PERAN GENERASI MUDA DALAM MENJAGA LINGKUNGAN

Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Lingkungan. Berbicara mengenai peran generasi muda dalam menjaga lingkungan tak pernah ada habisnya. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil dan dari kebiasaan sehari-hari yang simpel. Namun yang diperlukan adalah konsistensinya.

peran generasi muda dalam menjaga lingkungan


Beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar tentang peran generasi muda dalam menjaga lingkungan bersama beberapa komunitas peduli lingkungan yaitu Eathink, SKELAS, dan TREND ASIA. Komunitas ini melakukan kolaborasi dengan berbagai komunitas dan stakeholder atau pihak lainnya untuk menjaga lingkungan.

Kita dapat mencontoh aksi-aksi kecil komunitas ini sehingga menjadi hal yang besar jika dilakukan secara bersama-sama. Penasaran bagaimana aksi generasi muda ini alam upaya pelestarian lingkungan? Let's check it out.

Peran Generasi Muda Dalam Menjaga Lingkungan

Komunitas peduli lingkungan Eathink, SKELAS, dan TREND ASIA adalah komunitas yang diprakarsai generasi muda untuk menjaga lingkungan atau bumi tetap lestari, khususnya bumi Indonesia. Ketiga komunitas ini memberikan andil besar untuk mendorong masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. Lalu apa saja peran generasi muda dalam menjaga lingkungan oleh ketiga komunitas hebat ini?

Eathink Food Sustainability

Eathink adalah salah satu komunitas peduli lingkungan dengan melakukan aksinya untuk menyelamatkan lingkungan melalui makanan. Mengingat salah satu sumber sampah terbesar di dunia bahkan Indonesia adalah sampah makanan. Eathink sendiri fokus pada 3 program untuk menyelamatkan bumi yaitu mengenai isu Sustainable Agriculture, Nutrisional Challenge, dan Food Loss and Food Waste.

eathink food waste


Eathink secara tidak langsung mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam mengkonsumsi makanan dari hulu ke hilir. Eathink memberikan edukasi kepada masyarakat mengatur makanan melalui plant-based dan menggunakan local food untuk mengurangi waste.

Sederhananya kita mengkonsumsi makanan secukupnya jangan mengambil makanan yang berlebihan. Sehingga menghindari makanan terbuang. Contoh kecil ini bisa kita lakukan semenjak dari rumah, saat makan di resto, atau pada saat acara makan-makan. Sehingga tidak ada makanan yang terbuang. Tentu saja hal ini dapat meminimalisir waste food dan juga mengurangi emisi gas kaca.

SKELAS (Sentra Kreatif Lestari Siak)

Komunitas SKELAS atau Sentra Kreatif Lestari Siak adalah komunitas yang digagas oleh banyak generasi muda dari berbagai jurusan pendidikan di Siak, Riau. SKELAS membangun sentra ekonomi yang menjadi cikal bakal inkubator untuk ekonomi berkelanjutan di Siak, Riau.

Para pemuda ini membangun kerjasama dengan berbagai pihak khususnya dengan pemerintah dan komunitas (Government and Community) untuk mengembangkan inovasi produk lokal dengan harapan untuk mewujudkan kelestarian alam dan budaya lokal serta membantu mensejaterakan masyarakat di sekitarnya.

Para generasi muda dalam menjaga lingkungan ini melakukan edukasi kepada para pebisnis lokal untuk meningkatkan bisnisnya dengan mengarahkan pada bisnis berkelanjutan. Dengan harapan dapat menjaga kelestarian lingkungan kedepannya.

Tantangan para generasi muda dalam menjaga lingkungan di sekitarnya bukanlah hal yang mudah. Di awal mereka mengalami kesulitan untuk melakukan edukasi bisnis keberlanjutan ini, megingat beum banyaknya masyarakat yang paham soal bisnis berkelanjutan ini.

SKELAS sendiri mempunyai 3 fungsi sebagai penjaga lingkungan yaitu Promosi dan Komunikasi Membangun Narasi Pusaka Lestari, Inkubasi, Akselerasi, dan Inkubator, serta fungsi Pusat Data dan Informasi.

skelas


KUBISA atau Inkubasi Bisnis Lestari adalah salah satu program yang lahir dari SKELAS. Yaitu program pelatihan dan pendampingan bagi para pengusaha UMKM di Siak untuk mengembangkan usahanya, serta memastikan bahwa usahanya mempunyai dampak sosial dan lingkungan yang positif bagi masyarakat sekitar dan juga mampu menjaga kelestarian lingkungan.

TREND (Transformation of Energy and Sustainable Development in Asia) Asia

TREND Asia adalah salah satu komunitas peduli lingkungan yang fokus menghadapi isu mengenai energi. TREND Asia fokus pada 3 hal yaitu Energi, Urban, dan juga Solustion. Beberapa prgramnya sendiri ada Fossil Fuels, Bioenergi, Renewable Energy, dan juga Critical Minerals.


trend asia


Semua programnya pastinya fokus terhadap penggunaan bioenergi sebagai transisi energi dari fosil yang kotor ke energi yang terbarukan yang belakangan ini sedang menjadi isu hangat. Kesemuanya diharapkan dapat berdampak baik bagi lingkungan, ekonomi, dan juga sosial.

TREND Asia juga berfokus pada co-firing yaitu pencampuran dari biomassa berupa kayu dan batu bara seperti yang terjadi di Mentawai. Hal ini pastinya akan merusak lingkungan terutama di hutan alam primer. Sehingga hal ini akan menjadi isu besar dan bisa terjadi bencana besar.

Itu dia peran generasi muda dalam menjaga lingkungan yang dilakukan oleh Eathink, SKELAS, dan TREND Asia. Lalu bagaimana dengan kita sebagai generasi muda untuk menjaga lingkungan? Banyak yang bisa kita lakukan, mulai dari hal kecil, mulai dari kebiasaan sehari-hari misalnya gunakan energi seperlunya, selalu menghabiskan makanan, menjadi volunteer untuk pengembangan UMKM masyarakat lokal, dan lainnya.

Yuk, Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia dari sekarang. Agar bumi Indonesia kembali lestari. Apa saja peran generasi muda dalam menjaga lingkungan yang sudah kamu lakukan? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

22 Comment

  1. Hal yang paling mudah menurutku memang kita bisa menggunakan energi dengan bijak. Kayak matikan lampu saat siang hari. Atau mengelola makanan dengan baik. Nggak usah berlebihan biar nggak ada yang terbuang.

    ReplyDelete
  2. penting banget untuk semua orang dalam menjaga lingkungan awali dengan lingkungan di sekitar tempat tingal aja dulu memulai dengan langkah kecil

    ReplyDelete
  3. Saya pernah makan di sebuah tempat makan. Itu bisa mengambil nasi sepuasnya. hanya banyak orang salah mengartikan. Mereka mengambil nasi banyak, tapi kemudian sisa, dan akhirnya dibuang. padahal maksudnya, ambil dulu secukupnya, baru bisa nambah lagi. Dan ini juga sebenarnya berlaku di alam ya, Mbak. Alam memberi banyak manfaat. jadi manusia boleh mengambil. Tapi banyak yang serakah, akhirnya alam jadi rusak, dan imbasnya kembali ke kehidupan kita sendiri.

    ReplyDelete
  4. Kalau dijabarkan sebenernya banyak sih ya yang bisa dilakukan generasi mudah untuk menjaga bumi ini, apalagi buat atasi perubahan iklim.
    Hanya saja, apakah kegiatan yang dilakukan itu bisa diterapkan secara konsisten ya

    ReplyDelete
  5. Soal makanan yang jadi sampah ini PR banget. Banyak sekali orang yang menganggapnya remeh. Kayak kemarin saya di resto cepat saji dg anak. Di meja depan saya ada (mungkin) sepasang sejoli yang memesan nasi goreng. Bisa-bisanya itu nasi goreng kayak dicicipin doang. Enggak habis separohnya. Cewek dan cowoknya sama aja.

    Terus pas makan di deket kantor ya gitu. Sepasang sejoli lagi makan mie ayam, ini ceweknya yang pura-pura malu atau gimana. Bisa mie ayamnya cuma dimakan dua atau tiga suapan abis itu mereka bayar dan pergi. Saya gregetennn.

    ReplyDelete
  6. Sampah makanan ini memang bikin hati perih, apalagi Indonesia termasuk salah satu negara dengan sampah makanan tertinggi di dunia. Gimana nggak perih. Makanan ok dibuang-buang.

    Di acara resepsian, sering lihat tamu ambil makanan buanyaaak, tapi nggak dihabiskan dan malah ngambil makanan lain.
    Di acara-acara yang menyuguhkan nasi kotak, sering akhirnya terbuang begitu saja.
    Bahkan pengemis pun banyak yang dikasih nasi kotak atau nasi bungkus, cuma ambil lauk tertentu lalu sisanya dibuang. Sedihnya :'(

    ReplyDelete
  7. Sampah makanan ini memang bikin hati perih, apalagi Indonesia termasuk salah satu negara dengan sampah makanan tertinggi di dunia. Gimana nggak perih. Makanan ok dibuang-buang.

    Di acara resepsian, sering lihat tamu ambil makanan buanyaaak, tapi nggak dihabiskan dan malah ngambil makanan lain.
    Di acara-acara yang menyuguhkan nasi kotak, sering akhirnya terbuang begitu saja.
    Bahkan pengemis pun banyak yang dikasih nasi kotak atau nasi bungkus, cuma ambil lauk tertentu lalu sisanya dibuang. Sedihnya :'(

    ReplyDelete
  8. Kalau baca artikel ini jadi ingat pesan Bung Karno tentang peran anak muda yang bisa mengubah dunia

    ReplyDelete
  9. Generasi muda memang harus bisa lebih sadar sih ya buat ngejaga lingkungan. Termasuk sosialisasikan terus dari komunitas yang ada kayak Eathink, SKELAS dan TREND ASIA, supaya makin paham apa yang harus mereka lakuin dari hal-hal kecil untuk menjaga alam.

    ReplyDelete
  10. Edukasi ini emg salah satu hal penting sih. Mgkn masyarakat tuh sbnrnya udh tahu. Tp ya diam aja. Emg tugas kita utk bs ngingetin kembali dlm menjaga kelestarian hutan. Plus habit kita jg udh selalu mencerminkan utk suka alam ya.

    ReplyDelete
  11. Ternyata pengelolaan lingkungan bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana ya, Kak Mei.
    Kalau soal menghabiskan makanan, ini selalu kuajarkan ke anak karena berkaitan dengan sifat gak boleh mubazir juga. Ternyata ada hubungannya dengan lingkungan. Masya Allah

    ReplyDelete
  12. keren sih ya 3 contoh bukti nyata peran serta anak muda untuk berkontribusi dalam upaya menjaga lingkungan yaa

    ReplyDelete
  13. Eathink, SKELAS dan TREND Asia keren nih. Semoga makin banyak generasi muda yg sadar dan ikut berkontribusi dlm menjaga bumi.

    ReplyDelete
  14. jika dibandingkan jaman saya waktu masih muda, anak muda jaman sekarang concern banget terkait isu lingkungan which is bangga sih. selain karena media dan wadahnya lebih banyak juga awrenessnya tinggi.

    ReplyDelete
  15. jika dibandingkan jaman saya waktu masih muda, anak muda jaman sekarang concern banget terkait isu lingkungan which is bangga sih. selain karena media dan wadahnya lebih banyak juga awrenessnya tinggi.

    ReplyDelete
  16. Peran generasi muda terhadap pelestarian lingkungan itu penting ya kak
    Muda mudi harus sayang bumi

    ReplyDelete
  17. Generasi muda wajib peduli tentang alam, keberlangsungan alam dimasa depan. Jadi ada kerjasama juga di unit masyarakat, sekolah tentang keberlangsungan alam (gusti yeni)

    ReplyDelete
  18. Banyak dari kita yang ngga sadar pentingnyaa menjaga lingkungan dari hal sekecil apapun itu. kayak matiin colokan kalo ga dipake misalnya, ngga ngebiarin laptop/komputer di rumah nyalaaa terus, hapusin spam email, dkk, hmm kalo dilakukan bersama2 insyaAllaah bakal keliatan kan ya hasilnya

    ReplyDelete
  19. Semangat orang muda ini memang luar biasa yaa..
    Jadi selain gerakannya menginspirasi juga karena pemuda Indonesia juga masih memiliki masa depan dan langkah yang panjang untuk menikmati hidup di atas bumi yang sehat.

    ReplyDelete
  20. Salah satu bantu lagi nya yaitu dgn membuang sampah pd tempatnya agar bisa mmbntu lingkungan tetap bersih .

    ReplyDelete
  21. Keren keren yaa muda mudi bangsa. Jadi ketularan semangat jugaa.

    ReplyDelete
  22. setuju banget nih kak, jadi makin sadar bahwa kalo tidak dimulai dari sekarang untuk menjaga lingkungan terus siapa lagi yang mengawalinya,

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.