REVIEW TURMERIC EXFOLIATOR AND MASK, PENGANGKAT SEL KULIT MATI

Sel kulit mati yang tidak pernah dibersihkan secara rutin dan dilakukan secara khusus akan membuatnya kian menumpuk. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi kusam tidak bercahaya. Bahkan di area wajah dapat menimbulkan jerawat. Belakangan ini dikenal dengan istilah eksfoliasi yaitu proses pengelupasan kulit mati untuk meregenerasi kulit.


adeena skin
Sumber: https://adeenaskin.com/
Recreated by Canva


Pentingnya Eksfoliasi Untuk Kulit

Eksfoliasi dapat dilakukan pada seluruh bagian tubuh yang mudah kering seperti siku dan tumit, juga wajah. Karena wajah termasuk area sensitif maka bahan, cara, dan alat yang digunakan harus lembut. Seperti sikat lembut, loofah, enzim, scrub, sampai dengan salicylic acid. Enzim dan salicylic acid bahan yang paling aman untuk wajah.

Eksfoliasi dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, bahkan yang sudah menumpuk. Melakukannya secara teratur akan membuat kulit wajah menjadi cerah, bersih, terbebas dari jerawat, juga dapat mengurangi kerutan pada wajah. 

Urusan eksfoliasi wajah aku percayakan pada Turmeric Exfoliator and Mask dari Adeena Skin. Sebelum saya melakukan review Turmeric Exfoliator and Mask Adeena, kita kenalan dulu dengan Adeena Skin.

Kenalan Dengan Adeena Skin,  Produk Kecantikan Perpaduan Dua Budaya Negara

Adeena Skin adalah produk lokal yang diluncurkan pada Maret 2022 oleh Monica Chugani. Perempuan keturunan India yang lahir dan besar di Indonesia. Filosofi Produk ini merupakan kombinasi praktik ritual kecantikan dua kebudayaan Asia yaitu India dan Indonesia. Manufaktur dan distribusi produk ini berada di bawah naungan PT Aimskincare Manufacturing Indonesia yang berada di Kawasan Industri MM2100 Cikarang.

Monica terinspirasi pengalaman masa kecilnya ketika sang nenek sering mengoleskan kunyit di seluruh kulit tubuh dan wajahnya yang kering. Alhasil membuat kulitnya mulus, bersih, serta halus. Karena bahan kunyit mempunyai sifat anti radang yang akan memperbaiki struktur kulit, sehingga dengan membuat rangkaian kecantikan dari kunyit akan membuat kulit perempuan menjadi halus, lembut, dan cerah. 

Sementara di Indonesia, kunyit sering digunakan sebagai bahan herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Kedua budaya ini menginspirasi Monica untuk membuat produk kecantikan ini. Maka lahirlah Adeena Skin Turmeric Exfoliator and Mask.

Tentang Turmeric Exfoliator and Mask, Si Pengangkat Sel Kulit Mati

Keamanan  Produk

Review Adeena Skin pertama saya adalah tentang keamanan produknya. Biasakan mengecek standar keamanan produk. Pastikan menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit. Produk Adeena Skin khususnya yang Turmeric Exfoliator and Mask ini sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA18210202091 yang tertera di kemasan kardusnya.

Selain itu produk ini juga sudah mengantongi halal dari Majelis Ulama Indonesia yang dapat kamu lihat di kemasan produk. Jadi pastinya produk ini aman untuk digunakan di kulit kamu.

Desain kemasan cantik

Pas browsing dan pertama kali lihat, langsung jatuh cinta dengan desain warnanya yang didominasi warna kuning cerah dan putih. Senada dengan warna bahan dasarnya yaitu kunyit. Jujur, saya salah satu orang yang kalau membeli barang suka lihat packagingnya. Kalau desain dan warnanya cantik auto tertarik.

Dan, great job, Adeena skin berhasil membuat sebuah desain kemasan yang sangat menarik buat saya, sampai akhirnya saya penasaran untuk lanjut berselancar mencari detail produknya.

Satu lagi, desain kemasannya look elegant banget sih menurutku, mewah and look pricey. Namun tetap berkesan lembut. Menggambarkan perempuan banget, bahwa perempuan itu sangat berharga. Siapapun kamu dan darimana pun kamu. Termasuk kulit kamu yang sangat berharga untuk tetap dijaga.

Dalam kemasan juga tertulis tanggal Expire Date, Manfaat, Ingredients, No. BPOM, Cara Penggunaan, Logo Halal MUI.

Ukuran yang home friendly

Review Adeena Skin berikutnya adalah tentang ukurannya. Turmeric Exfoliator and Mask memiliki ukuran 100 ml yang cocok banget digunakan untuk di rumah. Dengan model tube, exfoliator ini menurutku sangat aman dari sisi higienisnya, terus ga mudah tumpah.

Tekstur, Warna, Aroma Turmeric Exfoliator and Mask Adeena Skin

Tekstur agak sedikit kasar pada umumnya bahan untuk eksfoliasi, namun justru tekstur seperti ini membuat kulit mati terasa terangkat saat digunakan. Sementara untuk warnanya berwarna agak coklat terang dengan bulir scrub kecil warna hitam. Bulir-bulir inilah yang akan membantu mengangkat sel kulit mati.

Sementara aromanya cukup segar, wewangian rempah namun sangat lembut alias tidak menyengat. Suka sih dengan aroma ini, segar.

Kandungan Bahan Utama dalam Turmeric Exfoliator and Mask 

Penasaran kandungan bahan utama apa saja yang ada dalam Turmeric Exfoliator and Mask ini bukan? Pastinya kandungan bahan merupakan bahan-bahan alami yang berkualitas yang akan membantu kulit kamu semakin cerah dan bebas dari kulit mati.


review turmeric exfoliator and mask
Source: Personal Photo
Edited by Canva


1. Turmeric Extract yaitu kunyit yang berfungsi sebagai bahan antioksidan alami dan anti radang yang akan membantu mencerahan dan menenangkan kulit, serta dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Kunyit juga dapat membantu menunda penuaan dini.

Sehingga dengan kasiatnya yang sebanyak itu, kunyit di India digunakan sebagai salah satu bahan dalam tradisi upacara pernikahan bernama Haldi. Dimana pengantin akan dimandikan dengan campuran kunyit, air, dan minyak.

2. Honey Extract yaitu ekstrak madu yang akan  membantu melembabkan kulit kamu yang kering. Serta dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat kotoran. Selain itu madu juga dapat membantu menghilangkan komedo, serta mencerahkan kulit secara merata.

3. Papaya Extract atau ektrak buah pepaya dipercaya akan membantu menenangkan dan melembabkan kulit. Memiliki fungsi antioksidan aktif yang juga akan membantu melindungi kulitmu dari radikal bebas. Serta dapat menjaga kelembaban kulit secara alami. Sehingga membuat wajah semakin cerah dan kenyal sehat.

4. Salicylic Acid adalah asam salisilat sebagai senyawa BHA (Beta Hydroxy Acids) yang terkenal dengan fungsinya sebagai pengangkat sel kulit mati yang sangat cocok untuk area wajah, membuat proses pengelupasan dan regenerasi kulit lebih cepat.

Selain itu senyawa ini juga dapat membantu melembabkan wajah, mengatasi jerawat, mengatasi peradangan kulit, sampai dengan mampu membuka pori-pori yang tersumbat.

5. Probiotics berfungsi untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit, mengurangu munculnya garis halus dan kerutan pada wajah. Sehingga dapat membantu menunda penuaan dini. Selain itu bahan ini juga memiliki fungsi anti jerawat, antikosidan, sampai dengan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

adeena skin cocok untuk semua kulit
Source: Personal Photo, Canva


Cara Penggunaan Turmeric Exfoliator and Mask

Penggunaan produk aksfoliasi yang cocok untuk semua jenis kulit ini, sama dengan produk pada umumnya. Dan ini biasanya yang saya lakukan ketika akan eksfoliasi wajah dengan produk Turmerik Exfoliator and Mask ini:

  1. Sebelumnya bersihkan wajah dengan pembersih muka agar kotoran yang menempel pada wajah terbuang bersih. Gunakan air hangat untuk membersihkannya. Lanjut dengan menggunakan air dingin.
  2. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang halus dan lembut. Cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok. Kulit wajah sangat sensitif jadi perlakukan dengan lembut.
  3. Keluarkan Turmeric Exfoliator and Mask secukupnya pada telapak tangan yang bersih. Ratakan pada bagian wajah. Hindari area mata dan bibir. 
  4. Biarkan sampai agak mengering, sekitar 10 menit. Kemudian gosok wajah secara perlahan dan lembut.
  5. Bilas dengan air bersih, gunakan air hangat.
  6. Kemudian lap dengan handuk lembut secara perlahan.
  7. Setelahnya jangan lupa gunakan pelembab agar kulit tetap terjaga kelembabannya.
  8. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu, kurang lebih selama 10 menit. Jangan terlalu sering dan terlalu lama.
Itu dia langkah-langkah yang biasa saya lakukan ketika melakukan eksfoliasi wajah. Mudah sekali bukan cara penggunaannya?.

Pengalaman Menggunakan Turmeric Exfoliator and Mask

Klaimnya Adeena Skin cocok untuk semua kulit, artinya apapun jenis kulit kamu, dapat menggunakan produk ini tanpa harus khawatir. Selain itu Adeena Skin juga mengklaim memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Mengangkat sel kulit mati, sehingga membuat kulit wajah semakin cerah dan bersih.
  2. Membantu mencerahkan dan merawat warna kulit yang tidak merata.
  3. Membantu meminimalkan tampilan pori yang cukup besar.
Lalu bagaimana pengalaman menggunakan produk ini? Saya menggunakan produk ini selama kurang lebih 2 minggu. Sebelum produk pesanan sampai, kebetulan saudara sudah menggunakan produk ini lebih dahulu, dan mencobanya. 

Pertama kali menggunakannya pada pagi hari dan memakainya selama kurang lebih 7 menit. Kemudian digosok secara perlahan dan  membersihkannya. Setelah itu dilap dengan handuk lembut dan membiarkannya selama kurang lebih 10 menit. Agak sedikit cekat-cekit perih dikulit. Mungkin Saya menggosoknya terlalu keras atau bisa jadi wajah masih beradaptasi dengan kandungan bahannya.

Biasanya kalau saya tidak cocok dengan sebuah produk akan ruam-ruam merah dan keluar jerawat kecil, bahkan di pemakaian pertama. Selama seharian saya perhatikan, tidak muncul ruam merah atau pun jerawat.

Akhirnya 3 hari berikutnya saya gunakan kembali. Masih ada sedikit cekat-cekit di wajah. Namun sedikit berkurang. Mungkin kulitnya masih beradaptasi dengan kombinasi bahan-bahan yang ada didalamnya. Setelah empat kali pemakaian, baru merasa nyaman alias ga merasa perih atau cekat-cekit lagi. Ternyata klaimnya produk Adeena Skin cocok untuk semua kulit, memang betul adanya. Cocok juga di kulit saya yang normal dan sensitif.

review adeena skin
Source: Personal Photo
Edited by Canva


Setiap kali mengunakan produk ini, kulit terasa kesat bersih. Dan ketika proses eksfoliasi kulit rasanya lembut banget. Efek lain yang saya rasakan setelah pemakaian beberapa kali adalah kulit terasa seperti lebih kenyal dan halus. Kayak ketarik gitu, dan kayak lebih fresh. Sepertinya kandungan bahan dari salicyl acids dan probioticsnya berfungsi dengan baik di kulit saya.

Ekstrak madu juga berfungsi dengan baik di kulit saya. Biasanya kalau menggunakan madu asli pada kulit wajah, kulit terasa lebih lembab dan halus. Itu pula yang saya rasakan setiap kali menggunakan Turmeric Exfoliator and Mask ini. Dan kulit terasa lebih segar dan makin halus.

Sayangnya ekstrak pepaya yang berfungsi mencerahkan wajah, dikulit saya belum berfungsi dengan baik. Hal ini karena memang kulit saya dasarnya berwarna putih kemerahan, jadi walaupun lebih cerah tidak begitu keliatan. Sehingga menggunakan produk apapun tidak akan membuat kulitnya menjadi putih tapi jadi lebih merona.

Itu dia pengalaman saya menggunakan Turmeric Exfoliator and Mask dari Adeena Skin.

My Thoughts

Pertama, love banget dengan packagingnya, cantik banget. Kedua suka dengan bulir hitamnya yang terasa banget, berasa bersih banget setiap kali abis pemakaian.

Ketiga, overall, suka banget dengan hasilnya. Karena kulit merahnya jadi makin merona dan lebih segar. Meskipun tidak membuat muka jadi putih, karena memang kulitnya dasarnya merah. Look fresh banget deh. Even harganya cukup pricey tapi eksfoliator ini asli nice to have dan rekomended banget.

Produknya cocok untuk semua kulit, sudah ada izin BPOM, dan sudah mendapatkan izin halal dari MUI. Jadi  aman digunakan.

Kamu sudah menggunakan eksfoliator ini? Yuk sharing review Turmeric Exfoliator and Mask Adeena versi kamu di kolom komentar.

38 Comment

  1. Packagingnya imut nan eye catching, warna kuning cerah, auto merepresentasikan komposisi kunyit sama si ekstrak madu ya...

    ReplyDelete
  2. Waah, ini yang saya belum cobain. Jujur, saya baru paham bahwa ternyata kunyit pun banyak ya manfaatnya untuk kulit. Salah satunya mencerahkan dan mengangkat sel kulit mati. Jadi semakin penasaran dengan turmeric exfoliator ini.

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu kecil suka dipakaikan masker kunyit sama nenek biar wajahnya kuning langsat katanya 😄 eh sekarang ada produknya yang lebih mudah digunakan. Jadi ingin nyoba. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas review-nya, Mba, jadi tahu ada rekomendasi perawatan yang cocok untuk mendapatkan kulit sehat dan bersih.

    ReplyDelete
  5. Happy banget nemu artikel ini soalnya aku lagi galau milih produk eksfoliator. Hihi. Baca-baca kandungannya insha Allah aman dan cucmey ya hasilnyaa..

    Aduh mba kulit wajahnya udah cerah begitu mau dicerahin gimana lagi jadi kurang ngefek ya kelihatannya efek mencerahkannya 😅

    ReplyDelete
  6. oke kena ratjun ini nih, kemarin juga ada yang mbahas ini. Mana kandungan utamanaya kunyit, kalau bikin sendiri kan muka jadi kuning kunyit ya, kalau ini sepertinya bisalaaah dicobaaa

    ReplyDelete
  7. Auto glowing kak Meii aiihh, jadi latah pengen ikut cobain turmeric exfoliatornyaa hahahah.. bisa ngga ya seglowing gini

    ReplyDelete
  8. Cocok buat saya nih yang sudah banyak banget kulit matinya karena jarang perawatan

    ReplyDelete
  9. Selain mengangkat kulit mati juga bisa mencerahkan wajah ya mba. Aku suka nih sama Adeena soalnya pakai juga tapi yang Turmeric Moisturizer, ada applicator pemijatnya lho.

    ReplyDelete
  10. Ngomongin soal kunyit itu penginnya kalau gak diminum seperti jamu atau dioleskan dimuka, duh segaaaaaaaar!

    Dulu sebelum aku nikah juga pakai bahan dasar kunyit untuk maskerku, Mbak, bikin beda memang dimuka. Sekarang tak perlu repot lagi untuk tumbuk kunyitnya karena sudah ada produk kecantikan yang berbahan dasar kunyit euy, Asyiiik!

    ReplyDelete
  11. Wah, jarang banget liat skincare yg kandungannya utu pake kunyit, padahal kan kunyit emang bagus buat kulit ya. Eh btw ingat film thailand yg kalau ngga salah judulnya a little thing called love, soal.y di skincare-an pake kunyit gitu

    ReplyDelete
  12. wah kandunganny banyak diambil dari ekstrak alami kunyi, jadi pengen nyobain juga nih,,,,

    ReplyDelete
  13. Masker dari kunyit? Biasanya kunyit kan buat masak atau diminum jadi jamu. Ini jadi masker. Apalagi kandungannya ada BHA pula, jadi pengen nyobain deh

    ReplyDelete
  14. Beneran cerah, kak Mei.. menggunakan Adeena skincare.
    Aku juga punya pengalaman baik dengan kunyit dan bagiku, kunyit ini andalan banget sebagai obat dari dalam dan luar. Apalagi dengan khasiatnya dan cocok untuk perempuan Asia yang kulitnya kuning langsat.

    ReplyDelete
  15. wah boleh dicoba nih, lagi butuh eksfoliator biar wajahku lebih bersih... Penasaran sama manfaat kuyit untuk kulit wajhaku

    ReplyDelete
  16. aku juga penasaran tuh sama aplikatornya kayaknya asyik ya diputar2 udah mijat tuh wajah kita hehe asyik kan

    ReplyDelete
  17. Rekomendasi produk kecantikan alami ini sih ini ya kak. Bahannya juga di sekitar kita mudah didapatkan. Nggak nyangka dari rempah kunyit. Kalau cocok bakala hepi banget

    ReplyDelete
  18. Hihi jadi penasaran kalau dulu pas masih menggunakan kunyit oleh nenek, pasti warna kulitnya kuning gitu yaa XD. Nah ini sudah ada yg lbh praktis atau eksfonya, penasaran sm bau dan efeknya, pasti segar dan menyegarkan. Bisa utk semua jenis kulit yaa? Jd penasaran kl utk tipe oily bakal cocok atau engganya

    ReplyDelete
  19. Kalau aku lihat ada kandungan untuk obat jerawatnya ya mba. Bagus nih kayanya buat jenis kulit acne prone. Sayangnya di aku kayanya ga akan cocok, terlalu banyak kandungan aktif. Kulit kubsensitif huhu. Padahal kemasannya gemes banget

    ReplyDelete
  20. Memang ekstrak kunyit bagus banget buat kulit ya kak. Pake kunyit asli tentu ribet dan gak praktis. Alhamdulillah adeena skin mengeluarkan turmeric exfoliator and mask. Jadinya manfaat kulit sehat dan cantik bisa didapatkan dengan lebih praktis

    ReplyDelete
  21. Exfoliasi kalau bahannya lembut dan gak bikin iritasi kulit seperti pada Turmeric Exfoliator and mask dari Adeena Skin ini bikin nyaman banget. Kulit sehat dan cerah berseri.

    ReplyDelete
  22. Indonesia banget emang ya bahan dasarnya kunyit, keren. Aku selalu maju mundur mau eksfoliasi, takut kenapa napa

    ReplyDelete
  23. kulit jadi beneran bersih dan bisa mempersiapkan untuk tumbuh kembali kulit yang sehat dan tentu akan lebih bersinar. Apalagi ini gampang banget diaplikasikan dan digunakan ya

    ReplyDelete
  24. pas banget nih lagi nyari eksfoliator buat kulit, auto mau cobain ini juga aaah, biar kulit jadi auto sehat yaaa hihihi, warna packagingnya bagus niiih

    ReplyDelete
  25. Perpaduan dua budaya dan dua negara antara Indonesia dan India menghasilkan Adeena yang khasiatnya luar biasa. Semoga saya bisa berkesempatan menggunakan Adeena dan cocok...

    ReplyDelete
  26. Selain kunyit ada kandungan pepayanya juga, jadi bahan alami yang bagus manfaatnya buat merawat kulit wajah ya

    ReplyDelete
  27. Wah cara pakainya mudah ya dan ga perlu stiap hari. Cuzz order ah mau juga eksfoliasi

    ReplyDelete
  28. Kunyit memang bagus buat kecantikan. Sudah alami dan khasiat nyata. Apalagi pakai masker makin kuning langsat nih muka

    ReplyDelete
  29. Best review kak ! Trimakasih .. jadi gak ragu buat nyoba produknya sih ini . Aku dah baca dr awal sampe akhir review nya dan fixed mau belii. .

    ReplyDelete
  30. Aku juga pake produknya Adeena, emang sebagus itu produknya. bener2 cocok di semua jenis kulit, aku awalnya berpikir ga akan cocok di kulitku, eh ternyata cocok dan hasilnya bisa langsung keliatan dalam beberapa kali pemakaian.

    ReplyDelete
  31. Khasiat kunyit memang luar biasa ya, packagingnya juga simpel banget. reviewnya bikin tertarik mau beli, biar aku nampak awet muda.

    ReplyDelete
  32. Akupun baru dijelasin dokter kulit kalo sel kulit mati itu harus diangkat secara berkala, kalo gak manfaat skincare yang dipake gak maksimal masuk ke kulit

    ReplyDelete
  33. Ingat cuma sepuluh menit aja buat nunggu kering. Aih suka lupa sampai besok masih nempel tuh masker. Kebiasaan yang harus di rubah

    ReplyDelete
  34. Pengen nyobain yang ini.. aku baru pakai yang moisturizer dan enak banget di kulit. Kapan2 mau nyobain maskernya juga aah.. packagingnya Adeena ini cakeep yaa.

    ReplyDelete
  35. Wow makin glowing aja dong Mba Mei yaa,, pakai Adeena Skin Tumeric Exfoliator and mask. Kandungan kunyitnya berpengaruh banget bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah ya, noted.

    ReplyDelete
  36. Waww hasil akhirnya glowing banget, secepat itukah hasilnya dalam 2 minggu mbak?

    ReplyDelete
  37. Mantap banget sih emang ini Adeena, pengen ikutan cobainn. Inget banget sama ibukku yg daridulu suka maskeran sama kunyit, emng jadi bagus gitu kulitnya

    ReplyDelete
  38. belakangan ini banyak review positif soal adeena ini kayaknya mbak, jadi pengen ikut coba nih, dulu mbahku suka maskeran pake kunyit asli gitu mbak, katanya bikin wajah bersih cuma aku nggak berani coba hahaha

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.