ETIKA SARAPAN DI HOTEL YANG WAJIB KAMU TAHU

Kamu sering bolak-balik menginap di hotel semisal karena urusan bisnis, terus kamu ambil paket menginap dengan sarapan pagiApalagi belakangan ini istilah staycation sedang booming banget ya dan kamu sering melakukannya. Jika iya, kamu wajib banget tahu beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan ketika sarapan di hotel. Terutama jika kamu menginap di hotel berbintang.

etika sarapan di hotel
Source: Canva
Recreated by Writer


Dan momen sarapan menjadi salah satu momen penting untuk mengambil photo, terlebih jika hotelnya sangat estetik. Sehingga kamu wajib tahu tata cara makan di hotel atau etika apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Dan ini dia beberapa etika sarapan di hotel yang wajib kamu ketahui.

Etika sarapan di hotel yang wajib kamu ketahui

1. Jangan gunakan sandal kamar

Sandal kamar kotel penggunaannya hanya untuk di dalam kamar hotel, tidak di luar kamar. Selain itu lantai hotel biasanya agak sedikit licin dan sandal hotel didesain tips sehingga lebih licin, karena memang penggunaanya hanya untuk di kamar hotel. Sehingga dapat berbahaya jika digunakan di luar kamar, kamu bisa terpeleset.

2. Jangan gunakan baju tidur saat sarapan

Saat sarapan kamu akan bertemu dengan banyak orang, maka gunakan pakaian yang sopan. Jangan gunakan baju tidur atau piyama saat sarapan. Mungkin tidak petugas hotel atau tamu lain tidak akan menegur tapi hormati diri kita dengan berpakaian rapi, sopan, sesuai peruntukannya. Karena baju tidur ya untuk tidur bukan untuk digunakan sarapan di tempat umum.

3. Melapor kepada petugas dari kamar berapa

Sebelum masuk resto biasanya petugas akan bertanya tamu dari kamar berapa. Jika mereka sedang tidak ada di tempat, maka lakukan kewajiban anda dengan melapor kepada petugas, ketika mereka sudah ada. Karena biasanya mereka akan membuat laporan berapa jumlah tamu yang makan.

4. Berkeliling terlebih dahulu

Untuk mengetahui menu makanan apa saja yang ada, maka kelilinglah ke semua area resto, sehingga kamu akan tahu menu makanan mana yang akan kamu pilih. Hal ini juga kamu menghindari melewatkan menu makanan kesukaan kamu.

5. Budayakan antri saat mengambil makanan

Adakalanya saat kita sarapan di hotel, even itu hotel mewah kita harus antri karena tamu datang berbarengan. Jadi antrilah ketika mengambil makanan. Atau kamu bisa memilih menu lain yang sepi atau tidak ada tamu yang mengantri.

6. Ambil makanan secukupnya

Etika ketiga kesarapan di hotel adalah, ketika mengambil makanan, ambillah secukupnya jangan berlebihan apalagi sampai terbuang. Ambil makanan secukupnya sedikit demi sedikit, setelah habis kamu boleh mengambil menu yang lain. Jangan membuat meja penuh, dengan mengambil makanan sekaligus.

etika sarapan di hotel
Source: Canva


Makan secukupnya atau sedikit demi sedikit juga dapat membantu kamu mencicipi semua makanan yang ada. Sehingga kamu mendapatkan pengalaman baru untuk makanan-makanan baru.

Selain kamu mengambil makanan secukupnya tujuannya adalah agar makanan kamu habis. Sehingga tidak ada makanan yang terbuang. Ingat di luaran sana, masih banyak yang kekurangan makanan. Jadi habiskan makanan yang sudah kamu ambil.

7. Jangan sentuh makanan atau minuman dengan tangan

Etika lain yang wajib kamu ketahui ketika sarapan di hotel adalah dengan tidak menyentuh makanan atau minuman dengan tangan kamu. Selain tangan kamu belum tentu bersih, jika dilihat oleh tamu lain, tentu saja akan sangat menganggu kenyamanan orang lain.

Gunakan sendok atau garpu jika ingin mengambil atau mencicipinya dan gunakan piring kecil yang tersedia.

8. Gunakan piring bersih untuk mengambil makanan lain

Jika kamu selesai memakan satu menu dan ingin menyantap menu lainnya, gunakan piring bersih. Jangan menggunakan piring yang sama berulang kali. Agar rasa makanan kamu tetap netral. Artinya tidak bercampur dengan bumbu makanan sebelumnya.

9. Makan dan minum secara perlahan

Makan dan minumlah dengan hati-hati jangan terburu-buru yang akan membuat kamu tersedak atau malah justru ga menikmati makanannya. Jangan makan bersuara agar tidak mengganggu orang lain.

Selain menghormati sendiri dengan menerapkan etika, kamu juga sudah menjaga orang lain dari ketidaknyamanan. Saya termasuk orang yang sangat terganggu ketika mendengar orang yang makannya bersuara. Dapat mengurangi nikmatnya makan.

10. Jangan bersin atau batuk di depan makanan atau minuman

Ini etika yang wajib kamu ketahui juga ketika sarapan di hotel, jangan pernah bersin atau batuk depan makanan. Selain dapat menyebarkan bakteri hal ini juga akan membuat orang lain terganggu.

11. Jaga kenyamanan tamu lain

Ketika kamu sarapan bersama teman-teman, jangan pernah berisik, jaga kenyamanan tamu lain. Beberapa kali saya melihat beberapa orang sarapan di hotel, mereka akan mengobrol sambil tertawa terbahak-bahak tanpa memperdulikan kenyamanan tamu lain.

12. Jangan bungkus sarapan hotel

Kita harus menambah biaya tambahan sarapan di hotel, namun bukan berarti bisa membungkus makanan atau minuman hotel. Jadi jangan bungkus sarapan hotel baik itu makanan atau minuman ke luar dari area restoran.

Etika sarapan tidak tertulis ini wajib kamu ketahui, sebagai bentuk menghormati aturan hotel. Jikapun kamu sangat ingin makanan tersebut misalkan karena terlalu kenyang, kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada petugas resto.

13. Kondisikan anak

Etika sarapan di hotel lainnya yang wajib kamu perhatikan ketika membawa anak. Jika kamu sarapan membawa anak, kamu bisa mencari temat duduk yang nyaman untuk anak, atau misalkan ada kursi anak, dudukan mereka di kursi tersebut.

etika sarapan di hotel bersama anak
Source: Canva


Bantu anak pilihkan makanan kesuakaannya. Agar mereka nyaman dan tidak mengganggu tamu lain. Bantu atau arahkan mereka ketika makan dengan rapi agar tidak mengotori tempat makan dan sekitarnya.

14. Kembalikan sendok garpu makanan 

Jangan lupa kembalikan sendok, garpu atau alat lainnya yang disediakan ke tempat semula, ketika setelah mengambil makanan. Sehingga orang lain akan mudah ketika akan mengambil makanan.

15. Bantu rapikan

Di negara kita belum terbiasa dengan self service di hotel. Mari kita biasakan bantu meringankan staff restoran misalnya dengan merapikan kursi bekasi duduk, jangan membuat makanan atau minuman berserakan di meja makan. Atau satukan makanan sisa di satu tempat sehingga nanti petugas tinggal membuangnya saja.

Nah itu dia etika sarapan di hotel yang wajib kamu ketahui. Kamu ada tips lain, boleh banget sharing di kolom komentar ya.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.