolom komentar.

6 Comment

  1. Catet ya!

    Memang lebih baik waspada pada diri sendiri daripada merepotkan orang lain. Misalnya soal minum hingga bikin kita bolak balik ke toilet. Akan sangat gak nyaman kalau kita tidak duduk di pinggir sehingga melewati orang lain

    ReplyDelete
  2. Penting banget ya kita tahu tentang etika naik pesawat ini. karena juga untuk kepentingan bersama

    ReplyDelete
  3. Noted Mbak.
    Saya pernah tuh Mbak, terbang bawa batita dan saat itu dia rewel jelang mendarat. Sudah segala hal saya lakukan tapi dia tetap rewel, pramugari juga udah bantu tenangin tapi gak ngaruh, syukurnya saat itu pesawat gak begitu ramai, jadilah saya ke bagian belakang yang agak kosong biar gak terlalu berisik dan dilihatin orang :(

    ReplyDelete
  4. Wah saya pernah nih dari Padang ke Soetta, mungkin karena sakit kupingnya, bayi ada yg kejer lama. Cuma untungnya si ibu bisa mondar-mandir, jadi bayinya lumayan diam. Pasti panik ya. Saya juga takut minum banyak2, karena sebisa mungkin gak ke toilet.

    ReplyDelete
  5. Saya jadi inget ketika ajak pertama kali Adek Fi naik pesawat. Udah siap mainana, siap permen buat dia ngunyah dll.

    ReplyDelete
  6. Poin ke 19 itu emang kudu diinget banget ya, karena emang zaman sekarang kalau gak diatur kayak gitu, jangan merekam atau memfoto sembarang orang bakalan seenaknya merekam kegiatan orang lain. beneran asli saya tuh gak suka deh sama yang begini. jadi pengingat juga sih buat saya, gak asal memfoto atau merekam sembarang kalau ada hal unik di sekitar saya kecuali dah diijinkan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.