5 MASYARAKAT PENERIMA TARIF REDUKSI KERETA API

Tahukah kamu bahwa PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan tarif  reduksi atau potongan diskon tiket kereta api bagi beberapa golongan masyarakat Indonesia? Ini dia update masyarakat mana saja yang berhak mendapatkan tarif reduksi kereta api periode 2023.

Selain sebagai bentuk apresiasi terhadap loyalitasnya dalam menggunakan kereta api, pihak PT KAI juga berharap dengan adanya tarif reduksi kereta api ini, dapat meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke berbagai wilayah Indonesia dengan menggunakan kereta api.

reduksi diskon tiket kereta api


Tarif reduksi kereta api ini mulai dari 10% hingga 50% tergantung dari golongan masyarakat tersebut. Wah lumayan banget ya. Mau tahu siapa saja yang berhak masyarakat penerima tarif reduksi atau potongan diskon tiket kereta ini?

5 Masyarakat Penerima Tarif Reduksi Kereta Api

Dilansir dari situs PT KAI, masyarakat penerima tarif reduksi atau yang berhak mendapatkan diskon tiket kereta ada lima golongan masyarakat yaitu:

1. Lansia (Lanjut Usia)

Masyarakat pertama yang berhak mendapatkan tarif reduksi kereta api adalah para Lansia. Para Lansia berhak mendapatkan potongan diskon sebesar 20% untuk jenis KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Persyaratan Lansia untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api ini adalah berusai 60 tahun ke atas pada saat tanggal keberangkatan.

2. Legiun Veteran RI

Masyarakat kedua penerima potongan diskon kereta api adalah para Legiun Veteran RI. Legiun Veteran sendiri adalah organisasi yang menghimpun masyarakat veteran Indonesia. Potongan diskon untuk para Legiun Veteran RI ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

  • Diskon 50% untuk tiket KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Diskon ini berlaku di hari Selasa sampai dengan Kamis. Kecuali hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Diskon 30% untuk tiket KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Diskon ini berlaku mulai dari hari Jumat sampai dengan Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. TNI dan Polri

Golongan masyarakat berikutnya adalah TNI dan Polri. Tarif reduksi kereta api yang diberikan kepada TNI dan Polri ini sebesar 25%. Berlaku untuk tiket KA Komersial kelas eksekutif dan potongan diskon 50% untuk KA Komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Potongan diskon ini diberikan kepada semua anggota TNI dan Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI dan Polri. Namun tiket ini tidak berlaku bagi keluarganya ataupun PNS atau aparatur negara yang bekerja di lingkungan TNI dan Polri.

4. Wartawan

Pihak PT Kereta Api Indnesia juga memberikan tarif reduksi kereta api kepada Wartawan sebesar 20%. Potogan tiket ini berlaku untuk tiket kereta api Komersial kelas ekonomi dan bisnis. Persyaratannya cukup mudah yaitu dengan menunjukan Kartu Pers dan Surat Tugas Peliputan pada saat melakukan pembelian tiket.

5. Civitas Akademika

Golongan msayarakat terakhir yang berhak mendapatkan tarif reduksi kereta api milik Indonesia adalah Civitas Akademi yaitu dosen, tenaga kependidikan, serta alumni beberapa kampus PTN. Diskon yang diberikan adalah sebesar 10%.

reduksi tiket kereta api


Periode 2023 PTN atau kampus negeri yang berhak mendapatkan tarif reduksi kereta api berlaku untuk enam (6) kampus PTN yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

Apakah kamu salah satu Civitas Akademi dari keenam kampus ini? Silakan mendaftar untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api. Apalagi jika hobi kamu adalah traveling dan menjelajah keindahan alam Indonesia seperti Gunung Rinjani, Gunung Semeru, atau gunung-gunung di Pulau Jawa lainnya, bisa banget untuk menggunakan tiket kereta api.

Untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api atau diskon tiket kereta ini, semua golongan masyarakat wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu ke customer service atau loket yang sudah ditentukan oleh PT KAI. Selain itu pembelian tiket juga harus dibeli menggunakan aplikasi PT KAI yaitu Access by KAI yang dapat diunduh di Apple Store maupun di Google Play Store.

Kamu masuk di salah satu 5 golongan penerima tarif reduksi kereta api? Jika ya, segera manfaatkan fasilitas potongan tiket kereta ini dan segera daftarkan diri kamu untuk mendapatkan diskonnya.

Referensi:

https://www.kai.id/information/full_news/5527-kai-berikan-penawaran-menarik-melalui-tarif-reduksi-tarif-khusus-hingga-tarif-subkelas-untuk-pembelian-tiket-kereta

17 Comment

  1. ak dah lamaaaaa bgt nggak naik KA.
    mupeng euyyy
    ntar deh, ajakin kluarga...kalo ibu mertuaku ada kena tarif reduksi

    ReplyDelete
  2. Uhm kalo blogger ga masuk kategori wartawan ya 😄.

    Mama papaku udah lansia euy. Kapan2 ah ngajak mereka naik kereta api. Mumpung ada diskon.

    ReplyDelete
  3. Program PT KAI patut diacungi jempol, ternyata ada 5 golongan penerima tarif redukasi, beneran mendukung banget nih. Thanks lho kak, artikel nya sangat informatif, jadi tahu nih dan bisa ku infokan ke teman-teman

    ReplyDelete
  4. Blogger ga bisa masuk kategori wartawan ya? Padahal lumayan bisa nambah diskon kita yg suka pakai kereta api, buat jalan2 liputan hahaa

    ReplyDelete
  5. Saya cari-cari adakah untuk guru, ternyata tidak ada🙈 soalnya TNI dan Polri dapat, tapi sudahlah toh sebentar lagi saya juga dapat kalau sudah masuk.lansia, hihihi.

    ReplyDelete
  6. Eh JD hrs daftar dulu ya mba? Trutama yg lansia maksudnya. Kan pas beli tiket pasti masukin data KTP, tuh hrsnya udh kliatan usianya berapa. Kalo kayak tni, dosen di univ PTN tertentu aku msh bisa paham kenapa hrs daftar, Krn di KTP ga kliatan mereka beneran TNI atau pengajar. Tapi yg lansia loh.

    Mama ku minta naik kereta api pas dari Surabaya k jakarta nanti . Tapi berarti aku hrs ajak ke Gambir dulu , daftr, baru bisa booking tiketnya? 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooh iya ya Mbak Fanny. Tapi mosok gitu harus ke Gambir dulu? Tapi mungkin kita bisa tanya ke CS lewat KAI Apps tadi.
      Jadi mupeng euy naik kereta api juga. Tarifnya sama kayak naik bus, tapi enakan KA sebenarnya, bebas hambatan 🤭

      Delete
  7. Keren programnya KAI yaa siapa tahu nanti profesi blogger bisa dapat reduksi juga kayak wartawan hehe

    ReplyDelete
  8. Informasi yang bermanfaat nih. Ternyata ada beberapa golongan yang beruntung bisa menerima tarif reduksi KA ya. Sayang kalau mereka gak tahu info ini karena kan lumayan naik kereta api bisa dapat potongan harga.

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau klo lansia masuk golongan tarif reduksi. Ini daftarnya saat mau pergi naik kereta atau bisa jauh² hari kak?

    ReplyDelete
  10. Aku seneng..
    Meski uda lulus, tapi kampusku masuk di antara 6 PTN yang terkena tarif reduksi KAI.
    Soalnya kampusku suka ketinggalan teruuss iih.. ((perasaan))

    Sekarang kalo beliin tiket kereta mama papa mertua siih, gak boleh ketinggalan KTP.
    Soalnya lumayan banget 20% reduksinya.

    ReplyDelete
  11. Wah, aku tim gak nerima tarif reduksi nih. Apa pun itu, semoga kereta api di Indonesia makin bagus pelayanannya. Biar orang juga pada semangat naik kendaraan umum apalagi kalau ada potongan harga kaya gini

    ReplyDelete
  12. asyik nih kalau jalan-jalan dapat diskon, sayangnya saya tidak masuk nih jadi penerima reduksi, hihihih.
    kalau lansia yang naik itu kan biasanya ada pengawalnya tuh, boleh kali yaaa pengawalnya juga dipertimbangkan untuk dapat reduksi :D

    ReplyDelete
  13. Sudah lama sekali gak naik kereta api. Program PT KAI ini keren banget. Aku fokus soal wartawan dapat diskon, kebayang sih mereka sering liputan ya.

    ReplyDelete
  14. seumur hidup saya belum pernah naik kereta api. pengen banget suatu saat bisa naik kereta api. semoga secepatnya keinginan ini bisa terwujud, amiin

    ReplyDelete
  15. Makasih infonya ya, Mba, barti ibuku kalau ke Jogja ini diskonnya 20% ya, lumayan banget dari 600rb bisa jadi 480ribu ya. Aku baru tahu karena baca artikel ini

    ReplyDelete
  16. wah aku baru tahu kalau ada reduksi seperti ini, menarik sekali. Sangat membantu, apalagi untuk lansia itu yaaa

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.