TIPS MENJAGA MAKANAN AGAR TETAP SEGAR

Semenjak pandemi awal tahun 2020, saya yang awalnya tidak pernah bersentuhan dengan dunia dapur, kemudian akhirnya menjadi terbiasa dan ternyata menyenangkan. Mulai senang berbelanja sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Karena lokasi tempat tinggal juga cukup jauh dari tempat belanja makanan segar, mengharuskan saya harus menyetok makanan dalam jumlah banyak.

chest freezer
Source: Canva
Recreated by Writer


Namun untuk membuatnya tetap segar, kita tidak boleh sembarangan menyimpannya. Lalu bagaimana tips untuk menjaga makanan tetap segar, meskipun sudah disimpan berhari-hari. Ini dia tips menyimpan makanan agar awet dan tahan lama

Tips Menjaga Makanan Agar Tetap Segar

1. Membuat rencana belanja

Tips pertama yang wajib kamu ketahui untuk membuat makanan tetap segar adalah dengan merencanakan jadwal belanja. Misalnya kamu belanja satu minggu sekali, dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Pilih waktu yang tidak terlalu cepat atau tidak terlalu lama.

2. Membeli bahan makanan secukupnya

Setelah kamu mengetahui jadwal belanja kamu, maka belanjalah sesuai untuk kebutuhan kamu di waktu tersebut. Kalau misalkan kamu sudah menjadwalkan belanja makanan seminggu sekali, maka belanjalah bahan makanan untuk seminggu.

Hal ini akan membuat bahan makanan yang kamu beli akan selalu segar. Karena toko biasanya akan merestock bahan makanan secara teratur, sehingga kesegaran makanan akan tetap terjaga. Hal ini juga karena siklus produk di toko sangat cepat perputarannya, terutama untuk makanan segar seperti sayur atau buah.

3. Lakukan pemisahan bahan makanan dengan tepat

Ketika semua barang belanjaan kamu sudah dibeli, lakukan pemisahan bahan makanan mana yang harus ditempatkan di lemari pendingin, mana yang cukup disimpan di lemari dengan udara bebas.

Untuk makanan yang dapat disimpan di udara bebas, tetap dikemas dengan baik misalnya dengan plastik, atau disimpan di lemari penyimpanan. Jangan biarkan tergelatak begitu saja.

Sementara untuk makanan yang wajib masuk lemari pendingin juga dilakukan penyimpanan dan pengemasan dengan tepat, agar makanan dapat disimpan lebih lama.

4. Kemas daging di tempat tertutup

Misalnya untuk daging, kemaslah dalam kotak kedap udara agar baunya tidak menyebar ke makanan lain dan simpan di bagian freezer. Dan jangan mencuci daging ketika akan menyimpannya dalam lemari pendingin. 

5. Simpan sayuran sesuai dengan jenisnya

Ketika hendak menyimpan sayuran di dalam kulkas, maka simpan sayur sesuai dengan kelompok atau jenis sayurannya. Misalkan sayuran tahan lama atau mudah layu.

cara menyimpan sayuran
Source: Canva


Untuk sayuran yang cepat layu misalnya bayam, simpan juga dengan menggunakan wadah kedap udara agar lebih awet. Cari tahu juga cara menyimpan bayam agar tidak layu tanpa kulkas ketika kamu ingin menyimpannya tanpa kulkas.

Atau kamu juga dapat menggunakan kotak bening atau wadah tembus pandang yang dapat membantu membuat makanan lebih awet.

Cara menyimpan sayur di kulkas dengan wadah seperti ini, selain untuk menghindari kerusakan makanan, penggunaan kemasan atau kotak akan membuat susunan lemari pendingin lebih rapi dan mudah ditemukan.

6. Lapisi bahan makanan dengan tisu

Lapisi bahan makanan yang akan dimasukan ke dalam lemari pendingin dengan tisu. Penambahan tisu ini dapat membantu makanan lebih awet karena dapat menyerap residu lendir pada buah atau sayuran yang dingin yang dapat membuatnya lebih mudah terkondensasi.

7. Jangan cuci buah

Jangan mencuci buah-buahan ketika akan dimasukan ke dalam lemari pendingin. Karena jika dicuci terlebih dahulu akan membuat buah menjadi lembab yang dapat mempercepat buah menjadi busuk. Letakan juga buah di bagian rak terbuka pada lemari pendingin.

Pilih juga buah mana yang boleh masuk lemari pendingin atau tidak. Seperti buah pisang, jeruk, atau melon tidak perlu memasukannya dalam lemari pendingin. Cukup simpan di area udara terbuka. Misanya simpan di meja makan.

8. Simpan makanan berdasarkan tanggal kadaluarsa

Nah ini wajib juga kamu perhatikan untuk menyimpan makanan paling depan adalah makanan yang tanggal kadaluarsanya paling dekat. Sehingga makanan yang akan cepat habis masa gunanya, akan dikonsumsi lebih awal. Ini berlaku untuk makanan yang disimpan di lemari pendingin ataupun di tempat bebas udara.

9. Pisahkan makanan berbau dengan makanan lain di lemari pendingin

Untuk produk makanan yang sama-sama harus masuk kulkas, wajib dipisahkan mana lokasi untuk daging, mana lokasi untuk buah atau sayur, dan mana lokasi untuk minuman. Agar makanan yang mengandung amis tidak menyebar ke makanan lainnya.

10. Pilih lemari pendingin yang berkualitas

Berbicara soal lemari pendingin, untuk membuat makanan tertentu tetap segar memang wajib memasukannya ke dalam lemari pendingin. Pastinya dalam memilih lemari pendingin pun tidak boleh sembarangan. Harus diperhatikan kualitasnya.

Lemari pendingin yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi adalah AQUA Japan yang merupakan chest freezer dari AQUA Japan yang akan memastikan kesegaran makanan tetap terjaga. Chest freezer adalah mesin pendingin atau freezer yang mempunyai fungsi untuk menjaga makanan agar tetap terjaga dengan suhu dingin. Cocok untuk penyimpanan sayuran, buah-buahan, dan juga daging-dagingan.

chest freezer aqua japan
Sumber: https://aquajapanid.com/ Recreated by Writer


Desain chest freezer buatan Jepang ini berbentuk box dengan desain warna hampir seluruhnya berwarna cerah. Saat ini frezeer box dari AQUA Japan ini memiliki 23 type yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Tersedia dalam berbagai ukuran kapasitas penyimpanan, mulai dari 100 - 200 L, 200 - 300 L, 300 - 500 L, dan kapasitas 500>. 

Setiap type mempunyai kelebihan masing-masing dengan harga yang bervariatif sesuai dengan jenisnya, mulai dari harga 3 jutaan sampai dengan 18 jutaan.

Nah tunggu apalagi, kalau kamu mencari chest freezer yang berkualitas, pastinya AQUA Japan saja. Dijamin akan membuat makanan segar anda tetap terjaga dan tahan lama.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.