REVIEW Atma APLIKASI PENYEDIA LOWONGAN KERJA

Menjadi freelancer full-time di rumah, kadang ada titik jenuh. Mungkin karena pas berbarengan dengan pandemi, sehingga pekerjaan freelance semuanya online. Dan ketika sedang jenuh, kita pun belum bisa pergi kemana-mana untuk refresh lelahnya fisik dan mental kita. Sekarang, melihat banyak orang yang kembali ke kantor, belakangan ini kepikiran untuk kembali kerja kantoran lagi. Dan mulai mencari-cari aplikasi penyedia lowongan kerja yang terpercaya.

Buat kamu yang sudah lama tidak bekerja kantoran, pastinya banyak yang harus disiapkan ulang jika ingin mendapatkan pekerjaan kembali. Saya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan idaman seperti dulu ataupun buat kamu yang baru pertama kali melamar pekerjaan.

aplikasi penyedia lowongan kerja
Source: Canva
Recreated by Writer


Tips Mendapatkan Pekerjaan Idaman

Untuk mendapatkan pekerjaan impian, tentunya banyak yang harus kamu persiapkan. Mulai dari hal teknis sampai dengan mempersiapkan kemampuan diri untuk posisi yang diinginkan. Dan ini dia beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan idaman kamu agar cepat dipanggil oleh perusahaan.

1. Buat CV yang menarik

Buat curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang lebih Applicant Tracking System (ATS) friendly. Informasinya dengan CV yang ATS friendly, potensi dipanggil akan lebih tinggi. Kamu dapat menemukan beberapa aplikasi untuk pembuatan CV yang ATS friendly di internet.

2. Tingkatkan skill

Selagi kamu mencari pekerjaan, jangan lupa tetap upgrade kemampuan diri. Baik soft skill maupun hard skill. Misalnya dengan mengikuti webinar, short course, bergabung dengan beberapa komunitas pencari kerja dimana mereka akan sharing tentang kemampuan dan potensi diri yang harus dikembangkan, atau dengan cara membaca buku, dan lainnya. Semakin kamu memiliki banyak kemampuan, semakin besar potensi dilirik oleh perusahaan.

3. Manfaatkan sosial media

Selain untuk eksplor diri, media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan. Buat profil diri semenarik mungkin dan portofolio pengalaman kerja kamu di media sosial. Selain itu banyak media sosial yang menginformasikan tentang lowongan kerja dari situs-situs terpercaya dan biasanya justru lebih update. Disinilah kamu berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan. 

4. Manfaatkan relasi

Memiliki relasi yang luas pastinya sangat menguntungkan. Salah satunya adalah untuk mencari pekerjaan. Belakangan ini banyak perusahaan lebih memilih merekrut karyawan melalui hasil rekomendasi dari pekerja lainnya. Karena informasi kualitas kandidat lebih valid apalagi untuk pekerjaan profesional.

Jadi bangun relasi seluas mungkin, jika pun kamu tidak direkomendasikan oleh relasi kamu, setidaknya kamu mengetahui lowongan kerja lebih cepat.

5. Manfaatkan aplikasi pencari kerja

Memanfaatkan aplikasi pencari kerja menjadi salah satu pilihan dalam mendapatkan pekerjaan impian. Namun pastikan kamu memilih aplikasi penyedia lowongan kerja yang aman dan terpercaya. Saya menggunakan aplikasi pencari kerja Atma untuk pengembangan karir saya kedepannya.

Mengenal Atma, Aplikasi Penyedia Lowongan Kerja Untuk Profesional Pemula dan Fresh Graduate

Aplikasi penyedia lowongan kerja Atma merupakan aplikasi baru yang sudah bisa kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi yang sangat user friendly dan unik dalam sistem pengisian datanya, cocok sekali untuk para profesional pemula seperti saya, juga untuk kamu yang baru saja lulus alias fresh graduate, dan juga para pencari kerja lainnya.

cari kerja idaman di atma
Source: https://atma.co.id/


Dalam aplikasi Atma, pencari kerja dapat menemukan pekerjaan full time maupun part time. Setelah mengunduhnya kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri. Cara mengisinya pun sangat unik dan ga ngebosenin. Konsep pengisian datanya seperti sedang chat dengan orang HRD. Kamu akan ditemani dengan Robot Tama dalam mengisi data kamu. Seru kan?.

Cara Mendaftar di Aplikasi Atma

Untuk mendaftar di aplikasi Atma sangatlah mudah. Kamu hanya butuh smartphone dan waktu beberapa menit saja. Terpenting kamu lengkapi data-datanya, setelah itu kamu dapat menggunakan semua fitur yang tersedia. Dan ini dia langkah untuk melakukan pendaftaran di Atma.

  • Unduh aplikasi Atma di Palystore.
  • Instal aplikasi Atma di HP kamu.
  • Siapkan nomor HP dan email aktif untuk pendaftaran.
  • Setelah proses instal selesai, kamu akan disuguhkan pada halaman depan dan diminta untuk  mengisi nomor HP aktif kamu.
  • Masukkan nomor HP, tunggu OTP dikirim. Jika sudah masukan nomor OTP.
  • Setelah masuk ke aplikasi, lanjutkan mengisi data diri dengan menjawab semua pertanyaan yang diajukan Robot Tama, seperti dari nama lengkap, tanggal lahir, pendidikan, pengalaman kerja, penghasilan sebelumnya, dan lainnya.
  • Lengkapi dokumen, pengalaman kerja, dan data lainnya.
  • Setelah data lengkap, maka Atma akan menampilkan kartu Atma kamu yang bisa diedit kapan saja dan di mana saja.


persyaratan lamaran kerja
Source: Personal Photo
Edited by Canva


Mengenal Fitur dan Manfaat Aplikasi Pencari Kerja Atma

Aplikasi Atma memiliki beberapa fitur tersedia yang dapat dimanfaatkan. Fitur utamanya terdiri dari Fitur Pekerjaan, Fitur Komunitas, Fitur Chat, dan Fitur Akun. Yuk kita bahas satu-satu manfaat dan isinya apa saja.

1. Fitur Pekerjaan

Fitur pertama yang dapat kamu temukan pada Atma yang berada di halaman depan adalah Pekerjaan. Ketika kamu klik, fitur ini mempunyai beberapa fitur turunannya. 

  • Sikattt! yaitu berisi lowongan kerja yang yang direkomendasikan sesuai dengan minat, background pendidikan, pengalaman kerja, dan lainnya sesuai dengan data yang kamu input di awal. Dalam fitur Sikat juga menampilkan persyaratan lamaran kerja yang harus dipenuhi. Lengkap sekali.
  • Rekomendasi Atma yaitu berisi tentang lowongan kerja yang sesuai dengan profil kamu.
  • Gaji Tinggi yaitu fitur yang akan memfilter gaji sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Paling Dekat yaitu fitur untuk merekomendasikan lowongan pekerjaan yang dekat dengan domisili yang sudah kamu isi sebelumnya.
  • Terbaru yaitu lowongan kerja terbaru yang masuk ke aplikasi Atma, sehingga kamu akan selalu update, mana informasi lowongan pekerjaan lama dan terbaru.


aplikasi pencari kerja
Source: Personal Photo
Edited by Canva


Dengan fiturnya yang selengkap ini, pastinya kamu dapat menemukan dan cari kerja idaman di Atma.

2. Fitur Komunitas

Karena Atma adalah aplikasi pencari kerja yang berbasis komunitas, pastinya tersedia fitur Komunitas. Ada banyak komunitas yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan untuk pengembangan karir kamu dan kamu dapat bergabung kapan saja. 

Kamu dapat memilih maksimal 10 dari komunitas yang tersedia. Ada Komunitas Bahasa Inggris, Curhat Karir, Komunitas Andalan Atma, Komunitas Persiapan Kerja, sampai dengan Komunitas Ngobrol Santuy. 

Semuanya dapat kamu nikmati dan manfaatkan untuk mencari lowongan kerja sampai dengan meningkatkan kemampuan diri serta pengembangan karir kedepannya.

3. Fitur Chat

Fitur chat dapat digunakan untuk melakukan chating dengan para penyedia lowongan kerja. Fitur ini digunakan jika mereka tertarik dengan CV kamu dan ingin mengetahui kamu lebih banyak lagi.

Sehingga penyedia lowongan kerja dan kamu dapat berkomunikasi dua arah kapan saja dan di mana saja. Jadi wajib rajin-rajin cek aplikasinya agar tidak terlewat dengan chat yang dikirim oleh penyedia lowongan kerja.

4. Fitur Akun

Fitur terakhir yang dapat kamu manfaatkan pada aplikasi pencari kerja Atma adalah Fitur Akun. Dalam fitur akun kamu dapat melihat kartu Atma yang berisi profil singkat kamu berdasarkan data yang sudah kamu isi sebelumnya.


pengembangan karir
Source: Canva
Recreated by Writer


Setelah data pendaftaran terisi dengan lengkap, maka kamu akan mendapatkan kartu Atma yang berisi profil singkat kamu. Yaitu berisi tentang Foto Profil, Nama Lengkap, Job Title Terakhir, Total Pengalaman Kerja, Pendidikan Terakhir, Domisili, dan jika juga menampilkan Pengalaman Kerja seperti nama perusahaan, lama bekerja, dan posisi atau jabatan.

Kamu bisa mengedit profil tersebut kapan saja dan dimana saja, sesuai dengan pekerjaan terbaru kamu.

Dalam fitur Akun juga tersedia menu untuk melakukan editing data profil yaitu berupa Perbaharui Kartu Atma, Ganti Type Pekerjaan, Upload Dokumen, dan menu Bagikan Kartu Atma.

Selain itu juga tersedia ringkasan jumlah komunitas yang kamu ikuti berupa Aktivitas Komunitas Saya, Pengaturan, Bantuan, Beritahu Teman Soal Atma, dan juga menu Keluar dari aplikasi Atma.

5. Fitur Bagikan dan Notifikasi

Di halaman utama terdapat juga fitur Bagikan Melalui WA, yaitu membagikan ke WA tentang aplikasi Atma. Dan sebelahnya tersedia fitur Notifikasi, menu ini memberikan informasi atau notif dari menu-menu lainnya. Misalnya jika ada informasi lowongan kerja terbaru, jika ada komunitas yang memberikan informasi, ada informasi webinar, dan lain sebagainya.

aplikasi kerja atma
Source: Personal Photo
Edited by Canva


Lengkap banget ya, jadi cari idaman kerja di Atma saja. Fiturnya lengkap, dan mengakomodir semua kebutuhan kamu dalam mencari lowongan pekerjaan.

Cari Kerja Idaman di Atma dengan Mengunduh Aplikasinya

Aplikasi penyedia lowongan kerja dan pengembangan karir yang berbasis komunitas ini, memiliki tujuan untuk menyediakan lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja di Indonesia. Sehingga kamu dapat menemukan kerja idaman kamu dengan cara yang sangat efektif dan efisien. Pastinya akan sangat bermanfaat untuk pengembangan karir kamu kedepannya.

Setelah mengetahui semua fitur dan juga kelebihan aplikasi Atma, tunggu apalagi, yuk unduh aplikasi Atma untuk Android. Lengkapi datanya, mulai cari kerja idaman di Atma, penuhi persyaratan lamaran kerja, tinggal tunggu chat dari penyedia kerja. Atau jika kamu sudah menggunakannya, yuk sharing di kolom komentar.

31 Comment

  1. Mantap nih aplikasi atma. Fiturnya banyak dan membantu banget bagi yang mencari kerja

    ReplyDelete
  2. Hadeuh kerja sesuai background pendidikan pernah, kerja sesuai passion udah, kerja di rumah juga udah, next pengen kerja sambil liburan deh kayak Bali gitu wkwk btw Atma ini bagus banget ya buat Fresh graduate yang minim pengalaman jdo lebih terpercaya

    ReplyDelete
  3. Aplikasi pencari kerja ini terobosan keren di era digital seperti ini
    Memudahkan para pencari kerja untuk dapat kerja sesuai bidang keahlian dan minatnya
    Apalagi didalamnya fasilitas sangat lengkap termasuk pembuatan CV
    Mantaaaap

    ReplyDelete
  4. aplikasi keren ini, cari lowongan kerja jadi gak seribet seperti dulu. sangat membantu bagi pejuang amplop coklat.

    ReplyDelete
  5. Teknologi makin berkembang dan sayang banget kalo aplikasi seperti ini tidak dimanfaatkan generasi muda sekarang

    ReplyDelete
  6. senengnya bisa nyari kerjaan dengan lebih praktis ya. Lebih tenang juga kalau aman terpercaya gini, mantap deh :)

    ReplyDelete
  7. Simple ya pakai Atma buat cari kerja.
    Tinggal unduh, bikin CV yang menarik terus gercep kirim lamaran pas ada info loker terbaru, biar cepet direkrut

    ReplyDelete
  8. menarik juga kalau ada fitur komunitas yaa.. jadinya bisa ngobrol2 juga dengan sesama pengguna di sana. saya belum instal nih mba, bisa aku coba nextime. thanks for sharing ya

    ReplyDelete
  9. Zaman sekarang mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan ternyata bisa menjadi lebih mudah yaa.. Dengan memanfaatkan aplikasi ATMA.
    Seneng banget ada aplikasi se-user friendly ini.

    ReplyDelete
  10. aku belum pernah nyoba aplikasi Atma ini, tapi seperti bakal ku share ke adikku aja nih. Kebetulan dia baru lulus kuliah dan lagi cari kerja yang pas.

    ReplyDelete
  11. Saya sudah punya kartu Atma, Mbak. Bikinnya hanya 2 menit saja hehehe. Pakai Atma, cari kerja semakin mudah. Hemat waktu, tenaga, dan uang. Bisa dapat kerja idaman, plus pengembangan karir lewat beragam komunitas.

    ReplyDelete
  12. Meski berstatus ibu rumah tangga tapi aplikasi Atma ini sangat berguna di bagikan kepada ponakan yang mau lulus, atau beberapa group yang saya ikuti.

    Sangat informatif makasih 🙏 (gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Keren deh ada fitur chat dan komunitas.y jg jd bisa saling kenal dn berbagi informasi dengan yg lain dong?

    ReplyDelete
  14. Asik nih, ada aplikasi yang bisa berguna untuk para jobseeker. Dipermudah, dalam mencari pekerjaan. Tentunya trusted banget donk.

    ReplyDelete
  15. Di era digital gini kita di fasikitasi oleh berbagai aplikasi yang memudahkan kita ya kak. Ingat2 dulu saat lulus kukiah cari kerja tuh bener2 harus lari dr expo satu ke expo yang lain

    ReplyDelete
  16. Saya juga udah download ini, jadi pas nyobain iseng cari2 kerjaan terdekat ternyata juga bisa yaa, praktis euy. Pokoknya sama atma mah terbantu bangettt

    ReplyDelete
  17. Aku juga udah donlod Atma dan gabung komunitasnya. Banyak banget ilmu yang aku dapet, misalnya bikin CV dan menghadapi interview.. Mana adminnya ramah banget ya..

    ReplyDelete
  18. Enak juga ya para pencari pekerjaan saat ini dengan adanya aplikasi Atma ini. Nggak butuh lama, tinggal sat set daftar.

    ReplyDelete
  19. Andai ini aplikasi udah ada beberapa tahun lalu pas lulus sekolah ya kak, kan cari kerja jadi gampang. Anti ribet dan lebih efektif gitu. Bakal kukasih tahu adikku ah buat join di ATMA ini

    ReplyDelete
  20. Aplikasi ini bermanfaat sekali untuk adik-adik fresh graduate ya kak. aku share ya

    ReplyDelete
  21. "Aplikasi ini sangat membantu para lulusan dan bagi pencari kerja. Terlebih persaingan di zaman sekarangm dg adanya aplikasi trsebut bisa diketahui peluang untuk mencari kerja."

    ReplyDelete
  22. Jadi teringat akan LinkedIn tapi ini lebih ke langsung bisa cari kerja dan dengan melihat job yang tersedia ya, bisa difilter pula. Namanya simpel dan mudah diingat, semoga juga banyak yg penyedia kerja menggunakan aps ini spt sebagai user pencari kerja jg semakin terbuka peluangnya

    ReplyDelete
  23. Fitur-fitur Atma lengkap banget nih. Pastinya masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat tentang lowongan pekerjaan, terobosan yang keren banget.

    ReplyDelete
  24. Ah, andai si ATMA ini muncul beberapa tahun lalu pas kita-kita masih baru lulus sekolah ya kak, pasti lebih mudah deh cari kerja hahaha. Bakalan kurekomendasiin ke adikku sih ini, keren banget sih aplikasinya gak ribet buat job hunter

    ReplyDelete
  25. Berarti penyedia aplikasi Atma ini banyak bekerja sama dengan beberapa perusahaan begitu kah, mbak?

    ReplyDelete
  26. Sekarang ini mencari pekerjaan semakin mudah ya Mba. Inget dulu zaman saya suka print banyak lamaran kerja, nyiapin dokumen. Sekarang lebih efisien dengan aplikasi pencari kerja, Atma

    ReplyDelete
  27. Betul sekali ini.. Kalau ada aplikasi lowongan kerja ini pasti kita bosa lebih mudah untjk mencaei lowongan kerja dsekitar kita dan bisa mencari sesuai dengan yg kita inginkan..

    ReplyDelete
  28. Tahu aja ni kalau saya lagi butuh. Lagi butuh sampingan ni buat nambah ngebul dapur. Sepertinya aplikasi ini recomended untuk nyari kerja. Makasih!

    ReplyDelete
  29. alhamdulillah ya, mbak sekarang ada aplikasi atma ini jadinya sekarang kalau mau cari kerja lebih mudah

    ReplyDelete
  30. Betul kak. Sejak pandemi memang donjurkan utnuk work from home. Hampir semua jenis pekerjaan freelance pun via online. Bahkan fresh graduate pun cari kerjanya juga daring melalui aplikasi semacam Atma ini

    ReplyDelete
  31. Menarik sekali aplikasinya,aku jadi pengen share deh artikelnyanke sepupu aku yang baru lulus kuliah,supaya dia lebih mudah dapat pekerjaan.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.