CARA MENGHILANGKAN KETOMBE SECARA ALAMI

Ketombe adalah salah satu kotoran yang terdapat pada permukaan kulit kepala yang sangat mengganggu. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, ketombe juga menandakan bahwa kulit kepala tidak sehat. Ketombe ini ada beberapa jenis, yaitu ketombe kering dan ketombe basah. Keduanya tetap harus dihilangkan agar rambut dan kulit kepala sehat dan kuat. Lalu bagaimana cara menghilangkan ketombe secara alami?

cara menghilangkan ketombe


Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Tea Tree Oil

Cara menghilangkan ketombe yang membandel pertama adalah dengan mengoleskan tea tree oil. Tea tree oil adalah bahan alami yang cukup efektif untuk membantu menghilangkan ketombe. Kandungan bahan anti bakteri dan anti inflamasinya membantu mengatasi ketombe dan dermatitits pada kulit kepala.

Belakangan ini banyak sekali shampoo yang menggunakan bahan tea tree oil yang akan membantu merawat kulit kepala sehingga terhindar dari ketombe. Salah satunya adalah shampoo TRESemmé Scalp Care. Shampoo ini mengandung ZPTO dan tea tree oil yang akan membantu merawat kulit kepala yang akan ampuh menghilangkan ketombe dan mencegah rambut rontok.

2. Baking Soda

Selain digunakan untuk cmapuran bahan membuat kue, ternyata baking soda juga dipercaya mampu untuk membantu menghilangkan ketombe yang membandel. Serta dapat membantu mengurangi minyak yang berlebih pada kulit kepala.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air lalu oleskan atau gosokan ke atas kulit kepala yang berketombe. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Jangan gunakan shampoo dahulu setelah menggunakan baking soda ini karena dapat membuat rambut menjadi kasar atau kering.

3. Bawang Putih

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Kemampuan alaminya dalam membunuh jamur penyebab ketombe membuatnya menjadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Ambil satu siung bawang putih dan haluskan. Campur dengan sedikit madu dan jahe bubuk untuk mengurangi aromanya agar tidak terlalu menyengat. Kemudian oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.

4. Cuka Apel

Larutan cuka apel ternyata dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Karena berdasarkan hasil penelitian cuka apel efektif membantu menghilangkan ketombe. Kandungan pH-nya yang asam dipercaya dapat menghilangkan jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan larutan cuka apel dengan air secukupnya. Masukkan ke dalam botol spray. Lalu semprotkan larutan cuka apel pada rambut secara merata. Diamkan selama beberapa waktu kurang lebih 30-60 menit dan jangan lupa untuk dibungkus dengan menggunakan shower cap atau handuk hangat. Lalu bilas rambut dengan air bersih sampai bersih.

5. Jeruk Nipis

Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis dikenal sejak dulu sangat efektif untuk menghilangkan ketombe. Jeruk nipis dipercaya mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin B1, B2, B3, B4, C, kalsium, fosfor, dan lainnya. Vitamin dan mineral tersebut sangat baik untuk menutrisi rambut.

cara menghilangkan ketombe jeruk nipis


Caranya siapkan air perasan jeruk nipis dan campur dengan sedikit air. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut. Lidah buaya dapat membantu membunuh jamur dan juga mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe. Anda dapat menggunakan lidah buaya secara langsung dengan mengeluarkan dagingnya dan menggosokkannya ke kulit kepala. Gunakan secara rutin misalnya seminggu dua kali selama kurang lebih 15 menit setiap kali digunakan. Dan bilas dengan air bersih sampai benar-benar gel lidah buayanya bersih.

7. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe yang membandel dengan bahan alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dipercaya mengandung Vitamin E yang dapat membuat kulit kepala sehat dan kuat. Kandungan nutrisinya akan membuat kulit kepala sehat dari akarnya. Dengan rambut yang sehat dan kuat akan membuat anda dapat memilih gaya rambut dengan bebas.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke atas kulit kepala yang kering. Oleskan secara merata pada kulit kepala. Pijat dengan lembut dengan menggunakan ujung jari. Diamkan kurang lebih 30 sampai 60 menit, lalu bilas dengan air seperti mencuci rambut seperti biasa.

8. Minyak Kemiri

Minyak kemiri dipercaya dapat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Minyak kemiri juga efektif untuk membantuk pertumbuhan rambut. Caranya oleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan shampoo dan bilas dengan air sampai bersih.

cara menghilangkan ketombe alami


9. Pisang

Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan buah pisang. Selain baik untuk kesehatan tubuh pisang juga dapat membantu menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala. Pisang juga dapat membantu melembabkan kulit kepala serta mencegah mencegah kulit kepala kering yang merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe.

Caranya pun sangat mudah yaitu dengan cara menghaluskan buah pisang lalu oleskan pada rambut dan kulit jepala. DIamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih hangat. Keringkan rambut dengan handuk tanpa menggosoknya.

10. Probiotik

Cara menghilangkan ketombe dengan alami lainnya adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang akan menjaga, melindungi, dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Minuman bakteri baik ini dapat meningkatkan daya tahan pada tubuh sehingga dapat berefek membantu melawan infeksi jamur penyebab ketombe muncul. Probiotik dapat anda dapatkan dari makanan atau miniuman yang dipermentasi, semisal yogurt, tempe, kimchi, atau kombucha.

Itu dia cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat anda lakukan dari rumah. Semua bahannya sangat mudah didapatkan. Atau anda mempunyai cara menghilangkan ketombe secara alami dengan menggunakan bahan alami lainnya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

1 Comment

  1. Wahhh aku biasa pake lidah buaya buat hilangin ketombe, ternyata gak cuma itu-itu aja, eh ada banyak hal alternatif yang bisa dicoba..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.