APA PENGALAMAN SERUMU SAAT TRAVELING?

Kemanapun pergi traveling, selalu ada pengalaman seru yang tak terlupakan. Yang menjadi kenangan untuk diceritakan dengan keluarga, sahabat, teman, atau siapapun. Kalau ditanya apa pengalaman serumu saat traveling, jawabannya pasti banyak. Tapi pasti ada beberapa kejadian yang paling kita ingat.

pengalaman seru saat traveling


1. Get lost

Singapore mempunyai kenangan tersendiri. Bagaimana tidak, negara pemilik gedung esplanade ini, tempat pertama menginjakan kaki saya di luar negeri. Berangkat bersama teman-teman, dan bermodal dari tiket promo, saya dapat mengunjungi negara ini.

Kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya adalah, hari kedua saya mengunjungi tempat ini, saya terpisah dengan teman-teman saya saat hendak menaiki kereta cepat. Saat itu saya tidak bisa membaca peta, internet tidak terkoneksi, bahkan nama hotelnya saja saya tidak tahu, apalagi alamatnya. Mau nyusul mereka juga tidak tahu ke arah mana.

Tentu saja pengalaman nyasar saat pertama kalinya ke luar neger jadi kenangan tersendiri buat saya. Pengalaman paling kocak yang tak terlupakan.

Maka, catat selalu nama hotel, alamat hotel, dan nomor teleponnya. Atau aktifkan nomor ponsel kamu atau beli paket inet di negara tujuan. Catat alamat dan nomor telepon kedutaan Indonesia di negara tujuan dan belajar cara membaca peta. Komunikasikan dan pastikan dengan travelmate-mu mengenai itinerary. Jadi kalau kesasar begini, you know what you have to do.

2. Secret admire

Nah, kabarnya perempuan Indonesia banyak disukai oleh negara-negara barat sana. Karena kulitnya yang eksotis dan cantik. Pengalaman seru sekaligus menakutkan saya dimulai ketika pergi mengunjungi salah satu negara di Asia, saya menginap di sebuah hotel dan bertemu dengan salah satu pelancong dari benua nan jauh di sana.

Dari hari pertama gelagatnya sudah berbeda, he treated me not as a friend, but more than that. Tapi saya cuekin aja. Dia selalu ingin ikut kemana saja saya pergi. Dengan berbagai alasan saya menolak secara halus ala budaya timur. Keesokannya dia ajak saya jalan, saya tolak lagi dengan halus. Minta nomor HP, saya bilang tidak diaktifkan.

Besoknya dia belikan saya nomor kartu lokal. Saya ambil tapi tidak saya aktifkan dengan alasan HP saya error. Lama-lama saya merasa terganggu dan sampai akhirnya pindah hotel. Di hotel baru yang lumayan jauh dari hotel sebelumnya, eh ketemu lagi sama dia. Untungnya besoknya saya sudah pindah ke negara lain lagi.

So, buat kamu hati-hati ya saat kamu bertemu dengan traveler seperti ini.

3. Salah pilih hotel

Ceritanya saya dan teman-teman booking hostel di salah satu negara di Asia. Review hotelnya bagus dan termasuk muslim friendly, ya seperti hotel syar'i gitu deh.

Buy pig in a poke atau membeli kucing dalam karunglah istilahnya. Saat tiba di sana, hotelnya memang nyaman tapi ternyata hotelnya ternyata berada di kawasan prostitusi. Bisa dibayangkan lah ya kondisi sekitarnya. Jujur bikin saya degdegan dan ga berani keluar hotel.

Kejadian ini menjadi pelajaran tersendiri buat saya untuk lebih hati-hati dalam memilih hotel dan melihat review-review-nya. Jadi, kumpulkan semua informasi dan cari tahu kondisi lingkungan di sekitar hotel kalau kamu mau book hotel di tempat yang kamu belum paham.

4. Ditawar warga lokal

Mengunjungi sebuah destinasi wisata ke negara manapun selalu menyimpan kenangan tak terlupakan. Namun kejadian ditawar sama warga lokal itu rasanya nano-nano.

Waktu itu saya berkunjung ke sebuah negara bertiga dengan teman saya. Satu orang laki-laki dan satu orang perempuan. Malam sekitar jam 9 atau jam 10an kami keluar untuk melihat suasana malam di negara tersebut. Sepanjang jalan kami melihat beberapa pasangan sedang romantis-romantisan. Kami abaikan dan mengobrol menikmati suasana malam yang tidak begitu ramai.

Tetiba seorang laki-laki yang saya lihat tadi bersama pasangannya, menyambangi kami. Dengan mengeluarkan sejumlah uang, dia bilang ke teman travel saya yang laki-laki untuk menukar saya dengan uang itu. Shock? pastinya. Teman saya dengan tegas menolak dan bilang jika saya pasangannya dan tidak diperjualbelikan.

Kadang kita tidak bisa menduga apa yang akan terjadi dalam perjalanan wisata kita, tapi kita bisa mengontrol apa yang akan kita lakukan saat mengalami sesuatu. Stay calm and be confident. 

5. Scammer

Pengalaman seru saat traveling lainnya adalah, pertama kalinya ke Vietnam, kami berjalan-jalan ke taman kota. Saat mengunjungi salah satu pasar terkenal di sana, teman saya tiba-tiba didekati warga lokal. Ternyata mereka supir tuktuk dan menawarkan paket keliling beberapa lokasi di Vietnam.

Dari awal saya sudah peringatkan travelmate saya untuk tidak mengambil paket wisata sembarangan. Tawaran dari hotel lebik baik meskipun dari sisi harga sedikit lebih mahal. Tapi terjamin keamanannya.

Singkat kata teman-teman saya sudah deal harga dengan para supir tuktuk itu ketika saya belanja di pasar tersebut. Feeling sudah tidak enak, karena saya baca-baca banyak scammer sekitar wilayah ini.

Saat menuju lokasi wisata kedua, tiba-tiba para supir tuktuk ini membawa kami ke tempat yang sepi dan seperti jalan buntu. Kami semua diturunkan. Dan supir-supir tuktuk itu memaksa kami meminta uang sebanyak 50 USD (saat itu sekitar 500 ribu rupiah) per orang. Dengan terpaksa kami memberikan uang itu dengan alasan keselamatan.

6. Last call

Buat kamu yang bawaannya santai, mungkin pernah mengalami moment ini. Mendapatkan last call dari kru kabin pesawat. Itulah yang saya alami, bersama teman sepulang dari Derawan. Kami bersantai saja minum kopi di sebuah cafe. Tidak ngeh kalau nama kami sudah dipanggil beberapa kali.

Sampai akhirnya sadar, nama kami dipanggil berkali-kali karena pesawat sudah mau take off.  Bisa dibayangkan saat kami masuk ke pesawat, semua mata tertuju melihat kami yang baru saja datang. Sambil mesem-mesem teman saya ngeloyor ke tempat duduk dan langsung memasang posisi tidur.

7.  Travelmate cancel

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Buat saya ini termasuk pengalaman seru juga sih saat traveling. Ketika kita mau mengunjungi negara orang pertama kalinya, ada perasaan lebih tenang saat ada travelmate. Namun bagaimana rasanya ketika semua rencana sudah disusun manis, itinerary sudah rapi namun temen traveling kita cancel menjelang beberapa jam keberangkatan.

Kuncinya, jangan pernah menggantungkan diri kita ke orang dalam hal sekecil apapun. Karena saya terbiasa mandiri dan solo traveling, ok it's fine saat hal ini terjadi. Meskipun ada ya perasaan khawatir dan sedih, itu wajar saja. Percaya deh setiap hal yang terjadi dalam hidup kita, akan membawa pelajaran dan pengalaman penting dan seru. Ok, traveling must goes on.

8. Alergi dingin

Pengalaman seru lainnya adalah ketika saya solo treking pertama kalinya mengunjungi gunung salju. Padahal saya ada alergi dingin. Menjelang H-2 menuju puncak, salju sudah mulai turun dengan derasnya, seluruh tubuh saya tertutup dengan salju. Tidak ada satu orangpun di belakang saya saat itu. Semuanya sudah di depan.

himalaya annapurna base camp meimoodaema
Pict Taken by Josia/Mariana

Saya sudah pasrah dengan apa yang akan terjadi. Kaki saya sudah beku rasanya, namun masih mampu berjalan. Jari tangan yang dibalut dengan sarung tangan hangat, sudah mulai terasa kaku.

But thank to God, everything was fine. Dan miracle itu nyata, ketika saya sudah tertatih dalam kelelahan tetiba seorang trekker dari Jepang turun dan menemani saya. Hari sebelumnya saya sempat menolong temannya yang sakit. Kebaikan saya saat itu membawa berkah.

Jadi persiapkan dirimu sebaik mungkin sebelum kamu traveling. Baik itu fisik maupun mental. Dan satu lagi hikmah dari pengalaman ini adalah, saat ada yang membutuhkan uluran tanganmu, bantulah dengan senang hati.

9. Melintasi perbatasan

Pengalaman seru lainnya yang tak terlupakan adalah mengelilingi beberapa negara Asia tahun 2012 dengan menggunakan bus. Berpindah dari satu negara ke negara lain dengan menggunakan bus antar negara membawa kenangan tersendiri.

Melelahkan tapi sangat menyenangkan. Kita dapat melihat dengan nyata bagaimana kehidupan di daerah perbatasan sebuah negara. Melihat bagaimana mereka bertransaksi, berkomunikasi, dan menjalankan kehidupan layaknya dengan tetangga sebelah rumah. Seru deh pokoknya.

10. Dikira PSK

Pengalaman seru lainnya yang saya ingat saat traveling adalah menginap di sebuah hotel dan ternyata hotel itu adalah area prostitusi. Sehingga saya juga dikira sebagai salah satunya. Saya kaget juga pas tahu. Padahal saya sudah memesan hotel tersebut untuk 2 malam. Keesokan harinya saya langsung pindah hotel.

Sebelumnya saya mencari-cari tempat wisata ini, memang tidak ada informasi apa-apa di internet. Intinya sangat minim informasi. Jika mengalami hal ini pilihannya adalah hubungi teman-teman siapa tahu mereka tahu soal tempat tersebut.

11. Di hutan selama 2 hari

Pengalaman lain yang saya ingat yang takkan terlupakan adalah ketika saya trekking ke salah satu gunung di Himalaya sendirian. Saya datang di musim dingin dimana trekker cukup jarang berkunjung di musim ini. Selain itu saya lintas jalur.

Alhasil selama 2 hari saya berjalan di tengah hutan sendirian. Hanya sesekali bertemu dengan warga lokal itupun hanya 1 atau 2 orang saja. Untungnya saya menemukan 1 atau 2 lodge tempat menginap para trekker. Pengalaman ini adalah pengalaman paling seru yang takan pernah terlupakan seumur hidup saya.

Pengalaman-pengalaman di atas buat saya jadi pelajaran penting untuk lebih berhati-hati saat melakukan traveling. Mencari informasi tentang destinasi wisata menjadi hal yang sangat penting. Agar kita tahu kondisi destinasi wisata yang akan kita kunjungi. Sehingga tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasinya.

Setiap perjalanan ada kisah yang menarik dibaliknya. Saya tulis catatan ini agar teman-teman lebih hati-hati dan well prepare dalam banyak hal saat traveling. 

So, apa pengalaman serumu saat traveling? Yuk share di kolom komentar, siapa tahu pengalamanmu bermanfaat juga buat orang lain.


103 Comment

  1. Masya Allah mba, pengalamanmu luar biasaa...
    Aku jadi mupeng ini bacanya, pengen bisa travelling gini juga, sayang temenku nggak ada yang mau di ajak jalan2 gini sihh, apalagi sampe ke luar negeri. Mentok jalan2nya 1 provinsi doang. Tapi tetap harus di syukuri juga yaa, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nanti setelah pandemi berakhir bagaimana kalau kita ngadain acara traveling bareng meimoodaema aja. Kita jadi ada teman jalannya. Hehehe...

      Delete
  2. Keren mbak udah keliling kebanyak tempat. Pengalamannya juga seru-seru, duh jadi pengen juga bisa jalan-jalan gini, tapi mentok di pintu rumah mulu kwkw. Semoga suatu saat lah😁

    ReplyDelete
  3. Luar biasa kak pengalamannya segudang, apalagi karena traveling di luar negeri ya makannya hal-hal di atas menjadi jauh berkesan. Ada serunya, ada seramnya juga. Semoga nanti saya juga bisa merasakan traveling dan trekking juga di LN, kangen banget ih bisa traveling

    ReplyDelete
  4. Pengalaman travelingnya udah banyak banget deh mba.. kereeen sekaliii Mamuju...

    ReplyDelete
  5. Aku pernah mengalami salah pilih hotel sih. Tahunya pas naik taksi. Terus ditanya mau diantar kemana, terus supirnya cerita sih, itu biasanya bla bla bla.. ya ampun mana udah insta story-in lagi. Hiks.

    ReplyDelete
  6. Aduh kagak kebayang dua hari di hutan yang lokasinya jauh kemana mana. Aku ya pernah kejadian nyasar sih. Lalu dapa t hotel agak serem juga pernah

    ReplyDelete
  7. Pengalamannya bisa jadi buku nih mbak!
    Jujur pengalaman travelling ku masih disini situ aja hehehe

    ReplyDelete
  8. Nomer 1 banget banget sih, pengalaman nyasar! Ingat waktu di Hongkong nyari restoran ga ketemu eh taunya ketutupan seng karena lg benerin jalan.. 😂

    ReplyDelete
  9. Pengalaman seru saat traveling tuh banyak banget, kalau yang terakhir sebelum pandemi tuh aku nyaris ketinggalan pesawat saat balik dari Kuala Lumpur. Kebayang gak sih harus lari setelah pengecekan imigrasi sampai gatenya si Air Asia yang diujung itu.

    ReplyDelete
  10. Ya Allah mbak sudah banyak banget pengalaman travellingnya yaa. Aku waktu naik pesawat pertama kalinya gak kuat mbak, telinga sakit banget pengen cepet sampe. Padahal udah dinanti-nanti naik pesawat gimana rasanya. 🤣 Besoknya pas pulang minum antimo, teler sepanjang jalan deh. Hahaa

    ReplyDelete
  11. Wah, seru banget ya pengalamannya. Tapi gak sedikit juga yang nyeremin. Aduuuh itu, mau nyewa dan disangka psk. Hih serem. Aku sendiri, karena sekarang jarang traveling, hal yang sering terjadi dulu itu masuk angin deh. Sama insomnia. Huhu keduanya nyebelin. 😄

    ReplyDelete
  12. Definisi pengalaman berharga yang tidak bisa dibeli, sangat seru membaca kejadian unik ketika traveling seperti ini, jadi sebuah pembelajaran juga pastinya. thanks for sharing mba

    ReplyDelete
  13. ((tutup mukaaa))
    Kak Mei advanced banget menghadapi berbagai situasi saat travelling. Aku bisa nangis kalau ketinggalan di saat salju dan kaki sudah mati rasa, atau get lost in the forest. Kaya yang uda...hopeless.

    Kak Mei, aku jadi bisa menyimpulkan satu hal yaah..
    Bahwa ketika travelling harus berpikir dan bertindak cepat dan tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem banget yaa, kak Mei.
      Kalau salah bertindak sedikit, bisa berbahaya ada di negeri orang. Semoga selalu sehat dan dimudahkan saat travelling, kak Mei.

      Delete
  14. Seru ya pengalaman traveling nya uda banyak. Ak paling pernah salah dpt hotel terus salah jalan juga krn pakai google maps.

    Tapi aku rada horor juga sih klo uda ktm scammer gitu.

    Selalu ada aja pengalaman yg seru disetiap perjalanan ya ka 😊

    ReplyDelete
  15. Jujur kalau masih lokal aku pernah sekali dua kali pergi sendiri, namun kalau di LN aku keknya gak berani solo. Selain krn bahasa, jg mungkin krn takut2 budaya beda.
    Tapi keknya seru ya mbak bisa punya banyak pengalaman gtu. Tapi ya tetep kudu ati2. Kangen traveling ya mbak Mei? :D

    ReplyDelete
  16. Pengalaman travellingnya luar bisa mba kalau aku idah takut duluan nih kayaknya

    ReplyDelete
  17. Y Ampun Mba Mei, pengalamannya sungguh luar biasa dan serem-serem juga ya. Alhamdulillah masih dalam lindungan Tuhan.

    ReplyDelete
  18. wow, pengalaman yang sangat luar biasa, Mba. Saya yang belum pernah travelling jauh-jauh hanya bisa membayangkan pengalaman luar biasa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayangin yang di gunung salju itu Kak Mei memang luar biasa, siapa yang menabur dia menuai. Ditolong orang, sebelumnya udah nulung orang dahulu

      Delete
  19. Aku bbrp kali malah stay di daerah prostitusi, Krn sbnrnya di daerah begini hrg hotel slalu LBH murah :D. Tp memang aku seringnya nginep Ama suami sih, JD ga prnh ngalamin hal ga enak :D.

    Itu Vietnam kayaknya memang sarang scam yaa, selain India hahahaha. Aku jg kena Mei, ketipu Ama kakek2 tua sialan. Padahal aku udh kasian awalnya, udh niat mau ksh tips, ternyata scammer juga. Aku sumpahin tuh orang. JD LBH hati2 sih memang kalo kesana

    ReplyDelete
  20. Alergi dingin yang sering aku rasain kak Mei hahaha, apalagi kalo di gunung.
    Udah tahu nggak kuat dingin tapi hepi ikutan jalan gitu.

    ReplyDelete
  21. kerenn banget Mbak, banyak cerita seru ya saat traveling.
    duuuh, ikut degdag juga baca yang cerita 2 hari nyasar di hutan itu, syukurnya bisa keluar dengan selamat ya :)

    ReplyDelete
  22. ya ampun mbak.. kok syerem2 pengalamannya..aplg yg di salju dan di hutan.. ga bayangin.. sy paling mentok salah stasiun kereta dan sadarnya 10 menit sblm brgkt

    ReplyDelete
  23. gilaaaa, ceritanya mba mei nih seru-seru banget. ayo itu draft draft tentang cerita waktu travelingnya dikelarin mbak.. aku jadi penasaran lengkapnya kek mana.


    Kalau aku pernahnya get lost sih pas sepedaan berdua sama nahla dan ga ada pulsa buat buka google map. emang get lost itu kadang seru tapi serem juga kalau ga nemu jalan keluarnya ya..

    ReplyDelete
  24. mba mei serem banget ceritanyaaa, apalagi yang nomor dua dan 3...

    ReplyDelete
  25. Love your blog muuuchhh muuucchhh. Aku sih sebenarnya senang-senang aja kalau get lost karena bakal nemu pengalaman dan destinasi baru. That's why terkadang kita nggak strict sama itinerary karena ingin bebas sekaligus menemui kejutan-kejutan, hehe.

    ReplyDelete
  26. Jiwa petualang bgt. Amazing aku bacanya. Kayanya kalau aku gak seberani itu buat jln2 jauh sendirian. Keren deh. Jadi pengen baca2 perjalanannya.

    ReplyDelete
  27. Waaah keren berani traveling sendirian mba sampe keluar negeri. Kalau aku mah dalam negeri sendirian aja nggak diizinin. Btw pengalaman tak terlupakan ya waktu traveling ke malaysia bareng teman-temanku. Waktu naik MRT itu sampai balik ke stasiun awal karena kita bingung. Mau tanya lagi sama petugasnya malu karena sebelum naik kita udah nanya ke petugas yang sama dan dijelasin rutenya.

    ReplyDelete
  28. Wuih seru ya 😂 saya bacanya sampe sambil senyum2 sendiri. Gak kebayang deh kalau saya yg ngalamin

    ReplyDelete
  29. Pengalamannya seru plus nyeremin jga ya mba, klo aku bisa kapok dluan, tpi bsa dibikin ide cerita buku atau film nih mba, hehhe

    ReplyDelete
  30. Pengalamannya seru bgt kak. Sekaligus kebanyakan kok ngeri ya wkwkwkwk. Apalagi part yang area prostitusi, sampai diajak kencan, kemudian dipalak pula, dll. Asli sih bacanya sampai mindblowing. Asyik bgt sih :')

    ReplyDelete
  31. Pengalaman travellingnya banyak sekali mbak. Tips travelling ke luar negeri minim bugdet dong mbak

    ReplyDelete
  32. Ngeri ya negara mana itu sampai ditawar gitu 😩

    ReplyDelete
  33. Ya ampunn serem juga sampai dikira PSK hiks. Tapi seru yaaahh. Aku mana pernah kek gini yaa.mainku kurang jauh 😂

    ReplyDelete
  34. Masya Allah aku bacanya juga ikut deg degan mbak.. sebab pengalaman kalau lertama kali itu bikin ser di hati .

    Ih seru kali bisa keliling gini kaya pengalaman nih si embak hehehe keren keren.

    Yup informasi, kenalan yang bisa dipercaya, dan tentunya daya survival kita ini penting untuk menjadi bekal yaa

    ReplyDelete
  35. MasyaAllah ini bener-bener Travelling ya mba..hehe seru apalagi sampai ke gunung dan hutan. Saya juga pernah naik Tuktuk tapi d Kamboja. Alhamdulillah aman diantar ke hotel. Kalau di Jepang hanya ke Hokkaido, dan ngelihat gunung salju dari jauh saja.

    ReplyDelete
  36. Pengalaman seru itu ternyata gak datang dari hal-hal yang menyenangkan aja ya Mbak. Dari hal yang tidak diinginkan pun seperti kena scam dan tersesat di hutan gitu juga bisa jadi pengalaman seru tak terlupakan. Btw salut banget dengan pengalaman Mbak yang di poin terakhir itu. Kalau saya yang di posisi itu pastinya bakal panik sekali hehe tapi keren deh Mbak dengan keberaniannya melakukan solo traveling

    ReplyDelete
  37. kalau saya pernah dirampas barang barangnya satu tas saat traveling d pnom pehn sampe satu rupiah pun ngga punya, semua ilang termasuk pasport

    ReplyDelete
  38. Banyak banget, semua yang disebutkan kak Mei masuk
    yang paling horor dikira PSK, Kak itu. Hiks padahal kita cuma nginep di sebelahnya doang ya

    ReplyDelete
  39. Wow keren pengalaman2nya. Berarti kakak nih hobi traveling ya ke berbagai negara? Seru banget. Yang bikin ganggu sih itu dideketin sama stranger ya

    ReplyDelete
  40. pengalaman saat traveling pastinya banyak ya, mau yang sedih, seneng, kocak, nyebelin, atau nyakitin sekalipun, dinikmati aja, karena momen traveling selalu ngangenin dan bisa jadi cerita yang menarik nantinya

    ReplyDelete
  41. Jauh juga mainnya, hehehe... Makanya banyak banget pengalaman yang tidak akan terlupakan ya.
    Kalau saya bepergian sendiri itu paling kena palak preman aja yang bikin saya jadi selalu waspada

    ReplyDelete
  42. Wah...solo traveling itu penuh tantangan ya..bahkan bareng travelmate pun masih dapat pengalaman buruk. Bisa jadi pelajaran ya, Kak..Memang mesti well prepared saat mau jalan biar ga ada kejadian kurang menyenangkan.
    Aku traveling bareng suami dan anak-anak. Banyak pengalaman seru juga. Paling heboh saat di imigrasi Amerika. Tertahan berjam-jam di ruang khusus pemeriksaan mungkin karena Muslim dan aku berhijab. Bawa bayi 2 bulan dan kakaknya 4 tahun. Lihat di sekeliling ada penumpang yang barang-barangnya di koper dibuang ke tempat sampah, digeledah pokoknya serem dan deg-degan...seperti yang ada di TV tayangan investigasi imigrasi itu, dan ini di depan mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata yang di film2 itu sama seperti di dunia nyatanya ya.

      Delete
  43. Travel mate cancel tuh emang paling drama sih, apalagi di last minutes tinggal mau jalan. Tapi ya harus bisa berdamai dengan kenyataan

    ReplyDelete
  44. Perjalanan memang membawa cerita tersendiri ya mba, hal ini lah yang akan jadi kenangan dan story tuk anak cucu kelak. Semangat ber-traveling mba..

    ReplyDelete
  45. Luar biasa pengalaman Travelling keliling dunianya. Jangankan ke luar negeri, keliling Nusantara pun kita harus menghadapi tradisi, budaya, dan kearifan lokal yang berbeda. Kalau ingin akrab dengan penduduk setempat, ingin dibantu mereka, dan membeli barang dari mereka dengan harga murah, maka harus menguasai bahasa daerah dan dialek mereka

    ReplyDelete
  46. paling suka klo travelling itu aku kenalan sama org2 lokal daerah itu kak, asik sambil tanya2 gitu, nambah pengetahuan juga

    ReplyDelete
  47. ya ampun seru bgt mbak, jujur aku blm berani travelling ke luar negeri, pas udh semangat eh covid, gak jadi deh.sempat dikira PSK, terus ditawarin ini itu yaAllah ngeri yak 😂 tp emang kalo nawarin tuktuk apalagi di India tuh kata temen emang galak2 wkwk kek maksa

    ReplyDelete
  48. Hehehe, pengalamannya seru banget neh Kak. Kalau saya biasanya kalau nggak nyasar pernah tuh salah pilih hotel, waktu di Singapur, ternyata hotelnya khusus pria jadi-jadian hahaha

    ReplyDelete
  49. Keren banget sih mbak pengalaman travelingnya. Sebagai orang yang jarang traveling, aku cuma bisa terkesima, hehe. Pastinya sih berharga banget ya pengalaman-pengalaman kece tersebut.

    ReplyDelete
  50. Pengalaman tersesat di luar negeri sampai salah pilih hotel jadi kejadian seru untuk diceritakan di blog ini. Kebayang pas kejadiannya pasti udah nggak karuan tapi setelah lewat jadi kenangan yang tak terlupakan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pernah bosan baca pengalamannya mba Mei jalan-jalan. Seru dan ada deg-degannya juga :))

      Delete
  51. Waktu ke Penang berdua sama sobat cewek, kami dikuntit sejak foto2 di jalanan, dermaga, sampai ke pelabuhan trus naik ferry dia muter2 nyariin kami...iihhh horor, sampai kita buka jaket, buka topi, buka cover tas biar ganti penampilan. Samlai harus nyelip nunduk2 diantara orang2 di dalam ferry kita pindah2 tempat duduk, trus sampai akhirnya lepas dari orang itu saat diem2 naik bus di butterworth dan ditolongin abang2 yang bantuin bohong udah liat kita masuk ke bus. Orangnya sampai ngecek kaca jendela bus loh nyariin kami. Ih mo ngapain dia...heuheeuuu

    ReplyDelete
  52. Waahh pengalamannya nano nano sekali ya... pasti tak akan terlupakan.

    ReplyDelete
  53. Kak Mei.. seru-seru pengalamannya ya.. duh yang bikin deg-degan pas ketemu scammer ya.
    Oh ya, di hutan 2 hari itu di dalam apa di luar negeri kak?

    ReplyDelete
  54. Keren sekali mbak pengalamannya kalo dibandingin pengalaman aku..

    Tp yg paling kocak saat ditaksir bule sih,,, kok mbaknya gak mau,? Jgn langsung berfikir positif mbak, siapa tau dia benar2 cinta eaa...
    Dan juga di kira psk,, astagfirullahh,, hampir terjerumus yah hihi

    ReplyDelete
  55. cerita mba Mei jadi pelajaran juga buat aku yang sering solo traveling
    dan emang paling kesel kalau udah kena scam, beruntungnya waktu ke vietnam dulu nggak ada scammer yang mendekat. apalagi pas ke Thailand, untung dijauhkan juga dari scammer

    mba Mei mantull, jalan di hutan di daerah Himalaya sendirian, luar biasa sekali mbak. Petunjuk jalannya jelas ya mbak, kadang kan ada tuh yang petunjuk jalannya ga jelas, jadi bikin tambah nyasar lagi

    ReplyDelete
  56. Ya ampun seru2 banget pengalamannya mba Mei, ga bisa ngebayangin sih saya jadi mba bisa kesasar di negara orang, apalagi sampe ke hutan, trus pernah kena scamming juga, alhamdulillah gapapa ya mba, pengalaman memang guru terbaik :)

    ReplyDelete
  57. Wuiih aku kayak lagi naik roller coster saat baca tulisannya. Jadi ikut tegang juga. Untung selamat ya dan yang penting banyak hikmah dari traveling tersebut

    ReplyDelete
  58. Ya ampun. Ngeri-ngeri ya pengalamannya. Aku yang jarang jalan-jalan aja ngebayangin itu betapa ngerinya pengalaman saat jalan-jalan.

    ReplyDelete
  59. Keren bangett asli hahah semua udah pernah dirasain keknya yaahh hihi. Bisa dijadiin pengalaman buatku nanti

    ReplyDelete
  60. Wahhh serem juga yak...
    apalgi kalo tetiba dpt di daerah prostitusi gitu...
    waduhhh
    mba nya pemberani..

    ReplyDelete
  61. Ya ampun, nano-nano banget ya. Dari yang manis sampai serem. Apalagi yang sendirian di hutan Himalaya. Btw, boleh ya trekking sendirian di sana? Nanya doang sih. Aku nggak minat trekking sendirian. Ngebayanginnya aja udah panik duluan >.<

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Yang ditawar warga lokal itu serem banget mba.. aku mungkin bakal nolak secara garang.

    Aku pernah dikerjain jadi yang harusnya turun di halte mana jadi menjauh, kalo inget bawaannya mau ngulek sambel

    ReplyDelete
  64. Baca ceritanya Kak Mei, antara geregetan, deg-degan, sekaligus takjub bener² pengalaman yang bisa jadi pembelajaran buat para pembaca khususnya daku kak.

    ReplyDelete
  65. Hampir beberapa yang ada disini juga kualami saat traveling,Mba. Pernah alergi dingin saat di TUrki terus digodain warga lokal tapi enggak sampai tawar menawar. Kemudian kena scam di Thailand juga pernah tapi dengan berbagai yang dialami menambah pengalaman traveling menjadi lebih seru ya.

    ReplyDelete
  66. Masya Allah terharu ceritanya, ketika udah tangan beku, kaki sulit berjalan ada yang bantu ya. Keren cerita perjalanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman traveling di hutan? Belum pernah hehe...
      Paling travelling ku itu kalau ada gratisan dari sekolah, selebihnya mana bisa travelling cuma bedua gitu

      Delete
  67. Baca cerita pengalaman mbak Mei aku jadi deg-degan deh, andai aku di posisi itu. Salut banget sama pengalamannya ini, jadi tau ternyata traveling ke luar negeri gak selalu mulus ya

    ReplyDelete
  68. Penasaran kak pas Get Loss dengan rombongan dengan keadaan kyk gitu kakak gimana sampe akhirnya ketemu sama rombongan lagiii? pertama kali keluar negeri langsung nyasar itu epicc tapi memorable bangett sihh wkwk

    ReplyDelete
  69. Seru bangettt kisahnya, saya yang baca sampai deg-degan. Kayanya mentalku belum sekuat itu, harus trekking sendirian di tengah hutan atau berjalan di salju sementara kaki dan tangan mulai membeku. Duh ga kebayang.

    ReplyDelete
  70. Ngeri yang secret admirer itu ya Mbak, untungnya Mbak Mei segera pindah hotel deh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Berada di luar negeri apalagi kalau solo traveling itu emang banyak yang dihadapi ya, sekaligus menambah pengalaman.

    ReplyDelete
  71. Mbak, baca ini aku jadi kangen traveling. Paling pengalaman seruku, bayi pup di bandara dan di pesawat. Kalau pas di bandara deg2an tiba2 dipanggil buat masuk dan ga denger gimana. Kalau pas di pesawat kukira ga ada area buat bersihin pup bayi. Alhamdulillah malah ada tempatnya tersendiri jadi memudahkan

    ReplyDelete
  72. wah banyak banget sih pengalaman seru waktu traveling, tapi pengalaman horor ketika traveling tuh pas hiking ke Rinjani. Mulai maghrib, udah kesasar tuh, karena emang gelap banget. Udah ga jelas itu di mana, karena jalan setapak udah ga kelihatan lagi. Cuma bisa duduk, nyalain api sambil kasih tanda SOS. Pasrah aja, ada babi hutan lewat, trus kayak ada orang lewat tapi dipanggil ga nengok2. Wkwkkw.. perasaan udah campur aduk. Sekitar jam 8 malam, akhirnya diketemuin ama PMI Lombok. Haduhhh bersyukur banget saat itu wkwkw...

    ReplyDelete
  73. Masya Allah banyak banget ya kak pengalamannya tapi aku ga bisa bayangin nih gimana 2 hari di hutan huhu kalau aku mah dah ketakutan kali ya pengen cepet pulang.

    ReplyDelete
  74. Aku jadi inget waktu ke Bandung, lost contact dengan teman. Di sana gak ada kenalan lain. Akhirnya ngegembel di pasar, untung gak ada orang jahat. Btw, traveling bareng yuk Mba Mei ke Jepang. 🤭

    ReplyDelete
  75. Ketuker koper ! cuma itu yg kuinget dari pengalaman traveling ku yang bisa dihitung pakai jari mba, hehe.. koper nya mirip, pas sampai di hotel, baru ngeh ternyata bukan punyaku. KEbetulan beda hotel pula si empunya.

    mba Mei seru-seru pengalaman travelling nya, keren banget! AKu penasaran dengan kelanjutan cerita di poin 1, gimana tuh endingnya bisa menemukan hotel dan teman2 se geng nya... mungkin bisa diceritain utuh 1 artikel, hehe

    ReplyDelete
  76. Masya Allah tabarakallah ❤️ keren banget ya Petualangan nya apalagi yang 2 hari di hutan, tapi kalo aku pribadi aku nggak mau jadi solo traveler gitu, lebih milih liburan seru sama keluarga... Entah kenapa kalo sendirian cukup pas nonton drakoran aja heheh

    ReplyDelete
  77. Wah, seru banget pengalaman ya Mba Mei. Macem-macem, ya. Ada yang serem karena scammer, terus ditawar warga lokal. Jadi pengalaman engga terlupakan pasti,ya. Pengalaman saya selama ini untungnya belum ada yang aneh-aneh, paling delay nunggu pesawat lama.

    ReplyDelete
  78. Pengalaman yang ngga terlupakan saat traveling, saat saya hilang kontak sama teman. Dan itu pertama kali kami keluar negeri. Beda pesawat dan sok2an janjian di Changi. Eh ngga taunya beda terminal wkwkwkkwk Setelah nangis dan pasrah, akhirnya ketemu jugaa.

    ReplyDelete
  79. Wah.. Kalau saya pas kejar2an sama waktu buat kereta terakhir di Tokyo sama 2 teman saya. Mana waktu itu Hujan deras banget dan kita ga bawa payung dan belanjaan lumayan banyak 😅

    ReplyDelete
  80. Wah, seru banget pengalamannya Mba. Aku yang salah pilih hotel pernah tuh. Duh, horor lagi ceritanya... hehehe

    ReplyDelete
  81. wah keren banget, mbak sudah sampai ke himalaya travellingnya. kalau aku pengalaman paling seru itu pas ketinggalan pesawat gara-gara kepedean naik kereta dari bandung ke soekarno hatta

    ReplyDelete
  82. Waw, seruuu pengalamannya. Terutama yang di hutan selama 2 hari. Kereenn banget mbak gak pakai panik dan akhirnya berhasil keluar hutan 👏🏻

    Aku pernahnya paling hampir ketinggalan pesawat. Last call juga, dan itu bikin degdegan parah. Untung masih terkejar, kalau enggak kan lumayan ya harus beli tiket baru 😅

    ReplyDelete
  83. Saya sih belum pernah ngalamin hal-hal aneh saat traveling, soalnya juga jarang jalan-jalan, hahahaha. Itu parah amat ya ada secret admire gitu. Memang harus wajib hati-hati saat traveling ke negeri orang, apalagi kalau sendirian.

    Hiiihihi, rasanya kayak selebriti ya, namanya dipanggil-panggil dan diliatin seisi pesawat, hehehehe...

    ReplyDelete
  84. Asyyyiiiik dan seru banget yak. Kalau aku sih masuk ke lantai yg tutup tapi karna kenal sama org dalam sana eh bisa masuk dengan leluasa.. pantai yg gede merasa punya sendiri wkkwwkwkwk

    ReplyDelete
  85. Wah, haha.. Ngakak aku tapi gemes baca mb Mei mo ditukar uang. Duh, emang ya klo traveling tuh kita jadi kaya pengalaman dari yang menyenangkan ampe yg bikin ngakak

    ReplyDelete
  86. Pengalaman travelingnya luar biasa banget mba, beragam dan sy yang membaca aja malah deg-degan, tapi traveling sejati selalu tau mau bersikap seperti apa dalam segala situasi dan kondisi ya. Dua hari di hutan di negara nan jauh, dan tetap enjoy, keren.

    ReplyDelete
  87. Wah banyak bgt pengalaman saat Travellingnya ya mbak. Yg lucu sih pas dikira PSK gitu, gara2 salah nginap di hotel karena minimnya informasi, jadi dikira PSK. Ada2 aja.

    ReplyDelete
  88. mbaa extra banget pengalamanmu dahh.. aku juga jadi inget pernah ngalamin bebrapa pengalaman enak gaenak saat traveling, tapi ya tetep aja seru dan jadi pengalaman yaa

    ReplyDelete
  89. Pengalamannya warna-warni banget mbak. Luar biasaaaa.... kalau aku yang mengalami keknya bakal deg2an banget sih.

    ReplyDelete
  90. apa pengalamab seru saat travelling? banyak!! salah satu yang paling favorit adalah saat mencicipi kuliner khas dan juga belajar kearifan lokal masyarakat setempat

    ReplyDelete
  91. Aku aku ga bisa bayangin betapa serunya cerita-cerita traveling kayak gini, aku selalu berusaha untuk menuliskannya berharap bisa abadi dan jadi memory yang tak terlupakan di foto atau blog.

    Jadi terinspirasi untuk nulis seperti ini juga deh

    ReplyDelete
  92. buset ada perjualbelian orang itu gimana ceritanya. apa di negara itu udah lumrah ya gitu? gila sih ya kalau iya

    ReplyDelete
  93. Aku pernah ngalamin nomor 1 dan 2 Mbak. Pernah nyasar di Turki dan hampir ketinggalan pesawat, tapi aku tetap berusaha tenang dan tanya ke orang sana mana jalan tercepat menuju gate keberangkatan.
    Terus, pernah juga dikejar2 cowok di Mekkah sampai ditelepon terus setelah sampai Indonesia. *tutup muka
    Alhamdulillah, semua pengalaman itu benar2 berharga dan gak pernah membuat aku kapok traveling sendiri. Justru makin banyak mengenal orang dari berbagai negera membuat pengalaman kita bertambah ya, Mbak.

    ReplyDelete
  94. Aku bukan seru sih mbak, tapi lebih kayak gak terlupakan aja gitu. Jadi aku pernah ditinggal rombongan. Terus kalimat yg bilang kalo naik gunung bakalan keluar sifat2 asli masing2 orang ini bener banget sih.


    Aku jadi rombongan terakhir. Jalan bertiga aja itu, aku jd nemenin dua temenku yg sakit pas muncak gunung. Soalnya emg aku termasuk yg lelet gitu. Kayak staminaku waktu itu agak kepayahan. Pemgalaanan pertama soalnya kan. Sementara yg staminanya kenceng ini bablas aja cepet tuh naik ke lokasi kampnya. Untungnya sih pas naik itu lagi emang musim liburan dan tanggal merah ya jadi sepanjang perjalanan gak sepi gitu meski melewati hutan. Masih ketemu banyak orang dr rombongan lain gitu. Asli, gak kebayang sih kalo bukan suasana liburan bakalan gimana. Mana ini bertiga sama2 pengalaman pertama kali naik gunung. Ngeri2 kocak sih kalo keingetan.

    Kalo lintas negara belum pernah, cuma dari baca pengalaman2 mbak ini jd pengin deh. Semoga nanti ada rezekinya bisa traveling ke luar negeri juga.🥰

    ReplyDelete
  95. poin yang salah pesan hotel itu pernah kejadian juga sama saya, cuma lokasinya di Manado. Ya Allah masuk hotel yang jam-jaman gitu deh, mana jorok lagi. Klo sekarang ingat lagi, ngakak sampai bego bareng pak suami wkwkwkwk

    ReplyDelete
  96. Acara blogger pernah nih aku semua heboh kamarnya ada penampakan di hotel itu. Punyaku alhamdulillah aman

    ReplyDelete
  97. Setiap perjalanan pasti ada kisah serunya tersendiri ya Mbak. Nggak semua menyenangkan memang tapi pasti ada hal yang berkesan gitu..

    Nah, tapi emang kalau travellingnya ke luar negeri gitu harus kudu hati-hati ya, ngeri juga kalau ada yang sampai buntutin apalagi sampai ditawari, emang barang apa sampai ditawar gitu

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.