IDE USAHA SAMPINGAN YANG COCOK UNTUK PEREMPUAN

Tahukan anda, ada banyak ide usaha yang dapat dilakukan oleh perempuan. Selain tidak membutuhkan biaya yang banyak, kemajuan teknologi membuat pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dilakukan di rumah. Apalagi buat anda yang sambil bekerja. Ide usaha tersebut dapat dijadikan sebagai ide usaha sampingan, sepulang kantor.

usaha untuk perempuan
Source: Canva
Recreated by Writer


Anda dapat melakukan promosi ide usaha sampingan yang dijalankan melalui online, selain minim modal, jangkauannya juga lebih luas, karena saat ini semua orang menggunakan internet dalam kehidupannya sehari-hari.

Lalu ide usaha sampingan apa yang cocok dilakukan oleh perempuan? Ini dia 10 ide usaha sampingan yang cocok untuk perempuan.

10 IDE USAHA SAMPINGAN YANG COCOK UNTUK PEREMPUAN

1. Content Creator dan Content Writer

Beberapa tahun belakangan dunia media sosial sedang gencar-gencarnya berkembang. Didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat kegiatan online semakin menjadi tren. Pekerjaan sebagai content creator atau content writer semakin banyak diminati dan semakin banyak tersedia. 

Nah hal ini bisa menjadi ide usaha sampingan di desa maupun di kota bagi anda dengan membuka jasa sebagai content creator atau content  creator. Misalnya menjadi influencer, blogger atau lainnya. Saya rasa ini cocok sekali untuk para perempuan. Selain dapat dikerjakan di rumah, ide usaha ini fleksible artinya bisa dilakukan kapan saja alias freelance.

2. Fashion

Fashion identik sekali dengan para perempuan. Lalu bisnis apa yang cocok untuk para perempuan dalam dunia fashion. Menjadi desainer pakaian, membuka bisnis jahit di rumah menjadi ide bisnis sampingan yang cocok untuk perempuan.

Jika anda mempunyai kemampuan menjahit atau mendesain pakaian dengan sangat baik, dijamin, usaha anda akan sangat diminati. Kenapa, saya pribadi jika menjahit pakaian tentu saja mencari yang desainnya unik, jahitannya bagus dan rapi, alias tidak asal. Tentu saja ini berpotensi sebagai peluang usaha bagi para perempuan yang ingin membuka bisnis.

3. Food Fotographer

Belakangan dunia kuliner semakin ramai dibicarakan. Banyak yang mencoba peruntungan bisnis kuliner yang dijual melalui online. Untuk menarik pembeli pastinya tampilan visual produk harus sangat menarik dan dikonsep dengan sangat baik.

Ini bisa jadi peluang usaha buat anda yang hobi foto. Anda bisa menjual jasa sebagai food fotographer  untuk produk-produk klien yang akan dijual secara online. Menarik bukan?

4. Instuktur Olahraga

Beberapa tahun belakangan, pola hidup sehat semakin berkembang pesat. Salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat melalui olahraga. Buat anda yang hobi olahraga, hal ini menjadi peluang bisnis menghasilkan uang. Anda dapat membuka kelas di rumah atau menyewa sebuah tempat untuk kegiatan olahraga yang diadakan. Jika anda membukanya di rumah maka ini bisa menjadi ide usaha sampingan modal kecil.

5. Jasa Catering

Stereotipe negara kita bahwa perempuan identik dengan memasak. Stigma ini di satu sisi membawa dampak positif bagi perempuan. Biasanya memang perempuan yang akan banyak memasak di rumah. 

Nah jika anda memiliki keahlian dalam dunia memasak, anda bisa memanfaatkan keahlian ini untuk menghasilkan uang. Semua kegiatannya dapat dilakukan dari rumah. Ini sangat cocok usaha untuk wanita pemula.

Anda cukup mengiklankannya di media sosial jika anda membuka usaha catering. Awalnya bisa dilakukan promosi ke keluarga, teman, sahabat lama-lama akan berkembang pesat, mengingat makanan adalah kebutuhan primer. Tentu saja anda harus memiliki keahlian memasak yang mumpuni agar produk cateringnya laku.

6. Jual Beli Skincare dan Kosmetik

Boomingnya dunia perfilman Korea Selatan membawa dampak pada berkembangnya skincare dan kosmetik dari negeri ginseng ini. Khususnya di Indonesia banyak yang mulai demam dengan kehadiran skincare dan kosmetik.

ide usaha skincare
Source: Canva
Recreated by Writer


Sebagai bisnis women tentu saja melihat ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Apalagi skincare akan digunakan setiap hari dan belakangan ini sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi.

Nah, ga ada salahnya bukan membuka bisnis skincare atau kosmetik. Apalagi belakangan ini semakin banyak juga skincare lokal yang diproduksi dan kualitasnya ga kalah bagus dengan produk luar. Tapi jangan lupa ya luaskan channel dan pelajari bagaimana tata cara bisnis ekspor dan impor produk-produk tersebut.

7. Kerajinan Tangan, Parsel

Ide bisnis berikutnya yang cocok untuk perempuan adalah dengan membuat kerajinan. Saat sudah banyak perempuan yang aktif dan kreatif dalam membuat kerajinan tangan dan menjualnya melalui online. Kerajinan tersebut dapat berupa tas rajut misalnya, kerajinan untuk acara ulang tahun atau kelulusan, dan lainnya. Usaha ini juga termasuk jenis usaha sampingan bagi pemula.

8. Make Up

Perempuan senang dengan bersolek apalagi saat acara penting misalnya wisuda, tunangan, pernikahan, ke undangan atau acara penting lainnya. Mereka selalu ingin tampil on point sebagai kenangan di hari bersejarahnya.

Tentu saja ini menjadi lahan bisnis yang sangat potensial untuk dikembangkan oleh perempuan. Anda dapat membuka jasa make up untuk acara-acara penting bagi siapa saja. Tentu saja kemampuan anda melakukan make up harus mumpuni agar banyak yang mencari.

9. Rumah Kecantikan

Salon atau rumah ekcantikan identik dengan para perempuan. Banyak perempuan termasuk saya yang rela menghabiskan uang untuk perawatan tubuh, muka, dan juga rambut. Kebutuhan ini juga sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian banyak orang. Jadi bisa jadi peluang bisnis yang cocok dilakukan oleh perempuan. Atau jika kamu bekerja, usaha ini juga cocok menjadi ide usaha sampingan karyawan.

10. Usaha Laundry

Ide bisnis lainnya yang cocok untuk perempuan adalah bisnis laundry. Di kota-kota besar orang bekerja kantoran rasa-rasanya sudah tidak sempat lagi mencuci sepulang bekerja. Solusinya adalah mencuci pakaian ke tempat laundry. Itu pula yang saya rasakan.

usaha sampingan laundry
Source: Canva
Recreated by Writer


Jika kamu hendak membuka usaha laundry, jangan lupa pelajari bagaimana tips membuka usaha laundry

Itu dia 10 rekomendasi ide usaha sampingan yang cocok untuk perempuan. Anda bisa melakukanya cukup dari rumah namun cuannya pastinya sangat menjanjikan. 

Atau anda sudah melakukan salah satu ide usaha di atas? Boleh sharing di kolom komentar ya, pastinya sharing anda akan bermanfaat untuk pembaca lainnya.

1 Comment

  1. Istri saya kebetulan sedang mau mulai usaha, tetapi belum ada ide. Thanks untuk membagikan konten bermanfaat ini. Mungkin saya akan menyarankan dia memilih usaha laundry.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.