TEMPAT WISATA DIENG WONOSOBO

Dieng Culture Festival 2022 akan segera dilaksanakan, rencana sekitar September 2022. Festival tahun ini mengambil tema Return of The Light. Pasti sudah pada penasaran untuk menonton dan mengantri membeli tiketnya bukan? Nah, setelah menonton festivalnya, sayang banget kan sudah jauh-jauh ke Wonosobo kalau tidak mengunjungi destinasi wisata sekitar Dieng.

Harga tiket masuk objek wisata Dieng Wonosobo berbeda-beda. Namun pastinya menawarkan banyak hal unik yang bisa kita nikmati. Lalu apa saja kah daya tarik wisata di sekitar Dieng yang bisa kamu kunjungi bertepatan dengan Dieng Culture Festival?

DESTINASI WISATA DIENG WONOSOBO

1. Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin berada berada di ketinggian 2010 mdpl. Untuk menuju tempat ini memang harus melakukan trekking beberapa ratus meter tapi dijamin pengunjung akan seru menikmai pemandangan Dieng yang indah dari atas bukit batu dengan latar balakang alam dan danau yang indah.

batu pandang ratapan angin dieng


2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir menjadi salah satu daya tarik wisata favorit di Dieng. Di bukit ini kamu bisa menikmati golden sunrise yang sangat cantik. Tapi pastinya dengan perjuangan luar biasa, karena kamu harus bangun dini hari untuk dapat menikmatinya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai bukit yang mempesona ini sekitar 30-60 menit, tergantung dengan kondisi kaki kamu. Saya hanya foto depan pintu masuknya.

3. Candi Arjuna

Salahs atu ikoniknya Dieng adalah candi Arjuna ini. Komplek candi yang luasnya sekitar 1 hektar ini mempunyai 5 bangunan yaitu yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

candi arjuna dieng


Jika ingin menikmati sunset, maka berkunjunglah sore hari, dijamin pemandangannya cantik sekali. tapi karena udaranya cukup dingin, jangan lupa bawa jaket ya.

4. Dieng Plateu Theater

Lokasinya memang lumayan masuk ke dalam. Namun dijamin semua pemadandangan sekitarnya sangat cantik. Dieng Plateu Theather ini menjadi salah satu daya tarik wisata edukasi yang cocok untuk semua usia. Pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter tentang Dieng Plateu.

dieng plateu theater


5. Dieng Scooter

Dari atas gardu pandang ini, kita bisa menyaksikan pemandangan Dieng secara menyeluruh dengan saat indah jikapun berkabut. Jika cuaca cerah maka akan semakin bagus dengan latar belakang langit yang biru. 

Daya tarik wisata ini lumayan masuk ke dalam, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua namun dengan kondisi jalan menanjak. Dan masih harus berjalan beberapa ratus meter. Kita akan melewati perkebunan masyarakat sekitar.

6. D’Qiano Hot Spring Water Park

Kalau daya tarik wisata ini cocok sekali untuk membawa keluarga. Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandian kolam air hangat alami. Sewaktu saya kesana, masih dalam proses pembangunan dan sekarang sudah sangat bangus dengan fasilitas lengkap. Penginapan wisata Dieng juga tersedia di sekitar water park ini.

dqiano hot spring water park dieng


7. Gua Semar

Lokasinya berada di dalam area hutan tepatnya berada di kawasan antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Tempat ini dipercayas ebagau tempat pertapaan para raja Jawa di zaman dahulu.

8. Gunung Prau

Buat kamu yang suka mendaki gunung, sekalian menonton festivalnya, kamu juga bisa melakukan trekking ke Gunung Prau. Gunung dengan ketinggian 2.656 mdpl ini cocok didaki untuk pemula, bahkan lansia ataupun pemula. Jalurnya tidka begitu berat, namun tetap wajib perhatikan terkait keamanan dan keselamatan ya.

gunung prau dieng


9. Kawah Si Kidang

Ini adalah daya tarik wisata paling menarik buat saya. Karena saya suka melihat luasan tanah kawah yang berwarna kehijauan dengan kepulana sap putih. Suasananya unik meskipun terkadang ada bau beelrang yang menyengat. Saat ini beberapa lokasinya sudah dibuat cantik dan instagramable banget. Cocok buat yang suka foto.

kawah si kidang dieng


10. Kawah Candradimuka

Lokasinya berada 7 km dari kawasan Dataran Tinggi Dieng. di Kawah ini masih terdapat dua lubang aktif yang mengeluarkan solfatara. Satu megeluarkan solfatara secara terus menerus dan lainnya secara berselang.

11. Museum Kailasa

Museum Kailasa berdiri tahun 1984. Di museum ini pengunjung dapat mengetahui sejarah tentang terbentuknya kawasan dataran Dieng. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis peninggalan purbakala yang ada di Dieng. Waktu itu saya juga menonton film mengenai sejarah peradaban Dieng. Sayangnya waktu itu saya tidak boleh mengambil potret di dalam ruangan.

museum kailasa dieng


12. Padang Savana Dieng

Waktu saya berkunjung, Dieng Padang Savana ini baru dibuka 3 bulan dan masih sepi. Belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Kamu wajib trekking kurang lebih 30 menitan untuk sampai di Padang Savana Dieng ini. Saat kabutnya hilang, kamu akan menyaksikan hutan hijau yang asri mirip di hutan Amazon dari atas.

padang savana dieng


13. Telaga Menjer

Pertama kali saya ke Dieng sekitar tahun 2014, saya tidak mengunjungi kawasan wisata ini. Baru kedua kalinya tahun 2019, saya mengunjungi telaga ini. Jalannya lumayan jauh dair pintu masuk. Di sekitar telaga ini kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang indah sambil menikmati teh hangat. Telaga dengan ketinggian 1.300 mdpl ini menawarkan wisata naik perahu untuk mengelilingi telaga ini.

14. Telaga Merdada

Pengunjung dapat menikmati wisata perahu, memancing, dan bagi yang suka dengan fotografi, banyak landscape yang bisa diambil. Baik berkabut ataupun ketika sedang cuaca panas. Telaga asri ini berada di antara bukit Pangonan dan Sumurup.

15. Telaga Warna

Telaga Warna Dieng menjadi salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi ketika ke Dieng. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, tidak begitu sulit untuk dijangkau bagi semua usia. Warna airnya selalu berubah jika terkena sinar matahari, karena kandungan air belerang di dalama air danau tersebut.

Berkunjunglah sebelum sore, karena sore hari tempat ini akan diselimuti kabut, sehingga pengunjung tidak bisa menikmati pemandangannya yang indah dan asri.

Itu dia beberapa rekomendasi destinasi wisata Dieng Wonosobo yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke sana. Banyak paket wisata Dieng yang ditawarkan, kamu bisa memilihnya apakah akan menggunakan jasa tur atau mengunjungi wisata tersebut secara mandiri. Keduanya tetap seru.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.