10 PEKERJAAN FREELANCE PALING BANYAK DICARI

Pekerjaan sebagai freelancer mulai berkembang pesat sejak tahun 2011. Apalagi kerja freelance online semakin diminati banyak orang di dunia sejak tahun 2019. Bekerja dari rumah ataupun di area working space dan juga di cafe rasanya lebih maksimal, dan saya merasakan ini sejak tahun 2017. Disusul dengan kondisi pandemi tahun 2020 di mana semua pekerjaan banyak dilakukan dari rumah membuat pekerjaan ini semakin banyak diminati.

pekerjaan freelancer


Sebelum kita mengenal apa saja pekerjaan lepas yang paling banyak diminati alias banyak dicari, kita kenalan dulu apa itu freelance dan apa itu freelancer.

APA ITU PEKERJAAN FREELANCE DAN FREELANCER?

Pekerjaan freelance atau dikenal juga dengan sebutan pekerja lepas adalah pekerjaan yang tanpa ada ikatan kontrak dalam jangka panjang, atau pekerjaan yang sifatnya jangka pendek. Biasanya dapat dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Gaji yang didapatkan biasanya berdasarkan per pekerjaan yang dapat dielesaikan. Sementara freelancer adalah orang yang melakukan pekerjaan freelance.

Pekerjaan freelance biasanya banyak di bidang yang membutuhkan kemampuan atau keterampilan khusus, desain, editing video atau tulisan, translator bahasa, fotografi, karya seni, dunia teknologi, musik, jurnalistik, menulis, pekerjaan kreatif, media, dan lainnya.

BAGAIMANA SISTEM KERJA FREELANCE

Untuk mendapatkan pelanggan atau pekerjaan sebagai freelance biasaya para freelancer akan mempromosikan kemampuannya dengan mendaftar di beberapa platform penyedia atau pencari jasa freelancer. Platform penyedia jasa ini menjadi tempat bertemunya para freelancer dengan para pencari jasa freelancer dan mereka dapat berkomunikasi secara online tanpa harus bertemu.

Atau bisa jadi pekerja lepas ini melamar pekerjaan di beberapa situs yang memang menyediakan pekerjaan untuk para freelancer. Jika persyaratan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan sesuai kebutuhan para pencari jasa freelancer, maka kerjasama dapat dilakukan.

Biasanya kerjasama ini berisi mengenai projek, brief, waktu pekerjaan, serta kesepakatan upah yang akan diterima oleh freelancer. Upah ini biasanya dapat berupa upah per jam, per hari, per tugas atau per projek. Upah dapat ditentukan langsung oleh pengguna jasa freelancer, bisa juga freelancer yang mengajukan harga sesuai dengan kelebihan yang dimiliki. Apalagi jika jam terbang pekerja paruh waktu ini sudah tinggi dan banyak digunakan oleh pencari jasa. Jadi semuanya serba fleksibel.

PEKERJAAN FREELANCE PALING BANYAK DICARI

1. Content Creator

Untuk menjadi content creator, kamu wajib banget menguasai sosial media karena biasanya untuk menjadi content creator menggunakan media sosial sebagai platform utama pekerjaannya. Pekerjaan ini biasanya menghasilkan karya dalam bentuk video, foto, bahkan sampai dengan audio, atau bahkan gabungan dari ketiganya.

Tentu saja untuk mendapatkan pekerjaan sebagai content creator, kamu wajib menguasai beberapa tools editing untuk video, foto, atau audio.

2. Content Writer

Buat kamu yang suka menulis, kamu bisa mencoba menjadi freelancer sebagi content writer. Klien biasanya membutuhkan tulisan yang bisa masuk halaman utama google, maka jangan lupa selain asah kembali kemampuan menulis, pelajari juga soal teknik SEO yang akan membantu tulisan kamu makin kece. Buat kamu yang menguasai banyak bahasa, ini akan menjadi nilai plus.

Blogger di berbagai niche masuk dalam kategori sebagai content creator yang jika ditekuni tentu saja akan menghasilkan uang yang sangat lumayan. Pekerjaan ini cocok untuk siapa saja termasuk pekerjaan freelance untuk mahasiswa.

3. Data Scientist

Buat kamu yang orangnya detail dan suka dengan hitung-hitungan, pekerjaan freelance sebagai data scientiest bisa menjadi peluang besar untuk menghasilkan uang. Bagaimana tidak, pekerjaan ini ditawari dengan gaji yang sangat tinggi.

Tapi pastinya kamu harus memiliki kemampuan dalam analisis data karena pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam menangkap data yang relevan, menyusun, menganalisis data higga membuat laporan yang dibutuhkan. Kemampuan ini pada akhirnya mampu menyusun algoritma sesuai kebutuhan.

4. Digital Marketer

Saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan membuat semuanya beralih ke dunia online. Seorang digital marketer harus mampu menguasai strategi pemasaran, karena profesi ini membantu perusahaan dalam memasarkan produknya secara online. Kemampuan yang wajib dimilikinya salah satunya adalah memahami tentang search engine marketing, sosial media untuk pemasaran produk, pay per click (PPC), dan lainnya.

5. Graphic Designer

Tidak banyak orang memiliki kemampuan dalam desain grafis, sehingga buat kamu yang memiliki kemampuan ini dihargai cukup mahal. Pekerjaan ini biasanya berhubungan dengan desain logo, brosur, ilustrasi produk, hingga interface aplikasi. Pokoknya semuanya berbau visual.

6. Influencer

Belakangan ini, pekerjaan sebagai influencer begitu banyak diminati oleh para generasi muda. Pekerjaan yang dapat dikerjakan kapans aja dna dimana saja ini, biasanya akan bekerjasama dengan brand untuk mempromosikan produk milik mereka di sosial media. Produk ini dapat berupa fashion, travel, food, beauty, parenting, edukasi, kesehatan, gaya hidup, dan lainnya. pekerjaan ini cocok untuk pekerjaan freelance untuk pemula.

7. Photo and Video Editor

Sosial media kian melebarkan sayapnya sebagai sarana untuk melakukan promosi apapun, mulai dari personal branding sampai dengan promosi produk. Tentu saja hal ini digambarkan dengan visual berupa foto atau video. 

Nah buat kamu yang memiliki kemampuan dalam edit video atau foto, bisa menjadi jalan untuk mengumpulkan uang dengan menjadi pekerja paruh waktu sebagai foto atau video editor. Hasilnya bisa dinikmati di berbagai sosial media seperti IG, Tiktok, Youtbe atau lainnya.

8. SEO Expert

Untuk dapat menaikan konten apapun berada di halaman utama google, tentu saja membutuhkan teknik dan strategi. Salah satunya dengan menerapkan search engine optimation atau dikenal dengan istilah SEO. 

Tidak semua orang menguasai keahlian ini, sehingga orang-orang yang ahli di bidang SEO bisa mendapatkan bayaran sangat tinggi. Pekerjaan ini bisa menjadi pekerjaan paruh waktu yang menghasilkan cuan tinggi juga loh.

9. Voice Over

Buat kamu yang memiliki kemampuan public speaking yang bagus serta diberi anugerah suara yang ciamik, kamu bisa memilik pekerjaan freelance online sebagai Voice Over. Pekerjaan ini biasanya menjadi pengisi suara untuk audiobook, pengumuman informasi, video game, intruksi e-learning, pengisi suara untuk iklan produk, dan lainnya. Pekerjaan freelance di rumah ini sangat cocok untuk siapa saja.

10. Web Designer

Buat kamu yang suka dengan dunia IT, cocok banget untuk menjadi freelancer sebagai web designer ini. Kamu wajib banget menguasai bahasa pemrograman seeprti HTML, CSS, Javascript, dan bahasa pemrograman lainnya. Biasanya kamu juga dituntut untuk menguasi beberapa aplikasi desian gambar seperti photoshop dan sejenisnya.

Buat kamu yang tertarik untuk menjadi freelancer jangan lupa buat portofolio pengalaman kamu. Tentukan harga sesuai dengan pengalaman dan keahlian kamu. Jangan lupa juga daftarkan diri di beberapa platform penyedia jasa pencari freelancer. Setelah kamu mendapatkan kerjasama dengan klien, jangan lupa fokus pada pekerjaan dan selesaikan sesuai dengan tanggung jawabnya.

Untuk kamu yang ingin banyak belajar banyak tentang peluang bisnis sebagai freelance ini, kamu bisa belajar dari banyak situs. Atau kamu yang sudah menjadi freelancer, boleh banget sharing pengalamannya terkait dengan dunia pekerjaan ini di kolom komentar.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.