SEKOLAH CODING TERBAIK BOOTCAMP HACKTIV8

Pertama menjadi travel blogger, saya kira kemampuan yang wajib dimiliki adalah menulis dan modal jalan-jalan saja. Tetapi setelah beberapa waktu berjalan, kemampuan yang wajib dimiliki lebih dari itu. Untuk menjadikan tulisan kita berada di halaman pertama, wajib banget kita paham tentang Search Engine Optimization (SEO). Skill lainnya adalah seorang penulis blog harus paham membuat tampilan blognya menarik, cepat loading-nya, menu dan navigasi yang user friendly.

Selain itu kemajuan teknologi dalam dunia pariwisata juga ikut berkembang sangat pesat. Sebagai traveler tentu saja saya menggunakan banyak aplikasi yang berkaitan dengan traveling. Mulai dari aplikasi pesan hotel, tiet transportasi, penunjuk arah, penunjuk ibadah, aplikasi keamanan, dan lainnya.


belajar pemrograman python


Dan hal-hal di atas inilah, saya mulai berpikir dan tertarik lagi dengan dunia coding. Tertarik bagaimana aplikasi traveling bekerja dan penasaran bagaimana pengolahan datanya. Dan ketika masuk dunia blogger inilah, saya mulai otak atik tentang coding lagi, itupun hanya sebatas edit HTML dan Javascript yang kategorinya sederhana.

Jadi waktu mendapat kesempatan mencoba kelas trial kursus full stack developer dan kursus data science bootcamp Hacktiv8 yakin ga yakin. Bisa ga ya. Sampai akhirnya memutuskan jika kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali, akhirnya take it the opportunity untuk kelas kursus data science.

Sebelum saya review Hacktiv8 terkait pengalaman ikut bootcamp mereka, yuk kenalan dulu dengan sekolah pemrograman ini.

BERKENALAN DENGAN BOOTCAMP HACKTIV8

Hacktiv8 merupakan sekolah coding terbaik dan terpercaya di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 2016. Diperuntukkan untuk anak-anak, mulai dari SD - SMP dan juga orang dewasa yang ingin belajar tentang coding atau pemrograman. Sekolah coding ini mempunyai 2 kelas besar yaitu Coding Bootcamp dan Course.

review hacktiv8


Coding Bootcamp sendiri terdiri dari kelas Full Stack Javascript Immersive, Data Science dan HacktivKids. Sementara kelas Course terdiri dari Agile Scrum, Android With Java Native, Digital Marketing, Fundamental UI/UX, Intro to NodeJS, Product Owner, Python for Data Science, React & React Native Basic, Web Developer Program, dan Web Services With Godang.

Kelas coding bootcamp terbaik ini juga sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan ternama di Indonesia seperti Bluebird, Hijup, Tanihub, dan lainnya.

Buat kamu yang minat untuk mengikuti kelas coding di Hacktiv8 dengan program kelas Full Stack Javascript Immersive kamu harus merogoh kocek sebesar Rp. 45.000.000 selama 16 minggu. Sementara biaya untuk kelas Full Stack Javascript Flex sebesar Rp. 51.000.000 selama 30 minggu. Dan untuk Data Science yang kemarin saya ikuti biayanya adalah Rp. 45.000.000 selama 12 minggu selama 420 jam. Wah lumayan juga ya biayanya, jadi wajib banget ini serius ya belajarnya.

PENGALAMAN MENGIKUTI BOOTCAMP HACKTIV8

Akhir Desember kemarin, saya dan 19 blogger lainnya, berkesempatan merasakan pengalaman ikut trial kelas bootcamp Kursus Data Science selama 3 hari full day. Kelas dimulai dari pukul 09.00 - 12.00 dan 13.00-18.00. Jadwalnya lumayan padat. Dimana salah satu sesi kelasnya adalah belajar pemrograman Phyton. Hal baru buat saya.

Terus bagaimana pengalaman yang saya rasakan mengikuti trial class Data Science Hacktiv8? To be honest, deg-degan banget. Karena sudah lama ga ngotak ngatik pemrograman yang rumit. Apa saja yang kami pelajari di kelas Data Science?

Hari pertama, saya belajar tentang secara umum apa sih itu Data Science. Kemudian sesi berikutnya kami langsung belajar pemrograman Python. Mata mulai melotot niy liatin sintaks-sintaks yang belum begitu familiar di otak saya. Kata programmer sih, bahasa pemrograman ini sangat mudah dan sangat familiar. Karena bahasa pemrograman ini banyak digunakan dalam membuat games. 

Saya juga belajar tentang Pandas, tools ini digunakan untuk rekayasa data dan analisa data dalam pemrograman python. Lebih pusing lagi ketika kita belajar tentang skalar, matanya saya langsung kunang-kunang heheh. Salah satu basic belajar pemrograman.

Hari kedua, kami mulai belajar live code. Asli saya tidak menyelesaikan tugas ini. Karena bukannya mengerjakan tugas, saya sibuk mempelajari logikanya, eh jadi seru lama-lama.

Kita juga belajar bagaimana melakukan normalisasi sebuah data agar lebih sederhana. Sehingga membantu atau menyederhanakan pada saat diterjemahkan dalam bentuk visual. Seperti dalam bentuk grafik, sehingga mudah untuk dibaca.

Hari ketiga yang bikin deg-degan, karena kami belajar praktek nge-Labs atau membuat coding. Lumayan bikin kepala saya mumet hehe. Eh tapi hari ketiga ini banyak juga pelajaran yang saya sukai. 

Kami belajar tentang carrier support loh. Yap, belajar tentang pembuatan CV dan resume, ada juga belajar interview coaching, buddy system, dan career opportunity. Kami juga belajar tentang Engineering Empathy yang wajib dimiliki oleh siswa untuk bekal masuk dunia kerja.

Dan belajar tentang growth mindset adalah sesi favorit saya. Karena suka banget dengan kelas-kelas yang berkaitan dengan motivasi.


belajar programming untuk pemula


Selain belajar pemrograman Python, saya juga belajar tentang beberapa tools untuk mendukung pemrograman Pyhton sendiri dan semuanya kami pelajari di hari pertama.

Github, adalah repository yang digunakan oleh banyak programmer di dunia untuk berbagi banyak informasi tentang dunia coding dan juga melakukan kolaborasi. Karena Github ini sifatnya open source jadi kamu bisa mempelajari banyak project progammer lain.

Anaconda, adalah platform untuk pemrograman Python, kamu tidak perlu menginstal VS Code, Sypder dan lainnya untuk menggunakannya, cukup dengan manfaatkan menu Anconda Navigator.

Google Collabs, buat saya yang lama tidak menggunakan sintaks pemrograman, saya baru tahu kalau Google memiliki sarana untuk belajar pemrograman dengan fasilitas untuk love coding.

Discord, ini juga ilmu baru buat saya, dulu hanya sekedar mendengar saja. Adalah sebuah aplikasi chating yang banyak digunakan oleh banyak programmer. Kamubisa berbagi berbagai informasi tentang pemrograman, dan membagi kelompok dalam aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan kamu.

coding bootcamp terbaik


Paling penting, belajar coding di Hacktiv8 tidak hanya melulu belajar tentang pemrograman. Tapi di kelas ini kita dilatih juga tentang engineering emphaty yang akan meningkatkan kemampuan diri kamu.

KEUNGGULAN BELAJAR CODING DI HACKTIV8

Ketika saya memutuskan untuk mengambil tempat kursus, pastinya saya akan mempertimbangkan benefit apa saja yang didapat. Lalu apa saja  keunggulan belajar coding di bootcamp Hacktiv8 buat kamu?

1. Jalur masuk fleksibel

Hacktiv8 yang merupakan sekolah coding bootcamp terbaik ini mempunya jalur masuk yang berbeda. Selain jalur Bootcamp, ada juga jalur Profesional Development, dan Corporate Program.  Ketiga jalur ini mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Jadi kamu bisa menyesuaikan kalur mana yang akan kamu ambil.

2. Terdaftar di CIRR

Hacktiv8 adalah sekolah coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Result Reporting (CIRR). CIRR sendiri adalah lembaga standar yang dikembangkan oleh sekelompok sekolah coding secara independen untuk melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa secara transparan.

Laporan hasil belajar Hacktiv8 ini dibuat per semester atau 6 bulan sekali, sesuai dengan standar CIRR. Seperti kuliah gitu ya sistemnya.

3. Career Support

Selain itu, kamu juga akan mendpatkan edukasi mengenai pembuatan CV dan resume, interview coaching, buddy system, dan career opportunity. Sehingga kita siap memasuki dunia kerja. Wah keren ya ternyata, tidak hanya mengasah skill pemrogramannya tapi kita diasah untuk mentalnya juga, sehingga siap memasuki dunia kerja.

4. Buddy Mechanism

Di kelas Hacktiv8, kamu juga akan mengenal Buddy Mechanism, apa itu? Kelas yang akan dibagi sesuai dengan kelompok siswa dan terdiri dari 1 tutor. Kelas ini dibagi hanya terdiri dari beberapa orang saja, sehingga kamu bisa diskusi dalam kelompok yang lebih kecil dan akan lebih maksimal. Kamu bisa sharing dengan buddy lainnya untuk mengasah kemampuan pemrogaman kamu secara intensif, cocok banget buat belajar programming untuk pemula.

5. Metode pembayaran yang mudah

Pertama, ada program Upront. Program ini membuat kamu bisa mencicil biaya kursus sebanyak 3x dengan ketentuan berlaku. 

Kedua, kabar baiknya, jika kamu ingin belajar tapi kamu belum mempunya dana cukup, Hacktiv8 ada program Income Share  Agreement (ISA) loh. Apa itu? yaitu perjanjian bagi hasil yaitu di mana siswa hanya membayar refundable deposit ketika akan masuk kursus dan siswa membayar sisa setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan. Jadi bisa belajar dulu, bayarnya nanti setelah lulus dan kerja.

Ketiga, kamu bisa melakukan pembayaran melalui financial planer yang sudah bermitra dengan Hacktiv8 dan sudah terdafar di OJK juga.

6. Group Referal Program

Buat kamu yang ingin mendapatkan harga spesial, kamu bisa mendaftar barengan sama teman-teman kamu. Karena ada prgram Group Program, yaitu jika kamu mendaftar bersama teman kamu, kamu akan mendapatkan potongan harga, wah asik ya. 

7. Final Project

Nah diakhir program, semua siswa akan mendapatkan final project untuk menguji kemampuan kamu. Di awal program akan diinformasikan. Ini pastinya membuat kamu harus belajar ekstra dan serius supaya bisa lulus ya.

8. Kurikulum Pembelajaran Terupdate

Sekolah coding ini juga memiliki standar kurikulum yang disesuaikan dengan pekembangan teknologi saat ini. Tenaga pengajar juga dipastikan sangat berpengalaman dan ahli dibidangnya. Bootcamp Hacktiv8 ini cocok sekali untuk belajar programming untuk pemula.

Kurikulum yang diterapkan di Hacktiv8 mempunyai 6 pilar utama yang akan mendukung kamu untuk siap kerja ketika lulus. Apa saja? yaitu Fundamental Programming, Application Structure, Pengenalan Database, React & React Native, Membuat MVP, dan Final Project.

9. 350 Hiring Partner

Buat kamu setelah lulus dari Hacktiv8 ini tidak usah khawatir masuk ke dunia kerja mana. Karena salah satu fasilitas yang kamu dapat dari tempat kursus coding ini adalah partnership. Hacktiv8 akan menyalurkan lulusan-lulusan terbaiknya ke beberapa perusahaan terbaik yang sudah bekerjasama dengan Hacktiv8. Semua siswa akan diarahkan mengenai profesi kerja seperti menjadi Full Stack Developer, Backend Developer, Software Engineer, dan Frontend Developer.

10. Growth Mindset

Ini adalah sesi kelas yang paling saya sukai. Kelas ini berisi tentang pengembangan diri. Di kelas ini semua siswa diajarkan bagaimana mengembangkan pola pikir kita terhadap sesuatu. Kedepannya growth mindset akan sangat bermanfaat tentang pengembangan karir kamu.

Kelas growth mindset juga melatih mental kita agar lebih tangguh dan rasional saat menghadapi dunia kerja. Semua siswa boleh berkonsultasi secara pribadi terkait dengan apa yang mereka butuhkan untuk mengembangkan dirinya.

11. Instruktur Profesional dan Kompeten

Salah satu hal penting sebelum memutuskan mengambil sebuah kelas buat saya adalah pengajarnya. Nah buat kamu yang ingin mengambil kelas coding di Hacktiv8, jangan ragu lagi, semua insruktur tenaga pengajarnya ahli dan kompeten dibidangnya dan juga profesional. Jadi tidak usah ragu lagi ya.

12. Money Back Guarantee

Salah satu keunggulan lain ikut kelas di Hacktiv8 adalah jika dalam 1 tahun kamu masih belum bekerja, maka jaminan uang yang kamu gunakan untuk kursus akan kembali 100%. Wah asik banget ya.

13. Career Opportunity

Ini paling penting, karena sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan, sehingga kesempatan untuk berkarir setelah lulus semakin luas. Khususnya di dunia teknologi.

sekolah coding


Terlebih jika kamu lulus dengan predikat terbaik, maka kamu akan dibantu disalurkan oleh Hacktiv8. Wah peluangnya bagus banget ya. Yang penting kamu harus gigih dalam belajarnya ya.

MY THOUGH

Ternyata banyak sekali ya keunggulan belajar di Hacktiv8, mulai dari terdaftar di CIRR, kurikulum update, program pendaftaran yang fleksible, program Income Share  Agreement (ISA), final project, kelas Enginerring Emphaty, instruktur yang kompeten dan profesional, sampai dengan career class dan 350 hiring partner, yang akan membuat kamu dengan mudah memasuki dunia kerja.

Tunggu apalagi, yuk daftar segera di kelas bootcamp Hacktiv8. Seru banget loh kelasnya, seperti yang saya ikuti kemarin, belajar pemrograman Python. Meskipun pusing awalnya, tapi jadi banyak tahu soal sintaks-sintaks pemrograman yang baru. Senang banget dapat ilmu banyak dari kelas ini. Pastinya bermanfaat banget buat seorang blogger.

Atau kamu ada yang sudah ikut kelasnya juga juga selain kursus data science, sharing dong review Hacktiv8 versi kamu di kolom komentar. Atau kamu sudah mengambil kursus full stack developer, boleh juga sharing ya.

66 Comment

  1. Wah lumayan juga ya kak biaya kursusnya. Tapi kalo jaminan bantuan kerja dan ilmunya sih emang ga kaleng2 sih ini. Apalagi Hacktiv8 juga udh dpt CIRR, sertifikasi global yang pertama dan satu2nya di Asia loh. Bangga banget kalo bisa menimba ilmu di sana. Apalagi data scientis juga gajinya gede bgt tuh. Sepadan dgn biaya kursusnya. Pasti lebih dari balik modal ini mah.

    ReplyDelete
  2. Wah, kece banget kelasnya. Beneran kelas coding yang super banget kurikulumnya. Super kumplit dan mempersiapkan pesertanya untuk beneran paham dan bisa praktek masalah coding. Yang punya minat dibidang ini kudu gabung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, walau di rumah aja tetep bisa menimba ilmu yak, kalau dah jago codingnya bisa buka orderan desain blog hahaa

      Delete
  3. karena coding itu bisa jadi sangat membingungkan untuk sebagian orang ya (seperti saya) makanya kalau kepengin belajar dari nol ya sebaiknya dari ahlinya aja.. seperti dari hacktiv8 ini ya kak

    ReplyDelete
  4. Jadi pengin ikutan nih, Mbak. Apalagi sedang marak belajar coding. Bahkan anak usia SD pun sudah mulai. Tapi harus nabung dulu hehehe.
    Tapi pastinya sebanding dengan apa yang nanti didapatkan. Dan keahlian ini bisa dijadikan modal untuk mencari kerja nanti.

    ReplyDelete
  5. Aku kemarin jg ikutan kelas Javascriptnyaa Hacktiv8 dan wow! Alhamdulillah banget akhirnya bisa ngikuti selama seminggu malah ketagihan. Seasyik itu yah kak kelasnya

    ReplyDelete
  6. Kelas coding di Hacktiv8 semenyenangkan yang dituliskan ya mba.
    Rata-rata pada bilang penasaran dan ingin meneruskan ke kelas yang lanjutan yang belajar programnya lebih mendalam lagi.

    ReplyDelete
  7. Biaya sekolah coding ternyata emang mahal ya. Tapi kalau dibandingkan dengan hasilnya seperti kita jadu mengenak coding dan menjadi sumber penghasilan. Itu nggak ada apa-apanya sih... Makanya meski biayanya fantastis tetap saja banyak sekali peminatnya...

    ReplyDelete
  8. Mantap, selama ini saya hobi jalan, malah sekarang rencana seminggu sekali jalan-jalan, tp bukan ke mall, tp ke hutan atau jalan-jalan yang jalan kaki, tapi masih males buat nulisnya, masih bunggu mood 🤭

    ReplyDelete
  9. Sebagai blogger yang kudu ngoprek html blog, belajar coding seperti itu memang penting. Biar memudahkan buat edit atau mempercantik blog lebih keren lagi

    ReplyDelete
  10. Aku juga ikut kelas ini kak. Dan emang materinya uptodate banget. Mentornya juga profesional semua. Nggak kaleng-kaleng emang hacktiv8 ini

    ReplyDelete
  11. keren nih, cewek-cewek pada belajar koding jadi makin jago ngodein pasangan, eh.. hehehe.. keren kak jadi pengen ikutan nih :)

    ReplyDelete
  12. Kak Mei...
    Keren sekali mengikuti bootcamp hacktiv8, yang semuanya telah tersertifikasi dari CIRR Asia yaa..
    Ikutan belajar coding gini tuh...sebenarnya harus sudah punya basicnya kah..seperti kak mei yang pernah kuliah di Jurusan IT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi keren ya, blogger sekarang memang harus mulai melek koding nih, biar makin maksimal ngembangin bakatnya :)

      Delete
  13. Mengikuti bootcamp hactiv8 ini bisa jadi pengalaman yang berharga, ya. Kita bisa belajar ilmu koding. Penting juga untuk blogger, terutama untuk mengurus daleman blog ya.

    ReplyDelete
  14. Code itu melatih otak kita untuk berpikir logis si... krn pemrograman tidak ada kata toleransi, semua exact

    ReplyDelete
  15. Salut Mbak Mei masih belajar coding untuk mengupgrade diri sebagai blogger. Apalagi belajarnya di tempat keren yang sudah sertifikasi CIRR. Semangat belajar terus

    ReplyDelete
  16. Waaah padat dan interesting sekali ya kak jadwal bootcamp nya, hacktiv8 ini emang keren banget sih banyak melahirkan progamer programer keren.

    Aku dulu sempat belajat beberapa bahasa pemrograman waktu kuliah, dan hmmm cukup puyeng dan mumet ahaha

    ReplyDelete
  17. Eh anak SD udah bisa diajari coding? Wow keren bangettt. Nanti gede udah pada jago² deh

    ReplyDelete
  18. cocok banget buat yang mau nambah skill dan kebetulan punya passion di bidang coding. Ini bakalan jadi kemampuan yang dicari dan dibayar mahal. boleh juga nih buat ikutan

    ReplyDelete
  19. Buat emak emak kaya saya uda nyerah dulu deh hahaha tapi bisa buat refensi anak anak yang sekolahnya pada minta jurusan IT thx ya kak

    ReplyDelete
  20. Di zaman sekarang bidang ini sangat menjanjikan ya kak. Seharusnya saya pun belajar. Tapi kalau udah dengar kata coding, rasanya udah keduluan sama kata rumit dan sulit. Jadi susah ngumpulin niatnya.

    ReplyDelete
  21. Keren sih ini, pernah liat iklannya dan beeminat tapi sy nggak pinya basic pemeograman

    ReplyDelete
  22. Asik ya kak bisa belajar coding langsung. Jujur ya kalau urusan coding tuh perlu kesabaran ekstra memang. Selain itu, emang perlu belajar sama ahlinya juga. Meskipun biaya belajar coding itu gak murah, tapi menurutku worth it sih karena kalau sudah bisa coding ya bisa nambah skill baru.

    ReplyDelete
  23. aku sudah lama banget ingin belajar coding, karena dudulu sesemantan programmer kwkwkw. tapi setelah liat, memang belajarnya mesti serius yaa

    ReplyDelete
  24. Biayanya udh kayak kuliah beneran Yaa 😅. Ini salah satu yg aku ga kuasain samasekali. Selama ini kalo ada masalah Ama blog, aku tinggal minta web designer yg selama ini melakukan maintenance blogku dll, minta bantu urusin masalah, dan aku tinggal tranfer biayanya ke dia 🤣. Cari gampang .. 😅

    Tapi pantesan seorang programmer mah banyak dicari dlm dunia kerja, dan bayarannya mahal. Krn memang belajarnya aja ga main2 biayanya😄

    ReplyDelete
  25. Pas baca biaya kursus full stack dev, wow banget ya mbak. Hihi
    Btw kok aku pgn ikutan kelas data science nih, *padahal pusing bgt kl urusan coding, haha

    ReplyDelete
  26. Memang benar, ya. Ngeblog nggak sesederhana sekadar menulis rutin saja. Ada banyak hal yang mesti dipelajari dan itu nggak gampang. Selama ini saya masih sekadar menulis saja, Mbak. belum benar-benar fokus di blog karena lebih memilih menulis buku dulu. Adanya kelas Coding gini benar-benar membantu, yaa...

    ReplyDelete
  27. Wah seru banget nih belajar coding. Pastinya jadi ngerti kalo ada mentor profesional ya. Huhu selama ini aku kalo ada masalah coding di blog, aku utak-atik sendiri berdasarkan tutorial aja. Jadi kepengen deh belajar coding dari ahlinya langsung.

    ReplyDelete
  28. Mantab deh ini,bisa buat orang dewasa ya,jadi pengen bisa tapi takut berenti ditengah2. makasih infonya ya kak.

    ReplyDelete
  29. Wah cakep nih, belajar coding solusi banget utk maju dan memperbaiki tampilan blog.

    ReplyDelete
  30. Serunya belajar coding bersama di bootcamp hacktiv8.
    Serasa mengobati kerinduan akan coding yaa, kak Mei.
    Salut sama kak Mei yang sibuk tapi selalu ingin belajar dan me-review kembali.

    ReplyDelete
  31. Keren daftar bahasa coding yang dipelajari.Semangat mba, belajar langsung dari profesionalnya.

    ReplyDelete
  32. keren banget ini jadi motivasi lagi ya buat belajar tentang coding lebih dalam lagi, programnya keren

    ReplyDelete
  33. Mahal juga ya kalau bayar sendiri. Kesempatan yg gak boleh dilewatkan nih memang, kalo aku pribadi rasanya belom siap nih belajar coding watir pusing 😆

    ReplyDelete
  34. Menarik banget si kelasnya ini, andai ada kelas uk coding sederhana uk para blogger kayaknya lebih menarik deh wkwkkwk jadi pengen kepoin ttg hacktiv8 ini, makasi infonya ya

    ReplyDelete
  35. Jujur aja aku baru tau loh kak sekolah coding ini dan langsung mempertanyakan apakah aku bisa ikutan hehe

    ReplyDelete
  36. Kelas pemrograman hacktiv8 sepertinya keren dan seru ya.. cuma mungkin kesempatan ada hanya waktunya saya yang sangat terbatas hik hik

    ReplyDelete
  37. Iya lho Teh. Makin ke sini pun aku semakin menyadari bahwa menjadi seorang blogger nggak hanya bermakna bisa menulis dan terjun mendalami niche-nya, melainkan juga sedikit sedikit paham jeroannya si blog.

    Sepanjang baca, aku kebayang, kayaknua kelasnya padat ya. Aku suka merasa nggak sanggup duluan deh Teh.

    ReplyDelete
  38. keren banget sih mba bis aikutan kelas coding di hacktiv8, aku cuma liat coretan screen zoom nya aja udah pusing sndiri..

    ReplyDelete
  39. Sering denger tentang coding gini, kalo denger bayangannya langsung memusingkan dengan simbol html dkk hehehe

    Masalah coding biasanya saya serahkan aja sama suami karena dia lebih sabar memahami hal seperti itu

    Tapi liat postingan ini jadi rada penasaran juga dengan ilmu keren ini

    ReplyDelete
  40. Wooww baca nama-nama bahasa pemrogramannya aja udah bikin keder nih Mei. Tapi memang dengan berkembangnya kemajuan digital, kita harus upskill juga biar enggak ketinggalan. Menjanjikan banget nih misal bisa menguasai teknik coding untuk berbagai pekerjaan yang saat ini selalu dekat dengan dunia digital.

    ReplyDelete
  41. Aku uda keburu pusing baca bahasa² nya 🙈. Aku tiap liat suami coding aja uda pusing, hehehe. Tapi memang kepake banget sih. Anakku juga pengen banget belajar coding, hehehe

    ReplyDelete
  42. Dengar koding jadi ingat jaman kuliah berkutat dengan koding hehe. Bagus sekali ada tempat belajar koding seperti Hacktive8, anak-anak bisa belajar koding sejak dini

    ReplyDelete
  43. Belajarnya harus serius dan niat banget nih. Kalau setengah-setengah gak yakin bisa berhasil kayaknya hahaha.

    ReplyDelete
  44. Aku seneng banget bisa ikutan juga kelas koding data science dari Hacktiv8 kemarin mba. Dapat kesempatan belajar live coding sekaligus pemrograman python

    ReplyDelete
  45. Waaah keren banget programnya. Walaupun jadwal belajarnya amat padat pasti seru banget belajar hal baru di akhir tahun. Hitung hitung nambah portofolio ya kak. Mengingat profesi data science sekarang sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
  46. Kalau ngomongin coding mah rasanya udah pusing duluan. Tapi tak kenal maka tak sayang makanya harus belajar yah hehe. Seru nih Hacktiv8 jadi pengen belajar juga.

    ReplyDelete
  47. Asli deh teknologi kok sekarang keren banget?! Ada sekolah coding jadi bisa ikut kursus ini tanpa perlu masuk jurusan kuliah buat ngerti

    ReplyDelete
  48. Woow menarik banget ya. Jadi pengen ikutan juga deh

    ReplyDelete
  49. Wah seru banget bacanya, pengalaman yg berharga pasti ga.. mantab

    ReplyDelete
  50. Kereen banget bisa dapat kesempatan pengalaman belajar coding bootcamp hactiv8 .

    ReplyDelete
  51. lengkap banget ya Kak ikutan kursus di HACTIV8 ini, banyak benefit juga ya jika ikut belajar disini, apalagi ada jaminan money back guarantee gitu ya jika selama setahun setelah kursus kita belum bekerja juga, kereeen.

    ReplyDelete
  52. Manteb banget ini kelasnya. Dan Hacktiv8 juga terbukti memang terbaik dan no 1 di Asia. Keren mba Mei bisa belajar coding disini

    ReplyDelete
  53. Asyik banget nih Mba Mei Hacktiv8 ada program ISA dengan sistem refundebel. Jadi murid yang punya uang pas-pasan tapi ingin gabung bisa ikutan kursus deh. Dan membayar bisa nanti kalau udah dapat pekerjaan.

    ReplyDelete
  54. Jadi iri sama temen yang kmaren sempet ikutan kelas bareng Hacktiv8, soalnya emang Data Science ini next big thing banget sih yaaa, pengen belajar deh

    ReplyDelete
  55. Ya Ampun jadi pengen banget bisa ikutan kelasnya. Keren banget iya kak bisa belajar coding apalagi jadi ahlinya. Sistem pembayarannya juga bisa dicicil, sangat memudahkan ketika ingin memperdalam skill.

    ReplyDelete
  56. aduh kerennya bisa kuat belajar begini mbak,,, iri akuuhhh,,, semoga ilmunya makin berkembang berkah mba, ini ilmu jarang dipunya sama org banyak loh

    ReplyDelete
  57. aku terakhir tahu coding2 selain html blog itu, matlab doang sekitar tahun 2009. duh era apa itu. hebat kak, dirimu masih semangat belajar coding bersama hacktiv8!

    ReplyDelete
  58. Banyak banget ya manfaat belajar coding. Masih pemula banget ni dan pengen belajar banyak.

    ReplyDelete
  59. Penjelasannya lengkap banget ini kak, jd pingin ikutan kelas juga. Biar makin upgrade ilmu" baru gt.

    ReplyDelete
  60. Mbak aku mupeng, hehehe. Boleh spill biayanya habis berapa gak mbak sampe program selesai?

    ReplyDelete
  61. Selalu salut banget Ama yang semangat belajar coding, memang paling bagus ikut kelas gini sih, biar lebih mudah dan mengerti.

    Kalau saya, masih sebatas otodidak, next pengen juga ikutan ah, biar mudah utak atik blog sendiri :)

    ReplyDelete
  62. ke depan belajar coding emang sangat diperlukan ya bisa menambah penghasilan juga dan bisa bikin aplikasi juga

    ReplyDelete
  63. keren banget kelasnya, beruntung bisa ikutan kelas ini, dan semangat ikutan kelasnya. blog-nya jadi makin keren mba...

    ReplyDelete
  64. Blog kamu makin keren dan makin menarik mbaa, ternyata kamu ikutan kelas ini ya, pantesaannn...
    Bocorin biaya kursusnya dong mba? Kalau kelas offline nya kira-kira ada di jogja nggak ya mba?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.