15 MAKANAN KHAS TURKI YANG WAJIB KAMU COBA

Republik Turki yang berada di antara benua Asia dan Eropa, menjadi salah satu destinasi wisata populer dan menjadi tujuan banyak turis dunia. Termasuk warga negara Indonesia, apalagi sekarang sudah bebas Visa, alias cukup menggunakan Visa On Arrival (VOA) saja. Salah satu keistimewaan negara Turki adalah budaya kulinernya. Didominasi dengan daging, sayuran, dan pastry yang memiliki citarasa tinggi, sangat lezat.

makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


Makanan Khas Turki

Dan ini dia makanan khas Turki ini juga beberapa bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Turki yang bisa kamu bawa pulang.

1. Baklava

Makanan berupa kue manis ini terbuat dari beberapa lapisan pastry. Biasa disajikan dengan teh Turki. Makanan ini berisi dengan kacang-kacangan kemudian disiram dengan sirup dan tambahan pistachio bubuk. Biasanya makanan khas ini menjadi makanan penutup, sehingga masuk dalam makanan pokok Turki. Baklava makanan khas Turki ini dapat kamu temukan di berbagai tempat.

2. Borek

Beberapa adegan film Turki memperlihatkan pemainnya memakan makanan khas Turki ini yaitu Borek. Cocok banget dinikmati malam hari ketika kamu berkeliling di beberapa taman di Turki. Makanan khas ini sangat mudah ditemukan di mana saja.

borek makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


Borek terbuat dari daging cincang, keju, sayuran seperti bayam dan kentang. Rasanya sangat gurih karena dicampur dengan bumbu atau rempah khas Turki. Biasanya panganan ini dipanggang kemudian ditaburi wijen hitam bagian atasnya sebelum dimakan.

3. Dolma

Makanan khas Turki lainnya adalah Dolma. Makanan yang mirip dengan Lepet atau lemper Indonesia ini terbuat dari daun anggur sebagai bungkusnya dengan isian berupa nasi, daging cincang, biji cemara, metega, bawang merah, dan tentunya rempah yang sangat khas. Selain isian daging buat tersedia juga isian sayuran dan buah-buahan, cocok buat kamu yang tidak mengkonsumsi daging.

dolma makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


4. Dondurma

Adalah es krim yang terkenal dari Turki yang terbuat dari susu, gula, mastic atau bahan pengenyal dari tumbuhan, juga terbuat dari salep atau bahan pengental dari tepung akar anggrek ungu muda. Es krim ini terkenal karena cara membelinya yang unik, yang kadang banyak pembeli sering dibuat kesal oleh penjual es krim di Turki ini. Yaitu dengan atrkasi yang menarik dengan tongkat es panjang, begitupula dengan penjualnya menggunakan baju khas mirip aladin. 

Makanan khas Turki yang halal ini, justru menjadi ciri khas ketika kita akan membeli es krim di Turki. Bahkan makanan ini sekarang sudah menyebar di Indonesia juga belahan dunia lainnya.

5. Gozleme

Gozleme adalah makanan sejenis martabak telur yang terbuat dari tepung yang digiling, garam, serta air. Gozleme untuk luarannya menggunakan roti tipis untuk membungkus isian dan dibentuk gulungan. Isiannya dapat berupa coklat, keju, telur, jamur, sayuran, daging, dan lainnya. Makanan gurih ini sangat enak dinikmati hangat-hangat di malam hari sambil menikmati suasana malam di pinggir laut Turki.

gozleme makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


6. Hummus

Makanan khas Turki ini terbuat dari kacang arab yang digiling, minyak zaitun, air lemon, lada, dan campuran garam. Disajikan sebagai saus untuk disantap dengan roti dan dijadikan sebagai makanan pembuka. Selain di Turki, makanan ini juga dikenal di Afrika Utara.

hummus makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


7. Kofte

Kofte adalah makanan khas Turki yang terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing yang digiling dan ditaburi bumbu-bumbu serta tambahan daun peterseli, remahan roti, dan juga telur. Makanan yang dapat dipanggang, direbus, atau digoreng dengan mentega ini dapat disantap dengan salad, saus, atau nasi. Bentuknya biasanya bulat atau memanjang.

8. Kumpir

Adalah makanan khas Turki yang terbuat dari kentang jumbo kemudian diolah dengan keju dan diberi topping yang rata-rata sayuran. Makanan ini sangat mengenyangkan. Kumpir juga diberi taburan saus dan cairan putih sejenis mayones, sehingga rasanya sangat gurih. Kamu bisa membeli makanan ini di mana saja ketika ke Turki.

9. Lahmacun

Adalah makanan khas Turki yang terbuat dari taburan daging sapi yang digiling dan diberi bumbu rempah yang sangat khas. Makanan ini biasa disajikan dengan salad dan perasan jeruk nipis. Membuat makanan khas ini terasa segar saat dinikmati.

lahmacun makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer




10. Lokum

Makanan khas negara Hagia Shopia lainnya adalah Lokum. Lakum terbuat dari tepung dan gula atau madu. Makanan yang sudah dikenal sejak tahu 1700-an dengan tekstur kenyal ini, dikenal sebagai Turkish Delight-nya Turki karena rasanya sangat legit. Makanan ini mirip dengan Mochi kalau di Indonesia namun berbentuk kotak. Lokum memiliki pilihan rasa seperti jeruk, lemon, kayu manis, dan lainnya.

lokum makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer




11. Manti

Jika Indonesia memiliki Siomay, maka negara yang beribukota Ankara ini memiliki makanan khasnya bernama Manti. Manti terbuat dari tepung terigu dengan isian daging yang sudah diberi bumbu rempah khas yang sangat lezat. Manti makanan khas Turki ini berukuran cukup tipis dan kecil, biasa dihidangkan dengan siraman saus tomat, yogurt, dan juga bawang. Rasanya asam bercampur hangat pedas. Wajib banget kamu cobain Manti ketika ke negara Erdogan ini.

12. Menemen

Makanan Menemen merupakan makanan yang terbuat dari telur, daging yang hampir mirip dengan sosis tapi agak pedas. kemudian diolah dengan rempah yang berlimpah dengan tambahan sayuran tomat dan parika hijau. Makanan khas Turki yang ada di Indonesia ini, biasanya akan disajikan menjadi isian roti. Kudapan ini sebagai menu sarapan orang Turki.

13. Roti Pide

Roti Pide mirip adalah makanan berupa roti yang dipanggang. Makanan yang terkenal sebagai pizzanya Turki ini dapat kamu temui di berbagai tempat saat berkunjung ke Turki. Makanan khas Turki manis ini, terbuat dari adonan tepung terigu, susu murni, minyak zaitun, dan juga ragi instan. Dibentuk memanjang dengan isian yang beranekaragam seperti daging, ayam, sayuran, dan juga telur.

14. Simit

Buat kamu yang sering menonton series Turki, banyak adegan yang memperlihatkan pemain memakan makanan ini. Simit adalah makanan berupa roti berbentuk bundar mirip dengan donat yang ditaburi dengan wijen, biji poppy, rami, atau bunga matahari. Biasa dijadikan sarapan dan dicampur dengan mentega.

simit makanan khas turki
Source: Canva
Recreated by Writer


15. Tabouleh

Buat kamu yang suka dengan sa ketika berkunjung ke negara yang mayoritas muslim ini. Hidangan ini terbuat dari aneka sayuran yang dicincang halus dan diberikan taburan bumbu. Mirip dengan salad, hanya saja potongannya sangat halus.

Sayuran yang digunakan biasanya bulbur, tomat, daun mint, peterseli. Sementara untuk taburan bumbunya berupa bawang merah, bawang putih yang didressing dengan minyak zaitun, juga ada perasan lemon, dan garam. Seger banget rasanya.

Itu dia 15 makanan khas Turki yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Turki. Atau kamu sudah mencoba salah satu makan tersebut, yuk sharing di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.