CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI BAGI PEMULA

Setelah sering melakukan browsing dan melihat-lihat tampilan website milik orang lain yang beranekaragam desain dan tampilan menarik, dulu rasanya ingin sekali membuat website sendiri. Tapi saya ga jago coding, gimana dong. Tenang banyak cara menuju Roma. Kita bisa membuat website sendiri tanpa harus menggunakan coding. Kok bisa, bisa dong. Kita juga mendesainnya sendiri dengan tampilan yang menarik.

cara membuat website sendiri


Ini dia cara membuat website sendiri dengan mudah bagi pemula, ga perlu ribet pakai coding.

1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama adalah kamu wajib menentukan jenis website apa yang akan kamu buat. Dengan mengetahui jenis website apa yang akan dibuat kamu akan tahu konsep apa yang tepat untuk kamu pilih dalam mengelola website kamu kedepannya. Termasuk hal-hal teknis apa yang akan kamu lakukan agar website kamu bermanfaat, aman, memiliki tampilan menarik, dan lainnya.

Berikut contoh jenis website populer yang banyak orang gunakan dan bisa kamu pilih.

Website penjualan online

Website ini digunakan untuk menjual produk atau usaha dan bisnis kamu. Kamu bisa memilih banyak tema dan tampilan menarik untuk jenis website ini. Banyak keuntungan yang didapat dengan membuat website toko online seperti produk kamu lebih mudah dikenal, lebih aman, lebih menghemat biaya, dan lainnya.

Website atau blog pribadi

Jenis website ini biasanya merupakan website pribadi. Website ini biasanya berisi opini pribadi, pengalaman pribadi, berbagi informasi tentang sesuatu hal, dan lainnya.

Website berita

Situs ini digunakan untuk menginformasikan berita bisa berskala nasional, internasional di suatu wilayah tertentu dengan topik tertentu atau membahas apa saja secara online. Atau membahas informasi-informasi populer dan sedang ramai dibicarakan.

Website forum

Website ini merupakan sarana untuk komunitas dalam membahas topik tertentu secara online, sekaligus juga saling bertukar informasi tentang topik yang dibahas. Anggotanya bisa dari berbagai wilayah. Contohnya forum IT, pesepeda, teknologi, jualan, dan lainnya.

2. Tentukan nama domain

Menentukan nama doain bukanlah hal yang mudah, kadang kita suka bingung akan diberi apa nama domain webstite kita. Tipsnya dalam menentukan nama domain adalah jangan terlalu panjang, mudah diingat, unik artian jarang digunakan oleh orang lain. Sesuaikan nama domain dengan jenis website yang akan kita buat.

3. Pilih Platform Website

Setelah mengetahui jenis website dan nama domain, langkah ketiga dalam membuat website sendiri bagi pemula adalah menentukan platform yang akan kita gunakan. Apakah Blogspot, Wordpress, atau lainnya.

4. Pilih Web Hosting

Langkah selanjutnya cara membuat website sendiri bagi pemula adalah dengan memilih ruang penyimpanan alias web hosting. Web hosting sendiri adalah tempat untuk menyimpan semua data yang ada di situs kamu, baik tulisan, gambar, video, dan data lainnya.

Salah satu tips yang wajib kamu perhatikan saat ingin memilih web hosting adalah pastikan penyedia layanan web hosting aman dan terpercaya.

Web hosting sendiri terbagi menjadi 3 yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS Hosting. Lalu apa perbedaan ketiganya?

Shared Hosting

Shared hosting, dari katanya sudah jelas, berbagi. Artinya hosting ini digunakan secara bersama-sama dengan orang lain. Artinya server yang kita gunakan untuk menyimpan data situs kita juga digunakan untuk menyimpan data orang lain.

Biasanya tipe hosting ini melayanan website sederhana yang skalanya amsih kecil sampai dengan medium. Biaya yang dikeluarkan pastinya tidka terlalu mahal. Namun pastinya kapasitas yang kita gunakan dibatasi, sehingga harus pintar-pintar dalam menyimpan data, memilah data yang akan kita upload sekecil mungkin agar hemat.

Selain itu biasanya jenis hosting ini menyediakan layanan customer support sehingga jika terjadi apa-apa dengan website milik kita, mereka akan membantu. Cocok sekali digunakan oleh para mengguna website pemula.

Cloud Hosting

Cloud hosting ini cocok sekali digunakan untuk website berskal besar seperti website toko online, edukasi, forum, atau website berita. Jenis hosting ini juga cocok digunakan untuk jenis website yang traffic pengunjungnya banyak. Hosting ini menjamin website bebas gangguan, amand ari gangguan malware. 

Hosting ini menyimpan data website di beberapa server yang saling terkait, sehingga jika terjadi kerusakan atau bermasalah di salah satu server, server lainnya akan membantu memback up data agar tetap dapat digunakan. 

VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis hosting yang kapasitas  penyimpanannya lebih besar dari Shared Services dan Cloud Hosting. Namun VPS jenis ini hanya disarankan bagi pengguna yang memiliki keahlian teknis dalam mengelola website.

Menggunakan jenis hosting ini memberikan kebebasan pada pemilik website untuk mengelola sendiri websitenya, dan biasanya penyedia layanan hosting tidak memiliki akses ke server website yang kita miliki.

Itu sebabnya pemilik website harus mempunyai keahlian teknis, sehingga jika terjadi masalah, pemilik dapat memperbaikinya sendiri. Dengan menggunakan jenis hosting ini, pengguna akan mendapatkan space, komputasi, dan resource yang lebih tinggi. Dari sisi harga, VPS jenis ini memang harganya lebih tinggi dibandingkan dengan jenis hosting lainnya. 

Berbicara soal VPS, VPS juga terbagi untuk windows dan juga VPS untuk Linux. Jika kamu pengguna windows, pastinya belilah layanan VPS untuk windows. Saat ini sudah banyak VPS windows murah yang bisa kamu gunakan untuk menunjang performa website kamu.

Penyedia layanan juga menawarkan berbagai macam tawaran menarik dengan jaminan keamanan yang terpercaya. Cocok sekali buat amu para pemilik website berkapasitas besar seperti website toko online, dan lainnya.

5. Gunakan Template Menarik

Setelah memilih jenis website, menentukan nama domain, memilih platform, dan memilih hosting, langkah berikutnya cara membuat website sendiri bagi pemula adalah menggunakan template yang menarik. Karena tampilan atau layout blog yang menarik selain enak dipandang mata, juga membuat para pengunjungnya terkesan dan penasaran untuk berjelajah di situs kamu.

Saat ini sudah banyak jasa desain bahkan banyak desain template yang murah namun tetap dengan tampilan yang keren. Tinggal pilih sesuai dengan pilihan kamu. 

Nah itu dia, beberapa cara membuat website sendiri bagi pemula. Cukup mudah bukan?

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.