5 JURUSAN KULIAH TERSULIT DI DUNIA

Saat akan melanjutkan pendidikan ke dunia kampus, tetunya kita akan memilih jurusan sesuai dengan minat dan hobi. Selain berkenaan dengan minat dan hobi, bagi sebagian orang akan menghindari jurusan kuliah yang dianggap sulit dan bisa menghambat kelulusan. Padahal di satu sisi jurusan kuliah tersulit justru memberikan peluang lebih besar saat akan memasuki dunia kerja. Penasaran apa saja dengan jurusan kuliah tersulit di dunia?

jurusan kuliah tersulit di dunia


5 Jurusan Kuliah Tersulit Di Dunia

Ini dia beberapa jurusan kuliah tersulit di dunia yang peminatnya tidak begitu banyak. Tidak hanya sulit proses masuknya, tetapi juga proses lulusnya. Namun pastinya sangat menjanjikan saat memasuki dunia kerja.

Biologi

Jurusan kuliah tersulit di dunia pertama adalah jurusan Biologi. Tidak semua orang menyukai jurusan ini. Karena jurusan Biologi akan mempelajari banyak hal tentang biomedis, dan lainnya. Apalagi kuliah ini akan lebih banyak menghapal. Namun meskipun demikian, jurusan ini peluang kerjanya sangat besar dan banyak dicari. Lulusan ini dapat menjadi seorang peneliti, dosen, biostatistik, dan lainnya.

Kedokteran

Jurusan kuliah tersulit di dunia berikutnya adalah jurusan Kedokteran. Kenapa dianggap sulit? Karena jurusan ini akan mempelajari lebih banyak soal biokimia, fisiologi, anatomi tubuh, farmakologi, patologi, termasuk juga ilmu psikiatri. Dimana ilmu pengetahuan ini tidak umum dipahami oleh masyarakat. Semua mahasiswa jurusan ini juga akan belajar banyak tentang berbagai penyakit dan bagaimana cara mengobatinya.

Namun meskipun untuk masuk dan lulusnya cukup sulit, selain itu juga dari sisi biayanya juga sangat besar, jurusan Kedokteran memiliki peluang yang sangat besar saat memasuki dunia kerja. Apalagi tenaga kesehatan di Indonesia masih sedikit.

Matematika

Tidak semua orang menyukai pelajaran Matematika, karena bagi sebagian orang ilmu hitung-hitungan ini membuat kepala pusing. Namun bagi sebagian orang tertentu pelajaran matematika sangat menyenangkan. Sehingga mereka mencoba memasuki jurusan ini. Matematika sendiri belajar tentang hitung-hitungan dimana ilmu ini banyak mempelajari rumus-rumus dan harus hapal di luar kepala. Namun saat lulus prospek pekerjaannya juga sangat menjanjikan.

Teknik Informatika

Jurusan kuliah tersulit di dunia berikutnya adalah Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika akan belajar mengenai analisis matematis serta menggabungkan pelajaran ilmu komputer. Kuliah di jurusan ini akan mempelajari banyak hal mulai dari bahasa pemrograman yang akan banyak menggunakan analisa dan logika, belajar tentang sofware dan hardware, pengolahan database, operating system, sampai dengan belajar tentang ilmu matematis seperti kalkulus dan lainnya.

Meskipun masuk jurusan kuliah tersulit di dunia, jurusan Teknik Informatika mempunyai peluang yang sangat besar saat akan memasuki dunia kerja. Terlebih saat ini dunia digital paling dibutuhkan. Dari sisi gaji pun sangat menggiurkan. Kamu dapat menjadi seorang Data Scientist, Programmer, Web Developer, Konsultan IT, dan lainnya.

Ilmu Fisika

Ilmu Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang menghitung dan rumus-rumus. Sehingga mahasiswa yang masuk jurusan ini pastinya logika dan keahlian menghapalnya sangat baik. Mampu memiliki daya analisa yang kuat serta menguasai berbagai metode eksperimen. 

Fisika juga mempelajari banyak hal tentang sifat, perilaku materi, energi dan interaksi keduanya. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang fisika partikel, hukum fisika, mekanika, dan juga termodinamika.

Namun pastinya jurusan ini mempunyai potensi yang sangat besar saat memasuki dunia kerja. Karena memang peminatnya tidak sebanyak jurusan lain. Kamu biisa menjadi scientist, ilmuwan, aerospace engineer, dan lainnya. Pastinya secara salary juga sangat menjanjikan.

Mengingat jurusan-jurusan di atas cukup sulit untuk proses masuknya, sehingga calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan ini harus bekerja keras untuk mendapatkannya. Harus benar-benar dipersiapkan dari awal dan jauh-jauh hari untuk bisa lolos ke kampus impian kamu dengan jurusan di atas.

Salah satu cara untuk bisa lulus masuk jurusan kuliah tersulit di dunia ini adalah dengan mengikuti beberapa les. Apalagi sekarang semua tes dilakukan berbasis digital atau komputer. Sehingga calon mahasiswa harus banget untuk mengikuti les privat UTBK-SNBT (Ujian Tes Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Contohnya jika kamu berminat untuk mengambil jurusan Fisika, kamu bisa mengikuti les privat Fisika khusus UTBK-SNBT. Hal ini pastinya akan memberikan kamu peluang lebih besar untuk bisa lolos di jurusan ini. Memilih tempat les juga pastinya tidak boleh sembarangan. Tempatnya harus berkualitas dan berpengalaman. Salah satu tempat les privat Fisika khusus UTBK-SNBT yang direkomendasikan adalah Ruangguru.

Keunggulan Les Privat Fisika Khusus UTBK-SNBT Di Ruangguru

Mencari tempat les privat harus benar-benar kualitas dan pengalamannya tidak diragukan lagi. Dan Ruangguru adalah salah tempat yang tepat jika kamu ingin mengambil les privat Fisika khusus UTBK-SNBT. Selain les privat Fisika, Ruangguru juga menyediakan berbagai les privat lainnya sesuai dengan kebutuhan siswanya.

les private fisika khusus utbk ruangguru


Lalu kenapa Ruangguru menjadi rekomendasi terbaik untuk mengambil Les Privat Fisika Khusus UTBK-SNBT atau pun les privat lainnya? Banyak sekali keunggulan Ruangguru yang akan membantu kamu lolos meraih jurusan yang kamu inginkan di kampus impian. Apa saja keunggulannya, let's check it out.

1. Pengajar berkualitas

Para tutor atau pengajar di Ruangguru adalah guru-guru yang berkualitas dan berepngalaman dibidangnya. Berasal dari lulusan kampus-kampus berkualitas dan terbaik dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

2. Harga lebih hemat

Saat akan mengambil les privat Fisika khusus UTBK-SNBT pastinya kita akan mempertimbangkan dari sisi harga. Nah Ruangguru memberikan harga spesial untuk semua siswanya bahkan bisa hemat sampai 40% dengan fasilitas yang lengkap seperti tersedianya video, laporan belajar, dan juga tryout hasil pembelajaran.

3. Bebas atur jadwal sendiri

Les privat Fisika khusus UTBK-SNBT di Ruangguru atau pun les lainnya waktunya sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur jadwal kamu sendiri, materi, serta kriteria pengajarnya. Wah asik banget ya. Memang boleh sefleksibel itu? Kamu juga bis memilih sistem pembelajaran apakah online atau offline, atau bahkan hybrid. Wah enak banget ya.

4. Tersedia untuk semua jenjang dan kurikulum

Keunggulan lain les di Ruangguru termasuk les privat Fisika khusus UTBK-SNBT adalah tersedianya les privat UTBK-SNBT baik untuk yang masih SMA atau pun yang sudah gap year. Bener-bener mengakomodir semua kebutuhan calon siswanya.

5. Jaminan kualitas memuaskan

Keunggulan lainnya adalah kamu akan mendapatkan jaminan kepuasan soal kualitas pembelajaran. Bahkan Ruangguru mengklaim jika siswanya yang sudah pernah les privat atau kursus di Ruangguru, 90% ingin mengambil kelas privat kembali. Apalagi disediakan fasilitas boleh mengganti pengajar, jika ingin mencari pengalaman pengajar yang baru atau lainnya.

6. Bonus Rupiah bagi yang mengajak teman

Keunggulan lain yang bakal kamu dapat saat mengambil les di Ruangguru adalah adanya kode Refferal. Jika kamu membawa teman untuk kursus di Ruangguru maka kamu akan mendapatkan bonus rupiah dengan nominal yang sudah ditentukan.

Proses Pendaftaran Les Privat Fisika Khusus UTBK-SNBT Di Ruangguru

Lalu bagaimana cara pendaftarannya? Pendaftarannya sangat mudah, cukup mendaftar dari online saja tanpa harus keluar rumah. Kamu hanya mengikuti langkah-langkah berikut saja.

  • Lengkapi formulir pendaftaran dan lakukan pemesan les privat apa yang kamu butuhkan.
  • Tim Ruangguru akan memproses pesanan les kamu.
  • Tim Ruangguru akan mencarikan pengajar sesuai dengan kebutuhan calon siswanya.
  • Ruangguru akan melakukan konfirmasi mengenai pengajar.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan yang ditagihkan oleh tim Ruangguru privat.
  • Sesi belajar dimulai dan tim Ruangguru akan memberikan kontak pengajar untuk proses belajar kamu.

pendaftaran les private fisika khusus utbk


Ternyata semudah itu ya proses les privat di Ruangguru, termasuk les privat Fisika khusus UTBK-SNBT. Tunggu apalagi yuk raih jurusan yang kamu impikan di kampus impian kamu dengan segera mendaftarkan diri kamu untuk ikut les di Ruangguru. Banyak keunggulannya dan pastinya proses pendaftarannya juga sangat mudah. Harga hemat dan bisa bebas memilih guru yang kamu inginkan. Apalagi wkatunya super fleksibel bisa diatur oleh kamu sendiri.

Pernah mengikuti les privat di Ruangguru khususnya les privat Fisika khusus UTBK-SNBT? Kalau sudha pernah boleh banget sharing di kolom komentar. Pengalaman kamu akan sangat bermanfaat buat orang lain.

Referensi:

https://www.ruangguru.com/privat/utbk-snbthttps://edukasi.kompas.com/read/2023/08/31/192850571/8-jurusan-kuliah-tersulit-ini-prospek-kerjanya-tinggi?page=all
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/10-jurusan-tersulit-tak-hanya-masuknya-tapi-juga-lulusnya
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230711145845-33-453274/15-jurusan-kuliah-paling-sulit-di-dunia-sanggup-sampe-lulus

8 Comment

  1. Tidak sembarang orang bisa kuliah di jurusan IT maupun kedokteran yang dikenal sulit. Terkadang tingkat stresnya cukup tinggi sehingga membutuhkan bantuan pihak lain seperti Ruang Guru dengan pendekatan yang kekinian

    ReplyDelete
  2. Jurusan sulit tapi peluang bekerja jadi lebih besar ya kak. Ketika kuliah dulu aku selalu salut sama orang2 dengan jurusan tersebut. Apa nggak puyeng kuliahnya 😂

    Alhamdulillah kalau yg mau masuk jurusan tersebut ada les privat yaa yang memudahkan kita untuk menyelesaikan soal ujian dengan banyak benefitnya 😍

    ReplyDelete
  3. Nah, pelajaran yang susah susah begini harus dipelajari lagi di tempat les. Kadang gurunya juga nggak enak ngajarnya. Ngga fun kaya di bimbel

    ReplyDelete
  4. Karena saya susah hafalan jadi menurut saya paling sulit masih kedokteran.. informatika sulitnya itu karena ga bisa baca kode wkwk

    ReplyDelete
  5. Jurusan yang paling pertama kuhindari ya itu. Hehe. Puyeng kalau urusan rumus atau apalan. Tapi kalau bisa dipelajari bareng tutor profesional dari Ruang Guru, yakin banget pasti bisa sat set cepet pahamnya. 😃

    ReplyDelete
  6. Kenapa, ya, kalau pelajaran sulit biasanya gurunya juga killer. He-he. Double combo, deh, jadinya. Makin susah aja memahami pelajarannya. Enaknya belajar private itu biasanya, selain pengajarnya yang "lebih manusiawi", metode belajarnya pun lebih menyenangkan dan biasanya punya jalan sendiri yang lebih simple untuk menyelesaikan sebuah soal.

    ReplyDelete
  7. Memang perlu banget mempersiapkan diri dengan matang ya. Salah satunya dengan ikut les privat di Ruangguru khususnya les privat Fisika khusus UTBK- SNBT.

    ReplyDelete
  8. Kalau untuk pelajaran eksakta aku udah angkat tangan deh. Dari SMP ketika pelajaran fisika mulai ada , saya selalu dapat nilai jelek, hehehe. Salut saya mereka yang masuk ke jurusan eksakta

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.