HALANG RINTANG SALAH SATU PENGHILANG STRESS SAAT TIDAK BISA TRAVELING

Pandemi membuat beberapa orang menjadi stress karena tidak bisa pergi traveling. Termasuk saya, yang biasa pergi ngeluyur dan mengunjungi beberapa tempat wisata. Akhirnya selama di rumah Saya habiskan waktu untuk bermain dengan keponakan-keponakan kecil saya. Salah satunya dengan bermain halang rintang sebagai salah satu penghilang stress saat tidak bisa traveling.

halang rintang meimoodaema


SIAPA YANG SUKA BERMAIN HALANG RINTANG?

Halang rintang adalah sebuah permainan yang biasa dilakukan oleh anak-anak dengan melewati beberapa alat untuk dilewati. Namun permainan ini juga sering dimainkan oleh orang dewasa. Kita bisa jumpai permaian ini dalam acara-acara di TV.

Permainan ini bisa dimainkan di dalam ataupun di luar rumah. Permainan ini mempunyai manfaat yang cukup banyak untuk fisik termasuk perkembangan fisik dan mental anak.

Saya dan keponakan memanfaatkan beberapa peralatan yang ada di rumah untuk bermain permainan ini. Kebetulan saudara saya adalah seorang guru TK dan keponakan saya terbiasa melihat permainan ini di sekolah tempat ibunya mengajar.

MANFAAT PERMAINAN HALANG RINTANG

1. Membangun bonding

Salah satu manfaat yang saya dapat selama melakukan permainan ini  adalah membangun bonding dengan keponakan saya. Selama ini kami jauh-jauhan karena kami berbeda kota. Permainan halang rintang ini membuat kami bisa tertawa bebas, teriak, dan saling melempar lelucon.

Nah buat kamu sebagai orangtua, bisa memainkan permainan ini untuk meningkatkan ikatan kasih sayang dengan si kecil.

2. Melatih fisik si kecil

Permainan ini cukup sederhana tapi mempunyai manfaat besar untuk pertumbuhan fisik si kecil. Karena mereka akan belajar melewati beberapa alat sebagai rintangan. Tentu saja hal ini juga akan mendorong fisik mereka lebih kuat. Karena dalam permainan ini si kecil akan berlari, melompat, memanjat, berguling, dan lainnya. Termasuk keponakan saya yang sangat aktif dan terlihat menikmati sekali permainan ini.

3. Melatih berkomunikasi dengan si kecil

Manfaat lain yang saya rasakan dalam permainan halang rintang ini adalah melatih komunikasi keponakan saya. Biasanya dia akan sibuk sendiri dengan gambar atau buku bacaannya. Dengan permainan ini saya melihat dia berteriak untuk menyemangati saya dan kakaknya. Kadang dia juga bertanya, rintangan mana yang harus dia lewati. Atau bertanya mana yang paling mudah dilewati.

Artinya dia sedang belajar berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian dia juga sedang belajar mendengarkan pendapat orang lain. Atau bahkan dia sedang belajar mengambil keputusan setelah mendengar masukan dari saya dan kakaknya.

4. Melatih daya pikir dan fokus

Kedua keponakan saya mulai terlihat berpikir keras saat melewati halang rintang. Agar bisa melewati dan menyelesaikan permainan ini dengan baik. Secara tidak langsung mereka sedang belajar fokus dengan apa yang mereka lakukan dan tentu saja ini juga melatih daya pikir mereka saat melakukan aktifitas tersebut agar berhasil.

5. Menghilangkan stress

Tidak hanya membantu mengobati stress saya karena tidak bisa pergi traveling, tapi ternyata permainan ini juga memberikan efek senang pada keponakan saya yang hanya dikurung di rumah oleh ibunya. Biasanya mereka pergi ke sekolah, dan bermain dengan teman-temannya pada siang hari. Namun karena saat ini kondisinya tidak memungkinkan akhirnya mereka menghabiskan waktu hanya di rumah saja.

Permainan ini cukup membantu mereka happy. Bahkan kami melakukan permainan ini sampai berkali-kali. Kami tertawa bersama saat salah satu dari kami ada yang belum berhasil melewati permaian halang rintang ini.

6. Menumbuhkan rasa empati

Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat mendorong anak untuk lebih berempati. Hal ini saya lihat dari kedua keponakan saya. Ketika salah satunya saat memanjat ada yang terjatuh, maka kakak atau adiknya pasti akan membantu menolongnya. Dan terlihat saling khawatir gitu.

Artinya pelan-pelan, permainan ini juga mendorong mereka untuk lebih saling peduli dan berempati dengan lingkungan sekitarnya.

7. Mendorong anak lebih aktif

Keponakan saya berlari, melompat, memanjat, berteriak, tertawa, berguling, dan gerakan. Semua kegiatan tersebut membuat mereka aktif. Secara tidka langsung keaktifan mereka melatih kemampuan fisik mereka juga. Tentu saja hal ini akan membuat mereka aktif juga untuk kegiatan lainnya.

Serunya permainan halang rintang ini kami lakukan di luar ruangan. Membuat kamu lebih bebas menikmati udara, bercengkrama dengan alam dan udara segar. Halaman luas rumah kami membuat kami bebas menikmati permainan ini.

Nah itu kurang lebih manfaat dari permainan halang rintang ini. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya. Ibu-ibu bisa melakukan permainan ini untuk melatih kemampuan fisik dan mental mereka.

Ada yang pernah melakukan permainan ini dengan si kecil atau keponakan tersayangnya? Yuk share di kolom komentar, biar makin tahu banyak manfaat dari permainan ini.


19 Comment

  1. bener banget mbak, dulu saat masih sekolah tatap muka aku sama anak2 suka main halang rintang. mereka antusias banget dan ujungnya bisa bikin kami lebih dekat. kl udah dekat ngajar pun enak, mereka nggak merasa sedang digurui, hihi
    manfaat bermain halang rintang memang banyak ya,

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya beraktivitas main halang rintanh sama anak, pasti happy dan sehat, selain nambah pengalaman seru juga!

    ReplyDelete
  3. Main halang rintang ini bisa memfreshkan kembali pikiran dan menaikkan mood, apalagi kalau sudah kelamaan spaneng belajar hehehe. Kalau dulu aku suka main halang rintang dengan temen kompleks atau saat di sekolah

    ReplyDelete
  4. Memang ya, bikin anak lebih aktif itu kerasa.
    Apalagi buat anak yang super aktif seperti anak-anak saya, bagusnya dikasi permainan halang rintang.
    Udah lama gak main halang rintang secara sejak pandemi kami di rumah mulu.
    Padahal bisa bikin pake alat-alat yang ada di rumah ya

    ReplyDelete
  5. aku juga suka deh permainan halang rintang, berasa adrenaline-nya terpacu maksimal

    ReplyDelete
  6. Udah lamaaaa banget nggak main permainan halang rintang. Dulu pas masih kecil suka mainnya. SMoga ntar bisa mencoba permainan seru ini lagi :)

    ReplyDelete
  7. HUaa udah lama banget ga denger permainan halang rintang hehehe. Tapi permaianan ini identik permainan outdoor kan ya? Apa tetep seru dimainin di dalam rumah?

    ReplyDelete
  8. Ini aku juga sudah cobain di rumah, jadi dari awal pandemi tahun lalu tuh aku bikin list kegiatan selama di rumah. Tujuannya biar anakku gak bosan dan gak fokus sama gadgetnya saja.

    ReplyDelete
  9. Wah, seru ya. Kalau anak-anakku di rumah hobby banget main petak umpet. Pokoknya lihat ortunya ngganggur dikit, udah langsung diajakin petak umpet, wkwk.

    ReplyDelete
  10. anak saya banget ini
    aktif banget
    hobi kegiatan semacam halang rintang ini
    untungnya rumah dekat taman bermain anak
    jadi dia puas banget main sambil bersosialisasi dengan anak seumurannya

    ReplyDelete
  11. Ingat saat anak-anak masih kecil senangnya main halang rintang. memang memeperkuat bonding dan juga banyak manfaat lain. Seru pokoknya apalagi pas di rumah aja begini

    ReplyDelete
  12. Boleh juga nihh ide mainnya. Aku belum pernah main halang rintang sama anak hihi. Cobain dehh, mumpung si doi lagi aktif2nya

    ReplyDelete
  13. baru denger dong mbak wkwkwk atau mungkin itu permainan di jawa sana ya wkwkwk enaknya punya banyak keponakan bisa diajak main gitu ya mbak, kebayang gedenya bareng2 udah nggak bisa lg diajak main gituan, udh sibuk dunia sndiri wkwk

    ReplyDelete
  14. Paling mainnya games sejenis saja. Kalau main langsung kurang alat dan orang-orang, hehehe...
    Pandemi emang kudu kreatif ya biar anak ga bosan atau jenuh

    ReplyDelete
  15. permainan sederhana tapi manfaatnya banyak banget ya Mba Mei. Bisa sebagai penguat bonding antara orang tua dan anak, Obat stres dan tetap ceria.

    ReplyDelete
  16. Halang rintang ini mirip permainan samberlang ya kak?
    Kalo di Medan kami taunya main samberlang. Beneran bisa bikin anak-anak gak bosan karena bergerak terus.
    Anak-anak pun senang karena gak harus diam tanpa aktivitas selama pandemi.

    ReplyDelete
  17. Wau ini pertama kalia sih saya mendengarnya...halang rintang ku kira semacam permianan untuk anak anak hehe ternyata bukan ..
    Wah nambah ilmu kalau calon ibu hehe

    ReplyDelete
  18. Beluuumm.

    Iya juga ya. Kegiatan buat anak anak biar nggak bosan karena kelamaan di rumah terus, boleh nih coba main halang rintang.

    ReplyDelete
  19. Mbak mainan halang rintang nih seru banget ya, ngebayanginnya jadi pengen mainan sama keponakan mumpung masih pada liburan hehehe

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.