APA PENGALAMAN SERUMU SAAT TRAVELING?

Kemanapun pergi traveling, selalu ada pengalaman seru yang tak terlupakan. Yang menjadi kenangan untuk diceritakan dengan keluarga, sahabat, teman, atau siapapun. Kalau ditanya apa pengalaman serumu saat traveling, jawabannya pasti banyak. Tapi pasti ada beberpa kejadian yang paling kita ingat.

pengalaman seru saat traveling


1. Get lost

Singapore mempunyai kenangan tersendiri. Bagaimana tidak, negara pemilik gedung esplanade ini, tempat pertama menginjakan kaki saya di luar negeri. Berangkat bersama teman-teman, dan bermodal dari tiket promo, saya dapat mengunjungi negara ini.

Kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya adalah, hari kedua saya mengunjungi tempat ini, saya terpisah dengan teman-teman saya saat hendak menaiki kereta cepat. Saat itu saya tidak bisa membaca peta, internet tidak terkoneksi, bahkan nama hotelnya saja saya tidak tahu, apalagi alamatnya. Mau nyusul mereka juga tidak tahu ke arah mana.

Tentu saja pengalaman nyasar saat pertama kalinya ke luar neger jadi kenangan tersendiri buat saya. Pengalaman paling kocak yang tak terlupakan.

Maka, catat selalu nama hotel, alamat hotel, dan nomor teleponnya. Atau aktifkan nomor ponsel kamu atau beli paket inet di negara tujuan. Catat alamat dan nomor telepon kedutaan Indonesia di negara tujuan dan belajar cara membaca peta. Komunikasikan dan pastikan dengan travelmate-mu mengenai itenari. Jadi kalau kesasar begini, you know what you have to do.

2. Secret admire

Nah, kabarnya perempuan Indonesia banyak disukai oleh negara-negara barat sana. Karena kulitnya yang eksotis dan cantik. Pengalaman seru sekaligus menakutkan saya dimulai ketika pergi mengunjungi salah satu negara di Asia, saya menginap di sebuah hotel dan bertemu dengan salah satu pelancong dari benua nan jauh di sana.

Dari hari pertama gelagatnya sudah berbeda, he treated me not as a friend, but more than that. Tapi saya cuekin aja. Dia selalu ingin ikut kemana saja saya pergi. Dengan berbagai alasan saya menolak secara halus ala budaya timur. Keesokannya dia ajak saya jalan, saya tolak lagi dengan halus. Minta nomor HP, saya bilang tidak diaktifkan.

Besoknya dia belikan saya nomor kartu lokal. Saya ambil tapi tidak saya aktifkan dengan alasan HP saya error. Lama-lama saya merasa terganggu dan sampai akhirnya pindah hotel. Di hotel baru yang lumayan jauh dari hotel sebelumnya, eh ketemu lagi sama dia. Untungnya besoknya saya sudah pindah ke negara lain lagi.

So, buat kamu hati-hati ya saat kamu bertemu dengan traveler seperti ini.

3. Salah pilih hotel

Ceritanya saya dan teman-teman booking hostel di salah satu negara di Asia. Review hotelnya bagus dan termasuk muslim friendly, ya seperti hotel syar'i gitu deh.

Never judge book from it's cover atau membeli kucing dalam karunglah istilahnya. Saat tiba di sana, hotelnya memang nyaman tapi ternyata hotelnya ternyata berada di kawasan prostitusi. Bisa dibayangkan lah ya kondisi sekitarnya. Jujur bikin saya degdegan dan ga berani keluar hotel.

Kejadian ini menjadi pelajaran tersendiri buat saya untuk lebih hati-hati dalam memilih hotel dan melihat review-review-nya. Jadi, kumpulkan semua informasi dan cari tahu kondisi lingkungan di sekitar hotel kalau kamu mau book hotel di tempat yang kamu belum paham.

4. Ditawar warga lokal

Mengunjungi sebuah destinasi wisata ke negara manapun selalu menyimpan kenangan tak terlupakan. Namun kejadian ditawar sama warga lokal itu rasanya nano-nano.

Waktu itu saya berkunjung ke sebuah negara bertiga dengan teman saya. 1 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Malam sekitar jam 9 atau jam 10an kami keluar untuk melihat suasana malam di negara tersebut. Sepanjang jalan kami melihat beberapa pasangan sedang romantis-romantisan. Kami abaikan dan mengobrol menikmati suasana malam yang tidka begitu ramai.

Tetiba seorang laki-laki yang saya lihat tadi bersama pasangannya, menyambangi kami. Dengan mengeluarkan sejumlah uang, dia bilang ke teman travel saya yang laki-laki untuk menukar saya dengan uang itu. Shock? pastinya. Teman saya dengan tegas menolak dan bilang jika saya pasangannya dan tidak diperjualbelikan.

Kadang kita tidka bisa menduga apa yang akan terjadi dalam perjalanan wisata kita, tapi kita bisa mengontrol apa yang akan kita lakukan saat mengalami sesuatu. Stay calm and be confident. 

5. Scammer

Pengalaman seru saat traveling lainnya adalah, pertama kalinya ke Vietnam, kami berjalan-jalan ke taman kota. Saat mengunjungi salah satu pasar terkenal di sana, teman saya tiba-tiba didekati warga lokal. Ternyata mereka supir tuktuk dan menawarkan paket keliling beberapa lokasi di Vietnam.

Dari awal saya sudah peringatkan travelmate saya untuk tidak mengambil paket wisata sembarangan. Tawaran dari hotel lebik baik meskipun dari sisi harga sedikit lebih mahal. Tapi terjamin keamanannya.

Singkat kata teman-teman saya sudah deal harga dengan para supir tuktuk itu ketika saya belanja di pasar tersebut. Feeling sudah tidak enak, karena saya baca-baca banyak scammer sekitar wilayah ini.

Saat menuju lokasi wisata kedua, tiba-tiba para supir tuktuk ini membawa kami ke tempat yang sepi dan seperti jalan buntu. Kami semua diturunkan. Dan supir-supir tuktuk itu memaksa kami meminta uang sebanyak 50 USD (saat itu sekitar 500 ribu rupiah) per orang. Dengan terpaksa kami memberikan uang itu dengan alasan keselamatan.

6. Last call

Buat kamu yang bawaannya santai, mungkin pernah mengalami moment ini. Mendapatkan last call dari kru kabin pesawat. Itulah yang saya alami, bersama teman sepulang dari Derawan. Kami bersantai saja minum kopi di sebuah cafe. Tidak ngeh kalau nama kami sudah dipanggil beberapa kali.

Sampai akhirnya sadar, nama kami dipanggil berkali-kali karena pesawat sudah mau take off.  Bisa dibayangkan saat kami masuk ke pesawat, semua mata tertuju melihat kami yang baru saja datang. Sambil mesem-mesem teman saya ngeloyor ke tempat duduk dan langsung memasang posisi tidur.

7.  Travelmate cancel

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Buat saya ini termasuk pengalaman seru juga sih saat traveling. Ketika kita mau mengunjungi negara orang pertama kalinya, ada perasaan lebih tenang saat ada travelmate. Namun bagaimana rasanya ketika semua rencana sudah disusun manis, itenari sudah rapi namun temen traveling kita cancel menjelang beberapa jam keberangkatan.

Kuncinya, jangan pernah menggantungkan diri kita ke orang dalam hal sekecil apapun. Karena saya terbiasa mandiri dan solo traveling, ok it's fine saat hal ini terjadi. Meskipun ada ya perasaan khawatir dan sedih, itu wajar saja. Percaya deh setiap hal yang terjadi dalam hidup kita, akan membawa pelajaran dan pengalaman penting dan seru. Ok, traveling must goes on.

8. Alergi dingin

Pengalaman seru lainnya adalah ketika saya solo treking pertama kalinya mengunjungi gunung salju. Padahal saya ada alergi dingin. Menjelang H-2 menuju puncak, salju sudah mulai turun dengan derasnya, seluruh tubuh saya tertutup dengan salju. Tidak ada satu orangpun di belakang saya saat itu. Semuanya sudah di depan.

himalaya annapurna base camp meimoodaema
Pict Taken by Josia/Mariana

Saya sudah pasrah dengan apa yang akan terjadi. Kaki saya sudah beku rasanya, namun masih mampu berjalan. Jari tangan yang dibalut dengan sarung tangan hangat, sudah mulai terasa kaku.

But thank to God, everything was fine. Dan miracle itu nyata, ketika saya sudah tertatih dalam kelelahan tetiba seorang trekker dari Jepang turun dan menemani saya. Hari sebelumnya saya sempat menolong temannya yang sakit. Kebaikan saya saat itu membawa berkah.

Jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum kamu traveling. Baik itu fisik maupun mental. Dan satu lagi hikmah dari pengalaman ini adalah, saat kamu masih bsia menolong, tolonglah orang tersebut.

9. Melintasi perbatasan

Pengalaman seru lainnya yang tak terlupakan adalah mengelilingi beberapa negara Asia tahun 2012 dengan menggunakan bus. Berpindah dari satu negara ke negara lain dengan menggunakan bus antar negara membawa kenangan tersendiri.

Melelahkan tapi sangat menyenangkan. Kita dapat melihat dengan nyata bagaimana kehidupan di daerah perbatasan sebuah negara. Melihat bagaimana mereka bertransaksi, berkomunikasi, dan menjalankan kehidupan layaknya dengan tetangga sebelah rumah. Seru deh pokoknya.

10. Dikira PSK

Pengalaman seru lainnya yang saya ingat saat traveling adalah menginap di sebuah hotel dan ternyata hotel itu adalah area prostitusi. Sehingga saya juga dikira sebagai salah satunya. Saya kaget juga pas tahu. Padahal saya sudah memesan hotel tersebut untuk 2 malam. Keesokan harinya saya langsung pindah hotel.

Sebelumnya saya mencari-cari tempat wisata ini, memang tidak ada informasi apa-apa di internet. Intinya sangat minim informasi. Jika mengalami hal ini pilihannya adalah hubungi teman-teman siapa tahu mereka tahu soal tempat tersebut.

11. Di hutan selama 2 hari

Pengalaman lain yang saya ingat yang takkan terlupakan adalah ketika saya trekking ke salah satu gunung di Himalaya sendirian. Saya datang di musim dingin dimana trekker cukup jarang berkunjung di musim ini. Selain itu saya lintas jalur.

Alhasil selama 2 hari saya berjalan di tengah hutan sendirian. Hanya sesekali bertemu dengan warga lokal itupun hanya 1 atau 2 orang saja. Untungnya saya menemukan 1 atau 2 lodge tempat menginap para trekker. Pengalaman ini adalah pengalaman paling seru yang takan pernah terlupakan seumur hidup saya.

Pengalaman-pengalaman di atas buat saya jadi pelajaran penting untuk lebih berhati-hati saat melakukan traveling. Mencari informasi tentang destinasi wisata menjadi hal yang sangat penting. Agar kita tahu kondisi destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Sehingga tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasinya.

Setiap perjalanan ada kisah yang menarik dibaliknya. Saya tulis catatan ini agar teman-teman lebih hati-hati dan well prepare dalam banyak hal saat traveling. 

So, apa pengalaman serumu saat traveling? Yuk share di kolom komentar, siapa tahu pengalamanmu bermanfaat juga buat orang lain.


27 Comment

  1. Masya Allah mba, pengalamanmu luar biasaa...
    Aku jadi mupeng ini bacanya, pengen bisa travelling gini juga, sayang temenku nggak ada yang mau di ajak jalan2 gini sihh, apalagi sampe ke luar negeri. Mentok jalan2nya 1 provinsi doang. Tapi tetap harus di syukuri juga yaa, hehehe

    ReplyDelete
  2. Keren mbak udah keliling kebanyak tempat. Pengalamannya juga seru-seru, duh jadi pengen juga bisa jalan-jalan gini, tapi mentok di pintu rumah mulu kwkw. Semoga suatu saat lah😁

    ReplyDelete
  3. Luar biasa kak pengalamannya segudang, apalagi karena traveling di luar negeri ya makannya hal-hal di atas menjadi jauh berkesan. Ada serunya, ada seramnya juga. Semoga nanti saya juga bisa merasakan traveling dan trekking juga di LN, kangen banget ih bisa traveling

    ReplyDelete
  4. Pengalaman travelingnya udah banyak banget deh mba.. kereeen sekaliii Mamuju...

    ReplyDelete
  5. Aku pernah mengalami salah pilih hotel sih. Tahunya pas naik taksi. Terus ditanya mau diantar kemana, terus supirnya cerita sih, itu biasanya bla bla bla.. ya ampun mana udah insta story-in lagi. Hiks.

    ReplyDelete
  6. Aduh kagak kebayang dua hari di hutan yang lokasinya jauh kemana mana. Aku ya pernah kejadian nyasar sih. Lalu dapa t hotel agak serem juga pernah

    ReplyDelete
  7. Pengalamannya bisa jadi buku nih mbak!
    Jujur pengalaman travelling ku masih disini situ aja hehehe

    ReplyDelete
  8. Nomer 1 banget banget sih, pengalaman nyasar! Ingat waktu di Hongkong nyari restoran ga ketemu eh taunya ketutupan seng karena lg benerin jalan.. 😂

    ReplyDelete
  9. Pengalaman seru saat traveling tuh banyak banget, kalau yang terakhir sebelum pandemi tuh aku nyaris ketinggalan pesawat saat balik dari Kuala Lumpur. Kebayang gak sih harus lari setelah pengecekan imigrasi sampai gatenya si Air Asia yang diujung itu.

    ReplyDelete
  10. Ya Allah mbak sudah banyak banget pengalaman travellingnya yaa. Aku waktu naik pesawat pertama kalinya gak kuat mbak, telinga sakit banget pengen cepet sampe. Padahal udah dinanti-nanti naik pesawat gimana rasanya. 🤣 Besoknya pas pulang minum antimo, teler sepanjang jalan deh. Hahaa

    ReplyDelete
  11. Wah, seru banget ya pengalamannya. Tapi gak sedikit juga yang nyeremin. Aduuuh itu, mau nyewa dan disangka psk. Hih serem. Aku sendiri, karena sekarang jarang traveling, hal yang sering terjadi dulu itu masuk angin deh. Sama insomnia. Huhu keduanya nyebelin. 😄

    ReplyDelete
  12. Definisi pengalaman berharga yang tidak bisa dibeli, sangat seru membaca kejadian unik ketika traveling seperti ini, jadi sebuah pembelajaran juga pastinya. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  13. ((tutup mukaaa))
    Kak Mei advanced banget menghadapi berbagai situasi saat travelling. Aku bisa nangis kalau ketinggalan di saat salju dan kaki sudah mati rasa, atau get lost in the forest. Kaya yang uda...hopeless.

    Kak Mei, aku jadi bisa menyimpulkan satu hal yaah..
    Bahwa ketika travelling harus berpikir dan bertindak cepat dan tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget yaa, kak Mei.
      Kalau salah bertindak sedikit, bisa berbahaya ada di negeri orang. Semoga selalu sehat dan dimudahkan saat travelling, kak Mei.

      Delete
  14. Seru ya pengalaman traveling nya uda banyak. Ak paling pernah salah dpt hotel terus salah jalan juga krn pakai google maps.

    Tapi aku rada horor juga sih klo uda ktm scammer gitu.

    Selalu ada aja pengalaman yg seru disetiap perjalanan ya ka 😊

    ReplyDelete
  15. Jujur kalau masih lokal aku pernah sekali dua kali pergi sendiri, namun kalau di LN aku keknya gak berani solo. Selain krn bahasa, jg mungkin krn takut2 budaya beda.
    Tapi keknya seru ya mbak bisa punya banyak pengalaman gtu. Tapi ya tetep kudu ati2. Kangen traveling ya mbak Mei? :D

    ReplyDelete
  16. Pengalaman travellingnya luar bisa mba kalau aku idah takut duluan nih kayaknya

    ReplyDelete
  17. Y Ampun Mba Mei, pengalamannya sungguh luar biasa dan serem-serem juga ya. Alhamdulillah masih dalam lindungan Tuhan.

    ReplyDelete
  18. wow, pengalaman yang sangat luar biasa, Mba. Saya yang belum pernah travelling jauh-jauh hanya bisa membayangkan pengalaman luar biasa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayangin yang di gunung salju itu Kak Mei memang luar biasa, siapa yang menabur dia menuai. Ditolong orang, sebelumnya udah nulung orang dahulu

      Delete
  19. Aku bbrp kali malah stay di daerah prostitusi, Krn sbnrnya di daerah begini hrg hotel slalu LBH murah :D. Tp memang aku seringnya nginep Ama suami sih, JD ga prnh ngalamin hal ga enak :D.

    Itu Vietnam kayaknya memang sarang scam yaa, selain India hahahaha. Aku jg kena Mei, ketipu Ama kakek2 tua sialan. Padahal aku udh kasian awalnya, udh niat mau ksh tips, ternyata scammer juga. Aku sumpahin tuh orang. JD LBH hati2 sih memang kalo kesana

    ReplyDelete
  20. Alergi dingin yang sering aku rasain kak Mei hahaha, apalagi kalo di gunung.
    Udah tahu nggak kuat dingin tapi hepi ikutan jalan gitu.

    ReplyDelete
  21. kerenn banget Mbak, banyak cerita seru ya saat traveling.
    duuuh, ikut degdag juga baca yang cerita 2 hari nyasar di hutan itu, syukurnya bisa keluar dengan selamat ya :)

    ReplyDelete
  22. ya ampun mbak.. kok syerem2 pengalamannya..aplg yg di salju dan di hutan.. ga bayangin.. sy paling mentok salah stasiun kereta dan sadarnya 10 menit sblm brgkt

    ReplyDelete
  23. gilaaaa, ceritanya mba mei nih seru-seru banget. ayo itu draft draft tentang cerita waktu travelingnya dikelarin mbak.. aku jadi penasaran lengkapnya kek mana.


    Kalau aku pernahnya get lost sih pas sepedaan berdua sama nahla dan ga ada pulsa buat buka google map. emang get lost itu kadang seru tapi serem juga kalau ga nemu jalan keluarnya ya..

    ReplyDelete
  24. mba mei serem banget ceritanyaaa, apalagi yang nomor dua dan 3...

    ReplyDelete
  25. Love your blog muuuchhh muuucchhh. Aku sih sebenarnya senang-senang aja kalau get lost karena bakal nemu pengalaman dan destinasi baru. That's why terkadang kita nggak strict sama itinerary karena ingin bebas sekaligus menemui kejutan-kejutan, hehe.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.