10 INVESTASI YANG MENGUNTUNGKAN UNTUK PEMULA

Semakin berkembang teknologi, maka semakin berkembang pula fasilitas dan sarana dalam pengelolaan finansial. Dulu kita hanya mengenal istilah menabung sebagai tempat “menyelamatkan” uang untuk masa depan. Namun belakangan ini semakin banyak sarana dan fasilitas secara digital untuk melakukan investasi uang kita baik jangka panjang maupun jangka pendek. Dan berikut adalah 10 investasi yang menguntungkan untuk pemula, cocok bagi para milenial muda saat ini.

investasi yang menguntungkan bagi pemula
Source: Canva
Recreate: by Writer



Investasi yang menguntungkan untuk pemula

1. DEPOSITO

Investasi yang menguntungkan pertama adalah Deposito. Investasi ini menyimpan uang di bank untuk jangka waktu tertentu dengan jumlah tertentu yang sudah disepakati di awal investasi. Biasanya 1, 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Nominal yang disetor di awal pun bervariasi, mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan milyaran rupiah.

Memilih investasi yang aman memang tidak mudah. Namun investasi ini paling populer di masyarakat dan hampir semua lapisan masyarakat mengenal jenis investasi ini, bahkan sudah banyak yang memilikinya.

Dengan melakukan investasi ini, nasabah akan mendapatkan suku bunga tertentu setiap bulannya yang sudah disepakati di awal. Setiap bank akan menawarkan suku bunga kompetitif, jadi jelilah sebelum memutuskan untuk memilih deposito. Pertimbangan lainnya juga pastikan bank yang anda pilih adalah bank yang aman dan terpercaya.

2. BARANG-BARANG ANTIK

Tidak hanya dijadikan barang pajangan atau hiasan di rumah, barang antik belakangan ini menjadi salah satu cara untuk investasi yang menguntungkan dan cukup menjanjikan.

Jika anda seorang kolektor barang antik, bisa menjualnya dengan harga yang cukup fantastis, apalagi barang-barang antik itu memiliki sejarah panjang, keunikan tersendiri, dan banyak dicari orang. Pastinya harganya akan sangat tinggi. Salah satu koleksi barang antik ini adalah mobil, motor, lukisan, dan lainnya. Dan dijamin investasi ini investasi yang aman dan menguntungkan.

3. EMAS

Belakangan ini investasi emas sedang banyak digandrungi oleh banyak investor yang hendak menyimpan uangnya. Deposito emas ini bisa dalam bentuk emas batangan, tabungan emas online, atau emas perhiasan.

Investasi emas ini menjadi. Kenapa ? Karena anda dapat memulainya dengan emas mulai dari 0,5 gram, sampai dengan 1 kilogram. Bahkan jika menabung emas secara online, anda dapat memulai menyicilnya dengan di dibawah 50 ribu rupiah.

investasi emas
Source: Canva


Harga emas cenderung naik setiap waktu, sehingga deposito ini masuk dalam investasi yang menguntungkan. Namun jika anda memutuskan untuk melakukan investasi dalam bentuk tabungan emas online, maka perhatikan penyedia jasanya aman dan terpercaya, sudah terdaftar di OJK yang pastinya diawasi oleh pemerintah.

4. PROPERTI

Investasi properti adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Harga properti naik sekitar 10-20% setiap tahunnya, sehingga sangat layak untuk dijadikan salah satu pilihan investasi. Namun tentu saja investasi ini membutuhkan uang yang lebih banyak. Uang yang dihasilkan nantinya bisa dalam bentuk bunga, royalti, dividen, pendapatan sewa, dan lainnya.

Investasi properti jarang sekali mengalami penurunan, jikapun mengalami penurunan, maka akan kembalinya juga dengan cepat. Anda bisa melakukan investasi dalam bentuk tanah, rumah, kos-kosan, ruko, dan lainnya. Pastikan jika anda akan melakukan investasi dalam bentuk properti, anda sudah memperhitungkannya dengan sangat matang, karena risikonya sangat tinggi. Karena investasi properti bukan investasi menguntungkan dengan modal 10 juta saja, tapi lebih bahkan berlipat-lipat dari itu.

5. PEER to PEER (P2P) LENDING

Peer to Peer Lending merupakan investasi dengan cara meminjamkan modal kepada pihak lain, semisal para pelaku UMKM. Cara kerjanya adalah orang yang meminjamkan modal akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan oleh para peminjam.

Investasi ini banyak diminati oleh para pemula dan generasi milenial karena dapat dimulai dengan modal seminim mungkin, seperti 100 ribu saja. Investasi yang menguntungkan untuk pemula ini tetap memiliki resiko, sehingga sebelum memilih investasi ini, pastikan aturan P2P Lending ini jelas aturannya dan sudah diawasi oleh OJK.

6. REKSADANA

Pilihan investasi yang menguntungkan dan aman lainnya dan juga cukup populer di masyarakat adalah Reksadana. Reksadana sendiri adalah himpunan dana dari para investor dimana pengelolaannya dilakukan oleh seorang manajer investasi profesional yang akan menyebar uangnya di pasar uang untuk mendapatkan keuntungan. Investasi ini sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan karena bisa dimulai dengan nominal rendah.

Terdapat empat jenis reksadana yaitu Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Campuran, dan Reksadana Saham. Biasanya keuntungan dari reksadana lebih besar dibandingkan dengan bunga deposito, bisa mencapai 20% per tahunnya. Menjanjikan bukan? Namun untuk mendapatkan keuntungan besar, pastikan memilih manajer investasi terbaik dengan mengecek track record-nya di pasar uang.

7. SAHAM

Pilihan lainnya untuk investasi yang menguntungkan adalah jual beli saham. Namun sebelum anda terjun dalam investasi yang memiliki resiko tinggi ini, anda wajib banget mempelajari cara kerjanya dan pastikan anda paham dalam mengelolanya. Jika anda sudah paham, maka akan benar-benar memberikan keuntungan yang luar biasa.

Jangan tergiur dengan tawaran-tawaran investasi dan terburu-buru untuk mengambilnya, jika anda belum memahaminya dengan baik. Diskusi dengan kolega atau yang sudah berpengalaman dalam mengelola saham sampai menguntungkan.

8. OBLIGASI atau SURAT BERHARGA NASIONAL (SBN)

Adalah jenis investasi dalam bentuk surat utang yang diterbitkan oleh pihak negara maupun pihak swasta. Investasi ini bisa menguntungkan dalam bentuk bunga atau kupon secara terbuka. Investasi yang dijamin oleh pemerintah ini dapat memberikan keuntungan sekitar 6%. Adapun risiko investasi obligasi ini berupa risiko suku bunga, likuiditas, dan risiko pasar.

Adapun jenis investasi SBN ini adalah Saving Bond Ritel (SBR) yaitu obligasi negara, Suku tabungan berupa Surat Berharga Syariah Negara, dan Obligasi Negara Ritel (ORI) berupa Surat Utang Negara yang dijual pada investor ritel. Investasi ini termasuk juga investasi yang menguntungkan di masa pandemi.

9. VALUTA ASING (VALAS)

Buat anda yang hobi jalan-jalan ke luar negeri seperti saya, investasi jenis valuta asing atau valas ini sangat menguntungkan. Karena setiap hari valas ini mengalami kenaikan dan penurunan yang lumayan signifikan.

Cara membuat valas ini menguntungkan adalah dengan membeli valas ketika harga sedang turun. Jual kembali ketika sedang naik. Selisihnya ini yang akan menjadi keuntungan anda. Jika kursnya sedang melemah lebih baik simpan saja dahulu valas yang anda miliki, tidak usah terburu-buru untuk dijual.

10. CRYPTOCURRENCY

Mata uang kripto belakangan ini menjadi salah satu cara investasi yang menguntungkan dan banyak diminati oleh beberapa kalangan. Kemunculannya yang baru-baru ini banyak menyita perhatian berbagai kalangan, apalagi setelah booming dan menjadi pembahasan di dunia, membuat banyak orang beralih ke jenis investasi terbaru ini.

cryptocurrency indonesia
Source: Canva


Definisi cryptocurrency sendiri adalah mata uang digital yang dapat digunakan sebagai alat transaksi di seluruh dunia dengan menggunakan konsep kriptografi sebagai jaminan keamanannya. Beberapa mata uang kripto yang belakangan beredar sudah cukup banyak diantaranya adalah Bitcoin (BTC), yang merupakan mata uang kripto terbesar saat ini, ada juga Eutherem (ETH), Tether (USDT), U.S. Dollar Coin (USDC), Binance Coin (BNB), Binance USD (BUSD), XRP Coin (XRP), Cardano (ADA), Solana (SOL), Dogecoin (DOGE), dan lainnya.

Keuntungan yang didapat dalam investasi mata uang kripto ini adalah dari capital gain ketika sedang naik. Harga mata uang kripto ini bisa naik kapan saja, sehingga anda sebagai pemiliknya wajib melakukan monitoring pergerakannya setiap saat jika anda hendak menjualnya.

Namun, sebelum anda melakukan investasi yang memiliki risiko tinggi ini, wajib banget memilih tempat penjualan kripto yang aman dan terpercaya dan masuk dalam aplikasi investasi yang menguntungkan. Salah satunya adalah di Indodax. Indodax dengan nama lengkap PT Indodax Nasional Indonesia merupakan salah satu platform jual beli aset kripto terbesar yang ada di Indonesia. Penggunanya sudah mencapai hampir 5.5 juta member dan  sudah terverifikasi.

Aplikasi yang aman menurut OJK ini, memiliki banyak keuntungan diantaranya: 

  • Pembelian uang kriptonya dapat dilakukan di seluruh bank lokal yang ada di Indonesia.
  • Di Indodax semua calon pembeli aset digital dapat melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang kripto kapan saja dan dimana saja, karena layanan yang diberikan non stop selama 24 jam alias secara global tanpa terikat oleh waktu.
  • Anda akan mendapatkan biaya trading dan biaya persentase penarikan dimulai dengan 0%. Sangat menguntungkan para nasabahnya bukan?.
  • Proses layanan transaksi yang cepat dan aman.
  • Dapat diakses dengan mudah dan dari mana saja serta kapan saja.
  • Memiliki fitur Kalkulator Aset Kripto. Keuntungan lain yang diberikan oleh aplikasi Indodax adalah tersedianya fitur Kalkulator Aset Kripto yang sangat bermanfaat bagi para nasabahnya. Fitur ini dapat dengan mudah mengkonversi 1 trx berapa rupiah atau satuan mata uang lainnya dengan cepat dan mudah. Pastinya memudahkan nasabahnya dalam mengkonversi setiap mata uang digital ke nilai rupiah.

Wah ternyata banyak sekali ya keuntungannya. Makin penasarankan cara kerjanya seperti apa, namun masih bingung bagaimana memulainya?. 

Jika anda masih bingung cara kerjanya investasi mata uang kripto ini, Indodax menyediakan platform Indodax Academy yang bisa diakses oleh siapapun dan  manfaatkan fitur ini untuk belajar tentang mata uang kripto mulai dari hal-hal dasar, proses kerjanya, peraturan, serta kebijakan pemerintah terkait dengan mata uang digital ini yang sedang tren ini. Bahkan kamu juga bisa mempelajari tentang blockchain.

Setelah anda mengetahui banyak keuntungan dari aplikasi Indodax ini, yuk mulai berinvestasi, apalagi aplikasi ini sudah dijamin aman oleh OJK, sudah terdaftar di BAPPEBTI dan Kominfo, dan juga sudah memiliki sertifikasi ISO yaitu ISO 90001, ISO/IEC 27001, dan ISO/IEC 27017. Anda dapat mengaksesnya di website resminya atau mengunduhnya di mobil app.

Yuk berkunjung ke websitenya atau unduh aplikasinya untuk memulai investasi mata uang kripto di Indodax. Atau kamu sudah memiliki akun di Indodax? Boleh banget sharing di kolom komentar ya.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.