FRANLY APRILANO OLEY, SOSOK PENJAGA HUTAN MERABU KALIMANTAN

Kampung Merabu yang terletak di Berau, Kalimantan Timur adalah kampung suku Dayak Lebo yang menyimpan potensi alam dan budaya yang luar biasa. Sayangnya akses untuk menuju kampung ini membutuhkan waktu sekitar 5 - 6 jam karena akses menuju kampung ini masih jalan tanah tanpa aspal.

Terbatasnya akses dan minimnya transportasi umum, membuat kampung ini menjadi salah satu kampung terbelakang di Kalimantan Timur. Padahal Kalimantan Timur memunyai potensi alam yang luar biasa salah satunya adalah Pulau Derawan dan Hutan Mangrove Bekantan.

Franly Aprilano Oley si Penjaga Hutan
Sumber: https://www.ykan.or.id/en/about-us/our-people/franley-aprilano-oley-secretary-of-merabu-village-forest/

Ketertinggalan kampung Merabu mengetuk hati seorang pemuda bernama Franly Aprilano Oley untuk mengubahnya menjadi sebuah kampung yang sejahtera. Franly berharap tidak ada lagi ketertinggalan, kebodohan, dan juga kemiskinan di kampung Merabu ini. Kegigihannya dalam mengubah kampung Merabu menjadi kampung sejahtera mengantarkannya sebagai salah satu penerima Satu Indonesia Awards Nasional 2018 yang diadakan oleh Astra.

Selayang Pandang Tentang SATU Indonesia Awards Astra

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards adalah salah satu program bentuk kepedulian Group Astra terhadap orang-orang yang berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Orang-orang ini pastinya tak kenal lelah dalam menyumbang aksinya untuk memajukan masyarakat Indonesia, dan pastinya tanpa pamrih. Para pejuang ini sangat layak mendapatkan apresiasi dan Astra memberikannya.

Apresiasi SATU Indonesia Awards sudah diadakan untuk ke-14 kalinya pada tahun 2023. Acara penghargaan ini dinilai oleh para profesional dibidangnya yang melingkupi 5 bidang yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan juga Teknologi. SATU Indonesia Awards diadakan setiap tanggal 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda Indonesia.

Salah satu pemuda kebanggan Indonesia yang sudah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia adalah Franly Aprilano Oley. Siapakah sosok pemuda hebat ini? 

Franly Aprilano Oley, Sosok Penjaga Hutan Kampung Merabu

Tak kenal maka tak sayang, jadi mari sebelum membahas kegigihannya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung Merabu, kita berkenalan terlebih dahulu dengan sosok penjaga hutan Merabu yang mengantarkan kehidupan masyarakat Kampung Merabu menjadi  lebih baik.

Franly Aprilano Oley adalah salah satu penerima SATU Indonesia Awards 2018 di bidang Lingkungan. Dengan tema Si Penjaga Hutan. Berkat kegigihannya membangun Kampung Merabu menjadi Desa Wisata sehingga membuat masyarakat kampung Merabu kehidupannya lebih sejahtera.

Franly Aprilano Oley adalah pemuda kelahiran Manado, Sulawesi Utara tahun 1992. Dan aslinya Franly Oley sapaan akrabnya, bukanlah asli warga Kampung Merabu. Tahun 2009 Franly Aprilano Oley pindah ke kampung Merabu. Saat itu, Franly adalah seorang pemandu wisata di Taman Nasional Kutai.

Di usianya yang masih belia yakni 23 tahun, Franly Aprilano Oley terpilih sebagai Kepala Kampung Merabu periode 2012 - 2017. Pada masa kepengurusannya, hadir beberapa para peneliti untuk meneliti karst yang ada di kampungnya. Hasilnya ternyata karst yang ada di hutan Merabu masih sangat alami. 

Pengalaman dan pengetahuannya selama menjadi pemandu wisata, membuatnya melihat bahwa keindahan alam Merabu berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dikampungnya. Hal ini mendorongnya untuk memanfaatkan kekayaan alam untuk mengubah kehidupan warga dikampung Merabu agar lebih baik. 

Mengingat masyarakat di kampungnya adalah masyarakat yang diselimuti dengan ketertinggalan namun kampung yang dipimpinnya memiliki potensi alam luar biasa, keinginan dan niatnya semakin kuat untuk menjadikan kampung Merabu sebagai desa wisata yang akan memperbaiki perekonomian masyarakat Merabu. Tentu saja Franly tetap mempertimbangkan kelestarian hutannya agar tetap terjaga.

Franly bekerja keras untuk memperjuangkan hak pengelolaan hutan lindung di lingkungan tempat tinggalnya melalui skema hutan desa. Dalam pandangannya hutan dengan luas 8.245 hektare yang mereka tinggali mempunyai potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merabu jika dikelola dengan sangat baik.

Franly pun meyakinkan warga Merabu, bahwa idenya untuk membuat desa wisata akan membantu meningkatkan perekonomian warga Merabu menjadi lebih baik dan tetap akan mengelola hutan tanpa merusak kearifan lokal serta kelestarian hayati yang dimilikinya.

Kerja keras Franly dalam membangun desa wisata Merabu membuahkan hasil. Saat ini Desa Wisata Merabu menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Keberhasilannya ini membuat kampung Merabu mengalami kemajuan cukup pesat sehingga perekonomian masyarakat Merabu mulai membaik.

Dalam proses membangun desa wisata Merabu, ia menerapkan konsep agrosilvopastoral yaitu pengelolaan dengan menggabungkan sistem pertanian, peternakan, dan juga kehutanan. Perlahan tapi pasti, desa wisata Merabu yang digagasnya mulai membuahkan hasil. Kesejahteraan masyarakat Merabu mulai membaik berkat kehadiran para wisatawan yang berkunjung.

Kegigihannya dalam mengembangkan kampung Merabu menjadi Desa Wisata selain mendorong kehidupan masyarakat Merabu lebih sejahtera, juga telah mengantarkannya menjadi salah satu penerima Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards dari Astra.

Franly mengembangkan kampung Merabu yang memiliki keindahan alam luar biasa mulai dari perbukitan karts, goa, hutan, danau dan juga keindahan hutan lainnya. Keindahan Merabu menjadi tujuan destinasi banyak wisatawan nusantara juga mancanegara. 

Perjuangannya dalam membantu meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat Merabu patut diacungi jempol sehingga sangat layak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Sangat menginspirasi bukan?

Semoga semangatnya Franly Aprilano Oley menjadi inspirasi bagi para pemuda Indonesia lainnya untuk turut serta membantu memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat disekitarnya.

Referensi:

https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com/2023/assets/download/E-Book-SIA-2023-final.pdf

https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com/2023/assets/files/Data_Penerima_SIA-2022.pdf

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/10/18/franly-aprilano-oley-kampung-merabu

https://www.kompasiana.com/danielmashudi/64eb312118333e734e2ecd62/franly-aprilano-oley-penjaga-dan-pengelola-hutan-merabu?page=2&page_images=1

https://www.ykan.or.id/en/about-us/our-people/franley-aprilano-oley-secretary-of-merabu-village-forest/

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.