MANFAAT TAK TERBATAS INTERNET IndiHome DALAM DIGITALISASI PENDIDIKAN

Pertengahan tahun 2018, saya melakukan penelitian di  perbatasan Entikong, Kalimantan Barat kurang lebih 3 bulan. Setiap bulan saya pulang untuk membuat laporan hasil penelitian di lapangan. Karena jaringan internet di perbatasan belum tersedia dengan baik saat itu, maka saya memanfaatkan waktu pulang sebaik mungkin untuk mengolah data dan mencari banyak referensi.

Sekaligus juga mengunduh banyak video untuk bahan ajar. Karena saya juga menjadi volunteer di dua sekolah SD di pedalaman Kalimantan. Karena di rumah menggunakan jaringan internet yang stabil dalam segala kondisi cuaca. Pastinya proses mengunduh berjalan dengan lancar. 

KISAH SERU DI BATAS NEGERI

Aktivitas saat tidak ada jadwal penelitian, saya biasanya mengajar anak-anak SD di pedalaman Kalimantan. Saya membutuhkan waktu minimal 2 jam untuk sampai ke sekolah saya mengajar. Pulang pergi sekitar 4 jam setiap harinya. Melewati hutan sawit, jalanan licin tanah merah berlumpur yang sangat lengket, melewati perkebunan milik warga, bahkan sampai menyebrangi sungai. Pengalaman seru tak terlupakan yang terus berulang selama hampir 2 bulan.

Saya bersemangat karena anak-anak SD itu selalu sumringah  menyambut kedatangan “Guru Muda” ini. Begitulah anak-anak itu memanggil saya. Mereka antusias, karena belum pernah melihat HP, laptop, atau Notes yang saya bawa.

Jangankan untuk mengenal gawai cerdas ini, mereka bahkan belum bisa menikmati terangnya listrik, menonton televisi, apalagi jaringan internet. Namun manfaat tak terbatas internetnya Indonesia yang saya miliki di rumah, sampai juga manfaatnya ke anak-anak pedalaman ini. Berkat jaringan yang stabil, lancar, dan cepat saat mengunduh video.


indihome dan digitalisasi pendidikan
Kenangan saat menjadi volunteer di perbatasan Indonesia-Malaysia


Sehingga jika saya pulang, saya akan mengunduh sebanyak mungkin video pelajaran untuk saya bagikan dengan mereka. Video pelajaran yang saya bagikan menambah pengetahuan mereka tentang banyak hal pastinya.

Ketika daerah lain begitu mudah mendapatkan akses pendidikan dan teknologi, di sekolah ini bahkan anak kelas 4 SD banyak yang belum bisa menulis dan membaca. Karena kurangnya fasilitas, bahkan saya harus mengajar 2 kelas dalam satu ruangan karena kekurangan guru.

Banyak dari mereka anak-anak cerdas dalam bidang olahraga, menggambar, menyanyi dan lainnya. Potensi mereka terkubur begitu saja. Salah satunya karena belum adanya teknologi yang memfasilitasi mereka. Sebagai pendatang, saya juga mengalami hambatan ketika saya harus mengolah data hasil penelitian saya, karena terbatasnya jaringan internet. Saat itu daerah perbatasan Entikong memang masih dalam proses pembangunan, termasuk untuk ketersediaan jaringan internet yang mumpuni.

Sekelumit cerita pilu namun seru di ujung negeri ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa kedaulatan digital belum merata. Hal ini menjadi tantangan berbagai pihak, untuk mencari solusi agar kedaulatan digital dapat dinikmati seluruh masyarakat sampai di pelosok negeri.

Apalagi daerah perbatasan yang merupakan halaman depan negeri dengan negara luar dan juga sebagai pintu masuk utama. Harap saya saat itu, semoga jaringan internet tersedia secepatnya, sehingga anak negeri di perbatasan tidak dibatasi dengan keterbatasan internet dan mendapatkan kedaulatan digital untuk mengembangkan diri mereka.

INTERNETNYA INDONESIA PERMUDAH AKTIVITAS TANPA BATAS

Selesai sudah penelitian saya, begitu juga dengan pengabdian saya mengajar anak-anak di perbatasan sana. Bahagia bercampur sedih. Bahagianya karena saya sudah menyelesaikan tugas saya. Sedihnya harus terpisah dengan mereka dan kemungkinan sulit untuk berkomunikasi karena terbatasnya sarana komunikasi di sana. But life must go on. 

Sepulang dari perbatasan, saya harus mengolah data untuk laporan thesis saya. Data di lapangan sudah saya dapatkan secara holistik sesuai kebutuhan. Di rumah dan di kampus saya masih harus melakukan studi literatur yang 70% diambil dengan menggunakan jaringan internet. Biasanya kampus sudah bekerjasama dengan situs-situs yang validitasnya terjamin. Mahasiswanya dapat mengunduh dari mana saja dan kapan saja, yang penting jaringan internet stabil dan lancar.

Selama laporan ini, kebutuhan internet yang stabil dan lancar benar-benar menjadi fokus saya. Apalagi jika sudah mengunduh jurnal-jurnal ilmiah berkelas internasional yang sudah terindeks Scopus, karena banyak yang mengakses sehingga membutuhkan jaringan internet tanpa batas yaitu stabil dan cepat.

Saya mengunduh jurnal ilmiah setiap hari, bisa belasan bahkan sampai puluhan jurnal. kemudian saya juga harus memasang Turnitin untuk menghindari plagiasi.

Belum lagi ketika saya harus menulis jurnal dalam bahasa Inggris, untuk memastikan tidak ada grammar yang keliru, saya harus menggunakan aplikasi Grammarly secara online. Agar tidak terkendala, tentu saja saya membutuhkan jaringan internet yang stabil dalam kondisi dan cuaca apapun.

Beberapa bulan berkutat dengan laporan penelitian, melakukan bimbingan dan revisi, akhirnya saya ujian. Thesis saya mendapat nilai A dan lulus dengan gelar Summa Cumlaude. Puji syukur. Hasil akhir yang saya dapat, tidak lepas dari kerja keras dan dukungan jaringan internet yang stabil di rumah serta wifi corner di beberapa lokasi. Sehingga saya dapat mengumpulkan dan mengolah data dengan sangat baik.

internetnya indonesia



Perjuangan belum berakhir, selesai ujian, saya masih harus mengunggah publikasi nasional atau internasional. Semua proses submit tentu saja membutuhkan jaringan internet. Setelah itu saya juga harus mengunggah berbagai macam dokumen untuk keperluan yudisium dan wisuda di portal akademisi kampus.

Lagi-lagi manfaat internet berperan penting dalam pendidikan saya. Semuanya saya lakukan dari rumah dengan menggunakan jaringan internet tanpa batas.

Yap, saya menggunakan jaringan internet IndiHome dari telkom Group sebagai internetnya Indonesia selama proses mengolah data dan akhirnya menelurkan karya kedua dalam hidup saya. Layanan internet IndiHome sudah terpasang di rumah sejak tahun 2018.

indihome internetnya indonesia
Router IndiHome di rumah


Keberadaan internet dengan tagline aktivitas tanpa batas ini benar-benar saya rasakan manfaatnya dan berperan besar mendukung keberhasilan pendidikan saya. Terima kasih banyak IndiHome.

PANDEMI MEMAKSA DIGITALISASI SECARA GLOBAL

Manfaat internet IndiHome dari Telkom Group masih terus saya rasakan pasca lulus kuliah. Lulus kuliah saya bergabung melakukan penelitian dengan profesor saya. Lagi-lagi prosesnya sama, saya harus mencari data-data dengan menggunakan internet sebagai penunjang dalam mencari referensi. Sampai akhirnya pandemi hadir sejak awal tahun 2020, membuat semua aktivitas dilakukan fully from home oleh sebagian besar orang di dunia.

Masyarakat dunia mulai dipaksa untuk beraktivitas menggunakan layanan internet di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Termasuk di Indonesia. Semua kegiatan belajar-mengajar dari anak-anak PAUD sampai dengan Universitas dilakukan secara daring. Memaksa semua orang tua dan guru untuk bangkit dari gagapnya teknologi agar output pendidikan sesuai dengan rencana kurikulum.

Semua aktivitas saya juga bertransformasi melalui online, seminar yang saya ikuti semuanya dialihkan menggunakan Zoom Meeting. Selama pandemi saya juga diundang beberapa kali untuk menjadi pembicara dalam beberapa seminar.

manfaat internet
Short course online menggunakan jaringan internet dari IndiHome


Kemudian koordinasi terkait pekerjaan, menyediakan materi untuk volunteering dalam bidang lingkungan dan pendidikan, wawancara kerja, mengikuti pelatihan dari luar dan dalam negeri. Totaly dilakukan secara online. Saya menikmati jaringan lancar tanpa hambatan apapun. Kemampuan literasi digital saya benar-benar meningkat pesat, semuanya karena terpaksa, menjadi dan terbiasa.

Saya juga menyaksikan keponakan-keponakan saya yang dari PAUD sampai dengan kuliah, semua proses belajarnya dilakukan secara daring dengan mengandalkan jaringan internet.

Begitu pula dengan saudara saya yang seorang guru, diwajibkan mengajar secara online. Lagi-lagi saya menjadi saksi bisu betapa besarnya manfaat internet pasca pandemi ini. Sehingga semua masyarakat harus beradaptasi dengan cepat terhadap katalisasi digital ini.

Beruntung sekali kami di rumah menggunakan layanan internet dari Telkom Group, sehingga jaringan lancar meski cuaca kurang bagus. Namun sayangnya, masih banyak di beberapa daerah yang terkendala dengan kegiatan sekolah secara daring, karena minimnya ketersediaan jaringan internet yang stabil serta katalisasi digital belum merata.


Lalu langkah apa yang dilakukan oleh Telkom Group dalam menghadapi permasalahan ini?.

INOVASI TELKOM DALAM MENDUKUNG DIGITALISASI NASIONAL

Telkom Indonesia sudah mempunyai rencana jangka panjang dalam menghadapi katalisasi digital ini. Perusahaan yang beriorientasi pada customer-oriented ini, bertransformasi dengan cepat untuk menciptakan customer experience yang berkualitas sesuai harapan pelanggannya. 

Pembangunan semakin fokus paska pandemi dan melakukan akselerasi di berberapa bidang. Saat ini Telkom terus berinovasi untuk memberikan layanan maksimal yang dibutuhkan oleh penggunanya di seluruh pelosok Indonesia. Sesuai dengan visi misi yang diembannya.

Dengan cara berkomitmen dalam pembangunan infrastuktur dan platform digital yang berkelanjutan dan menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Tidak lupa juga Telkom berkomitmen untuk mengembangkan talenta-talenta digital terbaik dalam proses mempercepat digitalisasi masyarakat di berbagai lapisan.

Dalam rangka mempercepat ekosistem digitalisasi yang terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PT Telkom Indonesia fokus mengembangkan 3 Digital Bisnis Domain yaitu Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Services.

domain bisnis digital telkom
3 Domain Bisnis Digital Telkom Indonesia
Sumber: Telkom, edited by Canva


Digital Connectivity

Dalam bidang Digital Connectivity, Telkom semaksimal mungkin membangun infrastruktur penunjang utamanya baik darat, laut, maupun udara yaitu dengan menyediakan Fiber Optic Backbone yang dapat menghubungkan Indonesia dari  Sabang sampai Merauke. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Kemudian menyediakan tower komunikasi yang tersebar di berbagai daerah, termasuk wilayah Kalimantan Barat. Serta menyediakan puluhan ribu Base Transceiver Station (BTS) 4G yang dapat menghubungkan rumah-rumah atau pun personal di seluruh pelosok negeri termasuk di perbatasan Indonesia.

Bahkan jaringan 5G saat ini sedang dipersiapkan untuk mendapatkan konektivitas yang lebih canggih. Telkom juga mengembangkan Software Defined Network (SDN) yang bertujuan untuk membuat jaringan lebih fleksibel dan mudah dikontrol apabila terjadi perubahan.

Digital Platform

Sementara dalam bidang Digital Platform, Telkom menyediakan fasilitas Cloud Computing, Internet of Things (IoT), Big Data atau Artificial Intelligence, Cybersecurity, Data Center, serta platform Payment atau Blockchain yang belakangan ini sedang tren di masyarakat.

Contoh platform yang sudah saya gunakan secara daily adalah platform payment LinkAja yang merupakan bagian dari payment/blockchain. LinkAja saya digunakan untuk berbagai macam pembayaran. Contoh lain adalah penggunaan finger scan untuk login pada satu aplikasi dan face recognition untuk melakukan verifikasi data yang merupakan salah satu digital platform dari Artifical Intelligence.

Digital Services

Lain hal dalam bidang Digital Services yang terdiri dari enterprise dan service customer, Telkom melakukan kerjasama atau melakukan akuisisi dengan beberapa perusahaan lain untuk memaksimalkan dan mendukung Digital Connectivity dan Digital Platform.

Layanan ini berupa layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah layanan keuangan, e-commerce, kesehatan, jasa pengiriman barang yang paling sering saya digunakan.

Pengembangan 3 Digital Bisnis Domain Telkom ini diharapkan dapat mendukung kemajuan teknologi dalam berbagai sektor, termasuk dalam dunia pendidikan. 

PROGRAM TELKOM DALAM MENDUKUNG DIGITALISASI PENDIDIKAN

Internet Goes To School, Bagimu Guru Kupersembahkan dan Indonesia Digital Learning, My Hero My Teacher, Pembangunan Broadband Learning Center, Pustaka Digital, serta pengadaan e-book di berbagai Plasa Telkom, Dukungan infrastruktur digital untuk inklusi Pendidikan, dan yang terbaru adalah Program Baktiku Negeriku tahun 2022 yang merupakan program digital enabler bagi para pelaku pemberdaya masyarakat.

Program-program di atas merupakan rangkaian program PT Telkom Indonesia dalam rangka mendukung dunia pendidikan melalui internet yang jauh dilakukan sebelum pandemi.

program telkom internetnya indonesia


Paling baru adalah program IndonesiaNext yang merupakan program unggulan Telkomsel bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang terbuka untuk semua jurusan mulai dari diploma hingga jenjang S2. Semua peserta yang lolos dapat mempelajari banyak hal dalam program ini yaitu Inspiring Webinar, Hard Skills Training, International Certification, Soft Skills Training, juga Area dan National Bootcamp.

Program-program Telkom di atas merupakan program yang dapat mendorong kondisi pendidikan negara Indonesia semakin membaik. Lebih dari itu, program tersebut juga dapat meningkatkan pengetahun masyarakat Indonesia terkait dengan manfaat dan penggunaan internet dalam dunia pendidikan.

MELALUI IndiHome, INTERNET TELKOM JANGKAU SAMPAI KE PELOSOK NEGERI

Sebagai perusahaan telco terbesar di Indonesia, Telkom Group turut serta dalam mendukung katalisasi internet melalui IndiHome atau dikenal juga dengan High Speed Internet (HSI). IndiHome mempunyai beberapa produk layanan yaitu Internet, telepon, dan TV. 

Layanantersebut tersedia dalam bentuk paket One Play yaitu Layanan Internet saja. Kedua adalah Dual Play berupa Layanan Internet dan Telepon Rumah atau Internet dan TV Interaktif. Ketiga adalah paket layanan Triple Play berupa Internet, Telepon Rumah, dan layanan TV Interaktif atau IPTV (Indihome TV).

internetnya indonesia
Layanan IndiHome sebagai Internetnya Indonesia
Sumber: IndiHome, edited by Canva


Beberapa paket internet yang ditawarkan oleh IndiHome adalah Paket 1P (internet), Paket 2P (Internet dan TV atau Telepon), dan Paket 3P (Internet, TV, dan Telepon). Beberapa paket membebaskan anda untuk dapat mengakses Netflix. Cocok sekali bagi anda yang suka rebahan sambil menonton.

Selain paket di atas, IndiHome juga menyediakan Paket Gamers, kalau ini cocok sekali bagi anda yang hobinya main games.

Saat ini IndiHome menawarkan kecepatan internet mulai dari 10 mbps yang dapat digunakan maksimal 3 perangkat secara bersamaan. Layanan kecepatan maksimal tersedia sampai 300 mbps yang dapat digunakan oleh 25 - 30 perangkat secara bersamaan. Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Dapatkan juga promo menarik untuk setiap masing-masing layanan.

paket internet indihome
Layanan Dual Play dan Triple Play IndiHome, serta Paket Promo
Sumber: IndiHome


Jaminan kecepatan yang stabil ini didukung dengan jaringan fiber optik yang mumpuni dan sudah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke pelosok negeri. Fiber optik ini dipercaya sangat cepat, stabil, andal, dan canggih sehingga tahan dalam segala kondisi cuaca.

LAYANAN IndiHome BERIKAN MANFAAT TAK TERBATAS

Internet IndiHome membantu pekerjaan saya secara maksimal. Saat ini sebagai Content Creator saya tidak bisa melakukan riset untuk bahan tulisan jika internet tidak tersedia. Termasuk ketika hendak melakukan webinar atau untuk acara volunteering. Tentu saja saya akan mengumpulkan bahan, melakukan simulasi, dan gladi resik dengan tim menggunakan jaringan internet.

Belum lagi untuk upskilling dan reskilling kemampuan diri melalui webinar, jaringan internet menjadi kunci utamanya. Karena pasca pandemi semua dilakukan secara daring. Tidak cukup sampai di situ, komunikasi juga berjalan sangat lancar dengan keluarga, sahabat, dan kolega di berbagai daerah di seluruh provinsi Indonesia. Sehingga meskipun anda di rumah, semuanya dalam jangkauan.

Saya di rumah menggunakan layanan 2P yaitu Internet dan Telepon untuk rumah dengan kecepatan 20 mbps. Namun karena seluruh keluarga sekarang sudah menggunakan seluler, sehingga jaringan telepon rumah ini tidak pernah digunakan.

manfaat internet telkom indonesia
Salah satu kegiatan webinar menggunakan jaringan internet IndiHome


Saya bekerja secara maksimal dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari saya dari semenjak saya menggunakannya. Untuk riset data, meeting online, webinar, memberikan pelatihan secara online, belajar online di youtube, kursus online, dan kuliah online.

Selain itu saya juga menikmati film-film kesayangan melalui channel TV online, koordinasi pekerjaan, komunikasi dengan keluarga dan teman-teman, sampai dengan wawancara kerja. Manfaat tak terbatas internetnya Indonesia ini  benar-benar saya rasakan.

Bagi yang telepon rumahnya masih aktif, dapat digunakan untuk melakukan panggilan ke seluruh nomor Telkomsel dengan tarif yang sangat murah. Bahkan paket telepon ini bisa mendapatkan gratis telepon sampai dengan 1.000 menit sesuai dengan paket yang dipilih.

layanan indihome
Layanan utama IndiHome
Sumber: IndiHome, edited by Canva


Dapatkan juga paket telepon lokal, interlokal, seluler mulai dari Rp. 83 sampai dengan Rp. 450 per menit. Sementara tarif SLI dimulai dengan tarif Rp. 4.550 per menit, sesuai dengan lokasi negara tujuan. Dengan harga tarif terjangkau seperti ini, anda dapat berkomunikasi dengan keluarga dimanapun menjadi tanpa batas bukan?

LAYANAN HIBURAN IndiHome, DEKATKAN DIRI DENGAN KELUARGA

Selain layanan telepon dengan tarif murah, IndiHome juga menawarkan layanan hiburan berupa acara TV Interaktif bagi anda yang berlangganan internet dan TV. Salah satu fiturnya adalah Playback, Pause and Rewind, dimana anda dapat memutar acara TV sesuka hati anda. Mundur, pause, atau putar ulang tayangan TV jika melewatkan acara favorit anda. 

Selain itu, anda juga dapat menyaksikan acara-acara TV kesayangan anda secara langsung dari aplikasi UseeTVGO. Seru banget ya ternyata IndiHome ini paketnya lengkap sekali. Bahkan anda juga bisa mengulang acara TV sampai 7 hari ke belakang jika ingin melihat kembali acara TV dengan layanan fitur TV on Demand.

telkom indonesia
Layanan TV IndiHome
Sumber: IndiHome, edited by Canva


Channel-channel yang bisa anda pilih juga jumlahnya sangat bervariatif, tinggal klik sesuai dengan keinginan. Mulai dari acara hiburan, olahraga, sampai dengan film-film box office.

Manfaatkan juga fitur Minipack Channel TV dengan harga yang bervariatif yang dapat anda nikmati bersama keluarga. Dengan berlangganan fitur ini, anda dapat menyaksikan film-film Hollywood berkualitas, drama Korea favorit, olahraga, hiburan, acara edukatif, serta memilih tayangan yang cocok untuk si kecil selama di rumah.

Pengembangan ekosistem digital yang dilakukan Telkom Group melalui IndiHome ini, benar-benar memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga secara pribadi kedaulatan digital ini benar-benar saya rasakan. Mobile computing yang dimilikipun menjadi sangat maksimal untuk mendukung semua pekerjaan.

MANFAAT TAK TERBATAS Wifi.id SEAMLESS KAPANPUN DAN DIMANAPUN

Selain layanan internet, telepon, dan TV interaktif di rumah, IndiHome juga memberikan layanan internet di luar rumah yaitu Wifi.id. Seamless. Wifi.id Seamless atau dikenal juga dengan Wifi Corner sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang dapat dinikmati oleh siapapun.

Selagi di Jogja saya sering memanfaatkan jaringan ini untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah ketika sedang di luar rumah. Sangat hemat dengan Rp. 5.000 saja, anda dapat menikmati layanan internet di tempat-tempat yang menyediakan wifi corner milik Telkom Indonesia ini.

manfaat internet wifi corner


Sebagai mahasiswa waktu itu, keberadaan wifi.id ini sangat membantu, selain daftarnya mudah, harganya juga sangat terjangkau.

Selain menyediakan voucher untuk digunakan, Wifi.id juga menyediakan produk dan Layanan Pascabayar, Bisnis, dan juga Kemitraan. Layanan Pascabayar ini dapat digunakan oleh pelanggan IndiHome agar tetap terkoneksi meskipun sedang di luar rumah agar tetap terhubung ke semua jaringan wifi.id secara seamless.

Sementara untuk Layanan Bisnis, adalah layanan yang dikhususkan untuk pelaku bisnis dan pemilik lokasi jika ingin lokasinya disewakan atau menyediakan akses internet dari wifi.id untuk para pelanggan dan juga pengunjung lokasinya.

internetnya indonesia
Salah satu wifi corner dan kantor IndiHome sekitar rumah


Terakhir adalah Layanan Kemitraan yaitu layanan kerjasama bagi anda yang ingin menyediakan dan menjual kembali akses internet kepada pelanggan atau pengunjung lokasinya. Layanan ini juga bekerjasama dengan para UMKM untuk menyediakan akses internet yang terjangkau di daerah masing-masing. Kegiatan ini turut serta dalam membangun kota pintar di daerah.

Keberadaan Wifi.id ini adalah salah satu bukti nyata dari Digital Services. Dulu saya mengenal wifi corner karena diberitahu oleh teman. Kami sering ke perpustakaan kota Yogyakarta kebetulan terdapat wifi corner milik Telkom. Lokasinya juga tidak jauh dari Plasa Telkom Kotabaru, akhirnya kami sering memanfaatkan layanan Telkom ini hampir setiap hari.

MANFAATKAN LAYANAN ADD-ON UNTUK MENIKMATI INTERNET TAK TERBATAS DI IndiHome

Selain Wifi.id, layanan Add-on lainnya dari IndiHome adalah Speed On Demand yaitu layanan kecepatan secara temporer sesuai keinginan anda. Ada juga layanan Upgrade Speed untuk menaikan kecepatan internet secara permanen, serta Wifi Extender, yaitu agar sinyal wifi dapat mencapai setiap sudut rumah tanpa harus menambah kabel.

Untuk Add-on kategori TV Interaktif, anda juga dapat menambahkan layanan Minipack Channel TV, Hybrid Box (STB) Tambahan dan PLC, TV Storage, WeTV iflix, CATCHPLAY+, Vidio, Mola, Viu, Lionsgate Play, IndiHome Cinema, dan juga Vision+. Kabar baiknya lagi Disney+ dan Hostar per April 2022 sudah mulai bisa di akses melalui add-on IndiHome TV.

Add-on lainnya berupa IndiHome Smart, IndiHome Karaoke, Cloud Storage for IndiHome, Voucher Games, Pijar Belajar, Smooa, dan langit Musik yaitu layanan dengarkan lagu dari TV IndiHome dengan kualitas Dolby Audio.

Sebanyak dan selengkap ini ternyata layanan IndiHome. Ini menjadi bukti keseriusan Telkom Indonesia memberikan layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan lebih dari yang diharapkan. Telkom benar-benar serius dalam katalisasi digital ini.

Jangan lupa juga manfaatkan aplikasi myIndiHome untuk memudahkan anda dalam melakukan pembayaran tagihan paket internet di rumah. Selain itu aplikasi myIndihome juga dapat digunakan untuk mengetahui batas jumlah pemakaian, cek point, langganan musik, dan lainnya. Cek juga program lainnya dari IndiHome yang banyak menguntungkan bagi pelangganya seperti program Loyalty, Promo, Kupon Undian, dan juga Sahabat IndiHome.

BEBASKAN INDONESIA DARI KETERBATASAN SINYAL DAN RAIH DIGITALISASI PENDIDIKAN SECARA MAKSIMAL

Dengan meraih 3 penghargaan sekaligus yaitu Stevie Winner for the Customer Service Department of the Year kategori Telecommunication, Stevie Winner for Customer Service Team of the Year - Recovery Situation kategori Technology Industries, dan Crystal People’s Choice Stevie Award for Favorite Customer Service - Telecommunication dalam The Stevie Award 2022 membuktikan bahwa optimalisasi customer service digital IndiHome sudah berjalan secara totalitas dalam melayani kebutuhan pelanggannya dan memang layak menjadi internetnya Indonesia.

Sebagai lulusan IT saya paham betul, pengembangan sistem bukanlah hal yang mudah, namun jika semua berkolaborasi semuanya akan lebih mudah dan lebih cepat. Apalagi jika disokong dengan sumber daya manusia yang mumpuni dibidangnya. Maka digitalisasi dalam dunia pendidikan akan tercapai secara maksimal. Sehingga tidak ada lagi daerah-daerah tertinggal yang belum merasakan kehadiran internet yang dapat menghambat proses pendidikan.

Saya optimis semua program layanan dari Telkom melalui IndiHome yang dilakukan secara komprehensif akan memberikan kontribusi maksimal dalam pemerataan digitalisasi pendidikan di seluruh pelosok Indonesia, sampai ke batas negeri. Semoga ekosistem digital Indonesia akan menjadi salah satu ekosistem terbaik di dunia seperti harapan Telkom Indonesia.

Selain itu saya juga berharap, semoga tersebarnya jaringan internet dan inovasi yang dilakukan oleh IndiHome dapat berkontribusi terhadap pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, termasuk di pedalaman Kalimantan.

Mari kita dukung pendidikan Indonesia semakin terdepan dengan jaringan internet tak terbatas. Jangan biarkan masyarakat di perbatasan hidup terus dalam keterbatasan Internet. Terima kasih Telkom Indonesia, Terima kasih IndiHome. Terus kibarkan benderamu di seluruh pelosok negeri Indonesia tercinta. 

SUMBER

IndiHome. 2022. Internet. Diakses 7 Juli 2022. (https://www.indihome.co.id/).

IndiHome. 2022. Kabar Gembira untuk Pelanggan! Disney+ Hotstar Kini dapat Diakses di STB IndiHome TV. Diakses 12 Juli 2022. (https://www.indihome.co.id/).

IndiHome. 2022. Fokus Optimalisasi Customer Service Digital, IndiHome Raih 3 Penghargaan The Stevie Award 2022. Diakses 15 Juli 2022. (https://www.indihome.co.id/).

Teknologi Bisnis. 2022. Program Baktiku Negeriku Telkomsel Wujudkan Digitalisasi Daerah Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon. Diakses pada 15 Juli 2022. (https://teknologi.bisnis.com/).

Teknologi Bisnis. 2022. Telkomsel Umumkan Best Talents Program IndonesiaNEXT Season 6, Wujudkan Talenta Digital Indonesia Berdaya Saing Tinggi. Diakses pada 15 Juli 2022. (https://teknologi.bisnis.com/).

Telkom Indonesia. 2022. Program CSR. Diakses pada 12 Juli 2022. (https://teknologi.bisnis.com/).

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.