PELUANG USAHA FRANCHISE INDOMARET & BISNIS PROPERTI

Usaha franchise belakangan ini menjadi salah salah satu lahan bisnis yang banyak diminati oleh banyak orang. Contoh bisnis franchise adalah usaha franchise non makanan seperti retail, sampai dengan bisnis franchise properti. Salah satu usaha franchise terlaris adalah Indomaret.

franchise indomaret


Indomaret menjadi salah satu potensi bisnis franchise yang banyak dilirik oleh para pebisnis. Digadang-gadang bisnis ini memberikan peluang emas untuk menghasilkan uang. Pastinya anda penasaran berapa kisaran untuk pembukaan franchise yang sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia ini. Dan dengan mengetahui berapa modal awal yang dibutuhkan, anda dapat mempersiapkan dan mengatur sebaik mungkin modal tersebut.

TIPS BISNIS FRANCHISE INDOMARET: BISNIS FRANCHISE TERLARIS

1. Modal untuk membulai bisnis Indonemaret

Anda pastinya penasaran, berapa modal awal untuk dapat bergabung dengan franchise Indomaret? Ini dia kisaran modal awal yang dibutuhkan untuk bergabung dengan usaha Indomaret:

  • Franchise fee 5 tahun yang sebesar Rp. 36.000.000,-
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko yang sebesar Rp. 9.500.000,-
  • Renovasi dan tambah daya listrik yang sebesar Rp. 170.500.000,-
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik yang sebesar Rp. 178.000.000,-

2. Syarat untuk membuka bisnis indomaret

Untuk syaratnya cukup mudah, anda cukup melengkapi data-data berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki lokasi tanah antara 120 - 200 meter persegi
  • Memiliki Izin Usaha Minimarket
  • Memiliki dana investasi
  • Memiliki jiwa entrepreneur
  • Mempelajari sistem waralaba Indomaret dengan serius

Ternyata mudah sekali persyaratannya. 

3. Cara memulai membuka bisnis Indomaret

Setelah anda mengetahui berapa modal yang dibutuhkan, selanjutnya ada wajib mengetahui persyaratan untuk bergabung dalam franchise Indomaret ini. Lalu bagaimana cara memulai bisnis Indomaret agar menguntungkan?

Mencari lokasi

Mencari lokasi yang tepat dan sesuai dengan persyaratan dari  pengelola bisnis waralaba Indomaret ini yaitu sekitar 120-200 meter persegi.

Presentasi Strategi Bisnis

Melakukan presentasi awal untuk membahas strategi bisnis yang akan dijalankan dalam waralaba Indomaret.

Survei Lokasi Usaha

Melakukan survei tempat usaha untuk menilai apakah lokasi strategis dan memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Survei ini sangat penting untuk keberlangsungan investasi Indomaret anda.

Evaluasi KKI

Melakukan pengukuran dan evaluasi KKI secara tepat, karena kedua hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis Indomaret yang akan dibuka tersebut.

Membuat Perjanjian Kerjasama

Melakukan perjanjian kerjasama dan pembayaran biaya franchise Indomaret sesuai dengan angka yang sudah ditentukan.

Mengurus Izin Usaha

Mengurus semua kelengkapan Izin Usaha Minimarket sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan. Misalnya:

  1. Izin Menggunakan Bangunan (IMB) atau Izin Penggunaan Bangunan (IPB) Ruko.
  2. Undang-Undang Gangguan (UUG) atau Hinder Ordonnantie (HO).
  3. Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  4. Izin Usaha Toko Modern (IUTM) atau Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS).
  5. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  7. Pengusaha Kena Pajak (PKP).
  8. Dan izin usaha lain.

Izin usaha ini harus sudah didapatkan sebelum bisnis Indomaret anda dimulai.

Membangun Fisik Indomaret

Melakukan pembangunan toko fisik atau melakukan renovasi gerai Indomaret sesuai kebutuhan dan sesuai dengan persyaratan.

Pembukaan Gerai

Melakukan pembukaan gerai Indomaret dan memenuhi estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Melakukan Promosi Awal

Lakukan promosi semenarik mungkin agar banyak konsumen yang tertarik untuk berkunjung dan berbelanja ke gerai Indomaret yang baru dibuka. Promosi ini bisa juga anda iklan di e-commrce online juga. Karena sekarang semua orang menggunakan internet.

Sekarang anda sudah mengetahui cara bergabung dan memulai usaha franchise Indomaret. Dan setelah mengetahui berapa biaya franchise Indomaret, persyaratannya apa saja, serta cara memulai usaha Indomaret, pastinya sudah ada gambaran apa saja yang harus dipersiapkan dan pastinya franchise Indomaret rugi tidak akan dialami jika semua sudah dipersiapkan dengan matang.

Tertarik? Atau anda sudah memiliki gerai Indomaret? Boleh banget sharingnya, bisa jadi inspirasi atau insight untuk orang lain yang baru akan memulai usaha ini.

BISNIS FRANCHISE PROPERTI: BISNIS FRANCHISE AMAN DAN MENGUNTUNGKAN

Bisnis franchise kedua yang ingin saya bahas adalah bisnis franchise properti. Jika anda mencari bisnis franchise di bawah 5 juta, sepertinya untuk franchise properti belum memungkinkan. Sehingga anda harus hati-hati dalam memulai bisnis ini dan harus mempelajari secara detail tips bisnis properti.

Lalu bagaimana cara membuka usaha franchise properti agar aman dan menguntungkan. Ini dia beberapa tips usaha franchise properti yang wajib anda ketahui.

bisnis properti


1. Dimulai dari zero pengalaman

Segala sesuatu yang dimulai dari zero pengalaman akan membuat anda berjuang lebih keras lagi. Namun jika anda baerhasil kebahagiaan dan kepuasan sudah tidak bisa diungkapkan lagi.

Memulai bisnis dari zero membuat anda lebih kritis, pantang menyerah, dan akan melewari banyak rintangan yang justru membuat dan melatih diri anda. Setiap kali anda gagal, akan memberikan pembelajaran yang membuat anda lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

2. Mulai dari lingkungan sekitar

Membranding diri sebagai bisnisman yang bergerak dalam bidang properti bisa dimulai dari lingkungan sekitar anda. Yaitu keluarga, teman-teman sekitar. Dengan banyak mengobrol bersama mereka, anda akan mendapatkan informasi banyak tentang kebutuhan mereka akan properti.

3. Rajin melihat iklan tentang properti

Salah satu cara meningkatkan pengetahuan anda dalam memulai bisnis properti adalah dengan melihat iklan-iklan terkait properti. Dari iklan-iklan ini anda akan mengetahui daftar franchise properti yang ada. Juga mendapatkan insight banyak soal strategi beriklan, harga, layanan yang diberikan, daerah yang potensial untuk dibangun, serta segmen properti yang potensial. Sehingga dengan data tersebut anda dapat menyusun strategi dalam mengembangkan bisnis properti anda.

4. Tentukan jenis bisnis

Setelah mengetahui pasar potensialnya, selanjutnya adalah anda wajib menentukan jenis properti apa yang akan anda kembangkan. Semisal kosan ekslusif, apartemen mahasiswa, apartemen karyawan, ruko, tanah, atau lainnya.

5. Pilih partner kerja yang se-visi dan se-misi

Memilih partner kerja harus lah hati-hati, terlebih jika anda menggunakan modal yang sangat besar. Agar anda tidak kehilangan modal anda, memilih partner yang tepat yang memiliki visi misi yang sama sangatlah penting. Partner di sini dapat berupa investor, klien, atau bahkan partner modal anda.

6. Buat merek usaha yang berbeda dan unik

Langkah penting lainnya dalam membuka usaha franchise properti adalah memberikan nama yang unik dan berbeda dari orang lain. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena jika terjadi kesamaan dengan merek orang lain, akan memberkan dampak yang kurang baik untuk kedua belah pihak.

7. Lakukan promosi

Keberadaan sebuah website usaha menjadi salah satu bentuk profesionalisme kerja. Termasuk jika anda memiliki usaha franchise properti. Selain itu keuntungan memiliki website adalah usaha anda semakin dikenal dengan jangkauan luas, karena website menjadi salah satu promosi minim budget untuk usaha. 

Selain dari website, anda juga dapat melakukan promosi usaha properti anda melalui sosial media atau bekerja sama dengan para blogger atau influencer. Pelajari juga bagaimana cara membuat logo yang menarik untuk usaha anda.

8. Pilih karyawan yang kompeten

Setelah usaha anda berjaland engan baik apalagi jika usahanya semakin besar, anda membutuhkan karyawan untuk membantu pekerjaan harian anda. Pastikan memilih karyawan yang kompeten dibidangnya, right man in the right place. Karena jika memilih karyawan yang tidak sesuai kompetensinya, bisa-bisa usaha anda malah merugi.

9. Membuat target yang realistis

Jangan lupa juga untuk membuat target yang realistis dalam menjalankan usaha properti anda, buat strategi short term dan long term. Termasuk menentukan goal anda untuk memiliki perkantoran sendiri untuk usaha properti anda.

Selain franchise retail, properti, anda juga dapat mengembangkan usaha dalam bidang franchise yang lain seperti franchise makanan, franchise laundry, sewa mobil, dan lainnya.

Itu dia beberapa tips membuka bisnis properti. Jika anda mempunyai tips lain berdasarkan pengalaman anda tentang membangun franchise potensial ini, boleh share di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.